• Home
  • Berita
  • 5 Layanan Website Monitoring Terbaik

5 Layanan Website Monitoring Terbaik

Oleh Ratna Patria
5/5 (1)

Memiliki website sendiri adalah hal yang penting bagi pemilik usaha. Dewasa ini hampir semua pemilik usaha telah memiliki website sendiri. Dengan begitu kamu dapat lebih bebas melakukan promosi dan menampilkan semua produk kamu di website yang kamu miliki. Saat ini para konsumen pun cenderung lebih memilih online shop yang memang memiliki website sendiri atau toko online di platform-platform e-commerce yang sudah populer di kalangan masyarakat.

Website Profesional adalah Website yang Dirawat

Bagi pemilik toko online, tentu harus memikirkan bagaimana mengelola website bisnis kamu. Karena untuk mengelola sebuah website, harus dilakukan oleh seseorang yang memang memiliki keahlian dibidang tersebut.

Walaupun saat ini banyak platform yang menyediakan tools untuk monitoring yang gratis yang dapat kamu gunakan, namun untuk membuat bahwa kamu adalah pemilik bisnis yang profesional dan membuat website sesuai dengan konsep usaha kamu maka kamu perlu menggaji seorang web programmer.

tools untuk monitoring
Sumber: Pixabay

Mengelola website bukan hanya urusan design saja, tentu saja kamu tidak ingin berurusan dengan website down dan lain-lain yang dapat menghambat berjalanya bisnis kamu.

Tools untuk Monitoring Terbaik

Membicarakan tools untuk monitoring berikut beberapa layanan website monitoring terbaik yang dapat kamu pertimbangkan sebelum kamu menggunakan layanan website monitoring. Kabar baiknya beberapa dari web monitoring ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

  1. Freshping

Jika kamu adalah baru memulai bisnis kamu dan mencari tools untuk monitoring gratis kamu dapat menggunakan Freshping. Bahkan paket gratisnya dapat kamu nikmati seumur hidup. Freshping akan memonitoring lokasi kamu pada 10 lokasi yang berbeda di seluruh dunia salah satunya Singapore.

Menariknya kamu juga akan mendapatkan 50 checks monitoring dengan interval 1 menit dan log 6 bulan yang artinya kamu dapat melihat rata-rata uptime website kamu dari selama 6 bulan terakhir.

  1. Hetrixtools

Hetrixtools dibentuk tahun 2015 yang bertujuan memberikan kemudahan untuk webmaster dengan seperangkat tools untuk monitoring yang dibuat sederhana dan efisien. Platform ini juga menyediakan tools untuk monitoring gratis. Selain itu Hetrixtools juga memberikan free 32 blacklist monitor dengan checkup frequency setiap 24 jam.

tools untuk monitoring
Sumber: Pixabay
  1. Status Cake

Status cake adalah salah satu platform layanan monitoring yang memberikan akses gratis. Platform ini memiliki UI dashboard yang ramah dan menarik, selain itu Status Cake menyediakan fitur page speed monitoring yang tidak akan kamu dapatkan dari layanan gratis lainnya.

  1. Site 24×7

Site 24×7 termasuk salah satu tools untuk monitoring yang bisa disebut sangat powerfull. Platform ini bukan hanya untuk monitoring uptime website saja akan tetapi Site 24×7 menawarkan banyak fitur menarik, antara lain memberikan layanan monitoring aplikasi web menggunakan real browser seperti google chrome, firefox, opera mini dan lainnya.

Selain itu, platform ini juga akan memberikan laporan instan (instant downtime alerts) langsung ke email kamu. Banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan Site24x7. Akan tetapi kamu harus mengeluarkan budget jika ingin menggunakan platform ini.

  1. Pingdom

Pingdom dikenal sebagai tools untuk monitoring terbaik dan terpopuler bagi pemilik e-commerce. Platform ini memiliki page speed test yang cukup dikenal yaitu Google Pagespeed Insight atau GTMetrix. Platform ini juga tidak gratis kamu harus berbayar untuk menikmati semua layanan menarik yang ditawarkan oleh pingdom.

tools untuk monitoring
Sumber: Pixabay

Pingdom akan memberikan pemberitahuan ke email kamu atau melalui SMS saat website kamu mengalami down dan saat web kamu sudah up kembali. Pingdom menawarkan Transaction Monitoring tentu saja fitur satu ini sangat dibutuhkan oleh para pemilik e-commerce karena fitur ini membuat kamu mengetahui flow dari customer kamu.

Website yang Baik Membuat Bisnis Berkembang

Demikian beberapa tools untuk monitoring website yang kamu dapat gunakan. Jika kamu pebisnis pemula mungkin kamu dapat menggunakan platform yang gratis. Akan tetapi jika bisnismu sudah berjalan atau kamu ingin bisnis kamu berkembang lebih luas mungkin kamu harus memasukan biaya layanan monitoring website ke list budget kamu.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!