• Home
  • Berita
  • Berapa Harga Pembuatan Website dengan Hosting WordPress DomaiNesia?

Berapa Harga Pembuatan Website dengan Hosting WordPress DomaiNesia?

Oleh Mila Rosyida

Penggunaan website di era digital seperti sekarang memang sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan baik bisnis maupun urusan pribadi.

Namun, masih banyak sekali orang yang bertanya-tanya seputar harga pembuatan website. Terkait hal itu, harga pembuatan website sebenarnya berbeda-beda. Hal ini karena kebutuhan dari website itu sendiri.

Ada yang sederhana, ada juga website yang kompleks dengan segala fiturnya. Untuk itu , pastilah beda harga pembuatannya. Yuk, ikuti penjelasan pada artikel ini!

Apa Itu Website dan Berapa Lama Waktu untuk Membuatnya?

Website adalah kumpulan halaman yang isinya berupa beberapa informasi tertentu yang bisa diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun asal mereka terhubung dengan koneksi internet.

Dalam pembuatan website sendiri kamu akan membutuhkan beberapa komponen yaitu domain, hosting, konten, kode pemrograman, dan desain tampilannya.

Komponen- komponen itu yang membuat website hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga nantinya akan memengaruhi harga pembuatan website.

Apabila ingin membuat website untuk konten-konten sederhana, tentunya kamu tidak perlu menggunakan fitur rumit yang biasa dipakai oleh perusahaan besar. Jadi, pastikan saja memilih harga website yang sesuai denganĀ  budget dan kebutuhan.

Untuk teknis pembuatannya, juga tergantung dengan seberapa kompleks website. Begitu pula dengan lama pembuatannya. Pasalnya kamu tidak hanya melakukan proses set up, tetapi membuat beberapa bahasa pemrograman atau kode web juga memakan waktu berbulan-bulan. Belum lagi setelah website aktif, maka masih perlu dikelola secara rutin agar kualitasnya tidak menurun.

Sebenarnya dalam efektivitas dan efisiensi waktu, banyak orang lebih suka menggunakan jasa pembuatan website.

Bahkan ada juga yang menggunakan website builder di mana semua kode sudah pre-builtĀ  sehingga kamu hanya akan fokus mengerjakan bagian pendukungan saja seperti menjalankan iklan, meningkatkan SEO, dan memperbarui konten.

Namun, tidak menutup kemungkinan bagi yang ingin membuat website secara mandiri.

Biasanya mereka akan lebih memilih menggunakan WordPress karena dianggap mudah bahkan untuk pemula. Lalu, berapa harga pembuatan website dengan hosting WordPress?

Harga Pembuatan Website WordPress

Content Management System atau CMS yang hingga saat ini masih sangat populer digunakan oleh banyak orang adalah WordPress.

Pasalnya, penggunaan CMS WordPress sendiri sangatlah mudah, bahkan kamu tidak perlu membuat website dari awal hingga akhir.

Dengan menggunakan WordPress kamu cukup melakukan instalasi, maka website bisa langsung aktif terbentuk dalam sekejap.

Kemudian, kamu juga bisa menambahkan beberapa fitur lainnya dari website hanya dengan menggunakan plugin yang sesuai.

Selain itu, WordPress memungkinkan para user atau penggunanya menambah fitur esensial dengan beberapa klik saja dan ada banyak sekali tema gratis untuk mempermudah proses desain.

harga pembuatan website
Source : Elements Envato

Beberapa kemudahan itulah yang membuat 39,3 persen website di dunia memilih untuk menggunakan WordPress.

Harga pembuatan website WordPress sendiri sebenarnya sangatlah bervariasi. Pasalnya penentuan harga pembuatan website tersebut akan bergantung pada jenis, skala, dan fitur-fitur yang digunakan.

Namun, bagi kamu yang masih ragu untuk melakukannya sendiri, bisa coba untuk menggunakan jasa pembuatan website. Ini tentunya akan jauh lebih mudah, karena kamu bisa langsung mengoperasikan website yang siap pakai.

Tetapi harga jasa pembuatan website sendiri, akan berbeda-beda. Pasti akan ada tingkat kesulitan masing-masing tergantung pada tujuan pembuatan websitenya.

Orang yang menyediakan jasa pembuatan website ini sering juga disebut sebagai web developer. Di mana mereka bertugas melakukan hosting website, set up, desain, pembuatan kode, bahkan hingga pemeliharaannya.

Sebelum masuk pada pembahasan selanjutnya, kamu bisa lebih dahulu mempelajari cara membuat website dari nol di sini.

Komponen penting dalam pembuatan website

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa harga pembuatan website akan berdasarkan pada beberapa aspek seperti jenis, skala dan fiturnya. Namun, umumnya biaya pembuatan website tersebut terdiri dari komponen penting berikut:

1. Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data dalam bentuk tulisan, gambar atau video dimana nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang sering disebut website.

Hosting ibarat kavling, yang merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan tempat untuk mendirikan bangunan.

Di DomaiNesia sendiri kami menyediakan layanan hosting dengan harga terjangkau tetapi memiliki performa luar biasa, detailnya dapat dilihat pada halaman hosting.

2. Domain

Domain adalah alamat dari sebuah website. Jika diibaratkan, domain merupakan sebuah alamat yang akan menuntun pengunjung menuju ke lokasi kavling atau bangunan.

Biasanya domain dalam bentuk situsanda.com atau situsanda.id, ataupun yang lainnya.

Untuk domain biasanya memiliki akhiran, yang disebut dengan ekstensi domain. Ada 2 macam ekstensi domain yaitu TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll dan domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id, dll.

Khusus kamu pemilik website yang berasal dari Indonesia, akan disarankan untuk menggunakan domain ID.

Hal ini dapat menambah kepercayaan terhadap pengunjung website, bahwa website yang kamu bangun benar- benar berasal dari Indonesia dan tidak menimbulkan kesan abal- abal.

Yuk, dapatkan nama sesuai keinginanmu dengan beli domain murah DomaiNesia di sini. Harga domain berkisar antara belasan hingga ratusan ribu. Banyaknya pilihan nama domain yang tersedia, membuat kamu lebih mudah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

3. Desain

Selanjutnya adalah desain WordPress. Telah disebutkan sebelumnya, bahwa WordPress menyediakan banyak tema secara gratis.

Kamu bisa pilih beragam desain agar tampilan WordPress menjadi lebih menarik. Namun, apabila kamu menginginkan fitur tambahan, bisa juga memilih tema berbayar dengan fitur lengkap.

4. Plugin

Kemudian, ada plugin yang menjadi alat atau tools dalam membantu menambahkan fitur tertentu ke dalam website. Banyak sekali plugin WordPress yang bisa kamu gunakan secara gratis.

5. Tambahan keamanan

Aspek terakhir ini sebenarnya tidak terlalu wajib, tapi sangat penting. Ketika memiliki situs website sendiri, ada baiknya kamu menggunakan sistem keamanan yang terjamin.

Alasannya, karena akan menyimpan banyak sekali data-data penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk tetap mempersiapkan biaya keamanan tambahan.

Daftar Harga Pembuatan Website dengan Hosting WordPress di DomaiNesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk membuat website akan sangat membutuhkan hosting dan domain. Dan berikut ini daftar harga pembuatan website WordPress:

1. Paket Super

Hanya dengan membayar sebesar 43 ribu per bulan kamu bisa dapatkan 2 GB space atau ruang kosong untuk penyimpanan.

Tak hanya itu saja, tetapi juga mendapatkan bandwidth, website dan email dengan kapasitas unlimited. Lebih menguntungkannya lagi, kamu bisa dapatkan nama domain terbaik secara gratis.

2. Paket Monster

Ini adalah salah satu paket hosting untuk pembuatan website yang sangat direkomendasikan. Cukup membayar 80 ribu per bulan, kamu bisa dapatkan banyak keuntungan seperti 5 GB space untuk penyimpanan data.

Selain itu, adanya bandwidth, email dan website unlimited. Tak kalah dengan paket super, kamu juga bisa mendapatkan nama domain terbaik secara gratis.

3. Paket Mikro

Selanjutnya, adalah paket mikro yang sangat cocok digunakan bagi kamu pebisnis. Menggunakan paket mikro, kamu bisa mendapatkan 6 GB space, 2 Core, dan 2 GB RAM hanya dengan membayar 90 ribu per bulan.

Tambahan fasilitas lain yang bisa didapatkan dari paket mikro ini adalah bandwidth, email dan website unlimited. Dan juga gratis nama domain.

4. Paket Mega

Terakhir adalah paket mega yang menawarkan harga sebesar 180 ribu per bulan dengan beberapa layanan fasilitas seperti 12GB space, 2 Core, dan 4GB RAM.

Keuntungan lainnya juga bisa kamu dapatkan yaitu bandwidth, email dan website unlimited serta gratis nama domain.

DomaiNesia, menawarkan harga pembuatan website yang sangat terjangkau dengan menambahkan beberapa fasilitas terbaik. Jadi, kamu mampu membuat website sendiri sesuai dengan keinginan.

Pastikan saja bahwa layanan hosting yang kamu pilih sudah sesuai dengan kebutuhan website.

Yuk, segera beli hosting DomaiNesia sekarang juga.

Apa Saja Keunggulan Pembuatan Website dengan Hosting WordPress di DomaiNesia?

1. Adanya fitur instant deploy

Keunggulan pertama dari hosting WordPress DomaiNesia adalah situs website bisa langsung aktif tanpa perlu instalasi. Dengan begitu, kamu dapat langsung menggunakan website.

2. Terdapat WordPress Accelerator

Keunggulan kedua dari hosting WordPress DomaiNesia adalah meringankan load database dan juga memberikan kecepatan akses pada situs website. Sehingga, kamu tidak perlu lagi khawatir server down apabila sedang banyak diakses oleh banyak orang.

3. Membantu pemindahan data-data situs website

Keunggulan ketiga dari hosting WordPress DomaiNesia, juga akan membantu memindahkan data-data situs WordPress lama ke hosting baru tanpa dikenakan biaya tambahan.

4. Adanya monitor sistem keamanan

Keunggulan keempat yaitu memberikan perlindungan ekstra, seperti update WordPress, anti-virus, anti-malware, bahkan hingga menutup celah keamanan.

5. Adanya backup harian secara otomatis

Keunggulan kelima, mampu mencegah risiko kehilangan data situs web WordPress. Apabila ada data-data yang hilang, kamu bisa melakukan restore.

6. Garansi uang kembali

Keunggulan terakhir, yang bisa kamu dapatkan dari pembuatan website dengan hosting WordPress DomaiNesia adalah memberikan garansi uang kembali apabila merasa tidak puas. Kamu bisa klaim garansi uang kembali selama 20 hari dan uang akan dikembalikan 100 persen.

Kelebihan Domain ID Untuk Hosting WordPress DomaiNesia

Apabila website berasal dari Indonesia, akan lebih disarankan jika menggunakan ekstensi domain ID.

Sebenarnya apa saja kelebihan domain ID, sampai- sampai harus digunakan khususnya untuk website yang berasal dari Indonesia?

Menambah Kepercayaan Terhadap Pengunjung Website

Kelebihan domain ID yang kedua adalah menambah kepercayaan terhadap pengunjung website.

Terkadang saking banyaknya website yang menggunakan gTLD (Generic top-level domain) seperti .com, dapat memberikan dampak yang cukup besar dalam hal kepercayaan.

Banyak website- website yang aneh dan tidak jelas yang menggunakan gTLD.

Berbeda saat website menggunakan domain ID yang menggunakan kode negara Indonesia sebagai ekstensi domainnya.

Dampak yang didapatkan adalah pengunjung akan lebih menaruh kepercayaan terhadap website.

Bersifat Lebih Eksklusif

Kelebihan domain ID selanjutnya adalah domain ID bersifat lebih eksklusif. Mengapa begitu?

Hal ini karena beberapa tipe domain ID membutuhkan dokumen yang digunakan sebagai legalitas hukum website.

Karena membutuhkan beberapa dokumen, maka proses aktivasinya pun akan berbeda dengan ekstensi domain yang lain.

Begitu pula dengan tingkat keamanannya.

Potensi Peringkat Pertama Pada Hasil Pencarian Search Engine

Karena domain ID bersifat spesifik dibandingkan dengan gTLD, maka search engine akan lebih mudah membaca website yang menggunakan domain ID dibandingkan gTLD.

Seperti yang kamu tahu bahwa gTLD merupakan domain yang bersifat generic atau general yang banyak digunakan sebagai ekstensi domain.

Sedangkan domain ID hanya digunakan pada website yang berlokasikan di Indonesia.

Source : Elements Envato

Itulah mengapa lokal SEO menjadi kelebihan domain ID.

Ketika kamu mencari sesuatu di search engine, pastinya search engine akan lebih mengutamakan website yang berlokasikan di negara tertentu.

Harga Terjangkau

Salah satu kepopuleran domain ID adalah harga yang terjangkau. Hanya dengan Rp12.000 untuk siklus per 1 tahun kamu bisa mendapatkan domain .my.id. Dengan domain .my.id, kamu bisa menggunakannya untuk keperluan bisnis dan personal blog.

Dengan harga yang terjangkau, pastinya cocok untuk merintis sebuah usaha atau baru membangun identitas secara online.

Tim Support 24/7

DomaiNesia akan membantu semua permasalahan dan kendala dalam website domain ID melalui Tim Support DomaiNesia.

Tim Support DomaiNesia selalu siap selama 24 jam untuk memberikan solusi terbaik di setiap kendala yang akan kamu temui.

Harga Pembuatan Website Ternyata Sangat Terjangkau, Lho!

Itulah beberapa daftar harga pembuatan website dengan hosting WordPress di DomaiNesia. Tak membutuhkan biaya terlalu mahal setiap bulannya, kamu bisa mendapatkan berbagai macam fasilitas untuk mendukung kualitas website.

Pastikan juga, kamu menyediakan biaya tambahan lain untuk sistem keamanan. Meskipun ini bukanlah hal wajib, namun ada baiknya kamu menggunakan sistem keamanan yang terjamin agar data-data pada situs website bisa lebih aman. Setelah mengetahui daftar harga pembuatan website di atas, yuk mulai buat milikmu sekarang juga!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!