• Home
  • Berita
  • Pelajari Bagaimana Cara Membuat Marketplace Agar Terlihat Profesional!

Pelajari Bagaimana Cara Membuat Marketplace Agar Terlihat Profesional!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Hingga saat ini penggunaan website pada bisnis memang memberikan dampak yang menguntungkan pelaku bisnis.

Cukup mengakses website dan memilih produk yang dijual, maka penjual akan mudah mendapatkan cuan. Apalagi jika target pasar bisnis sudah Go International.

Dalam bisnis online, terdapat 2 istilah yang perlu kamu tahu. Yaitu marketplace dan e-commerce. Kedua istilah tersebut memang sering digunakan masyarakat saat belanja online.

Apakah kamu tahu jika keduanya sebenarnya memiliki perbedaan? Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membuat marketplace yang profesional, kamu harus memahami apa itu marketplace dan perbedaannya dengan E-commerce.

Tentang Marketplace dan E-Commerce

Marketplace adalah platform yang menjadi jembatan atau perantara antara penjual dengan pembeli di dunia maya.

Platform ini bertindak sebagai pihak ketiga dalam sebuah transaksi online. Mudahnya, marketplace dianalogikan seperti pusat perbelanjaan yang menampung beberapa bisnis.

Bedanya jika pusat perbelanjaan dapat bertransaksi secara langsung (antara penjual dan pembeli bertemu), sedangkan marketplace secara online dengan koneksi internet (penjual dan pembeli tidak bertemu).

Dengan adanya marketplace bisnis akan lebih mudah dikenali oleh pembeli. Hal ini karena marketplace dapat diakses oleh siapa dan dimana saja, asalkan terhubung dengan internet.

Dengan begitu bisnismu memiliki kesempatan untuk dikenal oleh penduduk di seluruh dunia.

“Bagaimana dengan E-commerce? Bukannya sama aja ya dengan marketplace? Banyak kok yang bilang kalo marketplace dan E-commerce itu sama. Apa bedanya coba”

Hmm, memang antara marketplace dan e-commerce sering disamakan DomaiNesians, tapi sebenarnya keduanya memiliki perbedaan utama.

Pada artikel kali ini untuk membedakannya langsung saja dengan contoh ya DomaiNesians. Contoh marketplace adalah Tokopedia, Shopee, JD.ID, Lazada, Amazon, Ebay dan masih banyak lagi. Sedangkan contoh E-Commerce adalah Seradia dan ZMNow.id.

Dari contoh yang sudah diberikan marketplace adalah platform bisnis online yang menampung banyak bisnis atau banyak penjual dengan berbagai macam kategori.

Tokopedia, Shopee, JD.ID, Lazada, Amazon, Ebay , dan lain-lain akan menampung banyak bisnis- bisnis yang dimiliki oleh penjual dan dipromosikan melalui platform marketplace tersebut. Marketplace memungkinkan menampung banyak brand dan banyak produk.

Sedangkan E-Commerce adalah platform bisnis online dari suatu brand bisnis. Seradia dan ZMNow.id adalah contoh E-Commerce. Seradia hanya menjual produk Seradia saja, tanpa menjual produk diluar Seradia. Begitu juga dengan ZMNow.id. Itulah perbedaan utamanya.

Selanjutnya, yuk lanjut ke pembahasan bagaimana cara membuat marketplace profesional!

Cara Membuat Marketplace Profesional

Setelah kamu mengetahui tentang marketplace dan E-Commerce, artikel kali ini akan mengajak kamu untuk belajar cara membuat marketplace yang profesional.

Berikut ini cara membuat marketplace yang profesional versi Domainesia, antara lain :

Download Template Marketplace Menarik

Cara membuat marketplace agar terlihat profesional yang pertama adalah pastikan kamu menggunakan template marketplace yang menarik ya DomaiNesians!

Template marketplace ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Antara keduanya pastinya memiliki perbedaan. Perbedaan tidak hanya dilihat dari nominal harga dan fitur saja, namun cara membuat marketplace gratis pun juga berbeda.

Apabila kamu menganggarkan uang untuk membeli template, pastikan kamu memilih template yang tidak membosankan dan bisa dicustom. Kedepannya apabila ada tambahan fitur dapat ditambahkan agar lebih menarik.

Posting Recommendation Market and Product

Cara yang kedua adalah dengan memposting toko atau produk yang direkomendasikan atau best seller.

Darimana kamu tahu toko atau produk yang dapat direkomendasikan ke pembeli? Nah, sebaiknya kamu memiliki tim untuk melakukan analisis data terkait toko atau produk mana yang sering dikunjungi dan dibeli oleh pembeli.

Selain menguntungkan bagi pihak penjual, pemilik marketplace juga akan mendapatkan keuntungan, yaitu sebagai promosi marketplace.

Membuat Kategori Untuk Market dan Produk

Website yang profesional adalah website yang memberikan kemudahan terhadap user atau penggunanya.

Hal itu juga berlaku pada marketplace. Tampilan kategori pada marketplace akan memudahkan pembeli untuk memilih produk.

cara membuat marketplace

Tidak hanya itu, produk yang dicari juga sesuai dengan keinginan pembeli. Sehingga pembeli merasa puas, tidak perlu pusing- pusing dalam memilih produk.

Tambahkan Fitur Pencarian dan Filter

Sama hal nya seperti poin sebelumnya, cara membuat marketplace agar profesional adalah dengan menambahkan fitur pencarian dan filter.

Fitur pencarian sangat dibutuhkan oleh pembeli saat mencari produk yang sudah ditargetkan. Misalnya ada pembeli yang ingin membeli produk A dari brand B.

Dengan adanya fitur pencarian, maka pembeli dapat langsung membeli produk tersebut dan akan lebih efektif.

Hal itu juga berlaku pada fitur filter. Fitur filter ini digunakan oleh pembeli dengan berbagai jenis kebutuhan.

Misalnya seorang pembeli akan membeli produk sepatu pria dari brand A yang memiliki harga sekitar 200ribu hingga 500ribu.

Tidak mungkin bukan jika pembeli tersebut harus melihat satu per satu produk terus menerus?

Tanpa fitur filter, tentunya akan menghabiskan waktu dalam memilih produk. Itulah kenapa menambahkan fitur pencarian dan filter adalah salah satu cara membuat marketplace yang profesional.

Tambahkan Fitur Help and Contact

Fitur Help and Contact adalah fitur yang harus ada pada website.

Fitur Help and Contact ini digunakan sebagai media komunikasi antara penjual dengan pembeli, tim marketplace dengan pembeli, dan penjual dengan tim marketplace.

Karena marketplace merupakan pihak ketiga yang menghubungkan antara penjual dan pembeli, sudah seharusnya menyediakan media komunikasi apabila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak berkenan.

Membuat Promosi Yang Menarik

Untuk menarik pembeli tidak hanya penjual saja yang melakukan promosi, tim marketplace juga harus melakukan promosi agar banyak pembeli yang membeli produk melalui marketplace tersebut.

Salah satu promosi yang dapat dilakukan adalah memberikan promo pada event- event tertentu.

Promo adalah strategi yang disenangi oleh pembeli. Kamu bisa membuat desain pengumuman promo yang menarik dan menampilkannya pada halaman awal marketplace. Agar pembeli penasaran dengan produk- produk apa yang dapat promo.

Tambahkan Privacy Policy

Cara membuat marketplace agar terlihat profesional adalah dengan menambahkan Privacy Policy pada website. Biasanya Privacy Policy ini diletakkan pada footer website marketplace.

Privacy Policy adalah sekumpulan “perjanjian” antara website dengan user tentang bagaimana website akan mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan informasi pribadi pengguna yang masuk ke dalam sistem database web.

Keberadaan informasi Privacy Policy ini tidak hanya sebagai upaya memenuhi persyaratan hukum, tapi juga akan memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna dalam menemukan informasi keamanan privasi.

Menambahkan copyright adalah cara membuat marketplace yang terakhir. Menambahkan copyright bertujuan untuk mencegah orang yang tidak bertanggungjawab menyalin gambar, animasi, paragraf, atau mencoba mencuri konten dari website marketplace.

Copyright biasanya dinotasikan dengan simbol copyright © (beberapa menambahkan kata-kata ‘Copyright’, ‘Hak Cipta’, atau ‘Copr.’).

Selain itu, ditambahkan pula tahun penerbitan website atau tahun pembaruan website marketplace.

Update Terus Bisnismu, Jangan Sampai Ketinggalan!

Itulah beberapa cara membuat marketplace agar terlihat lebih profesional.

Nah, buat kamu yang memiliki bisnis marketplace, alangkah baiknya jika selalu update dan melakukan perkembangan baik fitur maupun optimasi dalam website marketplace.

Buat kamu yang ingin mengupgrade kapasitas hosting untuk marketplace, kamu bisa langsung saja pilih paket hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah