• Home
  • Tips
  • 10+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark untuk Smartphone dan PC/Laptop

10+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark untuk Smartphone dan PC/Laptop

Oleh Ayoni Sulthon
No ratings yet.
10+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark untuk Smartphone dan PC/Laptop

Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark – Industri digital kini kian meningkat dari waktu ke waktu, baik itu audio digital ataupun video. Salah satunya yang saat ini sedang banyak digandrungi oleh para masyarakat untuk berbagai keperluan adalah video, baik itu video berdurasi pendek maupun yang agak lama.

Video berdurasi pendek pun banyak dijumpai di media sosial. Seperti pada aplikasi TikTok maupun aplikasi sejenis lainnya. Sementara video dengan durasi panjang seperti video cinematic, video klip music, dan lainnya sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat.10+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark untuk Smartphone dan PC/Laptop

Nah, untuk mendapatkan hasil video pendek maupun panjang yang memukau bukanlah hal gampang, Anda harus melakukan beberapa pengolahan video baik dengan aplikasi edit video berbayar maupun gratis. Ada begitu banyak aplikasi edit video yang tersedia, mulai dari ukuran yang ringan hingga sangat besar. Tentu saja dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sayangnya, beberapa aplikasi editing video menawarkan fitur edit dengan menyertakan watermark pada hasil video. Hal ini menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi pembuat konten.

Namun Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi edit video tanpa watermark. Simak ulasannya berikut ini:

Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark Untuk Smartphone

Watermark adalah suatu tanda atau pola yang muncul seperti tulisan atau bayangan penyedia layanan. Adanya watermark dapat mengganggu visual secara keseluruhan dari video Anda. Sehingga, memilih aplikasi penyunting video yang tepat adalah salah satu kuncinya.

Jika dahulu edit video harus dilakukan melalui PC, kini editing video sudah semakin mudah menggunakan aplikasi mobile. Jadi, Anda tidak perlu repot memindahkan file video dari smartphone ke laptop atau komputer untuk sekedar mengedit. Hanya berbekal ponsel pintar, kini Anda bisa editing video layaknya lewat PC.

Penasaran aplikasi edit video tanpa watermark apa saja  yang bisa digunakan pada ponsel? Simak informasinya!

1. Inshot

Aplikasi pertama yang biasa digunakan untuk menyunting video tanpa watermark adalah Inshot. Bagi kalangan penggemar video pendek pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Software InShot Inc menyuguhkan fitur edit video yang sangat mudah digunakan oleh siapapun, bahkan pengguna baru.

Beberapa fitur dasar diberikan secara gratis seperti efek, sticker, memotong durasi video, mempercepat atau memperlambat pemutaran dan tentunya menghilangkan watermark.

Akan tetapi, terdapat beberapa batasan dalam menggunakan fitur, misalnya menghapus watermark yang hanya boleh dilakukan beberapa kali saja. Hal ini berbeda dengan layanan versi berbayar.

Aplikasi edit video tanpa watermark ini dapat Anda unduh di App Store untuk pengguna iPhone dan Google Play Store untuk pengguna Android.

2. KineMaster

Di urutan ke dua adalah KineMaster. Anda yang gemar mengambil video via smartphone sepertinya sudah cukup kenal dengan aplikasi ini. KineMaster adalah aplikasi edit video profesional yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone.

Bukan tanpa alasan, aplikasi tambahan ini memilik fitur yang tidak sebatas hanya cut paste saja, namun Anda juga dapat menikmati beberapa fitur pro seperti chroma key yang biasa digunakan oleh YouTuber gaming.

Adapun beberapa fitur lain yang dimiliki oleh KineMaster ini meliputi  pro Audio Features, Speed Control, Multiple Layers, Instant Preview, Multi Track Audio, Blending Modes, Voice Recording dan lain-lain.

Untuk Anda yang membutuhkan fitur-fitur komplit, KineMaster tersedia dalam dua versi, yakni berbayar dan gratis. Dengan berlangganan KineMaster, Anda bisa menikmati banyak fitur menarik, salah satunya menghapus watermark.

Baca juga : dapat website gratis

3. VN Video Editor Maker VlogNow

Sesuai dengan namanya, VN Video Editor Maker VlogNow sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin membuat vlog dengan smartphone. Dan juga ini adalah aplikasi penyunting video yang bisa digunakan oleh pengguna profesional maupun pemula.

Pasalnya, aplikasi ini mempunyai user interface yang simple, menarik dan mudah digunakan. VN Video Editor Maker juga mempunyai beragam fitur dasar menyunting video, serta filter yang dapat ditentukan, diatur dan digunakan sendiri oleh pengguna. Misalnya video efek, subtitle, musik dan lain sebagainya.

4. FilmoraGo

Aplikasi edit video dengan smartphone selanjutnya adalah FilmoraGo yang tersedia untuk pengguna Android maupun iPhone. Pada aplikasi ini, terdapat fitur-fitur dasar yang bisa Anda gunakan untuk menyunting video menjadi lebih aestetic. Yang lebih menarik, meski masih menggunakan FilmoraGo gratis, Anda tetap bisa mengedit video tanpa watermark. Jadi jangan lupa untuk memasukkan FilmoraGo ke dalam daftar aplikasi yang harus Anda coba ya.

5. Adobe Premiere Rush

Selain mengeluarkan aplikasi editing photo, ternyata Adobe juga memiliki aplikasi penyunting video yakni Adobe Premiere Rush yang menawarkan fitur-fitur pengeditan otomatis dari dokumen video bahkan foto Anda.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengedit video secara manual dan memasukkan berbagai efek, sound atau musik serta alat yang tersedia pada Adobe Premiere Rush. Akan tetapi, aplikasi yang satu ini lebih dioptimalkan untuk menyunting video horizontal.

6. Quick

Anda salah satu penggemar GoPro? Pasti Anda sudah kenal dengan aplikasi edit video yang satu ini. Quick adalah aplikasi penyunting video keluaran GoPro, produsen action cam populer. Aplikasi tersebut pada awalnya hanya digunakan untuk menyunting video dari kamera GoPro secara langsung.

Namun seiring perkembangan zaman, kini Quick sudah tersedia bebas bagi pengguna Android. Besutan produsen action cam ternama ini mengantongi berbagai fitur menarik, mulai dari fitur dasar hingga fitur auto edit yang dapat menyesuaikan dengan background musik yang digunakan.

7. PowerDirector

Aplikasi edit video yang berikutnya adalah PowerDirector yang tersedia untuk smartphone baik itu iOS maupun Android. Aplikasi ini hadir dengan user interface yang simple dan mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Di samping itu, penyuntingan lebih mudah dilakukan karena PowerDirector memiliki tampilan layaknya aplikasi editing untuk PC. Proses editing lebih mudah, hasilpun lebih keren. Di sini, Anda dapat dengan mudah menyisipkan efek, audio, transisi, sticker dan fitur lainnya yang membuat hasil video menjadi lebih bagus.

Ingin membuat video bergaya sinematik dan menarik? Sepertinya PowerDirector menjadi pilihan yang tepat.

8. VivaVideo

VivaVideo masuk ke dalam daftar aplikasi editi video untuk smartphone yang bisa dikatakan paling user-friendly. Terlebih bagi Anda yang suka coba-coba mengedit video melalui smartphone. Sama seperti aplikasi pada umumnya, Anda bisa mengunduh VivaVideo ini secara gratis di Apple Store atau Google Play Store.

Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan yang ditonjolkan, seperti tampilannya yang user-friendly, juga tersedia lebih dari 200 efek atau filter menarik, Anda juga dapat mengatur lambat cepatnya video, melakukan input teks dan lain sebagainya.

Proses editing yang lebih mudah berkat user interface yang berbasis storyboard. Namun sayangnya, pilihan musik latar yang tersedia secara gratis belum begitu beragam. Jika Anda ingin lebih banyak opsi, menggunakan aplikasi berbayar VivaVideoPro dirasa lebih cocok.

Baca juga : hosting murah di dunia

9. Video Show

Ingin tahu aplikasi edit video tanpa watermark yang keren? Video Show jawabannya! Aplikasi ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik untuk profesional maupun pemula. Berbagai fitur-fitur menarik juga tersedia dalam aplikasi ini, Anda bisa menambahkan efek gambar, teks, suara, bahkan Anda juga bisa dubbing dengan rekaman suara Anda sendiri.

Tidak hanya itu, fitur dasar seperti cut, paste, memperlambat atau mempercepat pemutaran video dan juga mengkompres ukuran video tanpa harus menurunkan kualitas video asli juga bisa Anda lakukan dengan aplikasi Video Show ini.

10. VidTrim – Video Editor

Nah, bagi Anda yang hanya membutuhkan editing dasar pada video, VidTrim adalah opsi yang tepat. Aplikasi ini memiliki 4 fitur utama sebagai andalan, yakni merger atau menggabungkan video, memotong video, kompres ukuran video serta konversi video.

Tidak hanya keempat fitur tersebut, beberapa fitur lain seperti filter juga ikut hadir di VidTrim Video Editor. Peminat dari aplikasi ini juga sangat banyak, dikarenakan tampilannya yang sederhana dan juga user friendly.

11. ActionDirector Video Editor

Mulanya, aplikasi ActionDirector Video Editor ini hanya tersedia untuk pengguna laptop dan juga PC. Akan tetapi mengingat penggunaan mobile sudah semakin canggih, maka kini aplikasi tersebut juga sudah tersedia untuk Android. Sehingga Anda sudah tidak perlu lagi memindah file untuk sekedar menyunting video.

Sama halnya dengan aplikasi edit video lainnya, Anda dapat menambahkan musik, memotong video, menyesuaikan speed motion video, menyisipkan stiker, gambar lain, teks dan lain sebagainya.

ActionDirector memiliki tampilan user friendly serta didukung dengan format video 4K.  Dan yang lebih penting, Anda dapat menikmati fitur edit video tanpa watermark secara gratis di sini.

Hanya saja, Anda akan cukup terganggu dengan tampilan iklan di dalamnya.

Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark Untuk PC atau Laptop

Selain menggunakan smartphone, melakukan edit video tentu saja lebih mudah dilakukan dengan PC ataupun laptop. Kalangan professional pun biasanya lebih memilih untuk editing video via PC demi mendapatkan hasil yang lebih mantap.

Nah, bagi Anda yang baru ingin belajar edit video dasar pun tidak perlu khawatir, pasalnya terdapat juga aplikasi yang dirancang khusus untuk pemula.  Untuk lebih jelasnya, simak rekomendasi aplikasi edit video tanpa watermark untuk PC berikut ini.

1. VSDC Free Video Editor

Di urutan pertama ada VSDC Free Video Editor yang dirancang bagi pemula untuk belajar menyunting video. Meskipun diperuntukkan untuk pemula, namun fitur yang dimiliki tidak bisa dianggap sepele.

Aplikasi ini sudah memiliki menu export yang sesuai dengan kriteria video yang Anda upload. Misalnya, Anda ingin mengunggah hasil video ke Instagram maka secara otomatis ketika Anda meng-export file tersebut, format video akan berubah sesuai dengan format video yang ada di Instagram. Fitur pendukung lain juga cukup komplit, salah satunya adalah edit video tanpa watermark yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Software penyunting video ini juga mempunyai versi pro yang sudah dilengkapi dengan fitur canggih seperti voiceover, mask tool serta chroma key untuk project profesional. Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menikmati alat-alat tersebut yakni $19,99.

2. MovieMaker (VideoEditor)

Rekomendasi aplikasi edit video untuk PC yang kedua adalah MovieMaker (VideoEditor). Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini yakni bisa digunakan pada laptop dengan spesifikasi rendah.

Selain itu, kelebihan lain yang dikantongi oleh aplikasi MovieMaker adalah dapat mengedit video hingga resolusi 4K. Anda dapat menambahkan efek-efek transisi pada setiap potongan klip, juga dapat menambahkan overlay yang bisa memperindah video dan lain sebagainya.

MovieMaker apk hadir dengan fitur-fitur yang sangat komplit, jadi tidak heran jika sejak zaman dahulu aplikasi editing video ini selalu menjadi idaman di kalangan pecinta video cinematic.

3. OpenShoot Video Editor

Pernahkan Anda mendengar nama aplikasi OpenShoot Video Editor? Ini adalah salah satu aplikasi penyunting video yang cukup populer. Selain menawarkan keunggulan untuk editing video tanpa watermark, dengan aplikasi ini Anda juga bisa membuat 3D Animation serta chroma key yang telah tersedia di dalamnya. Fitur tersebut cocok bagi pemula yang ingin membuat konten untuk saluran YouTube dan media sosial.

Tidak hanya fitur-fitur dasar seperti memotong video, Anda juga bisa membuat video ala ala cinematic dengan mengatur speed video, mengubah ukuran klip sekaligus menggabungkan informasi audio menggunakan alat seret dan lepas sederhana.

Untuk Anda yang mencari software dengan fitur lengkap namun tampilan yang mudah dipahami serta mudah digunakan untuk project video pendek, OpenShoot Video Editor bisa diandalkan. Walaupun software ini tidak dilengkapi dengan pengeditan multicam, namun program tersebut memiliki banyak fitur lanjutan yang cocok untuk profesional.

4. Lightworks – Editor Video Gratis

Butuh software penyunting video tingkat pro? Lightworks bisa jadi referensi selanjutnya. Yups, aplikasi ini pernah digunakan untuk menyunting film Hollywood terkenal seperti Pulp Function, The Wolf of Wall street dan masih banyak lagi.

Lightworks tidak membatasi panjang video untuk pengguna, sehingga Anda bisa mengedit video dengan durasi panjang sekalipun. Yang lebih menariknya lagi, komunitas online Lightworks yang sehat dapat membatu pemula dengan membagikan tips serta trik jitu untuk membuat project berkualitas.

Tidak harus berlangganan untuk menikmati fitur-fitur canggihnya, karena versi gratisnya pun sudah menyediakan hampir seluruh fitur versi berbayar. Hanya saja, versi gratis Lightworks memiliki batasan untuk bagian format output.

5. Blender

Salah satu editor video kreasi 3D ini menyuguhkan alat yang canggih untuk para profesional secara gratis. Blender menjadi salah satu primadona di kalangan pecinta video karena pipeline 3D nya rigging, animasi, modeling, pipeline animasi 2D, simulasi, pengomposisian serta motion tracking.

Sementara pada alat pengeditan utama ada VFX, editor, Sculpting serta animasi 2D. Terdapat 32 slot untuk tempat setiap klip menambahkan animasi, elemen maupun efek. Fitur animasi 3D, VFX dan 2D dari software ini setara dengan aplikasi profesional, jadi Anda sudah tidak perlu ragu lagi.

Blender secara berkala selalu mengupgrade platform editornya. Aplikasi editor video ini juga tidak akan meninggalkan jejak watermark yang sangat mengganggu hasil video keren Anda nantinya.

Namun untuk para pemula, Blender akan terasa sedikit sulit karena membutuhkan pengetahuan yang cukup luas untuk menavigasi alat-alat yang tersedia. Tetapi, bagi Anda para profesional yang membutuhkan software open source yang menjamin privasi, Blender adalah alternatif yang sulit untuk ditolak.

Pemilihan software video editor sebenarnya harus disesuaikan dengan kebutuhan dasar pengguna dan diawali dengan pemilihan perangkat terlebih dahulu, apakah cukup menggunakan smartphone atau membutuhkan PC atau laptop.

Rekomendasi aplikasi edit video tanpa watermark di atas dilengkapi dengan berbagai fitur interaktif yang siap diandalkan untuk membuat project yang berkualitas. Semua software tersebut bisa Anda unduh secara gratis dan mudah.

Hanya saja, untuk menikmati layanan lengkapnya, beberapa software mengharuskan pengguna berlangganan paket berbayar.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!