• Home
  • Berita
  • Query SQL : Skill Penting Untuk Menjadi Seorang Data Analyst

Query SQL : Skill Penting Untuk Menjadi Seorang Data Analyst

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Query SQL – Di kondisi yang serba digital ini, sosial media sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Hampir setiap hari mereka mengakses sosial media untuk mengabadikan moment, membuat status atau hanya untuk mencari suatu informasi.

Akibatnya setiap hari data akan bertambah banyak dengan bentuk yang bervariasi. Mulai dari text, gambar, video, suara, dan sebagainya. Bervariasinya dan bertambahnya data seiring waktu itu biasa disebut big data.

Nah, salah satu cara untuk menganalisis data- data tersbeut dengan Query SQL. Query SQL banyak digunakan dan cocok untuk menganalisis data yang berbentuk tabel dan kolom. Yuk, langsung saja belajar mengenai Query SQL!

Apa itu Query SQL

Query adalah sebuah syntax atau aktivitas permintaan dan pengambilan informasi dari database.

Query mampu melakukan pengaturan data mana yang kamu butuhkan untuk ditampilkan.

Penggunaan query language atau bahasa query yang paling populer di kalangan Database Administrator adalah SQL.

SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language yang digunakan untuk melakukan perintah seperti “Select”, “Insert”, “Update”, “Delete”, “Create”, “Drop”, dsb dimana perintah-perintah tersebut dapat membantu kamu dalam melakukan manipulasi data pada database.

Contoh Penggunaan Query SQL

Sebelum menulis perintah Query SQL, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan manajemen basis data.

Beberapa contoh sistem manajemen basis data (Database Management System) yang sering digunakan diantaranya : Microsoft SQL Server, Oracle, Sybase, MySQL, Sequel Pro, dsb.

query sql

Mulailah tahapan menulis perintah Query SQL dengan mengunduh salah satu sistem manajemen database yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setelah itu, kamu bisa mengikuti beberapa panduan contoh Query SQL dengan menggunakan MySQL Database di bawah ini :

1. CREATE

Syntax atau perintah CREATE dapat digunakan jika kamu ingin membuat database, tabel, view, dan index. Selengkapnya sebagai berikut:

Membuat Database

Membuat Table

Membuat View

Membuat Index

2. SELECT

Perintah SELECT digunakan untuk mengambil dan menampilkan data tabel dari database.

Perintah ini merupakan salah satu command yang paling sering digunakan karena hampir setiap permintaan informasi dari database dimulai dengan query pemilihan atau query select.

Contoh penggunaan syntax SELECT :

Penggunaan umum

Mengambil data yang terdapat pada kolom tertentu

Menampilkan data keseluruhan pada sebuah tabel

3. INSERT

Kamu dapat menggunakan perintah insert untuk manipulasi data yang ada dalam sebuah tabel. Penggunaan syntax INSERT diantaranya :

Penggunaan umum

Menambah baris pada pada suatu kolom yang terdapat pada tabel

Menambah data lebih dari satu baris pada sebuah tabel

4. ALTER

Perintah ALTER dapat kamu gunakan untuk melakukan pengubahan atau pergantian tabel dalam database. Contoh penggunaan perintah ALTER sebagai berikut :

5. UPDATE

Jika kamu ingin melakukan perubahan isi sebuah data dari database, maka kamu dapat menggunakan perintah UPDATE. Penulisan syntaxnya sebagai berikut :

6. DROP

Syntax DROP digunakan untuk melakukan penghapusan data dalam database maupun menghapus tabel dalam database. Contoh penulisan syntax DROP yang dapat kamu terapkan:

Menghapus database

Menghapus tabel

7. DELETE

Kamu dapat menggunakan perintah DELETE untuk melakukan penghapusan suatu data dalam tabel tertentu. Penggunaannya sebagai berikut:

Query SQL Bagi Data Analyst

Jika kamu berencana ingin menjadi seorang Data Analyst, Query SQL menjadi salah satu syarat wajib yang harus dikuasai.

Hal ini berkaitan dengan pekerjaan Data Analyst yang selalu berhadapan dengan manajemen data dalam jumlah yang sangat besar dan bervariasi.

Seorang Data Analyst yang mahir dalam menggunakan programming tools and languages Query SQL akan dengan mudah mencari informasi tersembunyi dari big data.

Informasi yang diperoleh tersebut akan digunakan sebagai pedoman dalam pengambilan sebuah keputusan.

Apabila kamu tidak memahami Query SQL, bisa dipastikan akan kesulitan dalam mengerjakan tugas seorang Data Analyst dengan baik.

Sebab Query SQL sangat berguna dalam mengelola dan mengolah kumpulan data bervolume besar yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh Microsoft Excel.

Oleh karena itu, Query SQL menjadi skill pertama yang harus kamu pelajari jika ingin bekerja di bidang big data.

Baca Juga : Apa itu SQL? 9 Rekomendasi Situs Belajar SQL

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!