• Home
  • Berita
  • Apa Nama Domain untuk Organisasi Militer? Coba Cari Tahu Disini!

Apa Nama Domain untuk Organisasi Militer? Coba Cari Tahu Disini!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat website pada internet. Domain ini digunakan untuk mempermudah pengguna internet untuk mengakses website hanya dengan mengetikkan nama domain ke dalam browser web, sehingga pengguna tidak perlu mengingat alamat IP website tersebut.

Domain dapat dianggap sebagai alamat virtual untuk website yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan mengakses setiap website dengan mudah.

Seperti yang kita tahu, bahwa domain memiliki berbagai jenis ekstensi dengan fungsi dan tujuan tertentu. Misalnya ekstensi yang digunakan khusus untuk organisasi militer, pemerintahan, pendidikan, komersial, dan masih banyak jenis ekstensi lain.

Namun pada artikel kali ini, kamu akan menemukan penjelasan lengkap mengenai nama domain untuk organisasi militer. Sudah siap membahas nama domain untuk organisasi militer? Yuk simak ulasannya hingga akhir!

Apa itu Domain .Mil.Id?

Rasanya hampir semua lembaga negara dan juga organisasi membutuhkan adanya website perusahaan. Tak terkecuali website untuk organisasi militer sekalipun.

Pengaruh positif dari perkembangan internet turut membantu organisasi militer dalam memperkenalkan organisasinya dan juga memudahkan komunikasi dengan masyarakat umum.

Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali jenis lembaga dan organisasi di Indonesia, maka dari itu ada banyak jenis ekstensi domain yang digunakan. Nama domain yang digunakan untuk organisasi militer adalah .mil.id.

nama domain untuk organisasi militer

Apa itu domain .mil.id? Domain .mil.id adalah ekstensi domain yang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia untuk mempermudah komunikasi antar anggota tentara dan juga masyarakat umum.

Domain .mil yang berarti militer yang artinya hanya diperuntukkan untuk organisasi militer saja. Sedangkan .id adalah domain yang digunakan khusus oleh negara Indonesia yang dikelola oleh PANDI untuk berbagai organisasi dan juga lembaga, seperti pendidikan, bisnis, pemerintahan, militer, dan banyak lagi yang lain.

Tapi apakah semua negara menggunakan nama domain untuk organisasi militer yang sama? DomaiNesia akan bahas pada artikel kali ini juga ya!

Apa Manfaat dan Kelebihan Domain .Mil.Id?

Bukan sebagai nama domain untuk organisasi militer saja, namun domain ini memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat dan kelebihan nama domain untuk organisasi militer ?

Konten yang disajikan positif dan berkualitas

Manfaat dan kelebihan penggunaan nama domain yang digunakan untuk organisasi militer adalah konten yang disajikan terhindar dari hal-hal negatif. Hal negatif disini seperti perjudian, pornografi, pembunuhan, dan konten-konten lain yang bernilai negatif.

Sebab setiap pengguna nama domain untuk organisasi militer ini akan tercatat otomatis, dan bila melanggar peraturan akan dihubungi dan diberi peringatan langsung oleh PANDI.

Dengan begitu, konten yang diberikan akan selalu bernilai positif, informatif, dan juga detail.

Website menjadi ramah SEO

Semua pemilik website pasti menginginkan websitenya menduduki peringkat teratas pada mesin pencarian dengan tujuan agar informasi yang disampaikan bisa dijangkau oleh pengguna internet.

Pun demikian dengan website organisasi militer yang menginginkan hal tersebut, misalnya saja apabila ada informasi mengenai penerimaan anggota baru dan informasi penting lainnya.

Sumber: Envato

Peringkat yang baik dalam mesin pencarian tidak lepas dari peranan SEO. Domain yang menggunakan ekstensi .id sudah diuji dan dipastikan oleh PANDI bahwa akan selalu menduduki peringkat terbaik pada mesin pencarian. Namun kembali lagi pada pemaksimalan SEO pada setiap websitenya. 

Meningkatkan kepercayaan

Seperti yang kita tahu bahwa penggunaan domain .id tidak bisa digunakan secara sembarangan karena domain ini sudah dilengkapi dengan payung hukum yang kuat.

Apalagi domain .mil yang memang dikhususkan untuk organisasi militer yang pendaftarannya saja membutuhkan banyak persyaratan dan dokumen.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa nama domain yang digunakan untuk organisasi militer adalah domain yang terpercaya dan bebas dari penipuan.

Itulah mengapa, nama domain untuk organisasi militer ini bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat luas sebab website yang menggunakan ekstensi ini sudah dipastikan sebagai website resmi.

Memiliki tingkat keamanan tinggi dan kecepatan stabil

Penggunaan domain .mi.id dinilai memiliki kecepatan akses dan juga keamanan yang tinggi. Hal tersebut karena memang domain dengan ekstensi .id menggunakan server yang ada di Indonesia sehingga memiliki kecepatan akses tinggi.

Selain itu, load pada website dengan domain .id jauh lebih stabil karena trafik hanya di Indonesia saja, jika dibanding dengan domain internasional yang trafik umumnya berada di seluruh dunia.

Bentuk cinta dan tanggung jawab kepada Indonesia

Tentara dan juga penegak hukum lainnya bertaruh nyawa untuk mempertahankan keutuhan negara ini, selalu ingin memberikan yang terbaik, dan akan selalu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Dengan menggunakan domain .id yang notabenenya adalah domain milik Indonesia, juga menjadi wujud kecintaan akan produk dalam negeri. Secara tidak langsung, penggunaan domain .id ini bisa menjadi pembukti bahwa Indonesia mampu mengelola dan menggunakan domainnya sendiri secara maksimal.

Dengan begitu, dunia luar akan memandang negara kita sebagai negara yang memiliki potensi. Jadi, manfaat kehadiran nama domain untuk organisasi militer yang terakhir adalah sebagai bentuk cinta sekaligus tanggung jawab kepada negara. 

Contoh Penggunaan Nama Domain untuk Organisasi Militer Indonesia

Website resmi Tentara Nasional Indonesia menggunakan nama domain untuk organisasi militer yaitu .mi.id. Sudah tahu apa nama domain milik TNI? Yups benar, jika kamu ingin mengakses website resmi guna menggali informasi dan juga berita mengenai TNI kamu bisa langsung mengunjunngi tni.mil.id.

Ternyata tidak hanya berfokus pada website itu saja karena TNI masih terbagi lagi menjadi beberapa angkatan yaitu angkatan darat, laut, dan udara.

Ketiganya juga memiliki website resminya masing-masing dengan tujuan untuk memberikan informasi, berita, dan juga memperkenalkan angkatannya lebih detail lagi.

Berikut ini beberapa website TNI yang menggunakan nama domain untuk organisasi militer.

TNI Angkatan Darat

Contoh penggunaan nama domain untuk organisasi militer yang pertama adalah tniad.mil.id. Disana kamu akan menemukan informasi seputar TNI AD seperti informasi rekrutmen TNI, link satuan, struktur organisasi, berita terbaru, dan masih banyak lagi informasi yang bisa kamu dapatkan.  

TNI Angkatan Laut

Selanjutnya, nama domain yang digunakan untuk organisasi militer adalah tnial.mil.id. Situs milik TNI AL ini hampir mirip dengan website sebelumnya. Seperti ada rekrutmen, galeri foto, informasi, berita, majalah, dan banyak lagi.

TNI Angkatan Udara

Nama domain untuk organisasi militer yang terakhir adalah tni-au.mil.id. Website tersebut adalah website resmi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara, yang merupakan bagian dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Website ini menyediakan informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan TNI AU, seperti berita terbaru, profil prajurit, fasilitas, dan lain-lain.

Selain tiga contoh website resmi tersebut, ternyata .mil.id juga dapat digunakan oleh organisasi militer dibawah naungan TNI seperti Badan Pusdikajen. Badan Pusdikajen ini menggunakan nama domain untuk organisasi militer yaitu pusdikajen.mil.id.   

Apakah Organisasi Militer Luar Negeri juga Menggunakan .Mil?

Sebenarnya nama domain yang digunakan untuk organisasi militer adalah .mil. Tapi hal tersebut tidak wajib diimplementasikan, sebab ada beberapa negara yang tidak menggunakan nama domain .mil ini. Berikut beberapa  nama domain yang digunakan pada berbagai negara, seperti:

  • Malaysia menggunakan domain mafhq.mil.my.
  • Singapura menggunakan domain ​​mindef.gov.sg.
  • Jepang menggunakan domainn mod.go.jp.
  • Amerika Serikat menggunakan domain army.mil.
  • China menggunakan domain eng.chinamil.com.cn.
  • India menggunakan domain indian army.nic.in.
  • Australia menggunakan domain army.gov.au.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Domain .Mil.Id?

Domain .mil.id ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang, sebab domain ini dikelola langsung oleh Pusinfolahta Mabes TNI. Ada 3 dokumen yang harus disiapkan dan discan, seperti:

  • Dokumen persyaratan pertama adalah Surat Keputusan Panglima.
  • Dokumen persyaratan kedua adalah Surat Perintah Penugasan.
  • Dokumen persyaratan ketiga adalah Kartu Tanda Prajurit.

Lalu, tahapan yang harus dilakukan yaitu:

  • Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan dokumen penting seperti Kartu Tanda Prajurit, Surat Panglima, dan Surat Perintah.
  • Apabila semua dokumen sudah dipenuhi maka lakukan pengecekan nama domain yang akan digunakan melalui website domain.mil.id. 
  • Setelah selesai maka tunggu konfirmasi yang akan diberikan oleh Pusinfolahta. Pada tahap ini Pusinfolahta akan melakukan pengecekan dokumen. Jika sudah lolos maka akan diberikan informasi kontrol panel website.

Apakah Kamu Mengalami Kesulitan untuk Memahami Domain .Mil.Id?

Penjelasan di atas DomaiNesia rasa sudah cukup lengkap dan jelas. Apakah benar seperti itu? Mari kita review bersama bahwa nama domain yang digunakan untuk organisasi militer adalah .mil.id.

Domain ini dikhususkan untuk organisasi militer yang ada di Indonesia saja. Ada beberapa contoh domain yang menggunakan ekstensi ini yaitu Tentara Nasional Indonesia dan juga setiap angkatan di dalamnya.

Ada banyak manfaat dari adanya penggunaan domain militer khusus Indonesia saja yaitu kecepatan yang stabil, keamanan yang tinggi, meningkatkan kepercayaan masyarakat luas, dan terhindar dari konten negatif.

Beberapa manfaat dan kelebihan tersebut didapatkan karena menggunakan domain .id. Nah bagi kamu yang menginginkan performa website yang ngebut maka kamu juga bisa loh menggunakan domain .id.

Dimana bisa mendapatkan domain tersebut? Kamu bisa beli domain murah di DomaiNesia sekarang juga! Disana kamu bisa mendaftarkan domain .my.id, .co.id, dan .id.

Selain harganya yang cenderung murah, domain .id memang memiliki kecepatan yang stabil karena server yang memang berada di Indonesia. Tertarik mencobanya? Yuk segera daftarkan domain mu sekarang juga!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds