Memaksimalkan Keuntungan Affiliate Marketing Melalui Blog3 min read

3/5 (1)

Cara kerja affiliate marketing adalah penjualan berbasis komisi. Affiliate Marketing adalah model internet marketing paling populer saat ini. Selain karena sistemnya sederhana, komisi yang didapatkan juga besar. Jadi, ketika kamu berhasil menjual produk dari suatu usaha, kamu akan mendapat sejumlah komisi dari hasil penjualan tersebut. Cara kerja affiliate marketing berbeda dengan reseller. Seorang reseller harus membeli barang terlebih dahulu untuk kemudian dijual kembali. Sementara usaha afiliasi tidak perlu membeli produk untuk dijual kembali. Kamu hanya perlu mempromosikan produk tersebut. Jika konsumen membeli produk tersebut karena rekomendasi yang kamu berikan, maka kamu akan diberikan komisi.

Ada banyak media yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk afiliasi, yang paling sederhana ada dengan menggunakan blog. Afiliasi juga menjadi salah satu cara untuk memonetisasi blog. Meskipun terlihat sederhana, tetapi ada juga blogger yang bingung harus memulai dari mana dan bagaimana cara kerja affiliate marketing. Berikut ini adalah langkah sederhana yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan keuntungannya.

Membangun Traffic di Blog

Akan lebih baik jika blog yang kamu buat untuk afiliasi sudah memiliki visitor terlebih dahulu. Di blog kamu bisa mulai membagikan tips, kelebihan, atau deskripsi tentang produk yang nantinya akan kamu jual. Kamu juga bisa membagikan pengalaman menggunakan produk atau cara menyelesaikan masalah jika ada kendala. Jika traffic sudah mulai ramai, kamu bisa merekomendasikan produk dengan merek tertentu.

cara kerja affiliate marketing

Sumber: Pixabay

Promosikan Produk yang Berkualitas Baik

Usaha kamu akan sia-sia jika produk yang dijual ternyata tidak memiliki kualitas yang baik untuk digunakan oleh customer, karena lambat laun customer akan beralih ke produk yang lebih baik. Jadi jangan hanya tergiur dengan komisi yang besar. Pastikan juga program afiliasi yang kamu ikuti punya alur dan ketentuan yang jelas, ya DomaiNesians. Akan lebih baik jika kamu juga menggunakan produk yang kamu tawarkan ke customer. Selain memudahkan kamu berbagi pengalaman, kamu juga bisa memastikan sendiri kualitas produk tersebut.

Produk dan Blog Harus Relevan

Supaya orang lain tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan, blog harus terlihat seperti penjual yang berpengalaman di bidangnya. Pembeli akan lebih percaya jika isi blog juga membagikan hal-hal terkait produk afiliasi. Jika kamu mempromosikan hosting dan domain, buatlah blog tentang tutorial membuat website. Lain halnya jika produk yang kamu promosikan adalah baju dan sepatu, maka buatlah blog tentang fashion.

Membangun Hubungan dengan Customer

Terakhir adalah membangun hubungan dengan customer. Ingat Inbound Marketing? Inbound marketing adalah salah satu metode untuk menarik, mengikutsertakan, dan menyenangkan pelanggan untuk menumbuhkan bisnis. Membina hubungan baik dengan pelanggan akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Pelanggan yang percaya, diharapkan akan loyal bahkan merekomendasikan produk yang ditawarkan kepada orang lain.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet

cara kerja affiliate marketing

Sumber: Pixabay

Program Afiliasi Domainesia

DomaiNesia juga punya program afiliasi lho, DomaiNesians. Program afiliasi ini terbuka untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu tidak perlu membayar biaya apapun untuk mendaftar program ini. Komisi yang bisa didapatkan hingga 30%. Kamu cukup merekomendasikan layanan hosting DomaiNesia melalui link afiliasi. Kamu bisa cek cara kerja affiliate marketing DomaiNesia di sini.

Program afiliasi DomaiNesia memiliki banyak kelebihan-kelebihan seperti:

  • Link Afiliasi Khusus
    Setelah mendaftar program afiliasi, kamu akan mendapat link afiliasi khusus yang bisa digunakan untuk melacak penjualan.
  • Real Time Statistik
    Kamu bisa langsung melihat jumlah pengunjung dan komisi yang kamu dapatkan di bagian ini, tanpa harus menunggu lama.
  • Pencairan Komisi Lebih Cepat
    Komisi kamu akan cair setelah melewati masa delay hanya dalam 30 hari. Nominal pencairan komisi adalah Rp 100.000. Komisi bisa langsung masuk ke rekening bank kamu atau masuk ke akun DomaiNesia.
  • Kustomisasi Kode Promo
    Kamu bisa membuat kode promo sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan.
  • Banyak Media Promosi
    DomaiNesia menyediakan beragam banner yang bisa kamu pakai untuk ditaruh di website.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar