• Home
  • Tips
  • Cara Mendapatkan Cuan Tambahan dari Kerja Sampingan!

Cara Mendapatkan Cuan Tambahan dari Kerja Sampingan!

Oleh Hiqbal Fauzi
No ratings yet.
kerja sampingan

Di era digital saat ini, kebutuhan seseorang semakin bertambah setiap harinya, tidak heran kebanyakan karyawan saat ini memiliki kerja sampingan untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar walaupun harus mengerahkan tenaga yang lebih besar pula. Kerja sampingan setiap orang biasanya berbeda-beda, dan yang terpenting kerja sampingan tidak mengganggu pekerjaan utama yang harus dikerjakan setiap harinya.

Jika kamu adalah salah satu orang yang ingin memulai kerja sampingan, maka ini artikel yang tepat untukmu! Yuk kita kenalan dengan kerja sampingan yang bisa menghasilkan cuan, simak artikel ini hingga akhir ya!

Apa itu Kerja Sampingan?

Jadi ,sederhananya kerja sampingan adalah melakukan sebuah pekerjaan di luar atau di sela-sela kesibukan pekerjaan utama yang dilakukan. Biasanya, kerja sampingan juga memiliki waktu yang lebih fleksibel daripada pekerjaan utama. Kerja sampingan disini juga bisa berupa hobi yang dikembangkan menjadi usaha atau kegiatan yang menghasilkan keuntungan (profitable). 

Skill atau kemampuan terpenting yang harus dimiliki oleh seseorang yang memiliki kerja sampingan adalah Time Management. Walaupun kerja sampingan dilakukan di luar pekerjaan utama atau di sela-sela kesibukan, namun manajemen waktu yang baik tetap perlu dilakukan agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan efektif dan optimal.Jadi, sebelum memulai untuk memiliki kerja sampingan, pastikan memiliki manajemen waktu yang baik ya!

kerja sampingan
Sumber: Envato

Baca Juga : Side Hustle Adalah Alternatif Cuan Bagi Kaum Produktif!

Apa Saja yang Bisa dijadikan Kerja Sampingan?

Mari kita mulai, jadi apa aja sih kerjaan yang bisa menjadi kerja sampingan? Sebelum menuju pada ide-ide dan objek pekerjaan yang ingin dilakukan, kamu harus tahu apa-apa saja yang cocok untuk dijadikan kerja sampingan di sela-sela pekerjaan utama. Tentu saja hal pertama yang penting adalah harus memiliki waktu luang ditengah kesibukan pekerjaan utama setiap harinya. Jika memenuhi salah satu dari kriteria di bawah ini, maka kamu bisa mulai untuk fokus pada bidang-bidang tersebut.

1. Ingin Memiliki Passive Income

Pertama, kamu adalah salah satu orang yang ingin memiliki passive income. Passive income adalah pemasukan berupa sewa properti, partnership, hingga investasi reksadana atau saham. Passive income ini tidak memerlukan kamu untuk bekerja untuk uang, melainkan uang akan bekerja untuk kamu. 

Passive income dapat dikategorikan pekerjaan sampingan yang cocok untuk kamu yang tidak memiliki waktu luang yang banyak. Untuk mendapatkan passive income, kamu harus memiliki pengetahuan yang cukup terkait bidang yang ingin ditekuni, seperti saham, reksadana dan sebagainya. Kamu hanya perlu membuat strategi di awal, kemudian melakukan eksekusi, dan setelahnya uang akan bekerja untuk kamu tanpa harus kamu bekerja lebih keras. 

2. Sesuai dengan Hobi

Kedua, kamu memiliki hobi yang ingin kamu lakukan di sela-sela kesibukan pekerjaan utamamu. Dengan memiliki hobi, kamu bisa mencari inspirasi ide kerja sampingan melalui hobi tersebut. Jika kamu memiliki hobi, maka kamu akan lebih mudah menjalaninya dengan hati yang lebih senang serta hal ini bisa menjadi refreshment sekaligus menjadi kerja sampingan yang akan menambah penghasilanmu. Jadi, mulai pikirkan ide-ide kreatif yang timbul dari hobi kamu ya!

3. Memiliki Usaha Turun-Temurun

Ketiga, jika kamu memiliki peluang untuk meneruskan usaha yang turun-temurun, maka hal ini dapat kamu jadikan kerja sampingan yang dapat menambah penghasilan kamu. Usaha yang turun-temurun terkadang tidak sesuai keinginan ataupun passion, namun dengan memiliki usaha turun temurun, maka kamu tidak perlu lagi membangun usaha atau kerja sampingan dari nol, kamu cukup melanjutkannya di sela-sela kesibukan pekerjaan kamu setiap harinya. 

kerja sampingan
Sumber: Envato

Baca Juga : Cari Tahu Tips dan 12 Usaha yang Menjanjikan yang Bisa Kamu Coba!

10 Inspirasi Kerja Sampingan Online

Nah, jika kamu masuk pada salah satu kriteria di atas, maka selanjutnya kamu bisa mulai menentukan apa kerja sampingan yang cocok untuk kamu. Kerja sampingan menggunakan metode online atau remote adalah salah satu alternatif yang dapat kamu lakukan agar lebih memudahkan kamu dalam mengatur waktu yang kamu miliki, berikut merupakan 10 ide inspirasi kerja sampingan online yang direkomendasikan

1. Membuka Toko Online

Toko online adalah salah satu kerja sampingan dari rumah yang dapat dengan mudah kamu lakukan. Membuka toko online kecil-kecilan tidak memerlukan modal untuk membuat bangunan atau perizinan yang rumit apa lagi kamu bisa membuatnya di platform e-commerce. Kamu bisa mulai membuka toko online dengan menjual barang/makanan/jasa yang sebelumnya sudah familiar dengan hal tersebut, jadi kamu memiliki pengetahuan yang lebih. Selain itu, kamu juga harus mencari peluang di sekitarmu terkait kebutuhan, ataupun keresahan yang dirasakan agar kamu bisa memulainya dari lingkaran kecil di lingkunganmu. 

2. Dropshipper

Ide selanjutnya adalah dropshipper. Apakah kamu pernah dengar dropshipper? Dropshipper adalah salah satu kerja sampingan online yang mudah tanpa harus kamu memiliki modal. 

Cara kerja dropshipper adalah dengan menjual sebuah produk langsung dari produsen ke konsumen. Jadi, produsen akan mengirimkan produk apa saja yang akan di jual, tugas dropshipper disini hanya sebagai perantara untuk mempromosikan produk tersebut kepada konsumen. Kemudian, jika konsumen tertarik ingin membeli produk tersebut, maka dropshipper akan meminta detail pemesanan dan akan disampaikan kepada produsen untuk mengirimkannya kepada konsumen.

Pada intinya, dropshipper adalah salah satu kerja sampingan di rumah sebagai perluasan marketing dan perantara dari produsen dan konsumen. Dropshipper hanya membutuhkan kreativitas dan kemampuan berkomunikasi yang baik agar konsumen tertarik dengan produk tersebut.

3. Content Creator

Pasti kamu sudah tidak asing dengan Content Creator, Content Creator saat ini banyak dijadikan kerja sampingan online yang kian populer seiring munculnya beberapa platform sosial media yang dapat menghibur masyarakat. Jika kamu memiliki hobi pada bidang entertainment, ataupun pengeditan foto/video maka kerja sampingan ini adalah bidang yang cocok untukmu!

Seorang Content Creator juga harus mempersiapkan konten apa yang menjadi ciri khas atau niche agar dapat bersaing dengan kreator-kreator lain yang ikut meramaikan dunia maya. Jika ingin menjadikan Content Creator sebagai kerja sampingan online yang kamu tekuni, pastikan konten yang kamu buat tidak bertolak belakang dengan pekerjaan utama yang saat ini kamu lakukan. Kemudian, berlatih untuk memperkuat kemampuan digital pada foto ataupun video agar dapat membuat orang tertarik untuk melihatnya.

kerja sampingan
Sumber: Envato

Baca Juga : Rahasia Kerja Online dari Rumah dan Menghasilkan Jutaan Rupiah

4. Freelance-Writer

Selanjutnya adalah Freelance Writer. Menjadi seorang freelance writer dapat berawal dari hobi menulis atau berimajinasi dan dituangkan ke sebuah tulisan. Kerja sampingan sebagai freelance writer pastinya akan memiliki waktu yang fleksibel, namun pastikan kamu tetap memiliki waktu luang untuk mengalokasikan waktu kamu dalam menulis. Freelance writer ini bisa kamu lakukan melalui rekrutmen sebuah perusahaan, ataupun kamu dapat memulai menulis secara pribadi dan mengundang pembaca untuk mulai membaca tulisanmu. 

Jenis freelance writer ini bisa berbagai macam, seperti penulis blog, penulis ulasan produk, menulis konten pada sosial media, menulis jurnal ilmiah, menulis cerita pendek, dan sebagainya. Jadi, kamu bisa sesuaikan bidang menulis apa yang paling cocok. 

5. Investor 

Menjadi investor adalah salah satu kerja sampingan di rumah yang paling membutuhkan modal untuk memulainya. Menjadi investor, kamu tidak hanya akan menaruh sejumlah uang pada sebuah perusahaan, namun kamu harus melakukan analisis apakah prospek perusahaan tersebut akan menguntungkan atau malah merugikan. Jadi, strategi yang kamu bangun harus matang agar tidak terjadi kerugian yang parah kedepannya.

Menjadi investor membuat kamu memiliki passive income dan uang akan bekerja untuk kamu.Instrumen untuk investasi bisa kamu mulai melalui saham, reksadana, ataupun langsung pada bisnis-bisnis kecil yang memiliki prospek yang baik. 

6. Admin Sosial Media

Selanjutnya adalah admin sosial media. Saat ini, cukup banyak bisnis yang mengandalkan sosial media sebagai media marketing mereka dan menyebarkan brand awareness pada sebuah produk. Dengan menjadi admin sosial media, kamu bisa melakukan pekerjaan ini dimana saja terutama di sela-sela kesibukan pekerjaan utama kamu.

Kemampuan yang diperlukan menjadi admin sosial media adalah kemampuan komunikasi melalui konten ataupun caption dari sebuah foto, kemudian pengetahuan terkait fitur-fitur sosial media yang mendalam dan sebagainya. Jika kamu termasuk orang yang suka menjelajahi sosial media selama berjam-jam setiap harinya, admin sosial media adalah kerja sampingan online yang cocok untuk kamu!

7. Pengisi Survey Online

Kerja sampingan online selanjutnya adalah menjadi pengisi survey online. Terkadang, beberapa perusahaan memerlukan data untuk meluncurkan sebuah produk baru atau penemuan baru. 

Terdapat perusahaan yang menawarkan untuk mengisi survey online dengan memberikan komisi setiap survey yang diisi. Namun, memang untuk mengisi survey tersebut tentunya terdapat persyaratan yang harus sesuai dengan latar belakang kamu. Salah satu website kamu bisa kamu jelajahi terkait pengisi survey online berbayar adalah Mobrog, SwagBucks, Toluna, PanelPlace, dan SurveyOn.

8. Virtual Assistant

Virtual assistant adalah salah satu kerja sampingan populer saat ini. Semenjak adanya COVID-19 yang mengharuskan semua orang bekerja dari rumah atau dari mana saja, membuat banyak perusahaan luar negeri yang membutuhkan seorang personal asisten/sekretaris tanpa harus bertatap muka dan dapat bekerja secara fleksibel. 

Kemampuan wajib yang dibutuhkan yaitu kemampuan bahasa inggris agar mempermudah komunikasi dengan pihak perusahaan. Tugas utama seorang virtual assistant adalah mengurus dokumen administratif yang akan dikelola secara remote dari perusahaan/klien.

kerja sampingan
Sumber: Envato

Beli Domain Murah

9. Freelance Programmer

Jika kamu memiliki latar belakang seorang programmer atau tech enthusiast, kamu bisa mencoba salah satu kerja sampingan online satu ini, yaitu menjadi freelance programmer. Seorang freelance programmer akan bekerja sesuai dengan project yang dibutuhkan. Kamu bisa menyesuaikan bahasa pemrograman apa yang kamu kuasai dengan project yang tersedia. Kamu bisa mencari informasi terkait freelance programmer pada Fiverr, Freelancer, Fastwork, Sribu.com dan sebagainya. 

10. Program Afiliasi

Pertama, kamu bisa mengikuti program afiliasi sebagai kerja sampingan kamu. Saat ini, sudah banyak program afiliasi yang dijalankan oleh beberapa perusahaan untuk meningkatkan marketing mereka. Contoh pertama, seperti Shopee Affiliate Program. Kamu bisa mengikuti program tersebut hanya dengan membagikan link produk kepada orang lain, dan jika orang tersebut melakukan klik pada link yang kamu kirim, maka kamu mendapatkan komisi dari pihak Shopee. 

Kedua, kamu bisa coba Program Afiliasi DomaiNesia. Apa itu Program Afiliasi DomaiNesia? Jadi, program afiliasi DomaiNesia akan menginstruksikan kamu untuk membagikan link afiliasi, kode promo, atau banner afiliasi kamuke orang lain tanpa melanggar syarat dan ketentuan. Kemudian, jika orang yang telah kamu bagikan membeli salah satu produk milik DomaiNesia menggunakan link tersebut, maka kamu akan mendapatkan komisi hingga 50%! Menarik bukan? Yuk coba daftar!

Tertarik Kerja Sampingan di Rumah? Yuk Cobain!

Jadi, apakah saat ini kamu sudah bersemangat untuk memulai kerja sampingan di rumah? Dari penjelasan di atas, mulailah melakukan eksplorasi hal-hal apa saja yang senang dan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan pekerjaan utama kamu. Setelah eksplorasi maka kamu dapat membuat keputusan bidang apa yang ingin kamu coba untuk kerja sampingan.

Pada awalnya, mungkin penghasilan kerja sampingan tidak akan melebihi pekerjaan utama kamu, namun jika ditekuni, maka kerja sampingan akan sangat membantu pemasukan setiap bulannya secara perlahan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai kerja sampingan di rumah yang cocok buat kamu!

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at DomaiNesia with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds