• Home
  • Tips
  • Langkah Awal Belajar Copywriting Untuk Strategi Marketing

Langkah Awal Belajar Copywriting Untuk Strategi Marketing

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.
belajar copywriting

Copywriting saat ini merupakan salah satu faktor yang mampu meningkatkan conversion rate dalam sebuah strategi marketing. Penyusunan salinan yang tepat dapat menarik perhatian calon pelanggan sehingga pada akhirnya melakukan sebuah pembelian. Kamu tertarik untuk dapat membuat copywriting yang efektif meningkatkan penjualan? Belajar copywriting sekarang dan jadilah copywriter handal! Kamu bisa mulai belajar copywriter dengan mengikuti kursus yang ada, bersama teman, atau belajar secara mandiri. Mau tahu kiat-kiat belajar copywriting? Kamu membaca artikel yang tepat!

belajar copywriting
Sumber: Envato

Cara Belajar Copywriter

Pada dasarnya, belajar apapun dapat dipelajari dengan dua cara yaitu secara formal dan informal. Secara formal mungkin dapat ditempuh dengan mengikuti pembelajaran akademik seperti kelas, kursus, dan lain sebagainya. Sedangkan secara informal dapat dipelajari secara mandiri atau berguru kepada teman dan orang-orang yang dikenal. Begitu juga dengan cara belajar copywriting. Dua saran berikut cocok untuk belajar copywriting pemula. 

Ikuti Kursus 

Cara belajar copywriting untuk pemula yang pertama adalah dengan mengikuti kursus berbayar. Dalam mengikuti kursus yang saat ini banyak diselenggarakan oleh berbagai platform, tips untuk belajar copywriting yang efektif adalah dengan menghindari kursus yang menjanjikan saran umum copywriting. Sering kali, ini hanyalah pengulangan dari apa yang dapat kamu temukan di buku gratis atau buku murah. 

Sebaiknya kamu membeli kursus yang berfokus pada spesialisasi tertentu seperti copywriting email misalnya. Spesialisasi yang berbeda sangat berbeda satu sama lain. Mengambil spesialisasi kedua atau ketiga jauh lebih mudah daripada yang pertama, tetapi jangan buang waktu untuk mencoba menguasai lebih dari satu spesialisasi sekaligus. Jadi, fokus lah pada satu. 

Selain itu juga perhatikan reviews dari kursus yang telah diselenggarakan. Banyak kursus copywriting mengajarkan kamu mekanisme gaya copywriting tertentu, tetapi mereka tidak memberi tahu banyak tentang cara mendapatkan client atau bekerja dengan client tersebut di dunia nyata. Pastikan kamu memilih kursus yang tepat.

Belajar Sendiri

Selain mengikuti kursus, kamu bisa mulai belajar copywriting secara self-taught atau otodidak. Isitilah ini merujuk pada pembelajaran tanpa melalui aktivitas formal dan cenderung dilakukan dengan inisiatif sendiri.  

Cari Sumber Gratis

Mungkin kamu bisa memulai dengan mencari referensi berupa buku atau artikel yang membahas copywriting secara gratis. Tak hanya itu, saat ini ada juga beberapa podcast berkualitas tinggi yang dapat kamu dengarkan secara gratis.

Buat Copywriting Untuk Temanmu

Tentu saja, cara terbaik untuk menjadi copywriter yang baik adalah dengan menulis salinan yang banyak. Copywriter dinilai berdasarkan satu hal, yakni penjualan. Semakin banyak salinan bagus yang kamu tulis, semakin kamu akan melihat pengaruhnya terhadap penjualan, dan semakin banyak yang akan kamu pelajari. Jika temanmu memiliki bisnis (entah bisnis baru atau lama) coba bantu mereka untuk menulis copywriting.

belajar copywriting
Sumber: Envato

Terjun Sebagai Freelance

Salah satu teknik belajar paling efektf adalah dengan praktek secara langsung. Bisa jadi memang cukup sulit seorang junior atau “fresh graduate” dibidang copywriting ini dapat dilirik oleh perusahaan. Namun kamu tak perlu khawatir karena pekerjaan sebagai freelance terbuka lebar. Dengan menjadi freelance kamu dapat secara teknis belajar copywriting lebih dalam dan bertemu dengan client langsung sehingga pengalamanmu secara nyata akan bertambah.

Apakah Kamu Akan Dibayar?

Tentu! Menjadi seorang freelance copywriter pastinya kamu akan mendapatkan imbalan atau fee yang ideal. Sebagai seorang junior, mungkin fee bukanlah hal yang terlalu penting karena memang seorang junior tentu lebih mengejar pengalaman yang didapatkan. Namun tak dapat dipungkiri sebenarnya fee tersebut dapat menjadi penyemangat dalam proses belajarmu.

Menemukan Pekerjaan Freelance Copywriter

Kamu bisa menemukan banyak pekerjaan ini di platform freelance seperti contohnya adalah Upwork, Freelancer, Sribulancer, dan lain sebagainya. Bisanya akan timbul ke khawatiran bagi para calon-calon freelancer yaitu keyakinan untuk mendapatkan client. Bagaimana cara meyakinkan calon client untuk bekerja sama dengan kamu? Jawabannya adalah: cari sebanyak mungkin lowongan dan lamar dengan melampirkan portofolio yang telah kamu siapkan!

Langkah Demi Langkah Belajar Copywriting Untuk Pemula

Nah, untuk dapat membuat copywriting yang baik dalam bekerja atau mempersiapkan portofolio copywriting-mu, kamu bisa menyimak penjelasan cara belajar copywriting untuk pemula dibawah ini.

Komitmen dan Pelajari Dasar-dasar Copywriting

Salah satu pertanyaan terpenting yang perlu kamu jawab adalah: seberapa besar komitmenmu untuk menjadi copywriter? Ya, ini adalah karir yang hebat, tetapi hanya jika kamu  benar-benar menikmatinya dan tidak mungkin mengetahuinya tanpa terlebih dahulu mencelupkan jari kakimu ke dalam kolam copywriting ini. Itu sebabnya kamu harus mulai dengan membaca buku atau bacaan lain tentang copywriting. Jika kamu menikmatinya, lanjutkan, tetapi jika tidak kamu dapat berhenti dan melakukan sesuatu yang lebih cocok untuk kamu.

Pilih Spesialisasi dalam Bidang Copywriting dan Tekuni

Setelah kamu memutuskan ingin menjadi copywriter dan telah mempelajari dasar-dasarnya dari buku dan bacaan, kamu dapat beralih ke memilih keahlian khusus copywriting dan menguasainya. Jadi, langkah selanjutnya adalah membeli kursus di salah satu spesialisasi copywriting. Ada berbagai spesialisasi dalam bidang copywriting yang dapat kamu temui diantaranya adalah: 

  • Marketing copywriting, Ini adalah jenis copywriting yang paling dikenal orang. Copywriting pemasaran dapat berupa apa pun yang kamu lihat dan dengar yang bersifat promosi.
  • Social media copywriting, tentu tujuannya adalah untuk promosi namun sebenarnya lebih dari itu, yakni berkomunikasi kepada audience secara lebih efektif.
  • Brand copywriting, membuat salinan yang tepat untuk mendeskripsikan brand
  • Email copywriting, salinan email yang bagus adalah salah satu cara terbaik untuk terhubung langsung dengan audience yang paling kamu targetkan.
  • Technical copywriting, copywriting ini adalah salinan yang bertujuan untuk menjelaskan teknologi sambil menjual produk.
  • SEO copywriting, dan lainnya.

    belajar copywriting
    Sumber: Envato

Berlatih Membuat Salinan

Sekarang saatnya untuk berlatih. Jika kamu memiliki akses ke channel seperti daftar email, blog, atau grup media sosial sendiri, kamu dapat mencoba menulis beberapa salinan persuasif untuk diri sendiri, baik mempromosikan produkmu sendiri atau produk orang lain. Jika kamu tidak memiliki akses channel tersebut, tawarkan untuk menulis salinan penjualan untuk seorang teman yang memiliki bisnis. 

Segera Terjun dalam Dunia Kerja

Ini adalah bagian yang paling sulit. Tidak ada yang senang ditolak dari pekerjaan, tetapi itu adalah bagian dari proses awalnya. Jika dalam proses pendaftaranmu banyak menemui hambatan seperti misalnya ditolak, kamu tidak boleh berkecil hati dan terus mencoba mendaftar di tempat lain. Hal paling cerdas yang dapat kamu lakukan adalah mendaftar ke beberapa lowongan pekerjaan, termasuk situs freelance seperti Upwork, dan mulai melamar banyak pekerjaan copywriter lainnya. 

Tips-tips Belajar Copywriting untuk Pemula

Copywriting adalah seni menulis yang menyenangkan dan menantang. Melalui proses belajar menulis copy yang menarik dan efektif, kamu akan menemukan kreativitas dan mengejar kesuksesan dalam menjual produk atau layanan melalui kata-kata yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan di keseharian.

  1. Baca banyak contoh copywriting yang baik: Mulailah dengan mencari contoh-contoh copywriting yang baik dari berbagai sumber, baik itu iklan, website, atau surat iklan. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana menulis copy yang menarik dan efektif.
  2. Pelajari struktur copywriting: Belajar tentang struktur copywriting akan membantu Anda menulis copy yang efektif. Ini termasuk pengenalan, pembangunan, dan penutup.
  3. Belajar tentang persuasion: Copywriting adalah tentang meyakinkan orang untuk melakukan sesuatu, jadi belajar tentang persuasion akan sangat bermanfaat. Ini termasuk belajar tentang psikologi pembelian, argumen yang kuat, dan cara membuat orang merasa perlu untuk membeli produk atau layanan Anda.
  4. Pelajari tentang headline: Headline adalah bagian penting dari copywriting, karena ini adalah bagian pertama yang orang lihat. Belajar tentang cara menulis headline yang menarik dan efektif akan membantu Anda menarik perhatian orang.
  5. Latihan menulis copy: Latihan menulis copy adalah cara terbaik untuk belajar copywriting. Mulailah dengan menulis copy untuk produk atau layanan yang Anda sukai, lalu cobalah menulis copy untuk produk atau layanan yang Anda tidak sukai.
  6. Dapatkan feedback: Dapatkan feedback dari orang lain tentang copy Anda. Ini akan membantu Anda mengetahui apa yang bekerja dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat mengejar kesalahan dan meningkatkan copy Anda.
  7. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru: Copywriting adalah proses yang berkesinambungan, jadi jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru. Ini akan membantu Anda menemukan gaya yang sesuai dengan Anda dan membuat Anda menjadi copywriter yang lebih baik.

    belajar copywriting
    Sumber: Envato

Lakukan Sekarang dan Jadilah Copywriter Professional! 

Memang membutuhkan perjalanan cukup panjang untuk menjadi seorang copywriter. Tentunya apa yang telah kamu pelajari ini harus diimbangi dengan komitmen yang matang. Anggap saja belajar copywriting adalah hal yang mengasikan. Cara belajar copywriting pemula dapat kamu mulai dari komitmen yang kuat dan mulai juga dengan belajar dasar-dasar copywriting. Selanjutnya kamu dapat memilih spesialisasi yang menurut kamu cocok. Cara belajar copywriting selanjutnya adalah dengan terus berlatih dan terjun dalam dunia professional secara nyata. Sekali lagi, ini merupakan proses yang panjang. Tapi kamu sedang dalam perjalanan. Kamu sekarang memiliki peta jalan untuk memandumu melalui semua langkah yang perlu kamu ambil dan akhirnya kamu akan sampai di tujuan.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah