• Home
  • Berita
  • Apa itu Marketplace? Jenis, Fungsi dan Kelebihannya!

Apa itu Marketplace? Jenis, Fungsi dan Kelebihannya!

Oleh Ayoni Sulthon

Kamu pasti sering mendengar istilah “marketplace” dalam dunia belanja online. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan marketplace? Bagaimana cara kerjanya, dan apa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penggunaannya? Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai apa itu marketplace, jenis-jenisnya, fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya. Jadi, simak terus ya!

Apa Itu Marketplace?

Kamu mungkin sering mendengar istilah “marketplace” ketika berbicara tentang belanja online, tetapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan marketplace? Marketplace adalah platform atau tempat di mana penjual dan pembeli dapat bertemu dan bertransaksi secara online. Ini mirip dengan pasar konvensional di mana berbagai pedagang berkumpul untuk menjual barang mereka kepada pembeli yang berminat.

marketplace adalah
Sumber: Envato

Namun, yang membedakan marketplace online dari pasar konvensional adalah bahwa semuanya dilakukan secara virtual. Kamu tidak perlu pergi ke lokasi fisik untuk berbelanja atau menjual barang. Segala sesuatunya terjadi di dunia maya, di mana kamu dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun selama terhubung ke internet.

Marketplace biasanya memiliki berbagai kategori produk, mulai dari pakaian, elektronik, perlengkapan rumah tangga, hingga makanan dan minuman. Ini menciptakan keragaman besar dalam barang-barang yang ditawarkan, sehingga memungkinkan pengguna untuk menemukan apa pun yang mereka cari dengan mudah.

Selain itu, marketplace adalah platform juga dapat menjadi tempat bagi penjual untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan berjualan di platform marketplace, penjual dapat menjangkau konsumen potensial yang mungkin tidak akan mereka capai jika hanya mengandalkan toko fisik atau situs web mereka sendiri. Ini membuka peluang bisnis yang lebih besar dan memungkinkan penjual untuk berkembang dengan lebih cepat dalam pasar yang semakin kompetitif.

Fungsi Marketplace adalah

Marketplace memiliki beberapa fungsi yang membuatnya menjadi platform belanja online yang sangat populer. Berikut beberapa fungsi utama dari marketplace adalah:

1. Menyediakan Tempat Bertemunya Penjual dan Pembeli

Salah satu fungsi utama dari marketplace adalah sebagai tempat di mana penjual dan pembeli dapat bertemu dan berinteraksi. Dengan adanya platform marketplace, penjual dapat memasarkan produk mereka kepada konsumen potensial di seluruh dunia tanpa perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuka toko fisik atau situs web mereka sendiri. Di sisi lain, pembeli dapat dengan mudah menemukan berbagai produk yang mereka butuhkan tanpa harus melakukan perjalanan ke toko fisik.

2. Memfasilitasi Transaksi Online

Marketplace adalah platform yang menyediakan infrastruktur untuk memfasilitasi transaksi online yang aman dan mudah. Ini mencakup sistem pembayaran yang aman serta pengaturan pengiriman barang. Dengan adanya fitur-fitur ini, pembeli dapat dengan nyaman melakukan pembelian tanpa khawatir akan keamanan dan keandalan transaksi.

3. Menyediakan Berbagai Pilihan Produk

Salah satu kelebihan utama dari marketplace adalah beragamnya produk yang ditawarkan. Dari pakaian, peralatan elektronik, perlengkapan rumah tangga, hingga barang-barang unik dan langka, kamu dapat menemukan hampir semua jenis produk di marketplace. Hal ini membuat pengalaman belanja menjadi lebih menyenangkan dan memungkinkan pembeli untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

4. Memberikan Informasi Produk yang Lengkap

Marketplace adalah platform yang biasanya menyediakan informasi yang lengkap tentang produk yang ditawarkan, termasuk deskripsi produk, foto, ulasan dari pembeli sebelumnya, dan informasi tentang penjual. Hal ini membantu pembeli untuk membuat keputusan yang lebih baik saat berbelanja online dengan memberikan gambaran yang jelas tentang kualitas dan reputasi produk serta penjual.

5. Meningkatkan Jangkauan Pasar Penjual

Bagi penjual, marketplace adalah platform yang juga berfungsi sebagai alat untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan berjualan di platform marketplace, penjual dapat menjangkau konsumen potensial yang berada di berbagai lokasi geografis tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk pemasaran dan promosi.

marketplace adalah
Sumber: Envato

Jenis Marketplace adalah

Marketplace dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan model bisnis dan cara operasionalnya. Berikut beberapa jenis marketplace adalah:

1. Marketplace Umum

Marketplace umum adalah platform yang menyediakan berbagai jenis produk dari berbagai penjual. Contoh marketplace umum termasuk Amazon, eBay, dan Tokopedia. Di sini, kamu dapat menemukan hampir semua jenis produk, mulai dari pakaian, elektronik, hingga perlengkapan rumah tangga.

2. Marketplace Niche

Marketplace niche fokus pada produk-produk dalam kategori tertentu atau niche pasar. Misalnya, Etsy adalah marketplace yang fokus pada barang-barang kerajinan tangan dan barang unik, sedangkan Reverb adalah marketplace khusus untuk alat musik dan perlengkapan audio.

3. Marketplace Peer-to-Peer (P2P)

Marketplace peer-to-peer memungkinkan individu untuk berjualan langsung kepada individu lainnya tanpa perantara. Contohnya adalah Airbnb, di mana orang dapat menyewakan properti mereka kepada orang lain, dan Etsy, di mana orang dapat menjual barang-barang buatan mereka sendiri kepada pembeli.

4. Marketplace B2B (Business-to-Business)

Marketplace B2B adalah platform yang memfasilitasi transaksi antara perusahaan atau bisnis. Biasanya, ini melibatkan penjualan grosir atau dalam jumlah besar. Contohnya adalah Alibaba, yang merupakan marketplace yang menyediakan berbagai produk secara grosir untuk bisnis.

5. Marketplace C2C (Consumer-to-Consumer)

Marketplace C2C memungkinkan individu untuk membeli dan menjual produk kepada individu lainnya. Contohnya adalah eBay dan OLX, di mana orang dapat membeli dan menjual barang-barang bekas atau baru kepada orang lain.

6. Marketplace Agregator

Marketplace agregator adalah platform yang mengumpulkan berbagai penjual dan produk dari berbagai marketplace lainnya. Misalnya, Google Shopping adalah marketplace agregator yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan membandingkan produk dari berbagai toko online.

marketplace adalah
Sumber: Envato

Kelebihan Marketplace

Marketplace adalah platform yang memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi banyak konsumen dan penjual. Berikut ini keunggulan yang dimiliki oleh marketplace adalah:

1. Ragam Produk yang Luas

Salah satu kelebihan utama dari marketplace adalah ragam produk yang luas. Dari pakaian dan aksesori fashion hingga elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan olahraga, makanan dan minuman, serta barang-barang unik dan langka, marketplace menawarkan berbagai macam barang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Dengan begitu banyaknya pilihan, konsumen memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi berbagai produk dari berbagai merek dan penjual, sehingga meningkatkan kemungkinan menemukan produk yang sesuai dengan keinginan mereka.

2. Kemudahan Akses dan Kemudahan Berbelanja

Salah satu daya tarik utama dari marketplace adalah kemudahan aksesnya. Dengan cukup memiliki koneksi internet dan perangkat yang terhubung, seperti komputer, smartphone, atau tablet, konsumen dapat mengakses marketplace kapan saja dan di mana saja.

Ini memungkinkan mereka untuk berbelanja secara nyaman dari kenyamanan rumah mereka sendiri, tanpa perlu melakukan perjalanan ke toko fisik atau menyesuaikan diri dengan jam buka toko.

Selain itu, fitur-fitur pencarian yang canggih dan filter pencarian yang disediakan oleh marketplace membuat proses berbelanja menjadi lebih efisien, karena konsumen dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka cari tanpa harus melalui ribuan hasil pencarian.

3. Penawaran dan Diskon Menarik

Marketplace adalah platform yang sering kali menawarkan berbagai penawaran dan diskon yang menarik kepada konsumen. Ini dapat berupa diskon musiman, penjualan flash, kode promo, atau program loyalitas yang memberikan penghargaan kepada pelanggan setia.

Penawaran seperti ini seringkali lebih menguntungkan daripada yang ditawarkan oleh toko fisik, dan dapat membantu konsumen untuk menghemat uang saat berbelanja. Selain itu, marketplace juga sering mengadakan acara penjualan khusus, seperti Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) atau 11.11 Sale, di mana konsumen dapat menikmati diskon besar-besaran dan penawaran menarik lainnya.

4. Ulasan dan Reputasi Penjual

Salah satu fitur yang sangat berguna dari marketplace adalah ulasan dan reputasi penjual. Sebelum membeli suatu produk, konsumen dapat membaca ulasan dari pembeli sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang kualitas produk dan layanan yang ditawarkan oleh penjual.

Ulasan ini memberikan wawasan yang berharga kepada konsumen dan membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik saat berbelanja online. Selain itu, reputasi penjual juga penting untuk dipertimbangkan, karena penjual dengan reputasi yang baik cenderung menyediakan layanan yang lebih baik dan produk yang lebih berkualitas.

Baca juga: Pelajari Bagaimana Cara Membuat Marketplace Agar Terlihat Profesional!

5. Perlindungan Konsumen

Marketplace adalah platform yang umumnya memiliki kebijakan perlindungan konsumen yang melindungi pembeli dari penipuan dan barang palsu. Kebijakan ini sering kali mencakup jaminan uang kembali atau pertukaran barang jika ada masalah dengan pesanan.

Hal ini memberikan kepercayaan tambahan kepada konsumen saat berbelanja online, karena mereka tahu bahwa mereka dilindungi oleh kebijakan yang adil dan transparan. Selain itu, jika terjadi sengketa antara konsumen dan penjual, marketplace biasanya menyediakan layanan arbitrase atau mediasi untuk membantu menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien.

6. Kemudahan Berjualan

Tidak hanya untuk berbelanja, marketplace adalah platform yang juga menyediakan platform bagi penjual untuk menjual produk mereka. Ini memberikan kesempatan bagi penjual untuk memperluas jangkauan pasar mereka dan menjangkau konsumen potensial di seluruh dunia.

Dengan berjualan di marketplace, penjual dapat memanfaatkan infrastruktur yang ada, seperti sistem pembayaran dan pengiriman yang terintegrasi, serta fitur promosi dan pemasaran yang disediakan oleh platform. Ini membantu penjual untuk meningkatkan penjualan mereka dan mengembangkan bisnis mereka dengan lebih cepat daripada jika mereka hanya mengandalkan toko fisik atau situs web mereka sendiri.

marketplace adalah
Sumber: Envato

Kekurangan Marketplace adalah

Meskipun memiliki banyak kelebihan, marketplace juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa kekurangan utama dari penggunaan marketplace adalah:

1. Persaingan yang Tinggi

Salah satu kekurangan utama dari marketplace adalah persaingan yang tinggi antara penjual. Dengan begitu banyak penjual yang menawarkan produk yang sama atau serupa, menjadi sulit bagi penjual untuk membedakan diri mereka dari pesaing dan menarik perhatian konsumen.

Hal ini dapat mengakibatkan penurunan harga dan margin keuntungan yang rendah, sehingga membuat sulit bagi penjual untuk mencapai kesuksesan yang signifikan.

2. Biaya dan Komisi

Meskipun memiliki potensi untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, menggunakan marketplace juga dapat menyebabkan peningkatan biaya dan komisi bagi penjual.

Marketplace umumnya mengenakan biaya listing atau biaya transaksi kepada penjual untuk setiap produk yang dijual, serta mengambil persentase tertentu dari setiap transaksi yang dilakukan.

Biaya-biaya ini dapat menumpuk dan mengurangi margin keuntungan penjual, sehingga mengurangi daya tarik berjualan di marketplace bagi beberapa penjual.

3. Kendala dalam Branding

Marketplace cenderung fokus pada pengalaman belanja umum daripada mempromosikan merek individu penjual. Ini berarti penjual mungkin kesulitan membangun dan memperkuat citra merek mereka sendiri di antara konsumen. Sebagai akibatnya, penjual mungkin merasa sulit untuk mengembangkan hubungan yang kuat dengan pelanggan mereka dan menciptakan loyalitas merek yang tinggi.

4. Ketergantungan pada Infrastruktur Marketplace

Penjual yang menggunakan marketplace juga memiliki ketergantungan pada infrastruktur dan kebijakan marketplace yang bersangkutan. Mereka harus mengikuti aturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh marketplace, termasuk pembatasan pada jenis produk yang dijual, prosedur pengiriman, dan kebijakan pengembalian barang.

Selain itu, jika terjadi masalah teknis atau pemadaman sistem di platform marketplace, penjual dapat mengalami gangguan dalam operasional bisnis mereka.

5. Potensi Risiko Keamanan dan Penipuan

Marketplace juga rentan terhadap risiko keamanan dan penipuan. Meskipun marketplace biasanya memiliki kebijakan perlindungan konsumen, ada kemungkinan bahwa penjual atau pembeli yang tidak jujur dapat menyalahgunakan sistem untuk tujuan penipuan.

Hal ini dapat mengakibatkan kerugian finansial bagi pihak yang terkena dampak, serta merusak reputasi marketplace sebagai tempat belanja yang aman dan terpercaya.

Perbedaan Marketplace dan Toko Online

Meskipun terkadang digunakan secara bergantian, marketplace dan toko online memiliki perbedaan yang cukup substansial dalam model bisnis dan operasionalnya. Mari kita eksplorasi dengan lebih rinci perbedaan utama antara keduanya:

1. Model Bisnis

Marketplace adalah platform di mana beberapa penjual atau pedagang dapat berkumpul untuk menjual produk mereka kepada konsumen. Ini menciptakan ekosistem belanja yang dinamis di mana berbagai penjual dan produk berkumpul dalam satu tempat.

Di sisi lain, toko online adalah situs web tunggal yang dimiliki dan dioperasikan oleh satu penjual atau perusahaan, yang menawarkan produk mereka kepada konsumen secara eksklusif.

2. Jumlah Penjual dan Produk

Marketplace memiliki keunggulan dalam hal jumlah penjual dan ragam produk yang ditawarkan. Dengan berbagai penjual yang berpartisipasi, marketplace menyediakan berbagai macam produk dari berbagai kategori.

Konsumen dapat menemukan segala sesuatu mulai dari pakaian, elektronik, perlengkapan rumah tangga, hingga barang-barang unik dan langka. Di sisi lain, toko online hanya menawarkan produk dari satu penjual atau perusahaan, yang mungkin memiliki fokus yang lebih terbatas dalam hal jenis produk yang ditawarkan.

3. Keterlibatan Konsumen

Marketplace sering kali lebih interaktif daripada toko online. Konsumen dapat membandingkan produk dari berbagai penjual, membaca ulasan dari pembeli sebelumnya, dan bahkan berkomunikasi langsung dengan penjual.

Ini memungkinkan konsumen untuk membuat keputusan pembelian yang lebih baik dan memberikan pengalaman belanja yang lebih terpersonal. Di toko online, interaksi dengan konsumen mungkin lebih terbatas, karena hanya ada satu penjual atau perusahaan yang bertanggung jawab atas semua aspek transaksi.

4. Struktur Biaya

Struktur biaya untuk berjualan di marketplace dan toko online juga dapat berbeda. Marketplace umumnya mengenakan biaya listing, biaya transaksi, dan komisi atas setiap transaksi yang dilakukan oleh penjual.

Di sisi lain, biaya berjualan di toko online mungkin lebih langsung, termasuk biaya pengelolaan situs web, hosting, dan pembayaran gateway. Ini mempengaruhi margin keuntungan yang diperoleh oleh penjual di kedua platform.

Beli Hosting Murah DomaiNesia

marketplace adalah
Sumber: Envato

5. Kendali atas Merek dan Pengalaman Pelanggan

Di toko online, penjual memiliki kendali penuh atas merek mereka sendiri dan pengalaman pelanggan. Mereka dapat menyesuaikan situs web mereka sesuai dengan preferensi mereka sendiri, membangun citra merek yang kuat, dan menyediakan pengalaman pelanggan yang konsisten.

Di marketplace, penjual mungkin memiliki keterbatasan dalam hal branding dan personalisasi, karena mereka harus mengikuti aturan dan kebijakan yang ditetapkan oleh platform marketplace yang bersangkutan.

6. Tanggung Jawab atas Layanan Pelanggan dan Pengiriman

Di toko online, penjual bertanggung jawab atas semua aspek layanan pelanggan dan pengiriman, mulai dari menerima pesanan, mengemas dan mengirim barang, hingga menangani keluhan dan pengembalian barang.

Di marketplace, tanggung jawab ini dapat dibagi antara penjual dan platform marketplace, tergantung pada kebijakan yang berlaku. Hal ini dapat mempengaruhi proses dan pengalaman pengiriman barang, serta penanganan keluhan dan masalah pelanggan.

Baca juga: Ecommerce vs Marketplace: Pengertian dan Perbedaan

Contoh Marketplace Populer di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu pasar yang berkembang pesat dalam industri e-commerce, dan ada beberapa marketplace populer yang mendominasi pasar dalam negeri. Berikut adalah beberapa contoh marketplace terkemuka di Indonesia:

1. Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga produk-produk digital seperti pulsa dan voucher game.

Dengan jutaan penjual yang aktif, Tokopedia menyediakan berbagai pilihan produk dengan harga yang kompetitif. Selain itu, Tokopedia juga menawarkan berbagai layanan tambahan seperti pengiriman cepat dan pembayaran yang aman melalui Tokopedia Pay.

2. Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu marketplace terkemuka di Indonesia yang menawarkan platform bagi penjual untuk menjual produk mereka kepada konsumen. Dengan fokus pada penjual lokal dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), Bukalapak membantu memperluas jangkauan pasar bagi para pelaku usaha kecil dan menengah di seluruh Indonesia.

Selain itu, Bukalapak juga menyediakan berbagai fitur dan layanan seperti pembayaran digital, asuransi pengiriman, dan program loyalitas bagi pelanggan setia.

3. Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace terbesar dan tercepat berkembang di Indonesia. Dengan pendekatan yang kuat dalam hal promosi dan pemasaran, Shopee telah menjadi salah satu platform belanja online yang paling populer di kalangan konsumen Indonesia.

Selain menawarkan berbagai macam produk dengan harga yang bersaing, Shopee juga dikenal dengan program-program promosi yang agresif, seperti Flash Sale, Free Shipping, dan Cashback.

4. Lazada

Lazada adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dengan sejarah yang panjang dan jangkauan global yang kuat melalui Alibaba Group, Lazada menawarkan berbagai produk dari berbagai kategori, mulai dari fashion, elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga produk-produk impor.

Lazada juga dikenal dengan program promosi yang menarik, seperti Lazada Birthday Sale dan LazMall, yang menawarkan produk-produk dari merek ternama.

5. Blibli  

Blibli adalah salah satu marketplace yang menawarkan pengalaman belanja online yang komprehensif dengan berbagai produk dari berbagai kategori, mulai dari fashion, kecantikan, elektronik, hingga perlengkapan olahraga dan kesehatan. Blibli juga menawarkan berbagai layanan tambahan seperti pengiriman cepat, promo eksklusif, dan program loyalitas bagi pelanggan setia.

marketplace adalah
Sumber: Envato

Marketplace adalah: Entitas Penting dalam Perekonomian

Marketplace adalah platform yang telah menjadi bagian penting dari lanskap e-commerce di Indonesia, menawarkan berbagai keunggulan seperti ragam produk yang luas, kemudahan akses, penawaran menarik, perlindungan konsumen, dan kemudahan berjualan bagi penjual.

Meskipun demikian, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, termasuk persaingan yang tinggi, biaya dan komisi, serta keterbatasan dalam branding. 

Selain itu, perbedaan antara marketplace dan toko online juga penting untuk dipahami, karena keduanya memiliki model bisnis dan pendekatan yang berbeda dalam menyediakan pengalaman belanja kepada konsumen.

Dengan berbagai pilihan marketplace terkemuka seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, dan JD.ID, konsumen memiliki banyak opsi untuk memilih platform belanja online yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Ayoni Sulthon

SEO Strategist DomaiNesia, ask me all about SEO and Digital Marketing.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds