• Home
  • Tips
  • PDP!!! 3 Peluang usaha di tengah Pandemi

PDP!!! 3 Peluang usaha di tengah Pandemi

Oleh Argadahana
5/5 (1)
peluang usaha

Pandemi yang datang pada awal tahun ini memang tidak ada yang menginginkan. Tidak hanya menyerang kesehatan masyarakat, namun juga kondisi ekonomi bahkan skala global. Tidak jarang, untuk menambah pemasukan sehari-hari, banyak bermunculan usaha-usaha baru selama pandemi mulai terjadi. Nah, kira-kira apa saja produk apa saja ya yang bisa menjadi peluang usaha baru ditengah pandemi ini?

Peluang Usaha Makanan Beku

Jenis usaha ini sebenarnya pernah booming ketika produk makanan beku seperti ayam goreng siap saji (alias chicken nugget) mulai bermunculan. Mungkin DomaiNesians sempat merasakannya di periode awal tahun 2000-an ketika produk-produk ini mulai marak dipasaran dengan naungan brand yang cukup besar. Kemudian perkembangannya banyak makanan sejenis mulai bermunculan dan dipasarkan tanpa merek. Kita mengenalnya dengan nama makanan beku curah.

frozen food
source: pixabay

Kemudian setelah proses produksi dan pengemasan produk jenis ini mulai dikenal umum. Mulai banyak bermunculan industri rumahan yang memproduksi makanan beku sendiri. Baik makanan jenis lauk maupun jajanan.

Dengan datangnya pandemi seperti ini, membuat kebanyakan masyarakat yang menghabiskan waktunya di rumah daripada membeli makanan di restoran atau warung. Sehingga menjalankan usaha makanan beku bisa menjadi solusi untuk DomaiNesians dalam menambah pemasukan. Untuk kamu yang mungkin belum bisa memproduksi sendiri, kamu bisa memulainya dengan sistem resell dari produsen yang sudah memiliki produknya.

Peluang Usaha Jasa Membersihkan Rumah

Beberapa minggu yang lalu mungkin DomaiNesians telah mendengar bahwa layanan Go Clean yang dinaungi oleh Go Jek telah ditutup. Terdengar sayang sekali memang, apalagi menurut pihak Gojek, permintaan layanan yang membutuhkan interaksi jarak dekat semacam itu mengalami sedikit penurunan sejak pandemi COVID-19 berlangsung. 

Namun, mari kita melihat dari sisi positif mundurnya perusahaan raksasa ini untuk industri jasa membersihkan rumah. Hal positif yang bisa diambil dari kasus ini adalah berkurangnya kompetitor besar untuk penyedia jasa skala kecil. Malah mungkin, ini bisa menjadi sinyal untuk kamu yang ingin membuat sebuah usaha baru. Dengan banyaknya SDM yang tentunya kompeten dan cakap di bidang ini, kamu bisa mengajak ex-mitra Go Clean menjadi partner. Atau mungkin kamu sendiri merupakan ex-mitra yang ingin mencoba peruntungan sendiri?

jasa cleaning service
source: pixabay

Kamu bisa memulainya dengan banyak cara, misalnya menggunakan media sosial seperti Facebook atau Instagram untuk menawarkan jasa. Atau bisa juga dengan membuat website sederhana untuk jasa kamu. Nantinya kamu bisa memaksimalkan kata kunci pencarian yang berkaitan dengan jasa pembersih rumah untuk website kamu tersebut.

Peluang Usaha Pernak Pernik Rumah / Kantor

Contoh selanjutnya yang bisa dilirik sebagai peluang usaha yang cukup panas pada masa pandemi ini adalah pernak-pernik rumah atau kantor. Sejak berubahnya gaya bekerja dan berkantor orang-orang sejak masa pandemi ini, membuat sebagian orang menggunakan sudut kamar atau ruangan lain di rumah sebagai kantor mereka. Perubahan ini mendorong orang untuk menyesuaikan tampilan sudut ruangan atau meja kerja mereka agar lebih mendorong kegiatan mereka.

peluang usaha tanaman
source: pixabay

Produk yang bisa ditawarkan misalnya adalah; rak buku, tanaman hias kecil, lampu belajar, tempat pensil, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk memperoleh produk-produk tersebut kamu bisa membelinya secara grosir, maupun menjual ulang dengan sistem reselling. Namun, yang perlu diperhatikan sebelumnya adalah, sudah terdapat banyak jenis usaha yang serupa. Sehingga untuk ini kamu memerlukan sebuah nama toko yang unik agar mudah diingat. Nama tersebut bisa kamu terapkan untuk memilih nama media sosial, atau nama domain sehingga semakin mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Menggunakan Google Trends Untuk Menemukan Peluang Usaha Baru

Selain tiga peluang usaha yang sudah disebutkan sebelumnya, DomaiNesians sebenarnya juga bisa menemukan peluang-peluang lainnya dengan menggunakan Google Trends. Alat gratis dari Google ini bisa membantu kamu untuk memperoleh insight mengenai apa yang banyak dicari oleh masyarakat. Untuk mempermudah kamu bisa membuat daftar kata kunci yang berkaitan dengan ide usaha yang kamu inginkan. Misalnya, menggunakan kata kunci jasa pembersih rumah, jual tanaman hias kecil, jual hiasan meja, dan lain sebagainya. Atau, jika kamu memiliki sedikit dana lebih, dapat menggunakan alat berbayar seperti Keywords Everywhere untuk menemukan kata kunci serupa yang disarankan. Selamat mencoba!

Argadahana


Argadahana
July 13, 2020

Halo Naruto, Lhaa ini jangan tanya saya doong :'))

Naruto
July 13, 2020

Usaha mendapatkan cintanya masuk ga min ?

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!