• Home
  • Berita
  • Platform Digital adalah: Pahami Jenis-Jenis Platform Digital!

Platform Digital adalah: Pahami Jenis-Jenis Platform Digital!

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Pada dunia digital saat ini, seluruh aktivitas manusia selalu dikaitkan dengan teknologi. Mulai dari bersosialisasi, berbagi informasi, hingga melakukan promosi. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat dilakukan melalui sebuah platform digital yang bisa diakses dari berbagai macam perangkat. Pernah mendengar apa itu platform digital? Sehari-hari tanpa sadar kita menggunakan platform digital untuk menyebarkan banyak informasi di dalamnya, namun kebanyakan orang hanya menggunakan tanpa memahami apa makna dari platform digital ini. Mari kita bahas tuntas!

Platform Digital adalah

Apa itu platform digital? Platform digital adalah sebuah sistem atau infrastruktur yang berfungsi untuk menjadi sarana dalam mempertemukan individu, kelompok hingga organisasi secara online melalui internet atau jaringan komputer. Platform digital sangat berperan penting dalam era digital saat ini.

Platform digital adalah
Sumber: Envato

Seiring berjalannya waktu, sata ini bentuk dari platform digital ini bisa berbagai macam, seperti situs web, aplikasi pada smartphone, atau sistem pada komputer. Saat ini, masyarakat dari berbagai sektor sangat melekat pada platform digital, mereka memanfaatkannya pada bidang pendidikan, pemasaran, dan sebagainya. Platform digital ini sangat berdampak pada hal sekecil apapun, karena semua masyarakat memusatkan perhatiannya ke beberapa platform digital yang dimilikinya. 

Dengan adanya platform digital ini, membuat segala informasi lebih cepat sampai ke berbagai individu dengan hitungan detik. Pada bidang bisnis, pelaku usaha memanfaatkan platform digital sebagai wadah mereka menyebarkan bisnis kepada konsumen dengan skala yang lebih luas untuk meningkatkan promosi dan keuntungan dari bisnis.

Platform digital adalah tempat dimana penjual dan konsumen bisa bertemu untuk melakukan transaksi jual beli, dan sesama konsumen juga dapat melakukan ulasan ataupun berdiskusi tentang sebuah produk yang bisa meningkatkan brand awareness pada sebuah produk. Platform digital adalah sebuah platform yang juga memiliki karakteristik khusus. Dengan ciri khas nya berada di era digital menggunakan internet, platform digital memiliki beberapa karakteristik lain yaitu:

  1. Scalability: Platform digital adalah salah satu wadah yang digunakan untuk menjangkau lebih banyak individu dengan jarak yang tidak terbatas. 
  2. Relation: Platform digital adalah salah satu jembatan dalam membangun relasi dari individu yang sebelumnya tidak mengenal satu sama lain, menjadi dapat berkomunikasi. Hingga penjual dan konsumen yang dapat membangun relasi saat melakukan transaksi.
  3. Flexibility: Platform digital menawarkan fleksibilitas dalam penggunaannya, pengguna dapat bebas untuk memanfaatkan platform digital di bawah aturan-aturan yang sudah ditetapkan sebelumnya. 
  4. Security: Platform digital adalah wadah yang dapat diakses oleh seluruh orang di dunia, maka dari itu keamanan dari sebuah platform digital menjadi concern utama, adanya pelanggaran privasi, dan terdapat pengamanan data pribadi di dalamnya.
  5. Pattern Analysis: Dengan teknologi saat ini, platform digital adalah wadah yang  memanfaatkan pola-pola yang ada pada data pengguna yang masuk pada platform tersebut, agar pengguna mendapatkan selera yang tepat dari data-data pencarian kebutuhan pengguna sebelumnya.

Dari pengertian dan karakteristik platform digital teratas, ternyata platform digital tidak hanya memiliki satu jenis, melainkan banyak jenis yang dikategorikan sesuai dengan bidang penggunanya, jadi apa saja jenis platform digital? Mari kita bahas di bawah ini!

Baca juga: 10+ Rekomendasi Platform Terbaik Untuk Membuat Blog Gratis

Platform digital adalah
Sumber: Envato

Jenis Platform Digital

Berdasarkan bidang dan fungsinya, terdapat berbagai jenis platform digital. Platform digital adalah suatu hal yang dinamis dan dapat bertambah dalam suatu waktu. Namun berikut rangkuman dari berbagai jenis platform digital berdasarkan bidang serta fungsinya.

1. Platform Sosial Media

Jenis platform digital yang pertama merupakan platform yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat. Platform sosial media ini berisikan informasi-informasi pribadi, opini, topik terhangat yang diunggah oleh  seseorang yang disebarluaskan dan memiliki fungsi untuk berkomunikasi antar individu agar membangun relasi yang bermanfaat. 

Sudah tidak diragukan lagi ketenarannya, berikut contoh platform digital dari sosial media adalah Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya, cukup familiar bukan? Platform ini sangat tenar karena banyaknya pengguna yang selalu aktif dalam memberikan informasi-informasi setiap harinya.

2. Platform E-Commerce

Jenis platform digital yang kedua yaitu platform E-Commerce, platform ini memiliki fungsi untuk mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu platform. Memiliki tujuan untuk bertransaksi, dengan platform E-Commerce ini membuat skalabilitas dari sebuah bisnis dapat lebih luas serta promosi yang lebih beragam lagi. Untuk platform E-Commerce, bisa berbentuk website yang dibuka di berbagai perangkat, dan ada pula yang berbentuk aplikasi mobile.

Jika kamu ingin mencoba membuat website e-commerce, kamu bisa menggunakan layanan hosting DomaiNesia dengan mengikuti cara membuat website e-commerce yang tepat. Contoh platform digital pada E-commerce adalah seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan sebagainya. Sangat banyak platform-platform digital baru di bidang ini yang sedang bersaing sangat ketat. 

3. Platform Dompet Digital

Jenis platform digital yang ketiga adalah platform dompet digital. Bagi orang Indonesia, platform ini tergolong cukup baru. Selain di bank, masyarakat juga bisa menyimpan uang di dompet digital yang dimiliki oleh beberapa startup yang sedang berkembang. Dengan cara kerja seperti bank, membuat pengguna tidak memerlukan banyak waktu untuk beradaptasi. Platform dompet digital biasanya digunakan untuk membayar sesuatu benda ataupun jasa tanpa menggunakan mata uang fisik.

Platform digital adalah
Sumber: Envato

Biasanya platform dompet digital berbentuk aplikasi mobile saja, contoh platform digital pada bidang ini adalah Dana, Ovo, Go-Pay dan sebagainya. Pada contoh platform digital pada bidang dompet digital biasanya memiliki berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Dompet digital ini sudah mulai digunakan secara merata di kota-kota besar di Indonesia, agar mempermudah transaksi yang akan dilakukan. 

4. Platform Pendidikan Digital

Selanjutnya, jenis platform digital adalah platform pendidikan digital. Platform pendidikan digital disini juga belum lama menjajah teknologi yang ada di Indonesia. Platform pendidikan digital adalah platform yang menyediakan edukasi, sistem pendidikan yang digitalisasi dan dapat diakses melalui internet. Pada platform ini, biasanya akan mempertemukan para siswa dan pengajar untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar lebih efektif. Platform ini bisa ditemukan melalui website, dan aplikasi mobile. 

Contoh platform digital pada bidang pendidikan adalah Udemy, Coursera, RuangGuru, Zenius dan sebagainya. Terutama saat pandemi melanda, platform digital ini sangat laris manis di kalangan pelajar. Dengan fleksibilitas perangkat yang digunakan, membuat platform digital ini lebih mudah diakses atau dijangkau oleh para pelajar.

5. Platform Transportasi Digital

Kelima, salah satu jenis platform digital adalah platform penyedia transportasi online, platform digital ini adalah salah satu platform yang digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Pada platform ini, akan mempertemukan driver yang memiliki mobil/motor dengan pelanggan. Pada platform digital ini, biasanya hanya tersedia dalam bentuk aplikasi mobile saja karena dikhususkan untuk orang-orang yang memiliki mobilitas yang tinggi dan membutuhkan transportasi yang cepat. 

Contoh platform digital pada bidang ini adalah gojek, grab, maxim, dan sebagainya. Dengan kecepatan sebuah informasi dapat sampai di perangkat masing-masing, kamu bisa kapan saja memesan kendaraan untuk mendukung kegiatan kamu setiap hari.

Sesuai penjelasan diatas, platform digital adalah peningkatan dari sebuah sistem yang menggunakan internet untuk mendapatkan skalabilitas yang tinggi. Tentu saja, seiring berjalannya waktu platform digital akan terus berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat.

Platform digital adalah
Sumber: Envato

Baca juga: Github Adalah Platform Utama Para Programmer Untuk Berkolaborasi

Manfaat Platform Digital

Platform digital adalah digitalisasi yang sangat mengubah hidup para masyarakat saat ini, proses adaptasi yang tidak membutuhkan waktu yang lama membuat sebuah platform digital selalu ramai akan pengguna baru setiap harinya. Begitu banyak manfaat yang dapat dirasakan melalui platform digital ini. Manfaat utama yang dirasakan yaitu platform digital dapat mempercepat sebuah informasi sampai kepada setiap pengguna lainnya. Selain manfaat utama, berikut merupakan manfaat-manfaat lain yang dapat dirasakan dari platform digital

1. Meningkatkan skala konsumen pada bisnis kamu!

Dalam bidang bisnis, platform digital adalah penyelamat dalam memperluas pasar untuk mempromosikan produk kamu. Hal ini sangat membantu UMKM daerah yang sebelumnya sedikit diketahui orang dan memiliki pasar pada daerah tersebut saja, saat ini dengan platform digital menjadikan produk dari UMKM dikenal oleh seluruh masyarakat di Indonesia dan hal tersebut dapat membantu perekonomian yang ada di Indonesia

2. Mempercepat pembagian informasi

Dahulu informasi hanya dapat dilihat melalui media cetak, televisi, radio dan sebagainya. Kini, dengan adanya platform digital berita yang baru saja terjadi di negara atau kota lain dapat kita ketahui langsung di waktu tersebut. Percepatan pembagian informasi ini pada awalnya menjadi hal positif yang sangat membantu masyarakat, namun seiring berjalannya waktu, percepatan ini disalahgunakan untuk menyebarkan berita-berita hoax yang dapat merugikan beberapa pihak, jadi kamu harus lebih bijak dalam menggunakan platform digital yaa!

3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan

Tentu saja, dengan adanya platform digital dapat mempercepat sebuah pekerjaan selesai. Jadi dalam pekerjaan akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas agar pekerjaan dapat lebih cepat selesai dengan sumber daya yang tidak terlalu banyak digunakan. 

4. Memiliki peran penting dalam dunia pendidikan

Platform digital adalah penjembatan dari sebuah ilmu sampai ke tangan-tangan para siswa. Dengan adanya platform digital ini, siswa dapat mengakses banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang dapat menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Para siswa dapat meningkatkan skill, ilmu pengetahuan dengan lebih mudah karena dapat diakses melalui berbagai perangkat.

5. Mempermudah mobilitas

Selanjutnya, platform digital muncul pada bidang transportasi yang dapat memudahkan seseorang berpindah dari suatu tempat ke tempat lain. Di kota-kota besar terkadang waktu berjalan dengan cepat, banyak yang lebih memilih menggunakan kendaraan online untuk mempercepat perpindahan tempat yang telah direncanakan. Seiring berjalannya waktu platform digital pada bidang transportasi juga telah menjamur di berbagai kota-kota kecil untuk memudahkan transportasi dan juga mendukung pariwisata yang ada pada kota tersebut.

Platform digital adalah
Sumber: Envato

Beli Cloud VPS

Platform Digital Ada di Semua Aspek Kehidupan

Bagaimana? Sudah paham apa itu platform digital? Platform digital adalah suatu wadah yang akan terus berkembang setiap harinya. Dengan sumber daya manusia Indonesia saat ini yang sudah banyak menggeluti bidang IT, membuat setiap harinya terdapat teknologi baru termasuk dari platform digital ini.

Hingga saat ini kita tidak dapat lepas dari adanya platform digital karena sudah hampir menguasai segala aspek pada kehidupan manusia. Pada zaman ini, kita harus menerapkan sifat adaptif pada sebuah teknologi yang baru, namun tetap harus bijak dalam menggunakannya ya! Jangan sampai teknologi baru menjadi hal yang dapat merugikan kamu, jadi manfaatkan dengan sebaik mungkin.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds