• Home
  • Berita
  • Mengenal Aplikasi Backup Website: Simpan, Lindungi, Amankan

Mengenal Aplikasi Backup Website: Simpan, Lindungi, Amankan

Oleh Adisty C. Putri
No ratings yet.

Buat kamu yang sering menggunakan website sebagai bisnis, halaman perusahaan, membagi informasi, atau bahkan mencurahkan isi hati, pasti pernah merasakan “perubahanku tadi tersimpan beneran nggak ya?” atau “kalau aku pindah layanan hosting data-dataku sebelumnya hilang nggak ya?”

Nah, Hal tersebut bisa teratasi jika kamu melakukan backup secara rutin menggunakan aplikasi khusus backup website. Sudah pernah mendengar tentang backup website kamu? Kalau belum yuk simak penjelasannya dan kenali fungsi backup website kamu!

aplikasi backup website
Sumber: Envato

Apa itu Aplikasi Backup Website?

Kita akan mulai dari kata “Backup”, Backup disini berarti mencadangkan atau memiliki cadangan data, saat ini Backup menjadi solusi pencegahan data hilang dari sebuah perangkat yang mungkin tidak bisa kita prediksi kapan akan rusak ataupun terjadi hal yang tidak diinginkan.

Aplikasi Backup Website adalah sebuah software yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data-data yang ada di website kita ke cloud-storage atau penyimpanan awan. Fungsi utamanya yaitu backup data website yang sudah kamu buat, dengan adanya software ini maka tidak perlu khawatir data website kamu akan hilang. Dalam backup data website, terdapat 2 jenis backup yaitu otomatis dan manual, yuk kita bahas!

1. Backup Data Website Manual

Pada backup data website secara manual dapat dilakukan sesuai keinginan kapan kamu ingin mencadangkan data pada website. Tidak ada waktu tertentu yang mengharuskan kamu melakukan pencadangan. Semua dapat disesuaikan antara pencadangan data dan kegiatan kamu. Namun metode ini memiliki kekurangan, karena semua ada di kendalimu, maka dapat terjadi human-error seperti lupa, ataupun tidak sempat dan sebagainya, yang menyebabkan pencadangan tidak terjadi secara rutin atau terjadwal. 

2. Backup Data Website Otomatis

Berbeda dengan manual, backup data website secara otomatis dilakukan dengan cara menjadwalkan waktu khusus yang ditetapkan untuk pencadangan. Umumnya, setiap hari akan ada jam tertentu yang dijadikan waktu pencadangan jadi kamu nggak akan lagi kelupaan untuk mencadangkan data-data di website kamu.

Namun, lagi-lagi metode ini juga memiliki kekurangan. Jika waktu yang sedang kamu jadwalkan ternyata terdapat kebutuhan tidak terduga yang membuat kamu harus mengakses data-data kamu, kamu tidak bisa mengubah waktunya secara mendadak atau membatalkan secara tiba-tiba. Kamu harus menunggu hingga pencadangan selesai dilakukan. 

Baca juga: Panduan Backup Otomatis di Softaculous

Apa Fungsi Backup Website?

Terdapat beberapa fungsi backup website yang dapat memudahkan kehidupan para blogger untuk menyimpan atau mencadangkan data-data dari website mereka. Berikut merupakan fungsi backup website yang dapat kamu rasakan

  1. Dapat menyimpan data website kamu dengan kapasitas yang besar
  2. Menghindari kehilangan data
  3. Dapat mengakses data dari manapun dan kapanpun
  4. Terhindar dari malware/virus 
  5. Menghindari adanya masalah jika terjadi pembaharuan pada website
  6. Meningkatkan produktivitas pada website kamu

Dan masih banyak lagi manfaat yang kamu rasakan dari melakukan backup data website. Fungsi backup website utama yang paling akan kamu rasakan yaitu rasa tenang karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada data kamu di sebuah website, kamu selalu punya cadangannya.

Rekomendasi Aplikasi Backup Website Terbaik

Terdapat beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan backup website. Selain itu, layanan hosting yang digunakan juga seringkali menyediakan fitur backup data. Sebagai contoh, di DomaiNesia, pengguna bisa menggunakan cPanel untuk mencadangkan data website mereka. Kamu dapat menemukan panduan backup website di sini. Selain itu, jika mencari aplikasi backup yang terpisah dari layanan hosting, kami punya rekomendasi terbaik yang bisa kamu simak!

1. SimpleBackups

SimpleBackups merupakan salah satu penyedia layanan backup database yang memungkinkan kamu untuk menjalankan operasi backup secara rutin dan berkala dengan otomatis, sehingga kamu dapat mengoptimalkan waktu dan tenaga karena tidak perlu melakukan kegiatan backup setiap hari secara manual.

2. Acronis Cyber Protect

Acronis Cyber Protect adalah sebuah platform backup yang menyediakan solusi lengkap untuk melindungi data secara komprehensif. Produk ini menawarkan beberapa fitur seperti Backup Sistem Operasi, Backup file dan folder, Backup Server dan Aplikasi dan Backup Cloud dan Virtual.

3. Alibaba Cloud Database Backup

Alibaba Cloud Database Backup adalah layanan pencadangan yang disediakan oleh Alibaba Cloud untuk melindungi dan mencadangkan database. Dengan harga yang fleksibel mengikuti kebutuhan dari konsumen, Alibaba juga memiliki antarmuka yang interaktif.

4. iDrive

IDrive adalah salah satu layanan backup online yang menyediakan solusi lengkap untuk melindungi dan mencadangkan data. Kelebihan yang dimiliki iDrive adalah memiliki kecepatan backup yang baik dan keandalan layanan yang sangat prima.

5. Azure Backup

Azure Backup adalah sebuah layanan pencadangan awan yang disediakan oleh Microsoft Azure. Layanan ini menawarkan solusi lengkap untuk melindungi dan mencadangkan data secara aman. Azure Backup juga menawarkan skalabilitas bisnis yang beraneka ragam sesuai kebutuhan kamu.

aplikasi backup website
Sumber: Envato

Baca juga: Cara Backup Harian dengan Cronjob

Tips Memilih Aplikasi Backup Website Terbaik

Seringkali mempertimbangkan beberapa hal akan tidak mudah jika tidak memiliki kesamaan satu sama lain atau bisa dibilang tidak apple to apple. Maka, sangat penting untuk kamu tahu apa fitur-fitur yang perlu kamu perhatikan dalam memilih aplikasi backup website yang cocok untuk kamu, kita akan bahas satu per satu secara detail

1. Kemudahan Penggunaan

Pertama, kamu harus perhatikan aplikasi sesuai dengan kemampuan kamu dalam mengoperasikan suatu aplikasi atau software. Salah satu yang paling mudah terlihat yaitu antarmuka pengguna yang mudah dimengerti, perhatikan antarmuka pengguna yang akan kamu gunakan nantinya sebagai aplikasi backup website apakah kamu merasa bingung saat memakainya atau merasa sangat familiar hingga tidak perlu lagi adanya penyesuaian serta waktu belajar yang cukup lama.

2. Kapasitas Penyimpanan

Kedua, kapasitas penyimpanan dari aplikasi backup website juga harus dipertimbangkan. Apakah paket tersebut akan sesuai dengan data yang ada pada website kamu? Kamu bisa mengetahui hal tersebut dari pemakaian sebelumnya dan memperkirakan hal-hal kedepannya yang dapat berpengaruh terhadap penyimpanan data website kamu. Selain itu, jika kamu masih ragu-ragu periksa apakah ada opsi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan sesuai dengan pertumbuhan data di masa depan. Jadi pastikan penyimpanan yang kamu pilih tepat dan tidak sia-sia ya!

3. Keamanan Data

Ketiga, kamu juga harus pastikan aplikasi backup website yang akan dipilih memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan tidak terdapat track record atau histori terkait masalah keamanan data. Hal ini sangat penting untuk melindungi data-data kamu dari pembocoran data hingga terdapat orang yang tidak bertanggung jawab mendapatkannya. 

4. Harga

Keempat, harga dari aplikasi backup website yang akan kamu pilih harus sesuai budget yang telah kamu siapkan, jangan tergiur penawaran yang sekiranya kamu belum butuh untuk diterapkan di website kamu. Rencanakan perkembangan website kamu kedepannya agar kebutuhan dapat lebih jelas, tidak ada fitur yang kurang ataupun sia sia. Kerucutkan pilihan kamu dan bandingkan harga dan fitur yang dimiliki masing-masing aplikasi agar kamu bisa mendapatkan harga paling worth it

5. Skalabilitas

Kelima, kamu harus memperhatikan skala website kamu, karena skala dapat berhubungan dengan fitur-fitur penting bahkan hingga harga lho! Terkadang terdapat perbedaan layanan antara website dengan skala menengah kebawah dan yang menengah keatas, hal ini terjadi karena website dengan skala yang besar memiliki data yang lebih kompleks serta membutuhkan fitur-fitur yang lebih lengkap daripada layanan yang standar dan tentu saja harga juga akan berbanding lurus dengan skala yang semakin besar.

6. Kemampuan Berkolaborasi atau Integrasi

Keenam, dalam mencadangkan data website, pastikan layanan dari aplikasi backup website yang akan kamu pilih dapat terintegrasi dengan hosting website kamu. Jika menggunakan wordpress, pastikan aplikasi backup website telah mendukung pencadangan data melalui wordpress dan sebagainya menyesuaikan layanan hosting yang kamu pilih, ingat! Periksa dengan seksama sebelum berlangganan aplikasi backup website agar fungsi – fungsi backup website dapat berjalan secara efektif serta efisien.

7. Layanan Pelanggan

Ketujuh, layanan pelanggan merupakan faktor yang harus dipertimbangkan juga, agar jika terdapat kendala kamu tidak perlu galau untuk mengatasinya. Baca ulasan yang pernah ada pada aplikasi backup website tersebut, dan perhatikan kecepatan serta ketepatan layanan pelanggan. Pastikan layanan pelanggan dapat membantu apapun masalah yang kamu hadapi dalam proses backup data website.

8. Kemampuan dalam Pemulihan Data

The last but not least, periksa juga kemampuan aplikasi dalam pemulihan data. Apakah dapat mengembalikan data secara cepat? Serta periksa ketentuan dalam pengembalian atau pemulihan data, apakah terdapat ketentuan terkait tabel tertentu, data tertentu, atau bahkan ada harga tersendiri dalam pemulihan data website. Kamu harus memeriksa dengan seksama ya!

Jika ke 8 poin diatas sudah kamu periksa, dan sesuai dengan kebutuhan serta keadaan kamu saat ini, maka, tunggu apa lagi? Segera cadangkan data website kamu. Ikuti panduan di bawah ini untuk mengetahui langkah awal apa yang harus kamu ambil.

Lalu, Mulai dari Mana?

Setelah memahami pengertian, fungsi, hingga hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam melakukan backup data website, selanjutnya waktunya untuk mengerti kebutuhan dari website yang telah kamu bangun. Jika kamu masih dalam perencanaan membangun sebuah website untuk bisnis, kepentingan pribadi, atau berencana melakukan migrasi, kamu bisa memulai dengan memilih layanan hosting murah DomaiNesia yang memiliki harga termurah untuk memperkenalkan website kamu ke seluruh dunia.

aplikasi backup website
Sumber: Envato

Tentu saja, kami siap menuntun kamu untuk melakukan backup data website yang bisa dibaca pada panduan backup website untuk menghindari data-data penting yang ada pada website kamu. Jika berencana untuk membangun website dengan tujuan menyebarluaskan bisnis kamu, jangan lupa untuk berlangganan email hosting DomaiNesia agar meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk kamu. 

Beli Email Hosting

Backup Data Website Kamu Sekarang!

Jadi, sudah yakin buat backup data website kamu? Pilih aplikasi sesuai kebutuhan pemakaian data pada website kamu. Pastikan ukuran penyimpanan yang ingin kamu pilih tidak kurang atau terbuang sia-sia karena memilih ukuran yang terlalu banyak. Perhatikan pemakaian, traffic, serta data yang digunakan pada website kamu sebelumnya untuk mengetahui ukuran penyimpanan mana yang pas untuk kamu.

Adisty C. Putri


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds