• Home
  • Tips
  • Side Hustle Adalah Alternatif Cuan Bagi Kaum Produktif!

Side Hustle Adalah Alternatif Cuan Bagi Kaum Produktif!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Side Hustle adalah pekerjaan sampingan yang dimiliki oleh seseorang selain pekerjaan utama.

Tujuan utama memiliki side hustle adalah untuk mengejar passion, sekaligus bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Misalnya pekerjaan utama kamu adalah seorang karyawan dari sebuah perusahaan, disamping pekerjaan tersebut kamu bekerja sebagai youtuber atau streamer untuk mengikuti passion kamu.

Oleh karena itulah side hustle juga dapat diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan untuk mengisi waktu luang sesuai dengan minat.

Bentuk side hustle sangat beragam dan tentunya menguntungkan. 

Alasan Mengapa kamu membutuhkan Side Hustle

Nah beberapa alasan mengapa Side Hustle sangat dibutuhkan bagi kaum produktif adalah sebagai berikut :

Meningkatkan keamanan finansial

Walaupun side hustle memiliki keuntungan yang lebih sedikit dibandingkan pekerjaan utama kamu, namun side hustle dapat membantu kamu untuk menjamin keamanan finansial kamu dengan meningkatkan penghasilan kamu tiap bulannya.

Side hustle juga memberikan kamu potensi untuk mendapatkan lebih banyak pemasukan tiap bulan di masa mendatang, membuat kamu lebih ringan untuk membayar tagihan, menabung dan juga membuat kamu lebih tenang dalam pengaturan anggaran kamu.

Side hustle adalah dapat bekeja dengan menyediakan aliran pendapatan yang tidak terkait dengan pekerjaan utama kamu.

Sehingga, saat kamu sedang mengalami masalah dengan pekerjaan utama kamu, penghasilan kamu tidak akan sepenuhnya hilang begitu saja.

Keamanan finansial tentunya penting untuk difikirkan, dengan side hustle kamu dapat mengurangi ketergantungan kamu pada satu sumber pendapatan.

side hustle adalah
Sumber : Elements Envato

Mendapatkan lebih banyak fleksibilitas

Biasanya seorang karyawan yang bekerja full time akan menghabiskan waktu di kantor 9-5 atau struktur waktu sejenis yang kaku.

Fleksibilitas bekerja pada side hustle dapat menjadi salah satu perubahan yang menyegarkan bagimu terlepas dari jam kerja kantor yang monoton.

Hal ini merupakan bagian terbaik dari side hustle karena kamu memiliki kendali penuh terhadap pekerjaan yang kamu kerjakan.

Saat kamu sedang menghadapi hari-hari yang sulit di tempat kerja, kamu dapat mengurangi jam kerja side hustle kamu.

Fleksibilitas pemilihan jadwal kerja kamu berarti bahwa kamu dapat mempertahankan posisi di luar jam kerja utama kamu kapanpun itu.

Beberapa side hustle memiliki fleksibilitas yang lebih daripada yang lainnya, misalnya freelance dengan clients dengan deadline yang sudah ditentukan tidak akan sama dengan fleksibilitas yang dimiliki oleh pengemudi fotografer.

Pastikan kamu memilih side hustle yang dapat kamu kerjakan sesuai dengan siswa waktu istirahat dari kesibukan pekerjaan utama kamu.

Apabila kamu memiliki banyak waktu luang, kamu dapat lebih banyak bekerja untuk side hustle kamu dan mengoptimalkan penghasilan melaluinya.

Kurangi kesibukan kamu pada side hustle kamu jika kamu hanya memiliki sedikit waktu luang. Kamu harus dapat menikmati fleksibilitas yang tidak dapat kamu dapatkan pada pekerjaan utama kamu

Dapat menjalani passion

Tidak semua kegiatan yang sesuai dengan passion akan mendapatkan penghasilan yang signifikan dalam waktu yang singkat.

Namun, pekerjaan yang sesuai dengan passion merupakan ide small bisnis yang hebat.

Side hustle adalah salah satu cara ahar dapat melakukan sesuatu yang kamu sukai dan nikmati tanpa perlu khawatir kehilangan sumber penghasilan utama untuk kebutuhan finansial sehari-hari.

Penghasilan tambahan dari side hustle ibarat sebuah bonus penghargaan dari kegiatan yang kamu senang dalam menjalaninya.

Membangun portofolio

Jika kamu baru terhadap sebuah industri tentu kamu perlu lebih banyak pengalaman untuk maju.

Menjalani side hustle di luar jam kerja utama akan sangat dapat membantu kamu mencapainya.

Hal ini juga berlaku ketika kamu ingin masuk ke industri tertentu dan belum memiliki cukup portfolio untuk menunjukkan keahlian dan pengalaman kamu.

Membangun portofolio yang bagus akan menjadikan prospek yang jauh lebih menarik untuk dilirik oleh perusahaan yang kamu idamkan, entah nantinya klien masa depan pada side hustle kamu atau hiring managers pada kesempatan kerja mendatang, kamu sudah siap dengan portofolio yang kuat.

Portofolio kamu harus mampu memberitahu klien potensial mengenai hal-hal yang perlu mereka ketahui tentang diri kamu sebelum memutuskan apakah mereka akan mempekerjakan kamu di perusahaan mereka.

Dapat melakukan perubahan karir

Apabila kamu sedang ingin melakukan perubahan karir, tentunya kamu tidak mungkin berada dalam posisi berhenti dari pekerjaan utama dan menghabiskan waktu kamu untuk menggapai karir baru kamu.

Sebab mempertahankan stabilitas keuangan tak semudah yang dibayangkan.

Apalagi jika kamu belum memiliki banyak pengalaman kerja dan peluang di bidang baru karir tersebut.

Kamu dapat memulai karir baru yang kamu inginkan sebagai side hustle dan memberikan kamu kesempatan untuk membangun diri kamu di bidang karir itu sebelum keluar dari pekerjaan utama yang kamu miliki saat ini.

Hal ini akan membantu kamu untuk menghindari kehilangan sumber penghasilan tetap selama kamu mengusahakan untuk mempersiapkan perubahan karir kamu.

Memanfaatkan waktu luang untuk memperbaiki diri

Saat ini dunia sedang dipenuhi dengan orang-orang yang berpikir bahwa memiliki waktu luang merupakan hal buruk yang harus selalu diisi dengan hal yang bermanfaat.

Beberapa orang masih menghabiskan waktu luang mereka dengan beristirahat bahkan menghabiskan waktu dengan kegiatan yang kurang penting.

Memang pada dasarnya semua manusia memerlukan istirahat, tanpa istirahat manusia tidak akan merasa siap untuk melakukan kegiatan berikutnya dengan baik.

Namun jika kamu menghabiskan waktu istirahat itu hanya untuk menatap ponsel, menonton TV atau kegiatan sejenisnya mungkin kamu dapat menggantinya dengan kegiatan yang sedikit lebih bermanfaat.

Sumber : Elements Envato

Tentunya dengan tidak mengganti semua waktu istirahat kamu dengan banyak pekerjaan, tapi kamu dapat menggunakan sebagian waktu luang itu untuk memperbaiki diri kamu dengan memiliki side hustle.

Kamu dapat mempelajari keterampilan baru, menghasilkan uang tambahan dan menambah ilmu melalui side hustle untuk menjadi versi terbaik dari diri kamu, asalkan kegiatan-kegiatan tersebut tidak membuat kamu semakin lelah dan berujung menjadi tidak produktif kedepannya.

Sebab tujuan mengisi waktu luang dengan side hustle bertujuan untuk fokus menjalani hal-hal menyenangkan yang bermanfaat bagi kehidupan kamu.

Menjelajahi kreativitas 

Setiap orang pasti memiliki potensi kreativitas pada dirinya masing-masing.

Jika kamu ingin lebih mengembangkan kreativitas tersebut, tapi kamu tidak memiliki cara untuk melakukannya dalam keseharian kamu, maka side hustle akan menjadi solusi terbaik untuk dijadikan media mengekspresikan kreativitas kamu dengan kegiatan yang produktif.

Menjalani side hustle di waktu luang kamu akan memberikan tantangan yang lebih besar bagi kamu untuk menggali sisi kreatif kamu.

Tanpa adanya tantangan tersebut, mungkin kamu akan kurang termotivasi untuk menemukan solusi kreatif atau menemukan langkah baru untuk menyelesaikan sesuatu sehingga kamu akan sering merasa stuck atau buntu.

Saat kegiatan sehari-hari kamu tidak memungkinkan untuk melatih kreativitas kamu, kamu dapat menggunakan side hustle untuk membuat pikiran kamu tetap aktif dengan melakukan sesuatu yang baru dan bermanfaat.

Menumbuhkan rasa percaya diri

Melakukan kegiatan baru dengan memiliki side hustle sesuai passion, biasanya akan meningkatkan kesehatan mental kamu.

Kamu akan memiliki tingkat kontrol yang lebih tinggi pada keputusan yang kamu ambil dan mengerjakan pekerjaan yang lebih baik dalam jangka panjang. Semakin kamu bekerja untuk diri kamu sendiri sesuai dengan minat atau passion kamu, semakin tumbuh pula kepercayaan diri kamu.

Bahkan apabila pertumbuhan kepercayaan diri kamu tersebut berjalan lambat, namun progres apapun yang terkait dengan apa yang kamu lakukan secara aktif dapat membantu kamu merasa lebih percaya diri pada setap bidang kehidupan kamu.

Rasa percaya diri yang meningkat akan membantu kamu mendapatkan banyak manfaat bagi kehidupan mulai dari kegigihan setelah kegagalan, kesiapan untuk memberikan ide-ide kamu, ketegasan, kebahagiaan yang lebih tinggi, terlepas dari stres dan kesulitan, keterbukaan untuk mencoba hal baru, hingga mengambil inisiatif lebih sering.

Saat kepercayaan diri kamu meningkat, kamu cenderung tidak akan stuck dalam hal apapun yang kamu lakukan.

Kepercayaan diri akan dapat membantu kamu untuk mengejar apa yang kamu inginkan bahkan mengatasi saat-saat sulit dalam kehidupan kamu.

Jika saat ini kamu tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup, kamu dapat mulai untuk memiliki side hustle untuk langkah pertama menumbuhkan rasa percaya diri kamu pada semua bidang kehidupan kamu.

Mempelajari keterampilan baru

Memiliki side hustle juga akan membuat kamu mempelajari beberapa keterampilan baru.

Kamu dapat menganggapnya sebagai kesempatan untuk memulai bidang kerja baru untuk memperluas keahlian kamu.

Hal terpentingnya adalah side hustle yang kamu jalani sepenuhnya berdasarkan keinginan yang kamu sukai.

Kamu dapat memulai side hustle di luar zona nyaman kamu.

Sebaiknya kamu melihat keterampilan yang masih ada kaitannya dengan bidang kerja utama kamu terlebih dahulu, kemudian kamu dapat mengerjakan keterampilan lain yang sepenuhnya baru untuk lebih banyak membangun kepercayaan diri kamu.

Selain itu, side hustle juga mengajarkan kamu untuk menemukan klien, menegosiasikan kontrak kerja, mengatur waktu dan memberikan hasil yang tepat.

Semua hal tersebut tentunya merupakan keterampilan yang berharga yang akan menjadi bekal kamu untuk menjalani bagian-bagian hidup kamu yang lain.

Bertemu lebih banyak orang

Apabila kamu merasa terisolasi dengan pekerjaan utama kamu, side hustle merupakan langkah solutif untuk memungkinkan kamu berinteraksi dengan lebih banyak orang dan bahkan membantu menghilangkan rasa kesepian kamu.

Hal ini mungkin tidak dialami oleh semua orang, namun jika kamu adalah seseorang yang sering bekerja dari rumah atau tidak memiliki kegiatan apapun yang membuat kamu keluar dan bertemu dengan orang lain, side hustle dapat menjadi kegiatan yang baik untuk dicoba.

Perbedaan Side Hustle dan Side Job

Istilah side hustle dalam bahasa indonesia lebih cenderung pada pekerjaan sampingan, sama halnya dengan side job.

Namun, side hustle dan side job memiliki beberapa perbedaan. Berikut penjelasan mengenai perbedaan side hustle dan side job :

Tujuan

Side hustle adalah kesempatan bagi orang-orang yang memiliki tujuan untuk mengejar minat atau passion.

Meskipun pekerjaan tersebut bisa menghasilkan pendapatan tambahan yang lumayan.

Sedangkan, side job adalah pekerjaan tambahan yang dilakukan tanpa harus memilih untuk resign dari pekerjaan utama.

Side job dilakukan karena fokus ingin mendapatkan sumber penghasilan lain di luar pekerjaan utama. Biasanya, jenis pekerjaan side job tidak mesti sesuatu yang diminati.

Cara Memulai Kerja / Pemberi kerja

Side hustle biasanya identik dengan pekerjaan yang dapat kamu mulai dan jalankan sendiri, sebab kamu tidak perlu mencari lowongan dan melamar kerja.

Misalnya, jika kamu ingin menjalankan side hustle sebagai penulis komik atau novel, kamu dapat langsung memulainya sendiri.

Hal ini yang membuat side hustle biasa disebut dengan self-employment atau wirausaha.

Sedangkan, side job merupakan pekerjaan yang hanya bisa kamu mulai jika melamar pada sebuah perusahaan pemberi kerja.

Sama seperti kamu menjalani pekerjaan baru disamping pekerjaan utama kamu, baik pekerjaan tersebut bersifat freelance maupun part-time.

Misalnya, part-time sebagai barista sebuah cafe.

Fleksibilitas Kerja

Sebab identik dengan self-employment, side hustle cenderung menawarkan sedikit lebih banyak fleksibilitas daripada side job.

Pada side hustle, kamu bebas menentukan waktu bekerja kamu kapanpun.

Sedangkan, side job lebih mengikat karena adanya aturan atau target yang diberikan oleh perusahaan atau pemberi kerja seperti adanya jam kerja maupun deadline.

Sumer : Elements Envato

Beban Kerja

Beban kerja side hustle menawarkan kebebasan kamu untuk menentukan tugas yang ingin kamu kerjakan.

Oleh karena itulah, kamu bisa menyesuaikan beban kerja side hustle sesuai dengan kemampuan dan target pribadi kamu.

Sedangkan, beban kerja side job tentunya sudah ditentukan oleh perusahaan atau pemberi kerja.

Hal ini berarti bahwa kamu harus bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan target yang diberikan.

Keuntungan yang Didapatkan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, side hustle memberikan banyak keuntungan mulai dari penghasilan tambahan, meningkatkan kreativitas dan skill yang kamu inginkan, hingga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan karir sesuai dengan passion kamu.

Sedangkan, side job hanya akan memberikan kamu penghasilan tambahan saja.

Sebab biasanya side job tidak memiliki jenjang karir khusus, bahkan beberapa side job ada yang bersifat sementara atau sesuai dengan kontrak proyek.

Tips Memulai Side Hustle

 

Realistis

Hal pertama yang harus kamu pertimbagkan dalam memulai side hustle adalah kamu harus realistis.

Kamu perlu mempertimbangkan berapa banyak waktu yang dapat kamu gunakan untuk menjalankan side hustle yang akan kamu pilih.

Pastikan side hustle yang kamu kerjakan tidak akan membawa kamu pada burnout atau stress sebab terlalu banyak mengerjakan banyak hal.

Walaupun side hustle yang kamu jalani sangat fleksibel dan sesuai dengan passion kamu, namun kamu hanyalah manusia yang tentunya memiliki keterbatasan.

Jadi, penting bagi kamu untuk mengukur kemampuan kamu secara realistis dan menemukan tujuan yang akan kamu capai dari side hustle. 

Rencanakan budget

Beberapa side hustle juga mungkin perlu mempersiapkan budget sebagai modal awal untuk memulainya.

Misalnya saat kamu ingin menjadi penjual karangan bunga hias, kamu mungkin perlu membeli alat dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Merencanakan budget sejak dini akan membantu kamu benar-benar mempertimbangkan side hustle yang akan kamu jalani apakah layak untuk diperjuangkan atau malah justru membebani finansial kamu.

Pertimbangkan Keuntungan yang Didapat

Mengerjakan kegiatan sesuai passion memang sangat menyenangkan, namun kamu juga perlu memastikan bahwa kegiatan tersebut tidak membuang waktu kamu secara percuma.

Sebaiknya kamu memilih side hustle yang dapat menghasilkan untukmu.

Jadi, penting untuk mempertimbangkan kembali mengenai keuntungan yang kamu dapat dari side hustle yang akan kamu jalani.

Sumber : Elements Envato

Pertimbangkan skill yang kamu miliki

Side hustle tentu juga memerlukan skill basic untuk memulainya, misalnya kamu memiliki skill fotografi namun memilih side hustle pada bidang videografi.

Keputusan tersebut tidak sepenuhnya salah, terutama jika kamu berniat untuk mengembangkan kemampuan kamu di bidang yang sejenis.

Namun, jika kamu ingin melihat hasil yang lebih cepat dengan sedikit usaha dalam mempelajarinya, sebaiknya kamu memulai side hustle pada bidang dengan keahlian yang kamu miliki.

Sehingga side hustle tak hanya menjadi wadah untuk menyalurkan passion, namun juga dapat dioptimalkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Ide Side Hustle

Kamu bingung side hustle apa saja yang bisa kamu lakukan, langsung saja coba beberapa di bawah ini.

Membuat Channel YouTube

Walaupun membuat channel youtube bukan cara tercepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan saat menjadikannya sebagai side hustle, namun ide ini dapat membantu kamu mendapatkan jumlah pendapatan yang lumayan selama konten yang kamu bagikan menarik dan bermanfaat.

Ide ini mudah untuk kamu mulai dan berpotensi besar untuk membuat kamu menghasilkan ratusan juta perbulan sesuai dengan jumlah subscriber dan jumlah penayangan video kamu.

Sebab platform youtube memiliki lebih dari dua miliar pengguna yang menonton ratusan juta jam video setiap hari.

Jika kamu dapat membangun audiens yang cukup besar, tentunya kamu juga akan mendapatkan banyak untung dari iklan youtube.

Kamu dapat membuat konten youtube sesuai dengan bidang minat kamu mulai dari edukasi, tutorial masak, kecantikan, hiburan, atau sekedar membagikan keseharian kamu. 

Menjadi Fotografer atau menjual hasil fotografi kamu pada situs

Apabila kamu senang dan memiliki bakat dalam pengambilan gambar kamu dapat menggunakannya sebagai penghasil uang tambahan melalui side hustle.

Apalagi semua orang akan membutuhkan foto sepanjang tahunnya.

Kamu perlu memikirkan mengenai pemasaran paket fotografi yang akan kamu tawarkan seperti foto keluarga, foto wisuda, foto prewedding atau post wedding dan lain sebagainya.

Kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui bagaimana kamu menentukan range harga untuk tiap paket foto tersebut.

Namun, perlu kamu ingat saat kamu baru memulai side hustle adalah jangan harap kamu dapat memulainya dengan hal yang sama dengan para profesional.

Kamu perlu membangun keterampilan dan portofolio kamu terlebih dahulu dengan menawarkan tarif yang lebih rendah atau promo awal.

Kamu juga dapat meminta bantuan teman kamu untuk memulai side hustle kamu. Selain memotret momen seseorang, kamu juga dapat menjalani fotografi pada berbagai jenis bidang lain seperti street fotografi hingga wildlife fotografi dan menjual hasil fotografi kamu pada situs online seperti Burst, Shutterstock, Getty Image dan situs lain.

Situs-situs ini akan selalu membeli foto yang sesuai kriteria untuk digunakan pada situs web atau kampanye iklan.

Situs web tersebut akan selalu membutuhkan foto-foto baru sebab mereka selalu melakukan pembaruan untuk menyegarkan konten mereka.

Kamu juga dapat menjual hasil fotografi kamu dalam bentuk cetakan atau menaruhnya pada mug atau kaos. 

Membuka Kursus Online

Senang mengajar juga merupakan peluang yang bermanfaat untuk dijadikan side hustle.

Terlebih jika kamu menguasai bidang ilmu tertentu seperti teknologi, marketing, tata rias, memasak, dan lainnya.

Menariknya, kamu dapat memanfaatkan platform kursus online atau e-learning seperti Cambly, TutorOcean, Preply dan sebagainya.

Sumber : Elements Envato

Kamu akan dapat dengan mudah untuk membimbing siswa secara online dengan platform yang sudah ada.

Kamu juga dapat mengatur semua kebutuhan e-learning, hingga mencantumkan informasi lain seperti biaya kursus online yang kamu terapkan.  

Menjadi Content Writer

Jika kamu merupakan orang yang suka menulis, kamu dapat memulai side hustle dengan menjadi seorang content writer.

Apalagi saat ini banyak platform online yang bersedia menerbitkan dan membayar tulisan kamu.

Kamu juga dapat menghasilkan pemasukan ekstra dengan menulis untuk blogger lain atau bahkan menjadi pengarang untuk orang lain.

Kamu dapat menggunakan platform atau situs Freelancer untuk mengiklankan layanan kamu sebagai content writer. 

Membuka Jasa Make Up Artist

Ide side hustle selanjutnya adalah menjadi make up artist. Side hustle ini cocok untuk kamu yang senang berdandan atau senang mendandani orang lain.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai pelanggan, sebab jasa make up saat ini masih sangat banyak dibutuhkan seperti make up wisuda, pengantin, model, dan lain-lain.

Sebagian besar negara tidak memerlukan lisensi atau sertifikasi untuk menjadi seorang make up artist, sehingga kamu dapat menerima klien sebanyak yang kamu suka.

Namun ada baiknya bakat kamu ini juga dibekali dengan lisensi atau sertifikasi untuk memperkuat portofolio jasa make up kamu. Dengan begitu, calon pelanggan kamu tidak akan ragu untuk menggunakan jasa kamu. 

Menjadi Event Planner

Jika kamu merupakan seseorang yang berorientasi pada detail. Memiliki kemampuan manajemen yang baik dan dapat mengatur acara dengan terstruktur, kamu dapat mencoba menjadi event planner sebagai side hustle.

Pekerjaan ini biasanya bertanggung jawab untuk melakukan perencanaan hingga mengatur berjalannya sebuah acara seperti pesta ulang tahun, pernikahan, acara kantor, konser musik, dan lain sebagainya.

Menjadi seorang event planner akan membuat kamu bekerja dengan client sesuai dengan anggaran yang mereka siapkan, mendiskusikan visi acara dan bernegosiasi mengenai komisi.

Pastikan kamu menargetkan dan memutuskan berapa banyak acara yang kamu lakukan dalam waktu satu bulan agar tidak mengganggu pekerjaan utama kamu. 

Menjadi Tour Guide

Tour guide merupakan ide side hustle menarik yang dapat kamu coba, apalagi jika kamu tinggal di dekat tempat wisata atau mengenal suatu lokasi wisata dengan baik.

Side hustle ini akan banyak menguntungkan kamu dengan bertemu banyak orang, memiliki banyak relasi dan juga ikut berjasa memperkenalkan tempat wisata pada orang-orang baru baik wisatawan lokal maupun luar negeri. 

Membuat Desain Grafis

Memiliki passion dan bakat desain grafis akan sangat menguntungkan jika dijadikan sebagai side hustle.

Kamu dapat membuat desain kreatif kamu dan menjualnya pada platform digital yang ada seperti Fiverr, Upwork, atau 99designs.

Side hustle adalah dapat kamu jadinyan sebagai resume online sehingga calon pemberi kerja atau platform yang kamu tuju dapat melihat pengalaman, menetapkan tarif dan mengkategorikan spesialisasi kamu. 

Membuat Kerajinan Tangan

Membuat dan menjual kerajinan tangan juga dapat kamu jadikan sebagai ide side hustle kamu.

Meskipun membuat produk kerajinan tangan biasanya membutuhkan banyak waktu, namun ini merupakan salah satu cara terbaik untuk tampil menonjol di lautan produk komoditas lain.

Apalagi jika kamu dapat mengubah suatu bahan menjadi produk yang lebih berharga.

Pikirkan sesuatu yang kamu sukai, mulai dari kerajinan pertukangan, merajut, melukis, hingga pemanfaatan limbah rumah tangga.

Misalnya kamu membuat kerajinan tangan keranjang belanja dari plastik bekas dan sebagainya.

Kamu dapat menjualnya melalui media sosial, marketplace, website pribadi maupun situs khusus yang menjual barang kerajinan tangan seperti Etsy. 

Menawarkan Jasa Pembuatan Website 

Jika kamu memiliki kemampuan web development yang baik, kamu dapat memanfaatkannya sebagai ide side hustle kamu.

Selain mendapatkan penghasilan tambahan melalui pembuatan website, kamu juga dapat memperoleh keuntungan tambahan dengan menjadi reseller hosting Indonesia. 

Sumber : Elements Envato

Baca Juga : 15 Ide Usaha Sampingan Bermodal Kecil yang Menjanjikan 

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah