• Home
  • Berita
  • Campaign Adalah Strategi Wajib Digunakan Dalam Berbisnis, Ini 7++ Cara Membuatnya!

Campaign Adalah Strategi Wajib Digunakan Dalam Berbisnis, Ini 7++ Cara Membuatnya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Campaign adalah rangkaian cara yang dilakukan untuk mempromosikan produk melalui berbagai media dalam mencapai tujuan pemasaran, seperti meluncurkan produk baru atau menciptakan brand awareness.

Campaign bukanlah strategi utama dalam memasarkan bisnis, ini hanya bagian kecil dari strategi pemasaran yang dibutuhkan agar bisnis kamu mudah dikenal oleh calon pelanggan.

Strategi campaign adalah seringkali dipraktikkan pada momen-momen tertentu dengan tujuan menarik perhatian calon pelanggan lebih banyak.

Misalnya campaign yang dilakukan pada saat cuci gudang akhir tahun, momen berbagai hari raya keagamaan, dan lain sebagainya.

Perencanaan yang dilakukan saat melakukan campaign pada dasarnya harus dilakukan secara sadar sebab campaign bukan sekedar mengiklankan bisnis, namun juga demo produk yang lebih kreatif.

Rencana campaign yang baik biasanya memiliki serangkaian tujuan dan target pemasaran, strategi untuk mencapainya dan taktik marketing yang dapat mewujudkannya.  

campaign adalah
Sumber : Elements Envato

Tujuan campaign

Setelah mengetahui campaign adalah bagian yang erat hubungannya dengan dunia marketing, berikut akan dijelaskan beberapa tujuan dilakukan campaign :  

Membangun dan meningkatkan brand image

Fokus utama dilakukan campaign adalah menjadikan brand atau merek bisnis kamu lebih dikenal oleh masyarakat, khususnya pada target pasar bisnis kamu.

Kamu perlu memperhatikan aspek brand recognition dan brand awareness untuk menyukseskan tujuan ini.

Saat produk sudah dikenali oleh banyak orang, tentunya tingkat aware dan ketertarikan akan lebih tinggi.

Hal ini berarti bahwa kamu memiliki peluang yang lebih untuk meningkatkan penjualan. 

Mendatangkan leads

Tujuan kedua melakukan campaign adalah mendatangkan leads.

Setelah berhasil meningkatkan citra brand kamu, tujuan selanjutnya yaitu menimbulkan rasa ingin tahu untuk mengenal produk yang kamu tawarkan atau sering disebut lead.

Kita membuat para calon pelanggan tertarik untuk mengunjungi sosial media atau website kamu.

Pastikan bahwa kamu mempersiapkan materi, konsep dan bahan untuk sosial media dan website kamu sematang mungkin.

Lakukan berbagai cara agar konten produk kamu terlihat eye catching agar calon pelanggan yang melihatnya lebih tertarik. 

Meningkatkan penjualan

Jika produk kamu sudah dikenal dan leads sudah meningkat, tentunya akan berdampak meningkatnya penjualan produk.

Hal ini berarti bahwa produk kamu sudah dipercaya oleh masyarakat sebagai sesuatu yang mereka butuhkan dan dapat menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi.

Pastikan kamu menawarkan produk yang benar-benar sudah siap untuk calon pelanggan kamu, sehingga kamu tidak akan mengecewakan mereka. 

Meningkatkan loyalitas konsumen

Selanjutkan tujuan keempat campaign adalah menciptakan loyalitas pelanggan.

Pada bagian ini, pastikan pelanggan yang sudah melakukan pembelian sebelumnya bersedia untuk melakukan pembelian ulang.

Hal ini perlu diperhatikan sebab dalam menjalankan bisnis, kamu harus memikirkan prospek dalam jangka panjang.

Apabila pelanggan kamu enggan untuk melakukan pembelian ulang, kemungkinan ada sesuatu yang salah dengan produk yang kamu berikan.

Jika ini terjadi, tentu akan mempengaruhi brand kamu, apalagi saat ini konsumen dengan mudahnya dapat membagikan pengalaman buruknya saat menggunakan produk ke media sosial pribadinya.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan kamu. 

Cara membuat campaign

Campaign adalah salah satu upaya atau usaha dalam meningkatkan bisnis yang kamu rintis. Adapun berikut ini cara membuat campaign agar tepat sasaran :

Mengidentifikasi target marketing 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat campaign adalah melakukan identifikasi target marketing kamu.

Tentunya tidak ada yang ingin membuang seluruh waktu dan energi untuk orang yang tidak tertarik dengan produk bisnis yang sedang dijalankan.

Oleh karena itu, sebelum membuat rencana campaign, kamu perlu melakukan identifikasi target yang benar-benar cocok untuk produk kamu.

Pada bagian ini kamu perlu menganalisis calon pelanggan secara spesifik untuk mengetahui minat mereka.

Sumber : Elements Envato

Kamu dapat melakukannya dengan melihat basis calon pelanggan kamu saat ini atau dengan mendengarkan apa yang sedang trend di sosial media.

Pastikan kamu menemukan orang-orang yang tepat dan kamu dapat menentukan cara untuk menjangkau mereka. 

Tetapkan Tujuan dan Batasan Campaign

Menetapkan tujuan dan batasan campaign merupakan langkah dasar yang tak kalah pentingnya dalam membangun setiap rencana.

Hal ini perlu untuk kamu pertimbangkan dengan matang agar kamu tidak salah langkah. Pastikan mengetahui apa saja yang ingin kamu lakukan.

Kamu dapat memulainya dengan menetapkan tujuan realistis yang ingin kamu capai dan spesifikasikan tujuan tersebut.

Tentukan juga batasan kesuksesan campaign kamu. Batasan yang dimaksud adalah saat kamu sudah mencapai tujuan spesifik yang kamu buat, maka campaign dihentikan.

Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah untuk melakukan evaluasi dari campaign yang telah kamu lakukan.

Misalnya tujuan dan batasan kesuksesan yang ingin kamu capai yaitu “meningkatkan penjualan sebesar 15% melalui media sosial”.

Penentuan tujuan dan batasan campaign akan membuat kamu lebih mudah untuk melakukan analisis lebih lanjut mengenai cara spesifik tentang media sosial apa dan bagaimana cara kamu menerapkan campaign kamu.  

Hasilkan Ide Campaign

Setelah melakukan identifikasi target pasar dan menentukan tujuan serta batasan campaign yang akan dicapai, lanjutkan dengan brainstorming ide-ide  campaign yang kreatif dan bervalue.

Kamu juga dapat mengadaptasi campaign yang telah berhasil kamu jalankan sebelumnya dengan mengidentifikasi apa yang dilakukan dan mengapa bisa berhasil.

Kamu juga harus mempelajari bagaimana kompetitor melakukan campaign mereka untuk mendapatkan ide yang lebih baik dengan cara yang lebih menonjol.  

Pilih Channels yang digunakan untuk Campaign

Setelah mematangkan ide campaign, selanjutnya pilih channel atau media yang akan kamu gunakan untuk menerapkan campaign kamu.

Media ini menentukan bagaimana kamu melakukan publikasi campaign kamu.

Media publikasi ini seperti internet marketing, social media marketing, email marketing, ads, influencer marketing dan sebagainya.

Bahkan kamu dapat menggabungkan beberapa media publikasi campaign yang berbeda untuk melakukan integrated marketing. 

Kembangkan Penawaran

Rencana campaign yang kamu buat tentunya harus membuat target pasar kamu tertarik, dengan kata lain campaign kamu harus memiliki key message atau insentif dan call-to-action yang sesuai dengan target pasar kamu.

Sesuaikan penawaran dengan produk atau layanan kamu. Penawaran ini dapat berupa free trial, diskon terbatas, e-book, atau free webinar.

Pastikan penawaran ini cocok dengan tindakan yang kamu inginkan untuk dilakukan oleh target pasar kamu.  

Tentukan Resources yang Dibutuhkan

Saat membuat campaign, kamu harus memiliki rencana yang bagus tentang semua resource yang akan kamu butuhkan.

Kamu perlu menganalisis apakah tim internal perusahaan kamu dapat melakukan pengelolaan campaign yang kamu jalankan atau apakah kamu memerlukan freelancers atau bantuan agen dari luar perusahaan untuk membantu campaign kamu.

Sumber : Elements Envato

Kamu juga harus merencanakan pengelolaan aset materi campaign yang spesifik seperti file, video, peralatan, dan aset lain yang mungkin kamu butuhkan beserta darimana kamu mendapatkannya.

Estimasi Metrik Campaign

Metrik campaign merupakan penilaian kuantitatif terhadap keefektifan campaign yang kamu jalankan.

Pada perencanaan campaign yang kamu buat, kamu harus melakukan perkiraan matrik sehingga kamu dapat mengasumsikan mengenai banyaknya dana yang harus dikeluarkan.

Selain itu, kamu juga akan lebih mudah untuk mengukur Return On Investment (ROI) atau laba yang kamu dapatkan dari hasil transaksi.

Walaupun ini tidak sepenuhnya akurat, kamu tetap dapat membuat estimasi untuk response rates, conversation ratio dan total revenue yang dihasilkan.  

Buat Anggaran

Tahap penting dalam membuat campaign selanjutnya adalah pembuatan anggaran atau pengaturan dana campaign.

Kamu harus menguraikan kebutuhan keuangan campaign yang kamu jalankan.

Estimasikan total profit yang kamu dapatkan dari campaign dengan mengurangkan total biaya barang dan total revenue dari campaign. 

Contoh campaign

Berikut beberapa contoh campaign yang telah berhasil menarik pelanggannya dan mungkin dapat menginspirasi kamu : 

Nike (Just Do It)

Pada awalnya produk Nike hanya digunakan untuk pelari marathon. Kemudian muncul trend dimana orang-orang gemar menggunakan pakaian olahraga.

Memanfaatkan momentum tersebut, Nike memunculkan ide-ide yang mendahului kompetitor utamanya yaitu Reebok dimana pada saat itu Rebook memiliki penjualan yang berkali-kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan Nike.

Pada akhir tahun 80an Nike meluncurkan campaign besar-besaran yang hingga saat ini dikenal oleh masyarakat yaitu Just Do It.

Campaign yang dilakukan oleh Nike ini berdampak luar biasa pada penjualan Nike hingga $800 hingga sepuluh tahun kemudian penjualan produk Nike terus meroket hingga 10 kali lebih tinggi. 

Slogan Just Do It, sebuah slogan singkat namun penuh makna dan selalu teringat di pikiran masyarakat. 

Apple : Get a Mac

Walaupun banyak campaign Apple yang sukses, Apple : Get a Mac merupakan campaign terbaik yang pernah dilakukan mereka.

Campaign Apple : Get a Mac berupa iklan sederhana yang dibuat oleh Apple Inc yang tayang di televisi pada tahun 2006 hingga 2009.

Iklan ini menyoroti sketsa singkat mengenai perbedaan kemampuan antara Mac dan PC yang dikemas secara lucu untuk menimbulkan kesan pemirsa.

Campaign tersebut membuat penonton tertarik, kemudian mencari informasi mengenai Mac dan meningkatkan penjualan hingga lebih dari 42% pada tahun pertama setelah campaign dijalankan.

BTS Meal by McDonald’s (McD)

Tempo lalu, masyarakat dihebohkan tentang campaign McDonald’s(McD) tentang BTS Meal.

Berbagai sosial media ramai mengunggah foto dan video dari McD terdekat yang diserbu oleh driver ojek online dan membludaknya antrian Drive thru McD.

BTS Meal ini merupakan menu hasil kolaborasi antara McD Indonesia dengan boy band Korea Selatan Bangtan Sonyeondan atau yang biasa disebut sebagai BTS.

Paket BTS Meal ini berupa Chicken Mcnugget, French Fries, dan juga Cola.

Menu yang diluncurkan oleh McD pada tahun 2021 ini memancing antusias para penggemar BTS (ARMY) Indonesia dan menyerbu seluruh gerai McD yang menyediakan menu ini baik online dan offline, keduanya menggunakan sistem antrian untuk melakukan pemesanan menu ini.

Bahkan saking luar biasa perjuangan mendapatkan menu BTS Meal ini, para ARMY Indonesia sampai mencuci dan menyimpan kemasan dari BTS Meal tersebut. 

Siapkan Ide Campaignmu Sekarang Juga!

Pada dasarnya ide merupakan hal yang sangat sulit untuk dilahirkan. Apalagi jika kamu tidak banyak membaca atau mencari referensi- referensi yang dapat kamu jadikan alternatif pemikiran.

Namun jangan khawatir, walaupun sulit kamu tetap bisa melahirkan ide campaign yang tepat sasaran.

Beberapa tips nya adalah seperti mengikuti trend yang terjadi dan berpikir out of the box yang dapat menarik customer. Jangan takut untuk mencoba! Segera lahirkan ide campaign demi meningkatkan cuan pada bisnismu!

Baca Juga : Mengulik Trend Email Marketing, Strategi Marketing yang Efektif!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah