• Home
  • Berita
  • 5 Keuntungan Mempunyai Akun Bisnis Pinterest

5 Keuntungan Mempunyai Akun Bisnis Pinterest

Oleh Ratna Patria

Hi DomaiNesians! Pinterest merupakan salah satu platform berbagi gambar terbesar yang saat ini masih digunakan oleh banyak orang. Sama seperti media sosial, Pinterest juga mempunyai fitur follow untuk mengikuti akun tertentu. Uniknya bisa juga untuk menyimpan gambar dengan menggunakan fitur pin.

Nah, selain akun biasa Pinterest juga punya akun yang dikhususkan untuk bisnis. Akun ini bernama Pinterest Business. Dengan akun Pinterest bisnis, kamu bisa membuat akun terlihat lebih profesional, memperkenalkan dan mengelola brand, dan banyak manfaat lainnya.

Untuk mengetahui apa saja manfaat dan keuntungan menggunakan akun Pinterest Bisnis, berikut ini penjelasannya.

pinterest
Sumber: Freepik

Melihat Tren yang Muncul

Pinterest adalah platform nomor satu, dimana consumers nya adalah produk. Jadi pengguna Pinterest membagikan desain dan tren yang mereka sukai di platform tersebut.

Dengan menggunakan Pinterest bisnis, kamu bisa mengetahui tren apa yang sedang booming di industri bisnis kamu. Selain itu juga, bisa meningkatkan brand awareness dan mengaktifkan eksistensi digital melalui Pinterest.

Pinterest ini secara berkala menampilkan konten yang banyak dicari dalam waktu tertentu. Dan bisa dijadikan sebagai inspirasi dalam hal desain graphic dan inspirasi seni lainnya.Tak hanya inspirasi, Pinterest sendiri bisa digunakan untuk membagikan gambar produk yang kamu jual.

Jadi tak hanya berpromosi, kamu juga bisa mencari inspirasi melalui pencarian populer yang ada di Pinterest.

Meningkatkan Brand Authority

Brand Authority adalah penilaian secara keseluruhan terhadap sebuah brand. Jadi dengan menggunakan pinterest business kamu akan mendapat beberapa fitur di profile akun kamu, yang tidak dimiliki oleh akun biasa.

Fitur-fitur tersebut adalah: Header dipenuhi dengan pin brand; bisa melihat analytics jumlah tayangan; dan menambahkan website yang terverifikasi.

Dengan fitur-fitur tersebut membuat Brand Authority kamu jadi semakin meningkat. Tak hanya itu, akun bisnis yang dikelola pun terlihat lebih profesional dan resmi.

Hal ini akan membuat brand dikenal lebih luas oleh pengguna setia platform Pinterest.

Meningkatkan Pengunjung Website

Karena salah satu fitur Pinterest adalah menambahkan website, jadi kamu bisa memasukkan website kamu di halaman profile.

Tentu saja hal ini memiliki pengaruh untuk perkembangan website kamu sendiri. Jadi, kamu bisa mengkonversi pengunjung profil kamu di Pinterest untuk datang ke website.

pinterest
Sumber: Freepik

Keuntungan dari menautkan link website ke halaman profile Pinterest adalah untuk meningkatkan pengunjung website. Dengan banyaknya pengunjung website tentu saja berkemungkinan besar untuk meningkat penjualan.

Oh iya, Pinterest dapat mempublikasikan konten atau produk yang dijual. Jadi dengan begitu kamu bisa meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan nama brand itu sendiri agar diketahui lebih luas.

Mendapat Fitur Analytics

Akun bisnis pada Pinterest juga terdapat analytics yang bisa diakses untuk melihat perkembangan dan insight dari akun kamu. Kamu bisa melihat jumlah impressions, engagements, klik, views, dan masih banyak yang lainnya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat laporan analytics berdasarkan kurun waktu tertentu dan jadi pembanding serta evaluasi untuk pertumbuhan akun kamu. Dengan fitur analytics ini, kamu bisa melihat seberapa pengaruhkah eksistensi Pinterest bagi bisnis.

Serta membuat rencana yang tepat yang bisa kamu gunakan kedepannya. Bahkan kamu juga bisa melihat Pins mana yang mendapat banyak pengunjung dan disukai, sehingga kamu bisa mengatur strategi untuk Pins yang kamu upload selanjutnya.

Bisa Memasang Iklan

Keuntungan Yang terakhir dari akun Pinterest Business adalah bisa menjalankan iklan dan mempromosikan Pins. Jadi kamu akan diberi akses ke Pinterest advertising untuk mengembangkan akun Pinterest kamu.

Kamu juga bisa memilih untuk membangun brand awareness, memperbanyak traffic atau konversi, dan juga memilih target marketing yang sangat-sangat spesifik.

Karena Pinterest bisa dikatakan sebagai visual search engine (search engine berdasarkan data grafis), maka dari itu akan sangat bermanfaat untuk memilih target audience yang sangat relevan atau sesuai dengan kebutuhan visual.

Karena pada dasarnya audience mengetahui apa yang mereka cari, bagaimana bentuknya, warnanya, ukurannya dan lain sebagainya.

Periklanan Pinterest juga sangat terjangkau. Jika kamu mempunyai produk atau barang dagangan yang punya bentuk fisik dan bisa didokumentasikan secara visual, kamu seharusnya mencoba menggunakan media periklanan melalui Pinterest.

Karena Pinterest dilengkapi dengan fitur pengaturan budget periklanan yang sangat mudah digunakan.

pinterest
Sumber: Freepik

Gunakan Pinterest Biar Banyak yang Interest

Dengan banyaknya Platform saat ini, menjadi salah satu kelebihan yang bisa diterapkan untuk memperkenalkan eksistensi bisnis di dunia digital. Bisnis harus terus bersaing dengan memperkenalkan dirinya di media publik yang memang banyak digunakan. Salah satunya Pinterest.

Tak kalah dengan media sosial lainnya, Pinterest menawarkan kelebihan dan keunikannya tersendiri. Sampai saat ini pun menjadi platform yang banyak dikunjungi dan memiliki pengguna aktif.

Dengan Pinterest bisnis, kamu bisa membangun brand dan meningkatkan penjualan. Jadi jangan sia-siakan untuk mendapatkan pelanggan, karena pelanggan bisa datang dari mana saja.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!