• Home
  • Berita
  • Yuk Kenali Apa Saja Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server!

Yuk Kenali Apa Saja Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server!

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.
Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server

Saat ini, cloud sudah populer di kalangan programmer, tech enthusiast hingga perusahaan-perusahaan yang tertarik mengimplementasikan teknologi cloud. Dari tahun ke tahun cloud memberikan inovasi-inovasi baru untuk memudahkan pengguna dalam mengoptimalkan penggunaan serta pengelolaan manajemen cloud dengan baik.

Dalam komputasi awan atau cloud computing, terdapat banyak mekanisme dalam pengimplementasiannya. Beberapa contohnya yaitu cloud hosting dan cloud server. Apakah kamu pernah mendengar tentang cloud hosting ataupun cloud server? Apakah mereka sama atau berbeda? Kedua hal tersebut ternyata berbeda lho! Nah, lebih lengkapnya yuk kita bahas satu per satu hingga mengetahui beda cloud hosting dengan cloud server secara menyeluruh. Simak hingga akhir artikel ya!

Pengertian Cloud Hosting dan Pengertian Cloud Server

Sebelum mendalami terkait beda cloud hosting dengan cloud computing, yuk kita kenali terlebih dahulu masing-masing pengertian cloud hosting dan pengertian cloud server. Berikut penjelasannya

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah salah satu penyedia layanan hosting yang memiliki performa tinggi dengan menggunakan infrastruktur cloud computing dalam mengelola serta menyimpan data dari perangkat lunak. Cloud hosting tentu saja memanfaatkan teknik hosting yang memaksimalkan sumber daya yang ada di dalamnya. Jika memanfaatkan cloud hosting, kamu harus melakukan subscription atau berlangganan dalam jangka waktu tertentu dan kamu hanya perlu membayar sumber daya yang telah digunakan pada layanan cloud hosting tersebut, yang artinya penggunaan cloud hosting ini tergantung dengan kebutuhan masing-masing. 

Pada cloud computing, cloud hosting termasuk pada golongan IaaS atau Infrastructure as a Service. Cara kerjanya yaitu saat kamu membuat sebuah website, data-data yang berada di website kamu akan tersimpan pada penyimpanan cloud yang terbagi pada beberapa server dan sumber daya tersebut akan kamu bayar sesuai kebutuhan yang digunakan. Seperti pada teknologi cloud lainnya, cloud hosting tentu saja bersifat virtual di berbagai tempat di seluruh dunia dengan memiliki server yang terpusat.

Apa itu Cloud Server?

Cloud server adalah salah satu penyedia layanan cloud yang dapat menyediakan sumber daya yang mendukung dalam komputasi seperti prosesor, memori, serta penyimpanan melalui internet. Cloud server berbasis virtual yang dapat diakses dari mana saja.  Sebuah cloud server merupakan entitas virtual yang dihosting di infrastruktur cloud, yang dapat mencakup beberapa server fisik yang terhubung dan terdistribusi di seluruh lokasi data center di sebuah perusahaan.Penggunaan cloud server saat ini juga semakin meningkat karena kemudahannya dalam ketersediaan dan kapasitas yang lebih worth-it dengan biaya yang dikeluarkan.

Pada intinya, cloud server adalah teknologi yang mengandalkan jaringan server virtual yang terhubung dalam satu lingkungan cloud. Biaya dari cloud server sendiri akan berdasarkan dari fasilitas serta kapasitas yang dibutuhkan oleh pengguna.

Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server
Sumber: Envato

Apa Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server?

1. Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server : Tujuan

Cloud Hosting: Cloud hosting memiliki tujuan untuk organisasi atau individu yang memerlukan solusi hosting yang mencakup berbagai layanan, contohnya seperti situs web, aplikasi, dan penyimpanan data.

Cloud Server: Cloud server memiliki tujuan untuk pengguna yang ingin mengontrol secara terjun langsung atas sumber daya komputasi untuk menjalankan sebuah perangkat lunak karena Cloud Server adalah penyimpanan virtual yang menyediakan berbagai sumber daya seperti CPU, RAM, dan penyimpanan yang memanfaatkan teknologi cloud.

2. Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server : Skalabilitas dan Fleksibilitas

Cloud Hosting: Cloud hosting memiliki fleksibilitas karena layanan yang dimilikinya beraneka ragam. Pengguna dapat memilih layanan mana yang dibutuhkan sesuai dengan layanan yang tersedia pada cloud hosting.

Cloud Server: Cloud Server cenderung memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi, karena pengguna dapat melakukan konfigurasi secara langsung pada server sesuai kebutuhan yang digunakan.

3. Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server : Infrastruktur

Cloud Hosting: Infrastruktur dari cloud hosting dirancang untuk menangani segala kebutuhan yang berkaitan dengan hosting. Infrastruktur Cloud hosting akan dapat mencakup server hosting, penyimpanan data, load balancing, keamanan, dan layanan lainnya.

Cloud Server: Infrastruktur dari cloud server dirancang untuk membuat pengguna dapat melakukan konfigurasi langsung, jadi cloud server diimplementasikan menggunakan teknologi virtualisasi serta hypervisor untuk membuat dan mengelola instance virtual di atas server fisik

4. Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server : Biaya yang Dikeluarkan

Cloud Hosting: Biaya yang dikeluarkan oleh cloud hosting berdasarkan penggunaan sumber daya dari berbagai layanan yang digunakan mencakup server, penyimpanan serta jaringan. Jika kamu memiliki budget yang minim, maka kamu bisa membatasi penggunaan agar tidak membuat biaya cloud hosting membengkak.

Cloud Server: Cloud server menerapkan sistem pembayaran pay-as-you-go, masih serupa dengan cloud hosting, biaya cloud server berdasarkan sumber daya yang digunakan selama jangka waktu tertentu. Cloud server memiliki opsi pembayaran yang lebih beragam, hingga memiliki paket tahunan yang menawarkan paket dengan layanan-layanan tertentu.

5. Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server : Cara Kerja Layanan

Cloud Hosting: Cara kerja layanan cloud hosting lebih mudah karena terdapat otomasi konfigurasi pada pengaturan server, penyimpanan serta skalabilitas dari layanan cloud itu sendiri. Layanan cloud hosting dikelola secara terpusat melalui tampilan antarmuka pengguna atau API yang disediakan oleh penyedia layanan cloud.

Cloud Server: Pada cloud server, pengguna memiliki kontribusi yang besar dalam melakukan konfigurasi serta manajemen server secara virtual. Dengan lingkungan serta tampilan yang mudah, cloud server dapat melakukan penginstalan perangkat lunak, mengelola sumber daya yang dibutuhkan perangkat lunak serta menjalankan sebuah perangkat lunak pada server.

6. Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server : Sistem Keamanan

Cloud Hosting: Cloud hosting memiliki sistem keamanan yang terstandarisasi untuk melindungi lingkungan hosting secara menyeluruh. Hal-hal yang diamankan mencakup deteksi ancaman pada firewall, kontrol akses, rekomendasi respon ancaman, dan sebagainya.

Cloud Server: Cloud server sendiri memiliki fleksibilitas dalam melakukan konfigurasi sistem keamanan yang menyesuaikan dengan kondisi server. Pengguna harus memahami sistem keamanan yang dibutuhkan agar tidak terjadi adanya serangan atau cyber attack.

Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server
Sumber: Envato

Cloud Hosting dengan Cloud Server, Mana yang Terbaik?

Jika kamu telah memahami beda cloud hosting dengan cloud server dengan baik, maka dalam menilai mana yang terbaik, cloud hosting ataupun cloud server bisa jadi yang terbaik jika penggunaannya sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas dari project atau perusahaan. Jika penggunaannya tepat serta pemanfaatan dari setiap fitur telah optimal, maka hal tersebut dapat menentukan mana yang terbaik. 

Cloud hosting akan tepat digunakan jika kamu ingin menggunakan teknologi cloud yang lebih mudah, dapat mengakomodasi sebuah data di situs web, dan berbagai lainnya yang berkaitan dengan situs dan penyimpanan data. Berbeda dengan cloud server, cloud server akan tepat untuk kamu jika kamu ingin melakukan konfigurasi secara langsung dan membutuhkan fasilitas cloud berupa sumber daya seperti RAM, CPU serta penyimpanan di dalam infrastruktur cloud. Jadi, dengan memahami beda cloud hosting dengan cloud server kamu dapat lebih mengenal apa yang dibutuhkan oleh perusahaan atau project kamu.

Persamaan dari kedua teknologi cloud adalah mereka menerapkan segala teknologi melalui virtual tanpa harus memiliki fisik dari penyimpanan tersebut. Dengan kemudahan akses melalui internet, cloud hosting maupun cloud server akan terus meningkat popularitasnya diikuti dengan fitur-fitur yang dapat mengoptimalisasi penyimpanan di dalam cloud.

Beda Cloud Hosting dengan Cloud Server
Sumber: Envato

Beli Cloud Hosting

Temukan Teknologi Cloud yang Pas Untuk Bisnismu!

Jadi, sekarang waktunya untuk menemukan teknologi cloud yang pas untuk bisnis kamu! Untuk memulainya, kamu harus memiliki website untuk mengenalkan bisnis atau perusahaan kepada dunia digital. Dengan memiliki website, maka kamu dapat menggunakan VPS DomaiNesia sebagai virtual server untuk mempercepat kinerja website. Kemudian, secara perlahan kamu harus memahami teknologi cloud dan mulailah memanfaatkan teknologi cloud dengan biaya yang lebih murah dna keamanan yang lebih terjamin. Pastikan kamu telah memahami beda cloud hosting dengan cloud server agar tidak salah pilih dalam melakukan implementasi.

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds