Harus Pakai Domain ID Sekarang? Kenapa?5 min read

Hai, DomaiNesians! Apa kamu punya blogger favorit? Atau ada situs web yang sering kamu kunjungi? Nah, biasanya di belakang halaman website atau blog kamu pasti menemukan tulisan .com, .net, .id, dan lain sebagainya. Sebenarnya, apa itu? Kalau pakai bahasa teknis, itu namanya Top Level Domain. Tapi, orang-orang kebanyakan mengenalnya sebagai ekstensi domain. Secara sederhana, ekstensi domain bisa kamu anggap sebagai identitas website kamu nantinya. Misalkan, kamu mau membuat website tentang jualan, maka ekstensi domain yang cocok adalah .com. Kalau kamu mau membuat website yang isinya tentang Indonesia, kamu bisa memakai ekstensi domain .id. Nah, buat kamu yang mau membuat situs web, baiknya pakai domain ID. Kenapa harus pakai domain ID?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, DomaiNesia akan menjelaskan lebih lanjut lagi soal domain ID. Jadi, di setiap negara pasti memiliki pengurus domain nasional. Di Indonesia sendiri, pengurus domain nasional adalah Pandi (Pengelola Nama Domain Indonesia). Ini berarti, domain ID dikelola oleh Pandi. Tapi, bukan berarti kamu harus menghubungi Pandi kalau ingin menggunakan domain ID. Saat ini, Pandi sudah bekerjasama dengan DomaiNesia dalam hal penggunaan domain ID. Jadi, kalau kamu pengen menggunakan domain ID, bisa lewat DomaiNesia.

Lalu, apa itu berarti orang asing tidak boleh pakai domain ID? Tentu saja boleh. Syaratnya dia harus berdomisili di Indonesia. Jika ada orang asing yang ingin mendirikan usaha atau organisasi di Indonesia dan ingin membuat situs web, maka Pandi akan merekomendasikan untuk menggunakan domain ID.

Enaknya Pakai Domain ID

harus pakai domain id

source: Freepik

Kamu pasti sudah penasaran kan tentang keuntungan memakai domain ID. Kalau bicara soal domain, sebenarnya semua memiliki keuntungan masing-masing. Cuma, domain ID memiliki keuntungan yang lebih dibanding yang lain. Yuk kita lihat apa saja keuntungannya.

  1. Cintai Produk-Produk Indonesia

    Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau domain ID itu domain identitas Indonesia. Jadi, misalkan kamu menemukan web dengan ekstensi domain ID, itu pasti berasal dari Indonesia. Nah, tentu sebagai warga Indonesia kita bangga dong punya domain yang khas Indonesia. Dengan menggunakan domain ID, itu bisa jadi bukti nasionalis kita di dunia maya. Itulah alasan kenapa kamu harus pakai domain id.

  2. Lebih Akrab Sama Google

    Sekarang ini, cara kerja pencarian Google adalah memprioritaskan website dari lokal dulu, baru yang internasional. Misalnya, kamu mencari di Google tentang website tentang perumahan Indonesia, maka di pencarian Google nantinya akan lebih banyak muncul website dengan ekstensi domain.id. Ini artinya, jika kamu menggunakan domain ID, maka Google akan memprioritaskan website kamu muncul di halaman depan pencarian Google dibanding website dengan domain lain. Istilah kerennya, SEO friendly. Jadi, kamu tinggal membuat konten yang lebih menarik lagi agar situs web kamu semakin ramah SEO.

  3. Selamat Tinggal Website Lambat

    Kamu pasti pernah mengalami ingin membuka situs web, tapi situsnya lama banget untuk muncul. Padahal sinyal internet udah bagus. Sering mengalaminya, DomaiNesians? Nah, kamu tidak akan mengalami hal itu lagi kalau pakai domain ID. Enaknya pakai domain ID adalah situs web kamu tidak akan terlalu berat dibuka. Jadi, kalau kamu menggunakan domain ID, maka data website kamu akan tersimpan di server Indonesia. Artinya, kalau ada orang Indonesia yang membuka website kamu, maka akan langsung muncul dengan jelas karena servernya di Indonesia. Tidak perlu lagi memakan bandwidth besar.

Tips Memilih Domain ID yang Cocok Buat Kamu

harus pakai domain id

source: Freepik

Pasti kamu pernah menemukan banyak sekali situs web yang belakangnya tidak cuma .id saja. Pasti kamu pernah menemukan situs web yang menggunakan .sch.id, .co.id, .or.id, atau ponpes.id. Sebenarnya, apa itu? Kok bisa menempel di domain ID?

Itu adalah jenis-jenis domain ID. Jadi, demi memudahkan orang-orang dalam menggunakan domain ID, maka Pandi memberikan ekstensi tambahan di domain ID. Tujuannya, agar situs yang dibuat selaras dengan alasan situs itu dibuat. Misalkan, kamu ingin membuat situs tentang jual beli, maka kamu lebih cocok menggunakan .co.id. Jika ada sekolah yang ingin membuat situs web, maka lebih cocok pakai .sch.id. Itulah alasan kamu harus pakai domain ID. Biar usaha kamu selaras dengan situs kamu. Masih bingung, DomaiNesians? Ini penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Domain .co.id

    Domain ini pasti sering kamu lihat kan, DomaiNesians? Memang, penggunaan domain .co.id memang lebih banyak dibanding jenis domain ID lain. Soalnya, domain .co.id ini dikhususkan untuk digunakan oleh perusahaan. Jika ada perusahaan di Indonesia yang ingin membuat situs web, maka paling cocok menggunakan domain .co.id.

    Jadi, kalau kamu ingin membuat situs web tentang usaha kamu, maka paling enak pakai domain .co.id.

  2. Domain sch.id

    Dari namanya sudah pasti bisa ditebak kan domain sch.id untuk apa, DomaiNesians? Ya betul, untuk edukasi. Sch yang merupakan kepanjangan school sering dipakai oleh para penyedia jasa pendidikan. Universitas, sekolah, bahkan TK kalau ingin membuat situs web juga harus pakai domain .sch.id.

  3. Domain .or.id

    Pengen organisasi atau komunitasmu lebih dikenal di dunia maya, DomaiNesians? Pakai saja domain .or.id. Domain .or.id memang dikhususkan untuk organisasi. Jadi, segala organisasi yang ada di Indonesia kalau ingin membuat situs web, gunakan domain.or.id

  4. Domain .ponpes.id

    Kalau pondok pesantren, apa bisa membuat situs web? Tentu saja bisa! Pandi sudah menyediakan domain .ponpes.id kok buat pondok pesantren yang ingin membuat website. Selain sebagai portal informasi, pembuatan situs web untuk pondok pesantren akan membuat pondok tersebut semakin kredibel.

Bikin Website Kamu Beda Karena Domain ID

harus pakai domain id

source: domainesia.com/jadibedakarenaid

Setelah baca keuntungan pakai domain ID, apa kamu jadi tertarik, DomaiNesians? Kalau iya, ada kabar gembira buat kamu. Pandi dan DomaiNesia meluncurkan promo #JadiBedaKarenaDotID buat kamu yang pengen menggunakan domain ID. Mulai Januari hingga Maret 2019, DomaiNesia akan memberikan harga spesial khusus untuk domain ID. Tentunya harga pasti murah dan fitur yang didapat tetap terbaik.

Enak, bukan? Disuruh membuat situs web yang ramah SEO, website anti lemot, dikasih diskon, keamanannya terjamin pula. Oh iya, kalau kamu menggunakan domain ID, keamanan kamu dan pengunjung situs kamu terjamin, Domainesians. Soalnya, Pandi akan memiliki data-data kamu sebagai pemilik website. Jadi, jika ada kejahatan cyber yang menyerang kamu, pemerintah Indonesia akan siap melindungi kamu.

Kalau kamu ingin mendapatkan info yang lebih lengkap, kamu bisa klik link #JadiBedaKarenaDotID ini. Nantinya, kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai harga dan layanan yang kamu dapat. Kalau masih ada yang kurang jelas, tim CS DomaiNesia akan selalu siap untuk membantu kamu.

Jadi, kenapa kamu harus pakai domain ID? Biar situs web kamu #JadiBedaKarenaDotID!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar