• Home
  • Tips
  • Yuk, Intip Cara Membuat Website Restoran dan Contoh Websitenya

Yuk, Intip Cara Membuat Website Restoran dan Contoh Websitenya

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Munculnya website saat ini cukup mendominasi di segala aspek terutama pemasaran online.

Banyak bisnis kuliner yang memanfaatkan website restoran untuk melakukan berbagai kebutuhan mulai dari pemasaran produk, pengenalan produk dan perusahaan, hingga kegiatan jual beli.

Lalu apakah kamu sudah tau bagaimana cara membuat website restoran? Nah untuk itu kamu bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui cara membuat website restoran agar usahamu semakin dikenal banyak orang.

Pada artikel kali ini DomaiNesia akan memberikan contoh website restoran yang bisa kamu jadikan contoh. Penasan? Simak artikel berikut ini.

Cara Membuat Website Restoran

Ternyata cara membuat website restoran itu sangat mudah loh DomaiNesian! Hanya dengan 6 langkah kamu bisa membuat website menarik untuk bisnismu.

Apa saja yang harus kamu siapkan dan kamu lakukan? Mari simak langkah cara membuat website restoran berikut ini!

Pilih domain yang mudah diingat dan unik

Cara membuat website restoran, yang harus kamu perhatikan pertama yaitu domain.

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengarahkan ke halaman website. Untuk membuat website jenis ini, kamu harus memilih alamat domain yang mudah diingat dan unik agar penggunamu mudah mengingat alamat website mu.

Untuk itu kamu harus mencari nama domain yang sesuai dengan restoran mu dan yang paling penting jangan terlalu cepat menentukan nama domain yang akan kamu gunakan dan lakukan riset sebelum menentukan.

Sampai saat ini, domain .com masih menjadi pilihan untuk membuat website. Namun, sebenarnya masih banyak domain yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif yang sesuai dengan jenis websitemu.

Misalnya kamu akan membuat website blog sebagai alternatif nya kamu bisa gunakan domain .site. Contohnya lainnya kamu ingin membuat website yang serba online seperti toko online, restoran online, kamu bisa gunakan domain .online sebagai alternatifnya. Radix memiliki banyak ekstensi domain unik yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan website.

Gunakan hosting yang memang cocok untuk bisnis

Setelah membuat nama domain maka cara membuat website restoran selanjutnya yaitu memilih dan menggunakan hosting yang cocok untuk berbisnis.

Jika diibaratkan maka hosting ini sebagai brankas yang akan menyimpan semua data pada website nantinya.

Nah untuk membuat website ini, setidaknya ada beberapa hal yang harus dipenuhi dan dimiliki oleh hosting yang akan kamu pilih. Ini dia beberapa hal yang harus dimiliki hosting untuk website ini seperti.

  • Memiliki kapasitas disk yang besar karena nantinya akan digunakan untuk menyimpan konten website.
  • Mampu menampung ribuan pengunjung/bulan.
  • Menyediakan bandwith yang besar sehingga tidak membuat website down.
  • Memiliki SSL untuk mengamankan aktivitas dan transaksi melalui website.
  • Menjamin performa tinggi atau memiliki kecepatan sehingga pengunjung nyaman dalam menggunakan website.
  • Menyediakan fitur backup jika terjadi kerusakan.

Nah, rekomendasi layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan berbisnis ini dimiliki oleh DomaiNesia.

DomaiNesia menyediakan layanan hosting cocok untuk bisnis yaitu paket Mega. Dengan paket hosting Mega maka website kamu akan mendapatkan disk space sebesar 12GB, juga 4GB untuk RAM, dan masih banyak lagi keunggulan yang bisa kamu dapatkan.

Tenang, dengan spesifikasi hosting yang tinggi di DomaiNesia, kamu hanya perlu membayar Rp 126.000 per bulannya. Wah cukup terjangkau kan untuk digunakan dalam skala bisnis!

Tambahkan tema untuk website mu

Langkah dalam cara membuat website restoran berikutnya yaitu menambahkan tema untuk website.

Jika kamu sudah memiliki hosting dan juga domain maka selanjutnya kamu harus fokus untuk menampilkan website yang menarik bagi pengunjung.

Nah untuk itu kamu harus memilih tema yang sesuai dengan website yang akan kamu usung. Apabila kamu ingin membuat website e-commerce maka kamu harus memilih tema yang sesuai misalnya tema yang dilengkapi dengan fitur keranjang dan fitur transaksi. 

Tambahkan beberapa plugin restoran untuk melengkapinya

Plugin adalah suatu tools yang membantu software atau sistem untuk meningkatkan performa dan kinerjanya dengan menjalankan beberapa fitur tambahan agar fungsinya lebih maksimal.

Jika diibaratkan maka plugin adalah pelayan yang akan melayani setiap kebutuhan pelanggan. Nah tidak kalah dengan restoran offline, kamu juga bisa loh menambahkan beberapa plugin agar website restoran milikmu lebih maksimal, seperti.

  • WPPizza dilengkapi dengan opsi pembayaran, laporan penjualan, biaya pengiriman, dan banyak yang lain.
  • Food and Drink Menu yang mendukung kamu untuk membuat menu berbentuk kolom yang tidak terbatas.
  • RestroPress yang dapat membuat website restoran kamu mengelola sistem pemesanan makanan hingga proses pengirimannya.
  • Restaurant Reservations yang menyediakan dan mengelola sistem reservasi.

Buat menu dan submenu untuk memudahkan pengguna

Menu yang dimaksud disini adalah menu navigasi bukan menu restoran ya DomaiNesian! Ada beberapa menu yang harus ada pada website restoran yang kamu buat. Apa saja?

Beranda

Halaman pertama yang terbuka saat pelanggan mengakses website restoran milikmu yaitu halaman beranda.

Untuk itu, lengkapi halaman ini dengan berbagai konten yang menarik seperti penawaran diskon agar pelanggan tertarik dan pasti bisa menaikkan penjualanmu.

Menu

Halaman menu sepertinya menjadi halaman yang paling diminati dan halaman yang sering dibuka oleh pelanggan.

Tidak bisa dipungkiri jika kamu menemukan sebuah restoran maka hal pertama yang kamu lihat adalah menu yang ditawarkan bukan?

Untuk itu pajang foto makanan atau minuman yang menarik dan jangan lupa ya untuk menambahkan harganya!

Order dan reservasi

Yang pasti halaman ini diperuntukkan untuk pelanggan yang ingin memesan atau melakukan reservasi secara cepat.

Kontak

Lewat mana saja pelanggan bisa menghubungi usaha milikmu dan mengenal usaha milikmu lebih jauh?

Jawabannya melalui halaman kontak karena pada halaman ini kamu akan mencantumkan beberapa sosial media seperti Instagram, WhatsApp, Email, dan beberapa sosial media yang dimiliki.

Nah biasanya website restoran atau perusahaan dilengkapi dengan Google Maps yang mengarahkan pelanggan menuju lokasi bisnismu. 

Tentang kami

Halaman tentang kami ini biasanya berisi tentang penjelasan produk hingga pencapaian produk yang dikemas dalam bentuk cerita yang menarik.

Maka dari itu halaman ini sebenarnya sangat bermanfaat loh untuk menjawab berbagai pertanyaan pelanggan dan membuat pelanggan mengenal usahamu lebih jauh. Jangan lupa kata pepatah bahwa tak kenal maka tak sayang!

Buat konten yang menarik dan menjual

Jika semua sudah kamu persiapkan dan sudah aman, maka langkah dalam cara membuat website restoran yang harus kamu perhatikan adalah konten yang disajikan.

Percuma dong jika kamu memiliki hosting dan domain dengan spesifikasi tinggi namun konten di dalam website tidak menarik.

Ibaratnya disini konten sebagai magnet yang akan menarik pelanggan agar membeli menu yang kamu tawarkan.

Kamu bisa melengkapi website restoran milikmu dengan video testimoni pelanggan, video review dari pelanggan, atau bahkan video mengenai restoranmu dari berbagai sosial media milik pelanggan mu seperti video TikTok misalnya.

Yang terakir jangan lupa untuk menerapkan SEO ya agar website restoran mu lebih dikenal dibandingkan pesaing!

Contoh Website Restoran

Untuk itu DomaiNesia memiliki berbagai contoh website restoran yang beredar dan menurut kami website restoran tersebut sudah kompeten dan matang.

Restoran Padang Sederhana

Siapa sih yang tidak tahu restoran makanan padang Sederhana ini! Yups, restoran sederhana menjadi contoh website restoran yang cukup lengkap.

Kenapa demikian? Alasannya karena contoh website restoran satu ini memiliki menu yang cukup ringkas seperti beranda, menu, box catering, lokasi, dan kontak.

website restoran

Selain itu juga menu yang ditampilkan memiliki kualitas foto yang baik dan dikelompokkan lagi menjadi beberapa bagian sehingga memudahkan pelanggan untuk mencari.

Namun, contoh website restoran ini masih memiliki kekurangan seperti pemilihan warna yang kurang kontras pada halaman beranda dan juga konten terlalu kaku dan hanya berfokus pada penjualan saja.

Mie Gacoan

Mie Gacoan adalah restoran yang terkenal karena menu mie pedas yang ditawarkan.

Nah jika kamu mencoba membuka website dari restoran ini maka kamu akan melihat beberapa menu yang tersedia seperti beranda, tentang kami, menu, kontak, outlet, hingga galeri.

Bisa kita lihat bahwa website ini cukup kompeten dan memiliki tampilan serta konten yang dikemas secara singkat, padat, dan jelas.

Selain itu, gambar dari setiap menu juga memiliki kualitas yang tinggi dan penjelasan di setiap menunya juga memudahkan pelanggan untuk mengetahui gambaran dari menu tersebut.

Namun contoh website restoran ini juga memiliki kekurangan dari segi animasi yang ditampilkan cukup berlebihan dan juga font yang dipilih kurang enak untuk dibaca.

Waroeng Steak and Shake

Waroeng Steak and Shake adalah restoran yang menyediakan menu steak dengan harga yang cukup terjangkau.

Waroeng Steak and Shake juga menjadi contoh website restoran yang memiliki menu yang cukup simpel namun tetap informatif dan lengkap.

Dengan berbagai menu yang ditampilkan seperti beranda, promo, menu, info terkini, kontak, hingga lokasi.

Pada halaman Menu kamu bisa menemukan berbagai steak dan hidangan lain yang ditawarkan lengkap dengan deskripsinya. Kekurangan yang dimiliki contoh website restoran satu ini yaitu page loadnya yang cenderung lambat.

Sudah Siap Membangun Website Restoran?

Jadi, apakah kamu tertarik membuat website untuk restoran mu?

Perlu kamu ingat untuk membuat website tersebut kamu harus memiliki persiapan yang cukup matang mulai dari hosting, domain, tema, plugin, hingga konten yang akan kamu suguhkan.

Jika kamu perhatikan 3 contoh website restoran di atas, ada beberapa website yang memiliki kekurangan pada sisi page load yang cukup lambat.

Tentu kamu tidak ingin dong itu terjadi pada websitemu? Hal itu bisa kamu hindari jika kamu menggunakan paket hosting mega dari DomaiNesia.

Hosting ini memang direkomendasikan untuk bisnis karena memiliki kapasitas disk yang besar dan berbagai spesifikasi yang menunjang bisnis. Jadi tunggu apa lagi? Yuk beli hosting di DomaiNesia apalagi ada promo menarik!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Adam
September 19, 2022

Thank you, sharing ilmu nya sangat bermanfaat untuk para pemula :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!