• Home
  • Berita
  • Rahasia Kerja Online dari Rumah dan Menghasilkan Jutaan Rupiah

Rahasia Kerja Online dari Rumah dan Menghasilkan Jutaan Rupiah

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Dunia telah berubah dan teknologi kian canggih. Itulah kenapa kerja online dari rumah makin mudah dilakukan. Nah, kalau kamu ingin tahu peluang kerja online dibayar per jam, kamu sudah menemukan artikel yang tepat, nih.

Kali ini, kami akan mengajak kamu mempelajari berbagai pekerjaan online dari rumah. Semuanya menawarkan fleksibilitas waktu dan potensi pendapatan tak terbatas. Beberapa di antaranya bahkan bisa dilakukan tanpa modal, lho.

Supaya kamu bisa menjalaninya dengan baik, kami juga akan menjelaskan apa yang kamu butuhkan ketika mengambil kerja dari rumah online dan panduan singkat melakukannya. Jadi, yuk simak sampai akhir!

Peluang Kerja Online dari Rumah

Inilah beberapa pekerjaan online dari rumah yang bisa kamu pilih di tahun 2023:

1. Reseller Online

  • Potensi Pendapatan: 5-10 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Orang-orang dengan skill jualan dan punya jaringan yang luas.
kerja online
Sumber: Noonaku Signature

Inilah salah satu kerja online dari rumah yang perlu kamu pelajari, yaitu menjadi reseller online. Pada prinsipnya, kamu akan menjadi seorang penjual produk tanpa perlu repot untuk membuat produk itu sendiri. Dengan begitu, akan lebih mudah tapi kamu untuk memulainya.

Inilah yang membuat pekerjaan online dari rumah ini banyak diminati oleh mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Salah satu alasannya, modal yang dibutuhkan relatif sedikit.

Tak hanya itu, peluang untuk menjalankan kerja dari rumah online ini masih cukup terbuka. Sebab masih banyak jenis produk yang bisa ditawarkan kepada konsumen. Beberapa diantaranya adalah produk pakaian, peralatan rumah tangga, barang elektronik dan lainnya.

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Untuk mulai kerja online di rumah sebagai reseller, kamu perlu mencari produk yang ingin dijual. Setelah itu, kamu bisa mulai mencari supplier yang mau diajak bekerjasama dalam kegiatan reseller tersebut. 

Akan lebih menguntungkan, kalau kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari penjual lain. Lalu, penjualan produk bisa kamu lakukan di berbagai platform online, baik itu media sosial, marketplace dan website toko online.

Tergantung dengan jenis produk yang nantinya kamu jual, dari kerja online di rumah ini bisa mencapai 5 hingga 10 juta per bulan. Bahkan, kamu bisa saja meraih omzet hingga 4,3 miliar per tahun seperti yang didapatkan oleh Flo dan Felicia dari bisnis Noonaku Project (Noonaku Signature).

Tips:

  • mulailah dengan produk yang kamu pahami sehingga lebih mudah menjualnya
  • carilah produk yang paling dibutuhkan oleh konsumen
  • berusaha dapatkan diskon dari supplier

2. Dropshipper

  • Potensi Pendapatan: 5-25 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Siapapun yang jago jualan tapi belum punya modal bisnis 
kerja online
Sumber: Sahabat Dropshipper dan Bandros

Mirip dengan reseller, dropshipper ialah pekerjaan online dari rumah yang bisa kamu lakukan tanpa perlu punya produk sendiri. Bahkan, ketika menjalankan dropship sebagai pekerjaan online dari rumah, kamu tidak perlu membeli produk tersebut dahulu.

Singkatnya, seorang dropshipper hanya menjadi perantara antara supplier dan konsumen. Jadi, dropshipper tidak melakukan penanganan produk sama sekali. Artinya, pengiriman produk pun dilakukan oleh supplier.

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Dropshipper bekerja secara online dari rumah dengan cara mendaftar pada sebuah platform dropship. Di Indonesia, beberapa contohnya antara lain Sahabat Dropshipper dan Bandros

Tak hanya itu, kamu juga bisa saja menjalin kerjasama dengan beberapa penjual yang ada di media sosial atau marketplace. Selanjutnya, kamu bisa mulai menawarkan produk melalui platform yang kamu pakai.

Jangan pandang remeh kerja online dari rumah ini. Seorang dropshipper bernama Ridwan Saputra bahkan berhasil membangun bisnis dengan omzet ratusan juta rupiah berawal dari dropshipping.

Tips:

  • perhatikan kualitas barang yang dijual, bukan hanya asal punya harga miring
  • berikan layanan yang terbaik kepada konsumen seolah itu produk kamu sendiri
  • bangun network yang baik untuk bisa mendapatkan lebih banyak supplier

3. Berjualan di Toko Online

  • Potensi Pendapatan: 5-600 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Pebisnis yang punya produk dan ingin jualan ke konsumen lebih luas
kerja online
Sumber: Make a Living Writing

Inilah kerja online dari rumah yang paling direkomendasikan. Selain potensi pendapatannya besar, kamu bisa leluasa menentukan pekerjaan ketika berjualan produk melalui website toko online

Sesuai dengan produk yang kamu jual,  bisnis ini memungkinkan kamu bekerja secara online dari rumah, atau dari mana saja.  Produk yang kamu jual juga tidak terbatas pada produk barang, tapi juga jasa dan produk digital.

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Kamu memerlukan modal awal untuk menjalankan pekerjaan online dari rumah ini. Sebab, produk yang kamu jual merupakan produksi sendiri. 

Terutama kalau kamu menjual produk barang, maka kamu harus bisa mendapatkan supplier untuk bahan pembuatan produk. Kalau supply atas bahan mentah terganggu, maka produksi kamu bisa tersendat.

Lain halnya ketika kamu menjual produk jasa atau produk digital. Sebab, semua produksi ditentukan oleh kemampuan kamu sebagai seorang ahli atau profesional. Misalnya ketika kamu berjualan ebook.

Di luar negeri, penulis Carol Tice bisa mendapatkan hingga 600 juta dari berjualan ebook di toko online-nya. 

Tips:

  • Carilah supplier bahan mentah yang baik untuk menghindari tersendatnya produksi
  • Pelajari digital marketing untuk bisa menawarkan produk dengan baik
  • Selalu berikan layanan pelanggan terbaik untuk membangun kesetiaan mereka

4. Pengisi Survey Online

  • Potensi Pendapatan: 1-3 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Ibu rumah tangga, mahasiswa atau pelajar yang punya waktu luang untuk menjalankan berbagai survei 
kerja online
Sumber: YouGov

Kamu mungkin tidak membayangkan bahwa mengisi survey bisa jadi kerja online tanpa modal dengan gaji harian. 

Kenyataannya, saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan data untuk bisa menentukan strategi bisnis. Nah, hal itu bisa didapatkan dari survei orang-orang yang dianggap calon konsumen seperti kamu. Menariknya, banyak perusahaan bersedia membayar harian bahkan per jam, lho. 

Saat ini lowongan kerja online dari rumah untuk melakukan survei masih cukup banyak, baik khusus produk di Indonesia, maupun untuk perusahaan di luar negeri.

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Untuk mendapatkan kerja online dibayar per jam dari survey, Kamu perlu mendaftar ke salah satu platform terlebih dahulu. Salah satu yang cukup dikenal di Indonesia antara lain YouGov dan Mobrog

Umumnya, perusahaan yang membutuhkan data akan bekerja sama dengan sebuah platform survei. Platform tersebut selanjutnya merekrut orang untuk mengisi survey. 

Nantinya setelah bergabung, kamu bisa mulai mengisi survei sebagai kerja sampingan online dari rumah. Tak perlu khawatir, pertanyaan yang diberikan tidak susah karena hanya seputar pengalaman penggunaan produk.  

Pekerjaan online dari rumah ini bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga atau mahasiswa di sela kesibukan kuliah. Potensi pendapatannya bisa mencapai 75 ribu per harinya, tergantung banyaknya survey.

Tips:

  • Lakukan riset terlebih dahulu sebelum mendaftar ke platform survei supaya tidak menjadi korban scam
  • Jangan memberikan uang di awal karena platform yang baik umumnya bersifat gratis
  • Pelajari bentuk pembayaran yang dilakukan apakah berupa uang tunai, voucher atau lainnya

5. Pengajar Online

  • Potensi Pendapatan: 3-7 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Guru, dosen, mahasiswa atau siapapun yang punya keahlian mengajar dan ingin kerja sampingan online dari rumah 
kerja online
Sumber: Superprov

Kemajuan teknologi membuat akses untuk mendapatkan pendidikan menjadi lebih mudah. Itulah kenapa menjadi pengajar online cukup potensial. Bahkan, kamu bisa menjalani kerja online dibayar per jam ini sesuai keahlian apapun yang kamu miliki. 

Menariknya, sebagai pengajar online, kamu tidak berarti harus selalu berkutat dengan teori dan pengajaran yang serius. Sebagai contoh, kalau kamu menjadi guru bahasa Inggris untuk jenis conversation, kamu justru bisa berbicara santai sambil menyisipkan ilmu ke siswa kamu. 

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Sebelum menjalankan pekerjaan online dari rumah ini, kamu perlu memastikan keahlian apa yang nantinya ingin ditawarkan kepada konsumen. Apakah terkait dengan bidang pendidikan, keahlian praktis atau lainnya. 

Selanjutnya, kamu bisa mempromosikan keahlian kamu tersebut melalui berbagai platform, baik melalui media sosial, marketplace, atau website portofolio kamu pribadi. Cara lainnya kamu bisa mendaftar ke platform yang membutuhkan tenaga pengajar seperti Superprof atau Preply.

Tips:

  • pelajari ilmu promosi untuk bisa menawarkan jasa kamu dengan baik
  • siapkan materi pembelajaran yang interaktif dan menarik
  • tingkatkan kemampuan dan layanan pendidikan dengan meminta feedback dari siswa 

6. Content Writer Online

  • Potensi Pendapatan: 3-8 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Mahasiswa, pekerja kantoran, atau siapapun yang memiliki keahlian menulis pada topik tertentu 
kerja online
Sumber: Fiverr

Kamu mungkin tidak mempercayainya, tapi tidak semua orang bisa menjelaskan sebuah topik dalam bentuk tulisan dengan baik. Itulah kenapa masih banyak lowongan kerja online dari rumah sebagai content writer.

Tanggung jawab kamu nantinya akan menulis untuk berbagai platform seperti website, blog, atau penerbitan online yang lain. Topiknya beragam, sesuai yang diminta oleh klien atau perusahaan tempat kamu bekerja. 

Nah, yang paling menarik, jenis pekerjaan ini bukan hanya untuk para freelancer saja. Saat ini makin banyak perusahaan yang memberi kesempatan penulis tetap mereka bekerja dari rumah. 

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Kalau kamu tertarik menjadi seorang content writer online, kamu bisa mencari berbagai lowongan dari platform seperti LinkedIn atau Jobstreet. Kamu bahkan bisa memilih jenis pekerjaan, apakah full time, part time atau freelance. 

Cara lainnya adalah bergabung ke platform khusus freelancer seperti Fiverr. Bukan hanya untuk bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan, bayaran yang kamu terima juga bisa lebih tinggi. Bahkan content writer termasuk kerja online dibayar per jam di platform tersebut. Per project bisa mencapai 300 ribu per jamnya.   

Tips:

  • jadilah seorang yang ahli di topik tertentu untuk menghasilkan tulisan yang lebih berisi
  • pelajari berbagai gaya penulisan untuk menyesuaikan dengan klien yang nantinya didapatkan
  • kembangkan kemampuan untuk melakukan negosiasi utamanya untuk penentuan fee

7. Copywriter Website

  • Potensi Pendapatan: 5-10 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Tenaga pemasaran, mahasiswa, atau siapapun yang ingin kerja part time online dari rumah menulis promosi produk
kerja online
Sumber: LinkedIn

Berbeda dengan content writer yang fokus pada penjelasan suatu topik, copywriter lebih fokus pada cara mendatangkan konsumen agar membeli produk.

Produk dari seorang copywriter adalah tulisan pada website yang sifatnya persuasif. Jumlah tulisannya mungkin tidak terlalu panjang, tapi memiliki pilihan kata yang kuat untuk dapat mempengaruhi seseorang.

Copywriting merupakan kerja online dari rumah tanpa modal yang hingga saat ini masih menjadi tren. Makin tingginya minat konsumen untuk berbelanja online membuat peran copywriter kian dibutuhkan untuk mendongkrak penjualan. 

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Secara umum kamu bisa memulai pekerjaan online dari rumah ini seperti halnya content writer. Kamu bisa menawarkan kemampuan kamu melalui media sosial seperti Facebook atau LinkedIn, bisa juga lewat website portofolio pribadi. 

Seorang copywriter biasanya menjadi bagian dari tim marketing. Jadi, kamu akan lebih banyak berkoordinasi dalam menjalankan sebuah kampanye pemasaran. 

Jangan salah, fokus pekerjaan kamu nantinya tidak hanya ada sisi tulisan. Lebih jauh, kamu akan memperhatikan tentang komposisi keseluruhan dari aset kampanye promosi yang akan digunakan. 

Tips:

  • Pahami audiens sesuai dengan perusahaan atau produk yang dijual
  •  perbanyak berpendaharaan kata untuk menciptakan bahasa yang komunikatif dan persuasif
  •  Pelajari tentang tren industri yang dijalani dan digital marketing 

8. Publisher Google AdSense

  • Potensi Pendapatan: 2-100 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Pemilik website dan blog yang ingin mendapatkan penghasilan dari iklan 
kerja online
Sumber: Google Publisher

Publisher Google Adsense merupakan orang yang memiliki media online, baik berupa blog atau website yang bersedia disisipi iklan. Nantinya, iklan tersebut akan ditentukan oleh Google. Jadi, bisa dikatakan kalau kamu ibarat kerja online dibayar Google. 

Meskipun konsumsi konten video meningkat, banyak orang masih mencari informasi berbentuk artikel. Nah, karena Google yang masih merajai mesin pencari, kerja online dari rumah sebagai publisher Google Adsense tentu masih menjanjikan. 

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Kalau kamu tertarik untuk menjalankan pekerjaan online dari rumah ini, yang perlu kamu lakukan adalah membangun blog dengan konten yang berkualitas. Selanjutnya, kamu bisa mendaftar ke Google Adsense untuk bisa menaruh iklan di blog kamu.

Nah, ketika blog kamu didatangi banyak pengunjung, maka potensi penghasilan kamu dari iklan menjadi semakin besar. Pun begitu, perhitungan besaran pendapatan akan ditentukan oleh Google. 

Kalau topik/niche kamu banyak peminatnya, apalagi menggunakan bahasa Inggris, potensi penghasilan dari kerja online di rumah ini bisa mencapai 100 juta per bulannya. 

Tips:

  • selalu buatlah konten yang berkualitas yang menunjukkan expertise kamu di niche tersebut
  • hindari aktivitas yang bertentangan dengan kebijakan penggunaan Google AdSense
  • aktiflah dalam membangun engagement dengan pengunjung blog lewat kolom komentar 

9. YouTuber atau Content Creator

  • Potensi Pendapatan: 2 Juta-1 Milyar per Bulan
  • Cocok untuk: Siapa saja yang kreatif dan percaya diri membuat konten bermanfaat, baik di depan atau di belakang kamera 
kerja online
Sumber: YouTube

Sebagai salah satu media hiburan online terbesar, YouTube banyak menghasilkan orang sukses dari kerja online di rumah. Sebut saja, Ria Ricis, PewDiePie hingga Ryan Kaji.

Sebagai YouTuber, yang perlu dilakukan adalah membuat konten video yang unik sesuai niche channel yang dibangun. Bisa berupa channel hiburan, gaming, hingga review mainan anak-anak.

Bagi beberapa orang yang enggan untuk tampil di depan kamera bisa menjadi content creator untuk platform lain. Sebagai contoh, menjadi podcaster di Spotify atau vTuber di Twitch. 

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Untuk menjadi seorang content Creator atau YouTuber yang lebih banyak bekerja secara online dari rumah, pikirkan faktor unik yang bisa membuat kamu tampil beda dibanding content creator yang lain. 

Selanjutnya, kamu bisa mulai memilih platform yang tepat untuk konten yang nantinya kamu buat. Setelah memiliki beberapa konten menarik di channel kamu pertimbangkan untuk melakukan monetisasi untuk konten tersebut. 

Yang paling umum adalah kerja online dibayar Google berkat Adsense. Tapi, kamu juga bisa mendapatkan uang dari sponsor atau donasi.

Tips:

  • buat konten yang unik dan segar agar bisa menarik perhatian audiens
  • jaga konsistensi dalam memproduksi konten agar tidak membuat subscriber kecewa
  • tingkatkan kemampuan negosiasi dan networking untuk membuka kesempatan pendapatan dari sponsorship dan donasi 

10. Digital Marketing

  • Potensi Pendapatan: 3-15 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Profesional yang paham tentang dunia marketing dan go online 
kerja online
Sumber: Upwork

Digital marketing merupakan sebuah upaya untuk memasarkan produk menggunakan channel digital. Biasanya pemasaran tersebut dilakukan di ranah online, baik yang sifatnya jangka pendek maupun jangka panjang. 

Lingkup dari digital marketing bisa meliputi promosi melalui iklan di media sosial hingga mesin pencari. Bisa juga terkait dengan upaya membangun brand awareness melalui content marketing lewat blog atau online PR. 

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Menjalani pekerjaan online dari rumah di bidang Digital marketing mengharuskan kamu untuk memiliki sebuah portofolio yang lengkap. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah meyakinkan calon klien untuk menggunakan jasa kamu.

Penawaran yang kamu lakukan bisa dimulai dari akun media sosial bergabung dalam sebuah platform freelance atau melamar sebagai karyawan di sebuah perusahaan baik sebagai pekerja tetap atau part time.

Nantinya, ketika bergelut di kerja online dari rumah tanpa modal tersebut, kamu akan mendesain kampanye promosi, eksekusi, dan monitoring hasil pemasaran tersebut. 

Tips:

  • Kuasai pengetahuan tentang digital marketing dasar dan penerapannya
  • Update terus informasi tentang tren pasar dan teknologi digital terkini.
  • Tingkatkan kemampuan analisa dan penentuan strategi pemasaran

11. Web Developer

  • Potensi Pendapatan: 5-15 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Mahasiswa atau developer yang memiliki keahlian coding untuk pengembangan website
kerja online
Sumber: Upwork

Karena kebutuhan akan website terus meningkat, baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis, maka permintaan atas jasa pengembangan website kian tinggi. Inilah kenapa menjadi web developer bisa jadi peluang kerja online dari rumah yang menjanjikan. 

Web developer merupakan seseorang yang memiliki keahlian coding terutama pada  bahasa pemrograman HTML, CSS dan JavaScript untuk membangun website dengan baik. Jika kamu ingin mengasah skill sebagai web developer, DomaiNesia menyediakan hosting murah dan domain murah yang bisa dengan bebas kamu gunakan. 

Beli Hosting Murah

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Meskipun siapa saja bisa terjun ke dunia pembuatan website, perlu dipastikan bahwa kemampuan coding dasar sudah dikuasai dengan baik. Artinya, peluang kerja online di rumah ini bisa dilakukan oleh mahasiswa atau pelajar, bukan melulu seorang web developer.

Cara paling ideal untuk bisa menarik calon konsumen atau client adalah menunjukkan portofolio hasil pekerjaan. Bila perlu bisa disertai dengan penjelasan tentang proses pembuatan dan kisaran biaya pembuatannya.

Apabila ingin mendapatkan pendapatan lebih besar dari kerja sampingan online dari rumah, upayakan untuk bisa mendapatkan klien dari luar negeri. Bisa melalui berbagai platform seperti UpWork yang per jamnya bisa mencapai $30.

Tips :

  • kuasai bahasa pemrograman dasar untuk pembuatan website
  • berikan hasil terbaik sebuah website yang fungsional tidak memiliki bug
  • selalu update informasi terkait teknologi dan trend website terbaru 

12. Programmer

  • Potensi Pendapatan: 5 Juta-15 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Siapa saja dengan keahlian coding pada bahasa pemrograman tertentu
kerja online
Sumber: Fiverr

Pekerjaan ini memang bukan untuk semua orang. Kamu menguasai logika pemrograman dan skill coding sekaligus? Menjadi programmer bisa jadi pilihan kerja online dibayar per jam.

Seperti halnya seorang web developer, kamu akan fokus pada proses pembuatan sebuah software atau aplikasi sesuai dengan kebutuhan klien.

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Menjalani profesi sebagai seorang programmer bisa disebut sebagai kerja online dari rumah tanpa modal. Pun begitu, kamu tetap perlu menyiapkan sarana seperti laptop dan juga koneksi internet. 

Sangat disarankan untuk bisa aktif bergabung di berbagai forum developer. Sebab, tak jarang lowongan kerja online dari rumah datang dari rekan komunitas. Selain itu, kamu bisa selalu berbagi ilmu di akun media sosial seperti LinkedIn untuk mempromosikan expertise kamu. 

Ketika nantinya, ada calon client tertarik, berikan bukti beberapa hasil kerja yang kamu lakukan   

Tips:

  • pahami dasar beberapa bahasa pemrograman sekaligus
  • tingkatkan kemampuan problem solving
  • aktif di komunitas programmer untuk mendapatkan kesempatan kerja online di rumah

13. Data Scientist

  • Potensi Pendapatan: 10-30 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Profesional yang ahli di bidang pengolahan dan analisa big data

Seorang data scientist bekerja dengan mengelola data dan memberikan rekomendasi strategi bisnis yang akan dijalankan. Sesuai dengan skill yang dimiliki, meskipun kerja online di rumah,  penghasilan seorang data scientist bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Seperti halnya profesional yang lain untuk menjalani pekerjaan online dari rumah ini memang tidak diperlukan modal titik hanya saja, seorang ahli data science harus memiliki komputer yang memadai dan berbagai tools yang diperlukan.

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Karena membutuhkan keakuratan, maka untuk menjalani kerja sampingan online dari rumah ini tidaklah mudah. Sebagai data scientist, kamu harus jago di bidang statistik dan pemrograman. 

kerja online
Sumber: Fiverr

Tak perlu khawatir, lowongan kerja online dari rumah sebagai data scientist cukup banyak. Kamu bisa memanfaatkan platform pencari kerja seperti LinkedIn, atau platform freelancer seperti UpWork. Terdapat hingga ratusan peluang kerja dari rumah online di sana.

Tips:

  • kuasai bahasa pemrograman terkait pengolahan data seperti Python, Perl atau Scala
  • fokus pada ketelitian ketika menjalankan kerja sampingan online dari rumah
  • aktif di platform mencari kerja atau freelancer untuk terus mendapat project

14. Software Engineer

  • Potensi Pendapatan: 8 Juta-20 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Profesional yang mampu mendesain mengembangkan dan menguji software 
kerja online
Sumber: Upwork

Ini merupakan salah satu jenis developer. Sebagai software engineer, kamu akan menjadi orang yang mendesain, mengembangkan dan memastikan sebuah aplikasi berjalan dengan baik.

Kamu mungkin menyangka bahwa software engineer hanya akan menjadi karyawan perusahaan saja. Akan tetapi, banyak project yang menawarkan lowongan kerja online dari rumah sebagai software engineer. 

Umumnya, project tersebut adalah untuk aplikasi yang membutuhkan banyak ekspor dari berbagai bidang pemrograman dengan tim dari seluruh dunia.

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Lowongan untuk pekerjaan ini mungkin tidak sebanyak developer yang lain. Akan tetapi, data scientist termasuk profesional yang bisa kerja online dibayar per jam. Alasannya, project yang dikerjakan bukan hanya tentang pembuatan program saja, tapi juga terkait maintenance.

Kualitas kerja dari seorang software engineer akan sangat mempengaruhi peluang kerja yang akan didapatkan dan besaran gaji atau fee yang akan diterima. Untuk itu, penting untuk selalu menunjukkan hasil kerja di sosial media atau website pribadi untuk berpromosi.

Tips:

  • rutin lakukan testing untuk mencegah muncul bug di program yang mengganggu program
  • bangun komunikasi yang baik dengan komunitas data saintis di berbagai platform
  • pahami kisaran fee dari profesi data scientist untuk berbagai project atau negara, agar bisa melakukan negosiasi harga dengan tepat 

15. Video Editor

  • Potensi Pendapatan: 3-7 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Mahasiswa, pelajar atau siapapun yang memiliki keahlian dalam video editing

    kerja online
    Sumber: Upwork

Kamu sudah tahu belum bahwa 82% dari total traffic web di 2022 berasal dari video streaming. Apalagi platform media sosial dengan fokus video, seperti TikTok dan YouTube makin berjaya.

Nah, masalahnya tidak semua orang yang ingin membuat konten video bisa melakukan video editing. Padahal, tanpa diedit, kualitas video bisa kurang optimal. 

Pada akhirnya, kebutuhan akan bantuan dari seorang video editor menjadi tidak dapat dielakkan. Buktinya, di Upwork tak kurang dari 8000 lowongan pekerjaan online dari rumah ditujukan untuk video editor.

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Video editing membutuhkan pemahaman yang baik tentang hasil akhir video yang diharapkan, imajinasi visual yang baik, serta keahlian dalam penggunaan software video editing. Kalau semua kemampuan itu sudah kamu miliki, maka kamu bisa menawarkan jasa edit video.

Caranya, selain dengan mencari project di berbagai platform freelance, kamu bisa rutin menunjukkan kemampuan editing kamu melalui postingan di media sosial. Sebab, itu akan membantu semakin banyak orang untuk tahu keahlianmu di bidang video editing. 

Tips:

  • pelajari berbagai software edit video untuk membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien
  • selalu up-to-date dengan tren video terbaru terutama di media sosial
  • rutin memposting hasil karya edit video di akun media sosial pribadi

16. Desain Grafis

  • Potensi Pendapatan: 2-8 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Pelajar, mahasiswa, atau profesional dengan keahlian desain grafis yang mumpuni
kerja online
Sumber: DeviantArt

Desain grafis tidak melulu tentang bagaimana membuat logo, banner atau desain lainnya. Namun, tentang keseluruhan komunikasi visual yang ingin dilakukan. 

Banyak bisnis yang membutuhkan keahlian ini. Jadi, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari kerja online dari rumah tanpa modal sebagai seorang desainer grafis. Kalau kamu beruntung mendapat klien dari luar negeri, bayaran yang kamu terima bisa dihitung per jam. 

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Sebagai seorang desainer grafis hasil pekerjaan kamu adalah yang paling diperhatikan oleh calon klien. Itulah kenapa berbagi karya di media sosial seperti Instagram sangat membantu. Selain itu, kamu juga bisa aktif di berbagai platform komunitas desain seperti DeviantArt dan Dribbble.

Nantinya, setelah portofolio karya kamu dianggap cukup, kamu bisa mulai menawarkan jasa keahlian desain grafis. 

Dengan begitu, apabila ada klien yang menanyakan tentang contoh karya sebelum memberikan pekerjaan online dari rumah, kamu bisa menunjukkan karya desain di berbagai platform tadi. 

Tips:

  • tren desain setiap tahun berubah jadi selalu update informasi tersebut 
  • pelajari berbagai aplikasi desain sesuai dengan permintaan klien nantinya 
  • prioritaskan project yang sesuai dengan niche kamu untuk membangun portofolio yang lengkap 

17. Animator

  • Potensi Pendapatan: 5-15 Juta per Bulan
  • Cocok untuk: Siapa saja yang kreatif dalam hal pembuatan animasi
kerja online
Sumber: Fiverr

Salah satu pekerja seni yang menggabungkan antara kreativitas dan penggunaan aplikasi adalah seorang animator. Hasil karya mereka berupa animasi yang nantinya bisa digunakan untuk Project film video game maupun iklan.

Animator bisa melakukan kerja online dibayar per jam, bahkan bisa mencapai $38 untuk setiap jam proses kreatif yang dilakukan. Semua itu ditentukan oleh jenis project yang dilakukan dan tingkat kesulitan dari masing-masing project. 

Panduan Menjalankan Kerja Online dari Rumah Ini:

Seperti halnya seorang desainer grafis fokus utama dari seorang animator adalah komunikasi visual. Jadi, sebelum terjun untuk menjalankan sebuah project animasi, kamu perlu memahami tentang tren animasi terbaru. 

Tak hanya itu, kamu perlu paham kebutuhan konsumen secara umum, sehingga bisa memberikan masukan ketika mereka ingin memberikan project kepada kamu.

Nantinya, kamu bisa mulai menawarkan jasa atau memperlihatkan karya animasi kamu kepada orang lain. Kamu bisa melakukannya lewat sebuah website portofolio atau di media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Tips:

  • pahami bahwa menjadi animator bukan hanya tentang proses tapi juga tentang komunikasi ide
  • perbanyak referensi untuk bisa menghasilkan karya yang unik
  • aktiflah dalam komunitas agar bisa menjalankan project kolaborasi dengan animator lain

Peluang Kerja Online dari Rumah mana yang Cocok untuk Kamu?

Dunia digital membuat kesempatan untuk kerja online dari rumah kian terbuka lebar. Baik kamu seorang mahasiswa, ibu rumah tangga, pelajar atau profesional lainnya, kamu bisa mendapatkan pekerjaan online dari rumah lewat berbagai cara.

Kami sudah menjelaskan beberapa jenis kerja online di rumah yang bisa ditekuni, tinggal pilih yang sesuai minat kamu. Oh ya, sebagian besar pekerjaan tidak menuntut kamu mengeluarkan dana terlebih dahulu, kok. Contohnya, dengan menjadi dropshipper. 

Pun begitu, kalau kamu punya modal dan produk sendiri, membangun toko online paling kami rekomendasikan, lho. Soalnya, jualan di toko online termasuk kerja online di rumah yang pendapatannya paling besar. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu website yang baik, didukung hosting yang mumpuni dan domain yang unik. 

Baiklah, itulah informasi tentang kerja online dari rumah yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat, ya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds