Cara Memilih Domain Untuk Website Kamu!

domain adalah
Cara memilih domain untuk website – Pernahkah kamu mendengar kata domain? Ketika ingin membuat website, pasti muncul kata domain dan hosting. Kedua hal ini merupakan komponen utama ketika website ingin dibangun. Tanpa domain dan hosting, website tidak akan bisa diakses orang lain melalui internet. Apabila kamu sering membaca tentang tutorial cara membuat website, pastinya hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih domain. Memilih domain bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin memilih domain. Mengapa? Karena domain adalah pintu gerbang ketika orang ingin mengakses website. Salah satu pengertian domain yang mudah diingat yaitu, nama domain dapat disebut dengan nama website.

Coba bayangkan misalnya kamu sedang mencari sesuatu melalui search engine. Kemudian menemukan website yang pas dan cocok dengan apa yang dicari. Pasti kamu akan memilih website tersebut bukan? Nah maka dari itu, pemilihan domain adalah sesuatu yang penting. Perlu dipikirkan apa nama domain yang pas dan cocok untuk website ataupun toko online kamu.

domain adalah

Sumber: Pexels

Selain itu, pastikan ekstensi domain yang dipilih juga pas. Apakah harus menggunakan ekstensi domain .COM, .NET, ataupun domain antimainstream seperti .SHOP, .STORE dan sebagainya. Mau tahu apa aja yang harus dipersiapkan dalam memilih domain? Nah kali ini DomaiNesia akan memberikan tips dan trik cara memilih domain untuk website kamu. Selain itu, kamu akan dijelaskan terlebih dahulu tentang pengertian domain, apa hubungan domain dengan hosting dan mengapa harus ada domain ketika ingin membuat website. Pastikan kamu pilih domain yang tepat ya! Pemilihan domain yang tepat sedari awal, tentu saja akan berpengaruh pada banyaknya pengunjung dan juga traffic website lho! Jadi, jangan main-main dengan pemilihan domain. Ingat, domain bersifat unik dan hanya dapat dimiliki oleh satu pemilik di dunia. Jangan biarkan nama domain pilihan kamu diambil orang lain ya.

Domain adalah …

Domain adalah alamat dari tempat file website. Anggap saja website adalah sebuah bangunan. Bangunan tersebut akan didirikan pada kavling tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu. Nah, sepetak tanah itu nantinya akan disebut dengan Hosting. Hosting adalah tempat menyimpan file website. Sedangkan domain adalah alamat dari bangunan tersebut (website). Domain akan menuntun pengunjung untuk menuju ke sepetak tanah (hosting), yang sudah didirikan suatu bangunan (website).

domain adalah
Masih belum paham?
DomaiNesia memiliki ilustrasi yang bisa mempermudah kamu untuk lebih tahu tentang dunia domain dan hosting. Coba baca Apa itu Domain, Hosting, Website dan SSL.

Lalu, apa bentuk domain?
Sebuah domain akan terdiri dari nama domain dan ekstensi domain. Pernahkah kamu mengakses website dengan alamat atau URL tertentu? Sebagai contoh, www.domainesia.com. Nah, ‘domainesia’ ini adalah nama domain. Sedangkan (dot)COM adalah ekstensi domain.

Apa itu ekstensi domain?
Ekstensi domain adalah akhiran dari domain. Terdapat berbagai macam ekstensi domain yang bisa dipilih. Kamu bisa baca Jangan Bingung Memilih Ekstensi Domain. Nah terdapat 2 kategori untuk ekstensi domain. Pertama, terdapat ekstensi domain TLD (internasional) misalnya .com, .net, .org dll. Kedua terdapat ekstensi domain ID yang merupakan domain yang dikhususkan untuk regional Indonesia misalnya .id, .co.id, .or.id.

Apa itu level domain?
Domain juga punya level domain. Terdapat 3 level domain yaitu Top Level Domain, Second Level Domain dan Third Level Domain. Level domain ini digunakan untuk mengetahui tingkatan dari domain. Misalnya terdapat domain domainesia.com. Nah, (dot)com termasuk kategori gTLD atau Generic Top Level Domain. Kemudian domainesia termasuk Second Level Domain. Untuk Third Level Domain, adalah kata yang ada di sebelah kiri Second Level Domain. Misalnya panduan(dot)domainesia.com. Nah “panduan” ini biasa disebut Third Level Domain atau biasa disebut Subdomain. Untuk tahu lebih jelas tentang level domain, silakan baca Ayo Mengenal Level Domain.

Cara Memilih Domain Untuk Website

Sekarang kamu sudah mengerti pengertian domain dan bagaimana peran domain dalam sebuah website. Jadi, yang harus kamu persiapkan adalah nama domain dan ekstensi domain. Berikut ini tips dan trik cara memilih domain untuk website kamu!

1. Tujuan Pembuatan Website

Pastikan kamu tahu tujuan pembuatan website.
Website apa yang ingin kamu buat?
Apakah website perusahaan?
Apakah website pendidikan?
Ingin membuat toko online?
Ingin membuat portofolio website?
dan sebagainya
Kamu harus tahu website apa yang ingin kamu buat ya. Bukan hanya sekedar “oke saya ingin buat website” saja.

domain adalah

Sumber: Pexels

Pastikan kamu tahu detail dari website. Seperti:
apa yang akan dibahas dalam website,
apa poin penting yang disampaikan,
apa yang dijual dari website,
apa maksud pembuatan website,
apa tujuan website dibuat,
bagaimana proses bisnis dari toko online,
dan sebagainya
Kamu harus tahu website apa sih yang ingin kamu buat. Hal ini sangat berguna ketika ingin menentukan nama domain yang pas dan cocok untuk website.

2. Pilih Nama Domain Yang Unik

Nah, kalau kamu sudah tahupengertian domain dan tujuan pembuatan website, sekarang saatnya memilih nama domain. Nama domain akan menjadi ciri khas dan karakteristik dari website kamu lho. Selain itu, nama domain juga akan menjadi branding dari website/ toko online. Untuk itu pada tips pertama, kamu diminta untuk tahu apa kelebihan dan kekurangan website serta tujuan website dibuat. Nama domain ini harus bisa merangkum apa dan mengapa sebuah website dibangun.

domain adalah

Sumber: Pexels

Coba pikirkan, satu atau dua kata saja dimana orang lain dapat mengingat website kamu dengan baik.
Coba pikirkan, nama unik dan menarik yang merepresentasikan website
dan pastinya gunakan kata-kata yang mudah dimengerti.  Jangan lupa! Domain adalah sesuatu yang unik dan jadi first impression orang pada saat pertama kali mendengar tentang website. Jadi, Kami sarankan jangan pernah bergonta-ganti nama domain ya!

3. Kreatif dan Menjual

Selain harus bisa merepresentasikan website, nama domain yang dipilih harus kreatif dan menjual ya. Kamu bisa cari poin-poin penting yang unik dari website. Misalnya, website kamu adalah website yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai dunia teknologi. Coba cari kata-kata yang pas. Kamu bisa coba dengan nama catatanteknologi(dot)com atau duniateknologi(dot)id. Intinya cari kata yang unik, pas, mudah diingat, mudah diketik dan menjual. Dan jangan terlalu panjang ya!

4. Pilih Ekstensi Domain Yang Tepat

Selain nama domain, ada satu lagi yang harus dipikirkan yaitu ekstensi domain. Ada beragam ekstensi domain yang bisa kamu pilih dari mulai ekstensi domain yang biasa digunakan orang ataupun ekstensi domain antimainstream.

Ekstensi Domain Populer

Berikut ini ada beberapa ekstensi domain yang cukup populer di internet:

  • .com : digunakan untuk keperluan komersial
  • .org : digunakan untuk keperluan organisasi
  • .net : digunakan untuk keperluan internet/ network
  • .edu : digunakan untuk keperluan pendidikan
  • .info : digunakan untuk keperluan informasi
  • .net : digunakan untuk keperluan internet
  • .asia : digunakan untuk domain di asia
  • .edu : digunakan untuk pendidikan
  • .gov : digunakan untuk pemerintahan
  • .id : digunakan untuk nama domain di Indonesia
  • .sg : digunakan untuk nama domain di Singapura
  • .us : digunakan untuk nama domain di Amerika Serikat
  • .au : digunakan untuk nama domain di Australia
  • .ac.id : digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi
  • .co.id : digunakan untuk kepentingan komersial
  • .desa.id : digunakan untuk situs pemerintahan desa
  • .or.id : digunakan untuk organisasi
  • .net.id : digunakan untuk penyelenggara jasa telekomunikasi
  • .web.id : digunakan untuk perseorangan maupun organisasi
  • .sch.id : digunakan untuk sekolah
  • .go.id : digunakan untuk instansi pemerintah

Dari sekian banyak ekstensi domain, domain .COM sangat populer di internet. Dikutip dari W3Techs, domain COM digunakan oleh website diseluruh dunia sebanyak 46.7%. Kamu bisa menggunakan domain COM untuk berbagai macam kebutuhan seperti website pribadi, website perusahaan, toko online dan sebagainya.

Ekstensi Domain Antimainstream

domain adalah

Buat kamu yang suka hal antimainstream, kamu bisa gunakan beberapa domain seperti:

  • .online : digunakan untuk website perusahaan, website startup, profil personal dan blog
  • .tech : digunakan untuk membangun website developer, website company profile, website tentang produk yang berhubungan dengan teknologi, website lembaga kursus, website tentang event tertentu ataupun website untuk keperluan seminar inovasi dan teknologi
  • .site : digunakan untuk membuat personal website ataupun bisnis online
  • .press : digunakan untuk website berita, website surat kabar, website para wartawan, website asosiasi pers, website media massa, website organisasi/ lembaga, website jurnalistik, blogger bahkan website fotografi.
  • .store : digunakan untuk website toko online, website bisnis lokal, startup yang berhubungan dengan ecommerce, website retail dan website-website yang berhubungan dengan toko online.
  • .shop : digunakan untuk membuat toko online, ecommerce
  • .online : digunakan untuk website perusahaan, website startup, website profil, website personal dan blog
  • .website : digunakan untuk website pribadi atau blog

Untuk lebih jelas tentang domain yang tidak biasa ini, kamu bisa baca di 9 Daftar Domain Murah AntiMainstream.
Untuk memulai bisnis online, kamu bisa gunakan domain .STORE ataupun .SHOP. Dikutip dari Radix, domain .STORE telah digunakan oleh 16.380 website aktif di seluruh dunia. Selain beda dari yang lain, website dengan domain .SHOP dan .STORE ini mudah diingat sebagai website yang menjual suatu produk/ toko online. Untuk itu, sangat mudah untuk menarik pembeli. Dari segi SEO, domain .STORE dan .SHOP ini dirasa memiliki keyword yang pas untuk menaikkan traffic website karena lebih spesifik. Ingin tahu tentang domain .SHOP atau .STORE? Coba baca Memulai Bisnis Online dengan Domain SHOP dan STORE, Sekarang!

5. Singkat, Jelas dan Mudah Dihafal

Memilih nama domain dan ekstensi domain adalah tantangan kedua bagi para pemula setelah mengetahui apa pengertian domain sebenarnya. Pastikan nama domain yang kamu pilih singkat, jelas dan mudah dihafal orang lain ya. Kamu bisa melakukan kombinasi antara nama domain dan ekstensi domain agar terlihat lebih keren. Misalnya, ingin membuat Toko Merchandise DomaiNesia, maka lebih keren jika menggunakan domain domainesia(dot)store. Atau misalnya kamu ingin membuat website yang isinya membahas tentang simulasi ujian nasional, maka kamu bisa gunakan pilih domain simulasiujian(dot)online. Jika nama domain yang digunakan terlalu panjang, kamu bisa menyiasatinya dengan berbagai cara seperti itu ya. Dan jangan pernah menggunakan angka atau spasi dalam memberi nama domain. Coba cek di internet sekarang, apakah ada nama domain dengan imbuhan spasi?

6. Lakukan Riset!

Dari pengertian domain tadi telah dijelaskan bahwa domain adalah alamat dari tempat file website. Itu artinya domain harus unik dan beda dari yang lain. Setelah mendapatkan kandidat nama domain, coba lakukan riset. Kamu bisa cari nama domain tersebut di search engine atau social media kemudian sesuaikan. Oiya, nama domain tersebut juga harus sesuai dengan keyword yang ditarget ya. Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimization), traffic website dan peringkat website di Google. Ingin tahu bagaimana bisa website ada di halaman pertama? Coba baca Cara Membuat Website Ada di Halaman Pertama Google.

domain adalah

Sumber: Pexels

7. Pertimbangkan Harga Domain

Dan yang terakhir, selalu pertimbangkan harga domain. Karena domain sifatnya berkala dan harus anda perpanjang sebelum expired maka harga domain juga penting. DomaiNesia memiliki beragam domain dengan harga yang murah. Kami juga memiliki harga spesial untuk domain tertentu. Untuk harga spesial, biasanya terdapat tanda “sale” didekat domain tersebut. Kamu juga dapat melihat harga domain pada saat daftar, transfer maupun perpanjang. Jadi, kamu dapat memperkirakannya terlebih dahulu. Adapun daftar lengkap harga domain di DomaiNesia dapat dilihat di halaman harga domain. Jika kamu membutuhkan domain sekaligus hosting, biasanya ada yang menyediakan paket beli hosting murah gratis domain. Hanya dengan minimal membeli Hosting Super, maka kamu akan mendapatkan Gratis Domain .COM!

Kesimpulan

Domain adalah alamat di mana website di letakkan. Atau lebih mudahnya, domain adalah alamat yang menuntun kamu ke arah website. Cara memilih domain untuk website sebenarnya mudah. Kamu bisa ikuti tips dan trik dari DomaiNesia untuk mendapatkan nama domain yang pas dan terbaik untuk website ataupun toko online kamu! Jika ada pertanyaan silakan hubungi Tim Support DomaiNesia, Kami siap membantu menjawab pertanyaan kamu! Ingin mendapatkan promo diskon domain? Cek aja domain murah! Salam DomaiNesia!

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!