• Home
  • Berita
  • Peran Teknologi Informasi Untuk Autisme

Peran Teknologi Informasi Untuk Autisme

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Menggunakan inovasi teknologi informasi dengan anak-anak bukan hal mudah. Bagi orang tua dengan anak-anak Autism Spectrum Disorder (ASD), tantangan tersebut akan semakin kompleks. Sementara, setiap anak dengan ASD memiliki perlakuan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Umumnya mereka akan memiliki kesulitan seperti stimulasi yang berlebihan dan kesulitan berkomunikasi. Untungnya, menurut Family Online Safety Institute (FOSI), teknologi tertentu bisa secara langsung mengatasi stress yang umumnya dialami oleh anak-anak ASD. Beberapa teknologi tersebut bisa mengurangi stimulasi berlebihan dan mendorong pembelajaran dan komunikasi. Menurut FOSI, cara mengatasi terbaik adalah dengan mengimplementasikan inovasi teknologi informasi secara perlahan dan dengan perhatian yang cermat pada pengalaman si buah hati.

Mengurangi Stimulasi Berlebih dan Stres pada Anak ASD

inovasi teknologi informasi
Sumber: Pixabay

Ketika orang tua telah mengidentifikasi kebutuhan khusus anaknya, inovasi teknologi informasi bisa membuat pengasuhan lebih mudah. Inovasi teknologi informasi bisa membantu orang tua menciptakan lingkungan yang aman dan mendorong anak untuk berkembang. Teknologi ini memungkinkan anak ASD mengatasi lingkungan mereka dan membantu orang tua dalam pola asuh yang unik, yang biasanya sulit. Menurut Family Online Safety Institute, berikut 3 teknologi yang bisa membantu anak-anak ASD berkembang.

  1. Apple Idevice
    Beberapa inovasi teknologi informasi Apple bisa digunakan oleh anak-anak ASD, seperti iPad, iTouch, dan iPhone. Alat sederhana seperti iPad bisa membantu anak-anak ASD meningkatkan pemahaman tentang stimulasi seperti mendengarkan dan membaca, berkomunikasi dengan berbicara dan menulis. Perangkat elektronik yang user friendly bisa memprediksi perintah dengan otomatis. Hal ini akan mengurangi tingkat stres anak-anak ASD. iPad dan perangkat Apple lain menawarkan aplikasi dan alat belajar yang dapat membantu anak-anak ASD membangun keterampilan berinteraksi dengan orang lain dan mengekspresikan diri.
  2. Perangkat Pencari Lokasi
    Tantangan utama orang tua yang memiliki anak-anak ASD adalah ketika anak-anak sedang berlarian. Teknologi GPS akan membantu orang tua untuk mengasuh anak-anak mereka. Perangkat sederhana ini bisa memastikan anak-anak tidak dalam bahaya. Orang tua bisa mengatur GPS di beberapa titik tertentu, baik di rumah atau di sekolah. Teknologi ini bisa diakses di ponsel orang tua atau guru. Semua aktivitas bisa dipantau setiap saat. GPS juga akan mengirimkan notifikasi secara otomatis.
  3. Home Security System
    Perangkat keamanan untuk rumah seperti alarm pada pintu dan jendela, serta kamera CCTV, bisa meningkatkan kemandirian pada anak-anak ASD. Perangkat ini beroperasi selama 24 jam, dan akan memberikan notifikasi terhadap hal-hal kecil seperti pintu atau jendela yang dibiarkan terbuka. Notifikasi dari perangkat ini akan membuat anak-anak ASD berlatih membiasakan menutup pintu kembali. Teknologi perangkat keamanan untuk rumah yang baru, memungkinkan orang tua untuk menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik anak-anaknya.

Baca juga: Mudahnya Hidup di Era Digital

Cara Inovasi Teknologi Informasi Membantu ASD

inovasi teknologi informasi
Sumber: Pixabay

Inovasi teknologi informasi membantu anak-anak dan orang dewasa ASD dengan meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Ada banyak aplikasi dan fitur yang dapat membantu dan mendukung individu dengan autisme di berbagai tingkatan dan kemampuan. Sebuah aplikasi bisa diarahkan untuk anak-anak atau orang dewasa secara nonverbal, sementara aplikasi lain dapat membantu mengembangkan isyarat sosial bagi ASD yang memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik.

Fitur atau aplikasi untuk mengatur jadwal sehari-hari bisa membantu anak-anak dan orang dewasa ASD menjadi lebih mandiri. Fitur jadwal akan membantu anak-anak menyelesaikan tugas dan untuk melatih merawat diri di kehidupan sehari-hari. Misalnya, jadwal kegiatan untuk malam hari, fitur tersebut akan membantunya mengatur waktu dan secara bertahap hafal dengan rutinitas malam hari. Kegiatan sehari-hari bisa dicatat di jadwal, mulai dari makan setelah sekolah, pekerjaan rumah, hingga menyikat gigi sebelum tidur.

Baca juga : apa itu pager

Teknologi bahkan bisa membantu anak-anak dan orang dewasa ASD berlatih membuat keputusan. Anak-anak atau orang dewasa yang kesulitan dalam berkomunikasi, bisa menggunakan inovasi teknologi informasi seperti smartphone atau tablet untuk membuat “suara’ mereka terdengar saat harus membuat keputusan. Untuk anak-anak, pengambilan keputusan penting untuk mengembangkan keterampilan membela diri ketika mereka mulai beranjak dewasa. Misalnya saat akan memesan makanan, biarkan mereka memilih apa yang ingin mereka makan dengan menunjuk gambar makanan yang diinginkan. Smartphone atau tablet juga berfungsi sebagai motivasi bagi anak-anak. Penggunaan aplikasi game favorit bisa dijadikan sebagai hadiah untuk perilaku positif seperti menyelesaikan pekerjaan rumah.

Baca juga: Beli VPS Murah di Domainesia

Kesimpulan

Majunya dunia digital diharapkan juga akan menyeimbangkan kualitas hidup pemakainya. Sudah banyak inovasi dibuat untuk berbagai kesulitan-kesulitan, tidak terkecuali untuk anak-anak dan orang dewasa dengan autisme. Inovasi teknologi informasi bisa membantu memudahkan orang tua mengasuh buah hatinya. Teknologi bisa melatih mengembangkan keterampilan baik verbal maupun nonverbal. Dengan pola pendampingan orang tua yang intens tentu perkembangan yang baik akan terus berlanjut.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds