• Home
  • Berita
  • Mengulik Trend Email Marketing, Strategi Marketing yang Efektif!

Mengulik Trend Email Marketing, Strategi Marketing yang Efektif!

Oleh Ratna Patria

Merasa “jalan ditempat” dengan strategi marketing yang kamu kerjakan? Sepertinya kamu harus mulai pertimbangkan untuk mengulik tentang trend email marketing. Banyak yang mengira bahwa melakukan pemasaran melalui email adalah hal yang usang. Jangan salah! Kalau kamu jeli, email marketing merupakan channel marketing yang efektif. Menurut data yang ada, email marketing masuk dalam tiga channel paling efektif dalam strategi marketing. Jadi penasaran kan? Yuk, simak trend email marketing yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu membaca artikel ini sampai akhir!

Apa itu Email Marketing dan Bagaimana Trend Email Marketing Terbaru

Digital marketing saat ini memang menjadi solusi terbaik dalam menarik pelanggan, memperkenalkan brand atau produk kepada masyarakat hingga mampu meningkatkan penjualan. Salah satu channel dalam digital marketing adalah melalui email yang populer disebut sebagai email marketing. Apa itu email marketing dan apa saja update trend email marketing terbaru akan dibahas dengan jelas di artikel ini.

Trend email marketing
Sumber: Envato

Pengertian email marketing

Email marketing adalah penggunaan email untuk mempromosikan produk atau layanan sekaligus mengembangkan hubungan dengan pelanggan atau leads (klien potensial). Seperti pengertian email yang kamu tahu, ini pada dasarnya adalah surat langsung yang ditulis, dikirim, dan diterima secara elektronik, bukan melalui layanan pos atau pengiriman surat lainnya.

Pemasaran email memungkinkan kamu menargetkan kelompok pelanggan tertentu atau bahkan individu tertentu. Menawarkan penawaran ulang tahun khusus kepada pelanggan untuk produk atau layanan tertentu adalah salah satu cara untuk melakukan ini.

Misalnya, mungkin sebuah restoran mengirim email ke pelanggan pada hari ulang tahun mereka dan menawarkan diskon 50% untuk hidangan utama. Personalisasi semacam ini membantu bisnis bekembang hingga meningkatkan penjualan dan memelihara hubungan dengan pelanggan. Bukan hanya penawaran dihari ulang tahun pelanggan, konten terkait email marketing ini dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Trend email marketing terbaru

Berbagai trend email marketing selalu berubah seiring dengan kebiasaan penggunanya dan pelaku bisnis lainnya. Kamu harus selalu update trend email marketing terbaru agar mendapatkan hasil maksimal dalam menjalankan email marketing. Berikut beberapa prediksi update trend email marketing terbaru.  

1. Pendekatan personal terhadap pelanggan

Trend email marketing ini adalah usaha untuk membuat email yang diterima oleh pelanggan membuatnya merasa sangat diperhatikan dan tahu banyak hal tentang kebutuhan mereka. Biasanya hal ini disebut sebagai personalization. Ibarat kamu sedang berinteraksi dengan seseorang secara langsung, kamu akan merasa lebih senang ketika orang yang berinteraksi denganmu mengetahui namamu atau memanggil namamu.

Sama halnya dengan konten email marketing. Kamu bisa memanfaatkan integrasi email kamu dengan data pelanggan yang kamu miliki untuk menyapa pelanggan dengan menyebutkan namanya. Mungkin kamu bisa menyapa mereka pada subjek email atau badan email. 

Namun, trend email marketing personalization ini bukan perkara semudah itu saja. Ini merupakan pekerjaan yang cukup rumit. Menggunakan nama pelanggan di salinan atau konten pada email saja tidak cukup. Beberapa personalization lain yang bisa kamu tekankan adalah melakukan segmentasi mengenai ketertarikan pelanggan dengan tepat, mengoptimalkan waktu pengiriman email agar terkonversi ead tinggi, dan beri solusi terhadap permasalahan pelanggan.

2. Email penghargaan kepada pelanggan

Menurut data yang ada, email ulang tahun mampu menghasilkan pendapatan sekitar 342% lebih banyak daripada email promosi biasa. Artinya, email apresiasi pelanggan memainkan peran penting dalam kesuksesan finansial perusahaan. 

Oleh karena itu, email apresiasi pelanggan memberi kamu kesempatan sempurna untuk memuji dan memberikan apresiasi, memberikan uluran tangan, dan membuat koneksi emosional yang sangat dibutuhkan. Mereka nantinya akan turut membantu juga merk kamu untuk memperkuat hubungan, membangun kepercayaan, menginspirasi loyalitas, dan meningkatkan keterlibatan.

3. Tampilan yang responsive dan menghibur

Trend email marketing selanjutnya adalah terkait tampilan dari konten email yang dikirim. Jika kamu pikir responsive konten email marketing itu tidak penting maka kamu salah besar! menurut data, tampilan seluler memiliki open rate atau kemungkinan dibuka yang lebih tinggi daripada desktop atau tablet.

Oleh karena itu, meskipun 56% responden lebih memilih untuk menyelesaikan pembelian melalui desktop, namun pentingnya berkontribusi pada tampilan seluler tidak dapat diabaikan. Tampilan seluler yang buruk membuat 52% pengguna cenderung kehilangan trust pada suatu perusahaan.

Trend email marketing
Sumber: Envato

Dalam hal menerapkan tampilan seluler yang responsive, penting juga untuk mengingat tren di area berikut ini. Tahun ini seperti tahun sebelumnya, mode gelap akan sangat diminati. Menurut statistik Litmus, 36% pengguna Apple iPhone membaca email dalam mode gelap.

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah konten yang menghibur. Trend email marketing yang menghibur sudah terbukti kamu menarik perhatian pembacanya. Mereka tidak mau membuka email untuk hal yang membosankan dan konten hard selling. Beri pembaca email hal yang menarik seperti GIF, konten yang interaktif hingga gamifikasi.

4. Lakukan otomatisasi

Beberapa contoh adalah saat kamu mengotomatiskan email selamat datang yang dikirim saat pelanggan mendaftar ke bisnis kamu, rekomendasi produk serupa setelah pengguna membeli dari situs kamu, atau pengingat cepat bahwa pelanggan memasukkan sesuatu ke keranjang mereka tetapi tidak pernah selesai melakukan checkout. Ini adalah contoh apa yang dimaksud dengan otomatisasi email. 

Menurut data, email otomatis memiliki tingkat klik 119% lebih tinggi daripada email biasa yang kamu kirim karena email otomatis selalu terkirim setelah pelanggan melakukan interaksi terhadap bisnis kamu jadi email tersebut selalu mereka anggap sebagai kabar yang penting.

Fakta Menarik Tentang Email Marketing

Setelah mengetahui trend email marketing terbaru, perlu kamu ketahui juga tentang fakta menarik dari email marketing. Email pertama dikirim pada tahun 1971 oleh seorang insinyur komputer bernama Ray Tomlinson. Pesan yang dia kirimkan hanya berupa rangkaian angka dan huruf, tapi itu adalah awal dari era baru komunikasi. Tomlinson juga orang yang memperkenalkan penggunaan simbol “@” di alamat email. Ada beberapa fakta menarik setelah penggunaan email untuk marketing, diantaranya adalah: 

  • Email yang dikirim hari senin memiliki pendapatan tertinggi per email. (Experian, 2012)
  • Konversi open rate untuk email dengan pesan yang personalization adalah 18,8%, dibandingkan dengan 13,1% tanpa personalization apa pun. (Statista, 2016)
  • Saat ini, 49% perusahaan mengotomatiskan kampanye email mereka. (Statista, 2016)

Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Email telah menjadi alat pemasaran yang populer untuk bisnis karena memaksa pengguna untuk mengambil beberapa tindakan, sebuah email akan berada di kotak masuk hingga dibaca, dihapus, atau diarsipkan.

Email marketing dapat membantu kamu membangun hubungan dengan audience sekaligus mengarahkan lalu lintas ke stream yang kamu inginkan seperti blog, media sosial, atau tempat lain. Kamu bahkan dapat mengelompokkan email dan menargetkan pengguna berdasarkan demografis sehingga kamu hanya mengirimkan pesan yang paling sesuai dengan target audience.

Rekomendasi Platform Email Marketing

Tentunya kamu harus memiliki email khusus untuk aktivitas marketing. Jangan sampai kamu hanya menggunakan email @xmail saja. Ini akan membuat bisnismu terlihat kurang profesional. Tenang, Domainesia bisa jadi solusi buat kamu! Mailspace, email hosting Domainesia yang mudah digunakan, membuat kepercayaan pelanggan meningkat dan keuntungan naik berkali lipat.

Apa itu Mailspace Domainesia?

Email hosting atau Mailspace Domainesia merupakan layanan yang dioptimasi untuk melakukan aktivitas mengirim dan menerima email. Berbeda dengan web hosting dimana web hosting adalah layanan penyimpanan data website, email hosting ini khusus untuk layanan penyimpanan email. 

Mengapa harus Mailspace?

Berbagai keunggulan akan kamu dapatkan ketika menggunakan layanan ini. Pertama, kamu bakal memiliki domain khusus untuk email mu. Waktunya tinggalkan format email lama (namabisnis@xmail.com) dan ubah ke email dengan nama domain kamu sendiri (info@namabisnis.xyz). Email dengan nama domain sendiri akan meningkatkan kepercayaan pelanggan karena nama domain berbayar. 

Ada banyak ekstensi yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah .XYZ. Ekstensi domain .XYZ adalah ekstensi yang banyak digunakan oleh industri-industri kreatif. Domain .XYZ cocok digunakan untuk keperluan apapun, mulai dari website pribadi, blog, hingga toko online. Salah satu alasan mengapa kamu harus menggunakan .XYZ adalah harganya yang sangat terjangkau.

Kedua, kamu akan didampingi oleh tim support yang siaga 24 jam dan panduan lengkap terkait penggunaan email hosting. Ketiga, Mailspace Domainesia dilengkapi dengan filter anti spam premium yang menjamin bisnismu terlindungi.

Trend email marketing
Sumber: Envato

Fitur Utama Mailspace

Ini nih, fitur yang juga perlu kamu ketahui tentang email hosting dari Domainesia. Berbagai fitur yang memudahkanmu mengelola email diantaranya adalah

1. Tampilan bebas iklan

Untuk dapat fokus dalam mengelola email, kamu membutuhkan tampilan yang bersih. Tidak seperti email gratis yang beredar, kamu tidak akan menjumpai iklan saat menggunakan Mailspace.

2. File attachment besar

Ini salah satu yang spesial dari mailspace. Jika biasanya kamu menggunakan gmail, tentu kamu tahu bahwa ukuran file yang dapat dilampirkan sebesar 25Mb. Dengan menggunakan mailspace, kamu bisa melampirkan file lebih dari itu. Mailspace memberikan batas 45Mb untuk file lampiran.

3. Backup secara berkala

Data email bagi bisnismu adalah hal yang sangat penting. Kehilangan data berarti kamu akan kehilangan pelanggan. Tak perlu takut kehilangan data email karena mailspace melakukan backup secara berkala secara otomatis. 

4. Auto respond

Seperti yang telah disinggung dalam penjelasan diatas. Otomatisasi email merupakan hal yang penting untuk meningkatkan open rate terhadap email yang kamu kirim. Mailspace telah menyediakan fitur ini. Aktifkan fitur auto responder untuk dapat mengirim email secara otomatis.

5. Kirim 1000 email per hari

Mailspace memberikan batas yang besar terhadap limitasi pengiriman email. Kamu bisa kirim 1000 email per hari untuk memaksimalkan aktivitas marketing.

6. Anti-spam!

Tenang saja, inbox email kamu tidak akan mendapat spam dan email yang kamu kirim tidak akan masuk ke spam.

7. Kapasitas besar

Mailspace Domainesia memberikan pilihan kapasitas yang besar untuk mendukung aktivitas email marketing kamu. Tersedia pilihan kapasitas hingga 30GB per user.

8. Mudah menyimpan Contact

Mailspace memiliki fitur contact yang memudahkan kamu untuk menyimpan daftar kontak yang bisa diakses kapan saja seperti, nomor telepon, email, dan nama perusahaan.

Trend email marketing
Sumber: Envato

Yuk, coba email marketing untuk kemajuan bisnismu!

Dalam bisnis, marketing adalah salah satu hal penting. Ini merupakan aktivitas menjemput pelanggan. Email marketing adalah salah satu strategi dalam digital marketing yang menggunakan email sebagai sarana utama. Untuk menguasai strategi marketing ini, kamu perlu update trend email marketing terbaru.

Trend email marketing terbaru tersebut diantaranya adalah melakukan pendekatan personal melalui email, beri email penghargaan kepada pelanggan, tampilan yang friendly, dan lakukan otomatisasi email. Kamu bisa menggunakan Mailspace Domainesia karena termasuk dalam trend aplikasi email marketing.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!