• Home
  • Berita
  • Contoh Top Level Domain Terbaik di Indonesia

Contoh Top Level Domain Terbaik di Indonesia

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Apakah ada DomaiNesians yang baru mau punya website sendiri? Kalau ada, kamu perlu tahu yang namanya Top Level Domain atau disingkat TLD. Top Level Domain adalah komponen terakhir dari nama domain. Atau gampangnya, Top Level Domain adalah bagian setelah komponen ‘dot’ pada alamat URL. Di Indonesia, ada banyak Top Level Domain, kamu bisa sesuaikan TLD sesuai dengan fungsi website. Karena disesuaikan dengan fungsi website, TLD akan membantu audiens mengenali website bahkan sebelum membuka website tersebut. Dari TLD yang tertera, audiens bisa memperkirakan apakah website tersebut digunakan oleh pemerintah, pendidikan, toko online, atau organisasi.

Top Level Domain dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Country Code Top Level Domain, Generic Top Level Domain, dan Sponsored Top Level Domain. Country Code Top Level Domain adalah TLD yang mengidentifikasi dari mana website tersebut berasal, contohnya seperti .id untuk Indonesia atau .my untuk Malaysia. Generic Top Level Domain adalah TLD yang digunakan untuk keperluan umum, contohnya adalah .com, .net, .org, atau .info. Sementara Sponsored Top Level Domain adalah TLD untuk organisasi profesional seperti militer atau situs pemerintahan. Contohnya adalah .mil dan .gov. Namun, tidak semua TLD tersebut bisa digunakan oleh masyarakat umum. Berikut adalah contoh Top Level Domain terbaik di Indonesia, yang bisa dipakai untuk kepentingan secara umum.

Contoh Top Level Domain Terbaik

  1. .com

Contoh Top Level Domain yang paling dikenal orang adalah .com. Com adalah kependekan dari kata commercial. Domain ini memang dimaksudkan untuk website dengan keperluan komersial, seperti website bisnis atau toko online. Tapi sekarang banyak website yang menggunakan domain .com meskipun bukan merupakan website komersial. Para webmaster tersebut memilih menggunakan domain tersebut karena .com sangat populer dan mudah diingat.

  1. .net

Domain .net digunakan untuk website yang memiliki keperluan dibidang teknologi. Namun karena sekarang sudah sangat banyak yang menggunakan .com, .net menjadi pilihan kedua setelah .com. Ada juga website komersial yang menggunakan domain .net, karena domain ini juga populer.

  1. .co.id

Contoh Top Level Domain .co.id adalah TLD lokal Indonesia. Website yang menggunakan TLD ini berarti website tersebut menggunakan bahasa indonesia. Untuk bisa menggunakan TLD ini, kamu perlu melengkapi beberapa syarat. Mengapa? TLD .co.id dikhususkan untuk website bisnis yang memiliki legalitas hukum seperti CV dan PT.

contoh top level domain
Sumber: Pixabay
  1. .id

.id juga merupakan TLD lokal Indonesia. Bedanya dengan .coo.id adalah TLD .id digunakan untuk website individu atau perorangan. Contoh Top Level Domain .id juga bisa digunakan untuk keperluan bisnis, dan harus melengkapi syarat-syarat yang ditentukan. Sementara untuk website pribadi tidak perlu melengkapi syarat seperti website bisnis.

  1. .ac.id

TLD ini dipakai untuk website yang memiliki keperluan dibidang pendidikan. Selain menggunakan .ac.id, institusi juga bisa menggunakan TLD .edu. Keduanya sama-sama untuk website yang bergerak di bidang pendidikan. Hampir semua universitas di Indonesia menggunakan TLD .ac.id, sementara .edu digunakan oleh lembaga pendidikan non formal.

  1. .or.id

TLD or.id sering digunakan oleh website yang bergerak dibidang organisasi. Selain menggunakan or.id, pengelola juga bisa menggunakan .org. TLD .org juga mengidentifikasikan website sebagai situs organisasi. TLD .or.id atau .org bisa digunakan oleh semua bentuk organisasi, baik organisasi yang memiliki surat keputusan atau organisasi non formal seperti komunitas.

  1. .info

Seperti namanya, TLD .info digunakan untuk website yang bergerak dibidang informasi. Namun sekarang TLD .info lebih banyak digunakan untuk website penunjang atau pendukung website utama. Karena sifatnya pendukung, website dengan TLD .info biasanya memang diisi untuk kepentingan informasional website utama.

  1. .co

.co dikenal sebagai singkatan dari company, corporation, atau commerce. Di waktu-waktu ini TLD .co dianggap modern dan menarik. TLD ini termasuk banyak dipilih karena bisa merepresentasikan website yang profesional baik secara individu, perusahaan, atau organisasi. Karena sangat singkat, TLD .co juga sangat mudah diingat

  1. .biz

Contoh Top Level Domain .biz digunakan untuk website yang memiliki keperluan berbisnis. .biz adalah kependekan dari business, jadi TLD ini bisa menjadi pilihan kedua selain menggunakan TLD .com.

contoh top level domain
Sumber: Pixabay

Manfaat Menggunakan Top Level Domain pada Website

Manfaat dan keuntungan yang akan dibahas adalah keuntungan dari segi bisnis. Tidak jarang dari kita, ketika sedang belanja di toko online mempertanyakan keaslian website. Website yang terlihat profesional tentu akan lebih banyak mendatangkan konsumen, kan? Oleh karena itu, buat kamu yang sedang ingin merintis bisnis online, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal seperti nama domain dan memilih Top Level Domain yang sesuai.

  1. Penggunaan TLD yang tepat bisa membantu pengunjung atau audiens mudah mengingat nama website. Meskipun tidak secara langsung berpengaruh kepada SEO, namun website bisa lebih familiar didengar orang, misalnya ketika kamu menggunakan Top Level Domain .com.
  2. Setiap entrepreneur pasti ingin bisnisnya dipercaya oleh pelanggannya. Website yang kamu buat setidaknya harus memberikan informasi yang bisa dipercaya pula. Salah satu faktor yang meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah penggunaan Top Level Domain.
  3. Website bisnis kamu akan dinilai profesional ketika menggunakan Top Level Domain yang tepat. Yang jelas, website kamu juga akan lebih prestise ketimbang website yang tidak berbayar.

Siap Bikin Website? Yuk, #LangsugBikinAja

Membuat dan merawat website bisa jadi hal yang tidak mudah. Tidak jarang orang yang menyerah begitu tahu sulitnya mengembangkan website, ditambah berbayar pula. Tapi kamu tidak perlu khawatir soal itu. DomaiNesia adalah penyedia layanan hosting dan domain murah yang berkualitas. Selain itu ada Tim Support yang siaga 24 jam untuk bantu kamu jika ada kesulitan. Yuk, langsung aja cek ke www.domainesia.com

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!