• Home
  • Berita
  • Mengenal Data Science dan Manfaatnya untuk Berbagai Bidang

Mengenal Data Science dan Manfaatnya untuk Berbagai Bidang

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Perkembangan zaman yang semakin maju dibarengi juga dengan penggunaan data yang dimanfaatkan untuk melakukan pengembangan bisnis. Tahukah kamu bahwa data scientist adalah salah satu profesi yang paling dibutuhkan saat ini. Lalu apa sebenarnya data science itu? Data science adalah sebuah kemampuan pengolahan data yang nantinya akan dimanfaatkan untuk memajukan dan mengembangkan bisnis.

Apakah kamu tertarik untuk membahasnya lebih jauh? Jika tertarik maka kamu harus membaca dan memahami artikel ini hingga akhir ya! Karena DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas contoh data science dan juga manfaat data science. Yuk mulai dengan membahas pengertiannya terlebih dahulu!

data science
Sumber: Envato

Baca juga: Query SQL : Skill Penting Untuk Menjadi Seorang Data Analyst

Data Science adalah Ilmu

Data science adalah ilmu yang terdiri dari beberapa keahlian sekaligus seperti pemrograman, matematika, dan juga statistik. Tujuan dari keahlian ini yaitu untuk menemukan informasi penting atau ilmu pengetahuan dari sebuah data. Nah orang yang ahli dalam bidang ini biasanya menggunakan algoritma yang bernama machine learning atau bisa disebut dengan pembelajaran mesin. Algoritma machine learning ini digunakan untuk menciptakan kecerdasan buatan atau artificial intelegent yang diperoleh dari gambar, teks, video, audio, dan sebagainya.

Nantinya sistem kecerdasan buatan tersebut dimanfaatkan untuk menggantikan tugas manusia yang dinilai cukup berat untuk kecerdasan manusia biasa. Data yang berhasil diolah oleh kecerdasan buatan tersebut dapat membantu para analis untuk menciptakan strategi bisnis yang tepat dan juga menemukan solusi dari suatu masalah. Bisa dibilang bahwa data science adalah ilmu yang dapat memudahkan peneliti untuk memperoleh informasi. Dengan begitu, apa manfaat data science ini? Simak manfaat data science di poin berikutnya!

Apa Manfaat Data Science?

Data science adalah salah satu ilmu penting yang dibutuhkan pada era digital saat ini. Kita tahu bahwa bisnis kecil maupun bisnis yang sudah besar tetap membutuhkan data dalam pelaksanaannya. Dalam bisnis, manfaat data science ini cukup signifikan terutama untuk mempelajari pola berpikir pelanggan. Dengan data yang sudah ada dan kemampuan untuk mendapatkan informasi dari data tersebut maka kamu bisa menciptakan sebuah inovasi, memperbaiki produk atau layanan yang kamu berikan, dan juga menyelesaikan permasalahan dalam bisnis mu. Selain itu, apa manfaat data science?

  • Membantu untuk menemukan dan menentukan fitur atau produk apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan dan calon pelanggan.
  • Dapat memprediksi kebiasaan dan tren yang terjadi saat ini dan yang akan terjadi di masa depan dengan membaca perilaku dari pelanggan.
  • Menciptakan strategi bisnis yang sesuai.
  • Dapat juga membantu mengevaluasi setiap proses bisnis yang berjalan.

Bisa kita simpulkan bersama bahwa manfaat data science ini sangat vital dan dibutuhkan oleh bisnis di era digital seperti saat ini. Oleh sebab itu, orang yang ahli dalam bidang ini layaknya seperti berlian di tumpukan batu. Saat ini sudah banyak contoh data science yang diterapkan pada berbagai bidang. Apa saja itu? 

Contoh Data Science yang Sudah Diterapkan

Setidaknya saat ini DomaiNesia akan memberikan contoh data science yang saat ini diterapkan pada berbagai bidang yang kita temui sehari-hari. Berikut contohnya.

1. Bidang olahraga

Pertama, contoh data science adalah dari bidang olahraga. Siapa bisa menyangka bahwa dalam dunia olahraga profesional penerapan data science ini juga memiliki andil yang cukup besar. Kok bisa? Dimana penerapannya? Kita ambil contoh dalam bidang olahraga sepakbola. Beberapa contoh data science yang diterapkan antara lain.

  • Prediksi hasil akhir

Hasil akhir atau skor pertandingan merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Apakah kamu pernah mengira bahwa hasil akhir dari sebuah pertandingan ini bisa diprediksi dan menjadi contoh data science. Meskipun hasilnya tidak 100% akurat karena ada beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi.

data science
Sumber: Envato

Baca juga: DBMS adalah Tempat Penyimpanan Data, Kenalan Lebih Jauh Yuk!

  • Memilih dan memantau perkembangan pemain

Perekrutan pemain merupakan hal yang tidak mudah bagi sebuah tim. Kamu tidak mau kan jika pemain yang direkrut justru akan membebani dan merugikan klub? Untuk itu, data science adalah solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan pengumpulan dan analisa data pemain yang akan direkrut yang tentunya akan mempengaruhi hasil akhirnya. Data tersebut bisa berupa data riwayat kesehatan yang bisa dijadikan sebagai bahan analisis.

  • Mengembangkan bisnis dalam klub

Tidak hanya berkutat dalam bidang olahraga saja, sebuah klub juga bisa dijadikan sebagai lahan untuk berbisnis. Setiap klub pasti memiliki basis penggemarnya masing-masing. Maka dari itu contoh data science adalah dengan menganalisa data para penggemarnya tadi untuk menentukan strategi bisnis apa yang akan dilakukan, apakah dalam bentuk merchandise, kaos fans, atau berbagai kegiatan yang melibatkan penggemarnya.

2. Bidang kesehatan

Bidang kesehatan adalah contoh data science yang terbesar dan menjadi penerapan data science yang pertama pada tahun 2008. Maka dari itu contoh data science akan mudah kamu temukan dalam bidang ini. Apa saja penerapannya dalam dunia medis?

  • Analisis dalam foto medis

Pertama yaitu dapat membantu dalam proses analisis foto medis. Dalam pengembangannya terdapat berbagai alat bantu medis yang digunakan untuk mendeteksi organ dalam manusia sehingga dapat mempermudah dalam proses penyembuhan dan menemukan solusi yang terbaik untuk proses penyembuhannya. 

  • Dukungan terhadap pelanggan

Sebenarnya, pasien atau pelanggan bisa loh tidak harus melakukan check up atau pemeriksaan kesehatan secara langsung. Maka dari itu, saat ini mulai dikembangkan aplikasi seluler yang dapat mempermudah pengecekan secara online. Nah ini menjadi contoh data science karena kita dapat menganalisis kebutuhan aplikasi seperti apa yang pelanggan inginkan, apakah dengan aplikasi yang dilengkapi dengan pengingat waktu minum obat, aplikasi yang dibekali dengan teknologi AI, atau yang lain.

3. Bidang finansial

Contoh data science berikutnya datang dari dunia finansial. Bisa kita tahu bahwa tantangan terbesar dari bidang ini adalah masalah penipuan yang nantinya bisa merugikan secara finansial. Dengan tantangan tersebut, banyak bank yang memanfaatkan data science untuk melakukan klasifikasi, pengelompokkan, dan juga membagi data pola penipuan menjadi berbagai kategori. Hal ini tentu saja untuk menghindari dan memperkecil kemungkinan terjadinya kecurangan dan tindak penipuan. Selain itu, banyak ahli yang juga menambahkan beberapa kode khusus untuk mendeteksi berbagai pola penipuan yang diterapkan.

4. Bidang e-commerce

Bidang e-commerce juga menerapkan ilmu ini untuk menentukan harga jual atau dynamic pricing. Hal ini dilakukan untuk membagi dan mengidentifikasi segment setiap kelompok pelanggan agar mendapatkan penawaran produk yang tepat sasaran. Perhitungan ini biasanya didasari oleh banyak faktor seperti review properti, lead time, dan fasilitas yang disediakan.

data science
Sumber: Envato

5. Bidang pendidikan

Bidang terakhir yang sudah mengadopsi ilmu ini dalam pelaksanaanya yaitu bidang pendidikan. Apa saja pengaplikasian data science di bidang pendidikan?

  • Pembaharuan kurikulum

Kurikulum adalah bahan ajar yang akan diberikan kepada semua siswa. Maka dari itu kurikulum harus memiliki visi dan misi yang jelas dan relevan terhadap masa depan. Saat ini bidang pendidikan mulai memanfaatkan data science untuk melakukan pembaharuan kurikulum agar lebih relevan terhadap perkembangan zaman.

  • Rekrutmen siswa

Dalam bidang pendidikan terutama sekolah atau kampus harus mampu menarik siswa atau mahasiswa terbaik agar visi dan misi bisa berjalan secara lancar. Maka dari itu, data science sangat berguna untuk menemukan program yang cocok untuk kelompok tertentu.

Pekerjaan Apa Saja yang Memanfaatkan Data Science?

Ada beberapa profesi pekerjaan yang memanfaatkan ilmu ini. Berikut adalah beberapa profesinya.

1. Data scientist

Profesi yang menduduki nomor pertama adalah data scientist. Tanggung jawab utama mereka adalah melakukan pengumpulan hingga analisis big data yang tidak terstruktur dan yang sudah terstruktur. Yang selanjutnya harus menginterpretasikan hasil yang sudah didapat untuk keperluan sebuah bisnis. Perannya cukup kompleks dengan menggabungkan beberapa ilmu seperti statistik, komputer, dan matematika yang nantinya digunakan untuk analisis dan pemodelan data. 

2. Data analyst

Banyak sektor bisnis yang membutuhkan seorang data analyst seperti sektor keuangan, bisnis, hukum, kedokteran, pemerintahan, dan sains. Maka dari itu, jika kamu tertarik dengan ilmu ini kamu bisa mencoba profesi sebagai data analyst. Pada intinya tugas mereka adalah untuk mengumpulkan dan menerjemahkan sebuah data dengan tujuan untuk memecahkan permasalahan dari pelanggan. 

3. Data engineer

Bidang apa yang membutuhkan tenaga data engineer? Jawabannya adalah bidang deep learning dan juga machine learning. Kedua bidang tersebut tidak akan bisa berhasil apabila data engineer tidak memproses dan menyalurkan data yang dibutuhkan. Berperan untuk merancang sebuah sistem yang akan digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dalam skala yang besar. 

4. Data storyteller

Profesi terakhir yaitu data storyteller. Maksudnya kamu nanti akan bertanggung jawab untuk bercerita? Hmm hampir mirip. Jadi data storyteller adalah orang yang berperan untuk mencari berbagai poin dari banyak sumber lalu diidentifikasi dengan tujuan untuk mendapatkan kesimpulan. Setelah itu mereka juga harus bisa memvisualisasikan data dengan menentukan cara yang terbaik agar mudah ditangkap dan diingat oleh pelanggan dan stakeholder.

data science
Sumber: Envato

Tertarik Mempelajari Data Science Lebih Dalam Lagi?

Memang jika berbicara mengenai data maka akan lekat kaitannya dengan kompleksitas dan dibutuhkan kejelian serta keahlian yang khusus. Maka dari itu tidak sembarang orang bisa menguasai dan menganalisis sebuah data. Maka dari itu, hadir sebuah ilmu yang terdiri dari ilmu komputer, matematika, dan juga statistika yang biasa dikenal dengan istilah data science.

Ada banyak contoh data science yang sudah diterapkan, ada dari bidang kesehatan, olahraga, pendidikan, e-commerce, dan bidang finansial. Nah jika memang kamu tertarik dengan ilmu ini maka ada 4 profesi yang bisa kamu coba, seperti data engineer, data analyst, data storyteller, dan data scientist. Tertarik untuk mencoba salah satu profesi tersebut?

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah