• Home
  • Berita
  • Apa itu SQL? 9 Rekomendasi Situs Belajar SQL

Apa itu SQL? 9 Rekomendasi Situs Belajar SQL

Oleh Ratna Patria
NAN/5 (11)

SQL adalah singkatan dari Structured Query Language bisa diartikan sebagai bahasa untuk mengakses data yang terstruktur dalam komputer sehingga bisa dilakukannya manajemen data. SQL ini diakui sebagai bahasa standar dan didukung hampir pada semua server database.

Karena SQL adalah sebuah bahasa, tentu saja untuk memahaminya lebih dalam kita harus mempelajari bahasa tersebut. Bagaimana cara kerjanya, penulisan bahasanya, dan apa saja yang bisa dilakukan oleh SQL ini.

SQL adalah
Sumber: Freepik

Untuk itu, di artikel kali ini akan dijelaskan beberapa tempat belajar SQL online yang bisa kamu kunjungi untuk meningkatkan pengetahuan dan memahami lebih dalam terkait dengan SQL.

W3Schools – “SQL Tutorial”

Sebagai salah satu website terbesar bagi para web developer, W3Schools menawarkan banyak pilihan pembelajaran dan referensi terkait dengan pengembangan web.

Mulai dari HTML, CSS, JavaScript, SQL, PHP, hingga JQuery. Tutorial online yang ditawarkan terkait SQL juga sangat membantu untuk memahami syntax dan hal penting lainnya seperti statements, keywords, dan juga functions.

Dengan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas serta dilengkapi dengan contoh dan praktek membuat belajar di W3Schools, khususnya belajar mengenai SQL adalah tempat yang tepat untuk kamu.

Codecademy – “Learn SQL”

Codecademy adalah platform online yang menawarkan berbagai macam kursus coding di berbagai pilihan bahasa pemrograman, seperti HTML, JavaScript, jQuery, PHP, Python, dan Ruby.

Sebagai tambahan, Codecademy juga menawarkan kelas tentang cara mengelola data dengan SQL. Untuk mendaftarnya kamu hanya butuh registrasi menggunakan alamat email, atau akun google/facebook.

Seperti pilihan kursus yang ada di Codecademy lainnya, Learn SQL adalah kursus yang bisa diakses secara gratis dan tentu saja pembahasannya interaktif.

Pembelajaran meliputi dasar-dasar penting terkait database, seperti: tables, queries, aggregate, functions, constructing, dan masih banyak lagi. Setelah menyelesaikan pembelajaran, kamu juga akan diberi kuis untuk mengasah materi yang sudah kamu pelajari.

LearnSQL.com

LearnSQL.com, yang dalam bahasa Indonesia berarti belajar SQL adalah platform online yang memang dikhususkan membahas mengenai SQL. Tentu saja ada banyak variasi kursus yang membahas tentang SQL.

Materi yang ada mulai dari level pemula hingga level lanjutan dan bisa dilakukan secara langsung melalui browser. Jadi tidak perlu install database atau menggunakan software tertentu.

Setiap kursus yang kamu ikuti akan ada latihan langsung, jami kamu bisa praktik apa yang sudah kamu pelajari saat itu juga. Kursus dimulai dengan penjelasan yang detail tentang teori pelajaran, kemudian kamu akan diberi tugas yang harus diselesaikan.

Akan ada pemecahan kasus setiap kali kamu menemukan kendala saat praktek. Dan apabila kamu selesai praktek akan ada ujian akhir untuk menguji pengetahuan kamu mengenai materi yang sudah kamu dapat.

Khan Academy – “Intro to SQL”

Khan Academy menawarkan pengalaman pembelajaran seperti menonton Youtube. Ada banyak kursus di sini yang dikemas dalam bentuk visual audio yang menarik.

Dan tentu saja ada banyak variasi kursus yang bisa kamu pilih untuk dipelajari lebih lanjut. Diantara sekian banyaknya kursus yang ada di Khan Academy, kamu bisa mencari kursus gratis dengan judul “Intro to SQL: Querying and Managing Data”.

Selain sebagai platform populer saat ini, belajar di Khan Academy mengenai SQL adalah pilihan yang cukup baik.

SQL adalah
Sumber: Freepik

SQLZoo

Selanjutnya adalah tempat belajar SQL adalah SQLZoo yang menyediakan secara gratis dan interaktif. SQLZoo sendiri dikembangkan oleh Edinburgh Napier University.

Kursus tentang SQL juga cukup lengkap mengenai jenis database, seperti MySQL, PostgreSQL, Oracle, dan SQL Server. Dan di website ini ada tiga bagian: Tutorial, Tugas, dan Sumber referensi.

Kelebihan lain dari belajar di SQLZoo mengenai SQL adalah, kamu bisa belajar tanpa perlu melakukan pendaftaran.

Tutorialspoint – “Learn SQL”

Sebagai website yang mengaku sebagai web terbesar yang mempunyai banyak tutorial, Tutorialspoint bisa menjadi alternatif lain untuk kamu yang ingin belajar lebih dalam tentang SQL.

Ada banyak pilihan bidang SQL yang bisa dipelajari, mulai dari computer engineering, teknologi informasi, bahasa pemrograman, dan management. Bahkan termasuk SQL, MySQL, PostgreSQL, SQLite, BD2, PL/SQL, dan masih banyak lagi.

Tutorialspoint menyediakan pembelajaran mulai dari dasar-dasar SQL. Seperti SQL adalah, fundamental SQL, dan utamanya functions yang paling sering digunakan.

Selain mudah dipahami, Tutorialspoint juga memberikan contoh, tetapi sayangnya tidak bisa belajar interaktif. Meskipun begitu, kamu bisa belajar melalui Tutorialspoint secara online dengan mengunduh tutorialnya dalam format PDF.

SQL Problems and Solutions

SQL Problems and Solutions adalah textbook interaktif yang memvisualisasikan table dan menyelesaikan queries dengan database yang simpel.

Tutorialnya berisi penjelasan tentang konsep dasar dan struktur dari SQL dan menyediakan banyak contoh dan berbagai level pemahaman.

Ketahui, paket hosting dengan 3 replikasi data

Essential SQL

Essential SQL adalah tempat terbaik yang dibuat oleh Kris Wenzel untuk belajar fundamental dari SQL dan konsep database. Kursus yang ada berdasarkan dengan Microsoft SQL Server yang akan memandu pemula mengenal lebih dalam tentang database engine.

Semua tutorial menggunakan tools dan software gratis, dan mengajarkan kamu mulai dari proses setup, penjelasan yang rinci untuk mengunduh dan mengaktifkan contoh database, dan banyak lagi.

Kamu akan tahu bagaimana caranya membuat query yang simpel dan pendek, mengenal lebih dalam tentang fungsi server SQL, belajar menormalkan database, dan lain sebagainya. Pokoknya cukup lengkap untuk kamu yang ingin belajar dasar-dasar SQL di Essential SQL ini.

Udemy

Sebagai salah satu website yang menyediakan banyak kursus, Udemy juga tidak ketinggalan untuk menawarkan tutorial belajar SQL. Tidak hanya yang berbayar, Udemy juga menyediakan kursus yang benar-benar gratis dan bisa digunakan siapa saja bagi yang ingin serius belajar.

Ada banyak kursus database dan SQL yang disediakan terutama yang berkaitan dengan database engines, termasuk MySQL, Oracle, dan MS SQL Server. Tidak hanya untuk tingkat lanjut, Udemy juga menyediakan kursus untuk pemula yang sebelumnya tidak begitu familiar dengan SQL.

SQL adalah
Sumber: Freepik

Belajar Lebih Banyak Tentang Database

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan database yang ada di komputer. Dan saat ini banyak website yang menggunakan SQL untuk mengatur database pada servernya.

Dengan mempelajari SQL, kamu akan belajar lebih banyak tentang database itu sendiri. Belajar membuat, mengelola, mengedit, menghapus, dan mengendalikan fungsi lainnya yang berguna untuk membuat efisiensi pekerjaan.

Ketahui, SQL bisa dikirim dengan email hosting DomaiNesia

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds