• Home
  • Berita
  • Hosting IIX: Pengertian dan Kelebihannya

Hosting IIX: Pengertian dan Kelebihannya

Oleh Mila Rosyida

Ketika memilih lokasi server hosting, salah satu yang penting untuk diketahui yaitu target audiens dari website yang akan dibuat. Apalagi jika target audiens websitemu berada di Indonesia, berarti kamu harus menggunakan hosting IIX.

Kenapa harus hosting IIX? Sebab lokasi hosting tersebut berada di Indonesia, jadi target audiens bisa mengakses website lebih cepat dibandingkan server yang berada di luar negeri.

Kita tahu bahwa perkembangan internet di Indonesia sudah berkembang positif, termasuk kehadiran IIX. Tanpa hadirnya hosting Indonesia, artinya kita akan terus bergantung kepada hosting luar negeri.

Maka dari itu, patutnya kita bersyukur dan lebih mengenal hosting Indonesia. Selain kelebihan dalam hal kecepatan, ada banyak kelebihannya yang lain. Apa saja itu? Kupas tuntas hosting IIX sekarang juga!

Apa itu Hosting IIX?

Hosting IIX adalah hosting Indonesia yang langsung terhubung dengan Indonesia Internet Exchange (IIX). IIX adalah jaringan interkoneksi nasional yang menghubungkan semua provider di Indonesia.

Tujuan adanya iix adalah agar pasar internet di Indonesia semakin berkembang dan juga memiliki performa yang baik. Dengan begitu, pengunjung yang mengakses website tidak perlu mengakses ke provider masing-masing yang berada pada luar negeri.

 

hosting iix
Sumber : envato

Sebab servernya berlokasi di Indonesia. Pada pembahasan sebelumnya hosting iix adalah hosting Indonesia, jadi bisa diapstikan bahwa kecepatannya jauh lebih baik ketimbang harus mengakses server di luar negeri.

Penasaran dimana lokasi server ini? Kebanyakan lokasi server Indonesia berada di kota besar seperti di DKI Jakarta, Yogyakarta, dan beberapa kota yang mendukung.  

Perbandingan Hosting IIX Vs Hosting USA

Hosting USA adalah hosting yang terletak pada USA. Berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan hosting USA :

  • Cocok untuk website dengan target audiens di seluruh dunia karena lokasinya yang berada di tengah dan strategis.
  • Koneksi internet jarang mengalami gangguan dan stabil.
  • Mudah untuk diakses oleh web crawler seperti MSN, Yahoo, dan lain sebagainya.

Kekurangan hosting USA : 

  • Bergantung dengan koneksi luar negeri.
  • Kecepatan akses jika dari dalam negeri masih kalah jika dibanding dengan hosting iix.

Kelebihan hosting IIX :

  • Cocok untuk website dengan audiens dalam negeri.
  • Tidak terpengaruh dengan koneksi internet di luar negeri.
  • Tingkat keamanan server tinggi.
  • Angka uptime yang relatif tinggi.

Ingin tahu lebih detail? Tenang karena DomaiNesia akan membahas kelebihan hosting ini lebih lanjut pada poin berikutnya ya jika memang kamu ingin tahu detailnya.

Kekurangan hosting IIX :

  • Kecepatan relatif lambat jika diakses dari luar negeri sebab bandwidth uplink di Indonesia kecil.
  • Lambat jika mengirim file dengan ukuran besar ke email server yang ada di luar negeri seperti Gmail dan Yahoo.

Keunggulan Hosting IIX

Banyak keunggulan dan manfaat yang ditawarkan oleh hosting Indonesia jika dibandingkan dengan hosting luar negeri. Simak terus beberapa keunggulannya berikut ini!

Keamanan server yang terjamin

Hosting luar negeri memiliki keamanan yang baik, namun jangan salah sangka karena hosting Indonesia juga memiliki tingkat keamanan yang terjamin dari serangan cyber dan juga ancaman lainnya.

Hal tersebut bisa terjadi karena data center Indonesia sudah dilengkapi dengan keamanan anti virus, malware, dan juga keamanan yang mumpuni sehingga mengurangi resiko adanya cyber crime. Jadi, jika kamu menggunakan hosting Indonesia tidak perlu khawatir lagi perihal keamanan.

Yang tidak kalah menarik, lokasi server hostingnya juga terletak di berbagai daerah yang minim adanya bencana alam. Sehingga minim akan gangguan yang disebabkan oleh bencana alam juga.

Sumber : envato

Performa yang lebih baik bagi pengunjung Indonesia

Seperti yang kamu tahu, apabila target pengunjung website berada di Indonesia maka menggunakan hosting iix adalah pilihan yang tepat. Performa dan kecepatan yang tinggi menjadi alasannya.

Hal tersebut bisa terjadi karena dalam mengakses website tidak perlu lagi harus melewati server luar negeri terlebih dahulu, sebab lokasi server berada di negara sendiri. Dengan begitu, aksesnya lebih cepat karena server dan pengunjung website berada pada lokasi yang sama.

Angka Uptime yang tinggi

Jika berbicara mengenai kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, karena hosting iix memiliki kualitas yang tidak kalah dengan server hosting luar negeri. Selain kecepatan, uptime juga menjadi salah satu kelebihannya.

Uptime adalah waktu yang menunjukkan website dapat diakses. Dari hosting iix ini, waktu uptime server diatas 99%. Berarti bisa dikatakan bahwa hosting akan selalu online setiap hari.

Bagaimana jika ada pemadaman atau gangguan pada internet? Data center di Indonesia sudah dilengkapi dengan alat untuk menyimpan listrik jadi meskipun ada pemadaman server akan tetap terus menyala.

Beli Hosting Murah

Gangguan internet juga sudah diantisipasi oleh beberapa penyedia layanan sebab mereka menggandeng lebih dari satu penyedia layanan internet sehingga apabila terjadi trouble bisa berganti ke layanan lain dan tidak mengganggu akses ke server.

Jadi saat kamu menggunakan hosting iix ini kamu bisa melayani pengguna website milikmu setiap hari karena akan selalu online.  

Tidak terpengaruh dengan koneksi di luar negeri

Bagaimana jika koneksi di luar negeri terganggu? Apakah akan berpengaruh kepada pengguna hosting iix? Jelas tidak terdampak sama sekali, karena hosting Indonesia terhubung dengan jaringan IIX yang ada di Indonesia sendiri.

Jadi jika ada permasalahan internet di luar negri, kamu tidak perlu takut terkena imbasnya. Website milikmu akan tetap berjalan normal tanpa gangguan. 

Sumber : envato

Ingin Mencoba Hosting IIX? Jangan Salah Pilih!

Hosting IIX dan hosting USA memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu mana yang cocok untuk kamu? Jawabannya adalah kembali ke kebutuhan masing-masing ya DomaiNesians!

Jika kamu ingin website milikmu bisa diakses secara cepat oleh seluruh dunia, maka hosting USA adalah pilihan yang tepat. Namun jika kamu ingin website milikmu hanya diakses oleh audiens dalam negeri maka hosting Indonesia cocok untuk kamu.

Dari paparan kelebihan hosting Indonesia di atas, apakah kamu sudah paham segala kelebihannya? Jika berbicara perihal kualitas, hosting Indonesia tidak kalah baiknya dengan hosting luar negeri dari segi keamanan, uptime, performa, dan tidak bergantung dengan koneksi luar negeri.

Tertarik menggunakannya? Jika kamu tertarik, layanan hosting IIX yang bisa kamu pilih yaitu web hosting DomaiNesia. Kualitasnya yang mumpuni ditambah lagi dengan harga yang ditawarkan juga terjangkau.

Hosting DomaiNesia siap meningkatkan performa website milikmu dengan banyaknya kemudahan dan juga layanan yang akan kamu dapatkan seperti.

  • Menggunakan jaringan 10 Gbps ke OpenIXP, IIX, JKT-IX, dan C2IX dengan jaringan modern yang mendukung IPv4 & IPv6.
  • Menggunakan teknologi Cloud Storage berbasis NVMe SSD dengan 3X Replikasi Data yang menjamin uptime, performa yang tinggi, stabil, dan aman dari korupsi data.
  • Dilengkapi dengan Imunify360 yang bisa melindungi hosting dari serangan malware.

Dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Bahkan mulai dari Rp 14.000 aja kamu bisa menikmatinya! Jangan salah pilih layanan hosting ya DomaiNesians karena akan berdampak pada performa website milikmu. Butuh hosting, ingat DomaiNesia!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds