• Home
  • Tips
  • Cari Tahu Tips dan 12 Usaha yang Menjanjikan yang Bisa Kamu Coba!

Cari Tahu Tips dan 12 Usaha yang Menjanjikan yang Bisa Kamu Coba!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dalam memilih sebuah bisnis atau usaha, kamu harus memperhatikan peluang usaha yang menjanjikan pada saat itu. Terlebih lagi, masa pandemi yang membuat banyak orang harus memutar otak untuk membaca peluang bisnis yang akan dijalani nantinya.

Banyak orang yang memutuskan untuk memilih membuka bisnis baru baik sebagai pekerjaan sampingan atau utama. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis baru, kamu bisa menyimak beberapa pilihan usaha yang menjanjikan pada artikel kali ini.

Dari beberapa usaha yang menjanjikan ini bisa kamu jadikan pilihan. Penasaran apa saja usahanya? Simak hingga akhir untuk mengetahui jawabannya.

Namun sebelum itu ada baiknya untuk mengetahui tips untuk memulai menerapkan peluang usaha yang menjanjikan untuk kamu dengan cara yang tepat. Berikut penjelasannya.

Bagaimana Tips Memulai Bisnis yang Tepat?

Untuk memulai bisnis maka kamu harus mempertimbangkan banyak hal dan harus dipikirkan matang-matang.

Jika bisnis atau usahamu tidak dipikirkan secara matang, bisa jadi kamu akan menemui kegagalan hingga kerugian yang bisa menimpa kamu.

Tidak ingin kan hal tersebut terjadi ke kamu. Untuk menghindarinya, DomaiNesia akan memberikan tips untuk memulai bisnis yang tepat.

Sesuaikan dengan passion

Bisnis yang dimulai karena passion bisa berdampak positif karena membuat kamu tidak gampang menyerah.

Hal tersebut bisa terjadi karena kamu mencintai bisnis atau usaha yang kamu bangun apabila sesuai dengan passion.

Banyak loh pelaku bisnis yang sukses karena menjalankan usaha sesuai dengan passionnya. Misalnya saja bisnis traveling, membuat makanan ringan, camping, dan banyak yang lain.

usaha yang menjanjikan
Sumber : envato

Kenali pesaing dan pasar yang dituju

Selain dibutuhkan fokus dalam menjalankan bisnis, pesaing dan juga target pasar juga wajib kamu kenali juga ya DomaiNesia! Mengenali siapa yang akan kamu targetkan dalam berbisnis dan juga siapa saja pesaing yang akan kamu hadapi nantinya.

Tahukah kamu jika terlalu banyak pesaing dalam suatu bidang usaha justru akan berdampak kurang baik? Yups, sebab jika terlalu banyak pesaing maka akan berlomba-lomba dalam menyajikan produk dan juga masalah harga. Sehingga kamu tidak bisa memasang harga yang tinggi apabila bisnismu baru berjalan.

Pasarkan secara digital

Rasanya untuk mengenalkan dan memasarkan bisnis secara digital saat ini wajib hukumnya. Hal tersebut dikenal dengan istilah go online.

Hampir semua pemilik usaha bersaing untuk memperkenalkan bisnisnya ke dunia melalui internet seperti sosial media dan juga iklan digital. Sebab semua orang saat ini menggunakan internet yang mana membuka peluang bisnis kamu untuk lebih dikenal banyak orang.

Rekomendasi 12 Usaha yang Menjanjikan

Kali ini DomaiNesia akan memberikan beberapa rekomendasi usaha yang menjanjikan, dilihat dari segi modal yang dikeluarkan, tipe bisnisnya, dan jenis pemasaran bisnis. Tertarik untuk mengetahuinya? Berikut beberapa rekomendasi usaha yang menjanjikan, bahkan cocok untuk pemula juga.

Affiliate marketing

Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah usaha untuk melakukan pemasaran produk dengan melakukan promosi.

Jadi kamu bisa mempromosikan sebuah produk menggunakan kode referral milikmu, lalu kamu akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk yang kamu tawarkan tadi.

Affiliate marketing menjadi bisnis yang menjanjikan saat ini karena kamu bisa mendapatkan komisi hanya dengan menawarkan produk, bahkan bisa dilakukan tanpa modal.

Seperti halnya program afiliasi DomaiNesia juga bisa kamu pilih sebagai bisnis yang menjanjikan. Kamu akan mendapatkan komisi hingga 40% loh. Tertarik untuk ikut program afiliasi DomaiNesia?

Baca Juga : Panduan Mengaktifkan Akun Afiliasi DomaiNesia

Katering makanan sehat

Saat ini sudah banyak orang yang peduli akan kesehatan dan menginginkan badan yang lebih sehat serta ideal.

Maka dari itu, ide usaha sampingan yang satu ini bisa kamu coba dan bahkan bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Memang usaha dalam bidang makanan memiliki persaingan yang sangat ketat, namun tidak dengan bisnis makanan sehat ini.

Ambil satu contoh katering makanan sehat yang sedang populer dan sudah dikonsumsi oleh banyak influencer dan artis yaitu Yellow Fit Kitchen.

Yellow Fit bahkan sudah menggandeng banyak influencer ternama untuk menggaet lebih banyak pelanggan lagi. Bahkan menurut salah satu sumber,

Yellow Fit Kitchen sudah berhasil meraih omset hingga 5,4 miliar per bulannya. Wow ternyata katering makanan sehat ini merupakan usaha yang menjanjikan ya!

Barang untuk dekorasi rumah

Siapa yang tidak tertarik dengan mendekorasi rumah atau ruangan sesuai dengan keinginan? Pasti semua orang juga memiliki rumah impian dengan dekorasi rumah yang cantik.

Peluang menjual barang dekorasi rumah ini semakin terbuka lebar semenjak masa pandemi. Bagaimana tidak, semua orang yang diharuskan berada di dalam rumah saja dan untuk menyiasati hal tersebut, banyak orang yang mencari kegiatan di dalam rumah saja.

Salah satunya mendekorasi rumah dan juga ruangan di dalamnya. Maka dari itu, kamu bisa memilih salah satu usaha yang menjanjikan yaitu menjual barang untuk dekorasi.

Seperti menjual wall decor, sprei estetik, gorden, dan masih banyak lagi. Kamu menjadi salah satu orang yang gemar mendekorasi ruangan? 

Minuman herbal

Sama halnya dengan katering makanan diet, menjual minuman herbal saat ini juga menjadi usaha yang menjanjikan. Kesadaran akan kesehatan dan banyaknya permasalahan kesehatan yang bisa dituntaskan dengan minuman herbal, menjadikan bisnis ini naik daun dan banyak dicari.

Pernah mendengar produk minuman herbal Ramuan Cinta by Muti? Berawal dari pengidap sakit maag akut yang kemudian membuat produk minuman herbal yang bisa menyembuhkan maag yang diidap.

Selain maag, minuman herbal ini terkenal bisa dijadikan sebagai minuman dalam program hamil. Meskipun hanya terdengar sebagai bisnis minuman herbal namun jangan meremehkan usaha yang menjanjikan ini karena omset yang diraup hingga puluhan juta rupiah.

Memasarkan secara offline dan online yang menjadikan produk minuman herbal tersebut semakin dikenal banyak orang. Sudah pernah mencoba minuman herbal satu ini? 

Membuka toko secara online

Dunia teknologi yang semakin maju dan berkembang, menuntut segala kegiatan juga bisa dilakukan secara online, terutama kegiatan jual beli.

Untuk membuka toko online, kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok, dan Twitter. Selain itu marketplace seperti Tokopedia dan juga Shopee bisa menjadi wadah kamu untuk membuka toko online.

Sumber : envato

Bisnis yang menjanjikan ini bisa kamu coba karena peluang sangat terbuka lebar kepada siapapun yang mau berjuang dan pantang menyerah.

Ragam produk bisa kamu tawarkan mulai dari pakaian, alat masak, barang elektronik, mainan, makanan, dan masih banyak lagi.

Bahkan pada tahun 2018, usaha toko online memiliki potensi transaksi hingga Rp 77 triliun loh DomaiNesia! Tertarik mencoba membuka toko online sendiri? 

Menjadi Makeup Artist

Memang untuk menjadi makeup artist atau MUA membutuhkan modal dengan kisaran 10 – 20 juta dan disesuaikan dengan seberapa besar bisnis ini akan kamu bangun. Namun, tenang saja karena kamu bisa balik modal dalam hitungan bulan saja loh DomaiNesia!

Peluang bisnis ini cocok untuk kamu yang hobi dan tertarik untuk menggeluti dunia makeup. Sebut saja MUA ternama di Indonesia yaitu Anpasuha yang sudah menjadi langganan artis hingga diva Indonesia.

Dengan tarif 19 juta rupiah untuk satu kali makeup saja. Wah sangat fantastis ya! Usaha yang menjanjikan satu ini bisa menghasilkan penghasilan dengan rata-rata 3 hingga 5 juta rupiah. Jadi bisnis ini bisa kamu jadikan sebagai ide untuk penghasilan tambahan untuk kamu!

Penulis online

Jika kamu mencari usaha yang menjanjikan namun hanya membutuhkan modal yang kecil dan bisa dilakukan dimana saja, penulis online adalah jawabannya.

Bagi kamu yang gemar menulis dan menghasilkan karya dari tulisan seperti novel atau cerita pendek, peluang bisnis yang menjanjikan ini sangat terbuka lebar untuk kamu. Kamu bisa memilih menjadi penulis online sebagai kerja sampingan atau kerja utama.

Dimana bisa mencari proyek untuk menulis? Kamu bisa menggunakan Upwork atau Sribulancer. Selain itu kamu juga bisa menulis blog, cerita fiksi, atau konten dari sebuah bisnis. Gaji yang ditawarkan dengan kisaran Rp 2 juta hingga Rp 4 juta rupiah.

Apapun yang kamu coba, menjadi penulis online adalah usaha yang menjanjikan di tahun ini.

Sewa peralatan untuk mendaki atau berkemah

Bagi semua orang, memiliki alat mendaki dan berkemah bukan menjadi hal yang wajib. Mengingat harga dan juga kegiatan mendaki dan berkemah tidak dilakukan secara sering.

Maka dari itu, banyak orang yang memutuskan untuk menyewa peralatan untuk mendaki, berkemah, dan juga piknik. Bisnis menyewakan peralatan ini sangat potensial dan menjadi bisnis yang menjanjikan di tahun 2022.

Bahkan omset yang bisa diraup rata-rata berada pada angka Rp 5 juta hingga Rp 8 juta perbulannya. Wah bisa nih kamu jadikan usaha sampingan namun tetap menjanjikan!

Menjual software

Selain beberapa bisnis di atas, kamu juga bisa mencoba untuk menjual software. Kebutuhan software semakin meningkat, sebab banyak pemilik bisnis yang sudah mulai sadar akan keberadaan internet yang mampu mengubah bisnisnya.

Maka dari itu, dari tahun ke tahun usaha yang menjanjikan ini tetap menjadi rekomendasi usaha yang bisa kamu coba. Namun tidak semua orang bisa mengambil peluang ini karena dibutuhkan keahlian khusus untuk menjalankan bisnis yang menjanjikan ini.

Menjadi seorang dropshipper

Kamu ingin membuka toko online namun tidak memiliki modal? Dropshipper bisa menjadi jalan keluar untuk kamu karena dengan menjadi dropshipper kamu tidak perlu lagi memiliki modal jika ingin menjual produk.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Jadi kamu bisa memasarkan suatu produk, lalu jika sudah ada pembeli yang memesan maka kamu akan meneruskannya pada penjual asli dari produk tersebut dan memintanya untuk mengirim ke pembeli mu tadi.

Keuntungan didapatkan dari selisih harga jual dan harga yang kamu tawarkan tadi. Saat ini bisnis dropship sudah didukung oleh beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Tertarik menjadi dropshipper?

Membuka jasa untuk membuat website

Selain menjual software, kamu juga bisa membuka jasa untuk pembuatan website. Peluang bisnis yang menjanjikan tersebut tetap menjadi rekomendasi bisnis hingga saat ini.

Sebab banyak bisnis dan perusahaan yang membutuhkan website sebagai wajah perusahaan di dunia digital dan juga bisa dijadikan untuk ajang memperkenalkan bisnis. Jika memang kamu seorang developer maka peluang ini seharusnya bisa kamu manfaatkan! 

Membuka jasa digital marketing

Di era yang serba digital ini, menuntut perusahaan untuk melakukan marketing secara langsung dan juga digital. Maka dari itu saat ini sedang marak dicari posisi sebagai digital marketing yang mampu membuat strategi pemasaran yang unik, menarik, dan tepat sasaran.

Sayangnya tidak semua orang juga bisa melakukannya, jadi jika memang kamu memiliki kemampuan dalam digital marketing maka tidak ada salahnya kamu mencoba bisnis yang menjanjikan ini.

Berapa sih gaji yang akan diterima digital marketing? Rata-rata gaji yang diterima oleh penggelut profesi ini yaitu berada pada angka Rp 5 juta hingga Rp 5.5 juta per bulannya.

Mana Peluang Bisnis yang Cocok untuk Kamu?

Sangat banyak peluang usaha yang terbuka lebar untuk kamu apabila kamu mencari usaha yang menjanjikan pada tahun ini. Berbagai jenis bisnis bisa kamu coba mulai dari yang tanpa modal, pesaing rendah, dan target pasar yang besar.

Untuk membangun sebuah bisnis, hal awal yang harus kamu perhatikan yaitu apakah bisnis tersebut sesuai dengan passion kamu. Jika memang sudah sesuai dan yakin maka kamu bisa langsung mulai untuk mengenali pesaing dan target pasar.

Selanjutnya jangan lupa untuk memasarkan bisnismu dalam dunia digital karena itu menjadi salah satu faktor kesuksesan dari bisnis.

Jika memang kamu memilih untuk membuka bisnis online maka kamu harus mengerti dan paham betul tips memilih bisnis online yang sesuai agar bisnismu terus berkembang. Lalu pilihanmu jatuh pada bisnis yang mana?

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah