• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Caption untuk Meningkatkan Engagement

Cara Membuat Caption untuk Meningkatkan Engagement

Oleh Ratna Patria

Dewasa ini media sosial bukanlah sesuatu yang asing di tengah-tengah masyarakat. Kalau dulu orang menggunakan sosial media hanya untuk kebutuhan pribadi seperti chatting, upload foto atau video dan hal lainnya yang bersifat pribadi.

Seiring berkembangnya teknologi, platform-platform media sosial tersebut juga berkembang. Semua social media beralih fungsi dan mengembangkan atau mengeluarkan fitur-fitur yang lebih canggih dan lebih menarik. Hal tersebut menarik perhatian para pemilik bisnis karena dijadikan sebagai media promosi yang paling berpeluang menarik banyak konsumen.

Apa sih Caption itu?

Promosi melalui media sosial bisa dibilang susah-susah gampang. Materi promosi yang kita buat harus sesuai dengan demografi yang mau kita sasar dan sesuai juga dengan karakteristik media tersebut.

Konsep promosi di media sosial pun harus lebih kreatif dan beragam bisa dalam bentuk foto, gambar, ataupun bentuk video. Ada satu hal yang mungkin dipertanyakan oleh sebagian pemilik akun bisnis di media sosial, yaitu seberapa pentingnya hal ini. Hal tersebut ialah caption.

cara membuat caption
Sumber: Pixabay

Caption adalah kata-kata yang disisipkan pada sebuah gambar pada sebuah postingan. Biasanya kata-katanya sangat relatable dengan kehidupan sehari-hari tetapi masih berhubungan dengan gambar yang diposting.

Karena bisa dibilang caption berfungsi untuk mendeskripsikan gambar yang diposting. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk belajar cara membuat caption disini.

Seberapa Pentingnya Menggunakan Caption?

Sebagian pemilik bisnis yang memiliki akun media sosial berpendapat bahwa caption tidak terlalu penting karena berpikir cukup dengan gambar atau foto yang menarik.

Sebagian besar berpendapat sangat penting dan sebagian besar online shop menggunakan caption ini untuk mendeskripsikan produk yang mereka posting. Seberapa besar efek sebuah caption untuk postingan produk online shop?

Jawabannya sangat penting karena dengan menggunakan caption, para calon konsumen kamu akan sangat terbantu dengan informasi produk yang kamu berikan. First Impression adalah kunci bagaimana kamu membuat para pembaca instagram kamu atau bisa dibilang calon customer kamu jadi tertarik untuk kembali dengan caption yang kamu buat.

Usahakan caption yang kamu buat berisi informasi-informasi yang singkat, padat, jelas dan dikemas dengan bahasa yang menarik. Karena secara tidak langsung caption bisa dijadikan salah satu strategi untuk meningkatkan engagement media sosial kamu khususnya Instagram. Jelas kan, kenapa kamu harus belajar cara membuat caption?

cara membuat caption
Sumber: Pixabay

Gimana sih Cara Membuat Caption yang Menarik?

Berikut beberapa tips membuat caption yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan engagement media sosial kamu.

  • Singkat dan Bermakna

Usahakan kamu membuat caption yang singkat dan bermakna. Artinya buatlah caption dengan bahasa yang baik tentunya tidak lebay dan berikan informasi produk kamu secara jelas dan singkat. Serta usahakan caption kamu berisi informasi penting

  • Berikan Kalimat Tanya

Berilah kalimat tanya di akhir caption kamu. Hal ini berfungsi untuk menjembatani interaksi antara kamu dan follower kamu.

  • Gunakan Hastag

Setelah membuat tulisan yang menarik soal produk, kamu dapat menggunakan hastag. Buatlah hastag yang sesuai dengan postingan kamu dan tidak perlu banyak-banyak menggunakan hastag. Karena saat ini pun Instagram membatasi penggunaan hastag.

  • Sesuaikan Caption Dengan Foto atau Video

Buatlah caption yang sesuai dengan foto maupun video yang sesuai dengan postingan kamu. Untuk pemilik online shop, mungkin kamu dapat menambahkan informasi mengenai pemesan di caption kamu.

cara membuat caption
Sumber: Pixabay
  • Call To Action

Menyertakan ajakan bisa menjadi salah satu cara membuat caption lebih menarik. Call to action bisa dilakukan dengan meminta follower kamu untuk berkomentar, tag teman mereka, atau secara tidak langsung mengajak memberi komentar.

Demikian beberapa cara membuat caption yang bisa kamu coba sebelum kamu membuat caption untuk postingan kamu.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!