• Home
  • Tips
  • Lead Adalah Komponen Penting Dalam Dunia Bisnis, Ikuti 7++ Tips Mendapatkan Leads!

Lead Adalah Komponen Penting Dalam Dunia Bisnis, Ikuti 7++ Tips Mendapatkan Leads!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Lead mengacu pada individu atau organisasi yang berada dalam target marketing yang telah berinteraksi dengan produk atau layanan kamu dan memiliki potensi untuk menjadi pelanggan masa depan.

Lead dapat berupa seseorang yang melihat, mengunduh, mencoba trial atau hanya sekedar mengunjungi tempat bisnis kamu.

Diperlukan adanya lead generation untuk mendapatkan lead.

Lead adalah aktivitas yang dilakukan untuk memikat calon pelanggan sebanyak mungkin. Aktivitas ini dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari potongan harga, promo, voucher, gift dan lain sebagainya. 

lead adalah
Sumber : Elements Envato

Jenis lead

Sebelum membahas bagaimana cara mendapatkan lead, sebaiknya kamu mengenal berbagai jenis lead agar kamu dapat menggunakan lead yang sesuai kebutuhan kamu dengan tepat. Beberapa jenis lead tersebut antara lain :

Marketing Qualified Lead

Marketing Qualified Lead adalah orang-orang yang sudah terpapar dan melakukan interaksi dengan promosi produk atau jasa yang pernah kamu lakukan sebelumnya.

Bisa dikatakan bahwa jenis lead adalah lead yang berkaitan dengan orang yang sudah memiliki minat berkelanjutan pada produk atau layanan kamu.

Misalnya, mereka mengikuti social media produk atau layanan kamu, sudah pernah mengisi kontak di landing page ataupun mengunduh e-book gratis.

Walaupun sudah mengenal produk atau layanan kamu, Marketing Qualified Lead belum sampai pada tahap pembelian.

Jika dibandingkan dengan jenis lead lainnya, Marketing Qualified Lead justru menjadi lead paling potensial untuk mendapatkan pelanggan hingga aksi pembelian. 

Sales Qualified Lead

Sales Qualified Lead adalah jenis lead dimana terdapat orang-orang yang tertarik membeli produk atau layanan kamu.

Tak hanya sekedar basa-basi menanyakan seputar produk atau layanan, Sales Qualified Lead adalah jenis lead yang biasanya memang sudah siap untuk melakukan pembayaran alias menjadi pelanggan.

Sales Qualified Lead umumnya dapat dikenali sebab mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai detail info atau spesifikasi produk dengan menghubungi kontak admin atau pemilik penyedia produk atau layanan.

Product Qualified Lead

Product Qualified Lead adalah calon pelanggan yang sudah pernah mencoba program “free trial” atau versi basic dari sebuah produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Mereka kemudian memiliki ketertarikan untuk melakukan aksi berikutnya seperti memakai, membeli produk berlangganan produk atau bahkan melakukan upgrade produk ke versi premium.

Service Qualified Lead

Service Qualified Lead ini hampir sama dengan Product Qualified Lead dimana orang-orang yang telah mencoba versi gratis atau versi basic dari sebuah layanan.

Bedanya, pada  Service Qualified Lead mereka tertarik untuk membayar lebih agar mendapat fitur yang lebih lengkap lainnya.

Manfaat lead

lead merupakan bagian terpenting dalam digital marketing. Berikut beberapa manfaat lead yang perlu kamu ketahui untuk memperlancar marketing kamu: 

  • Lead adalah  salah satu cara mudah untuk mengetahui dan menghubungi calon pelanggan potensial yang tertarik pada produk atau layanan yang kamu tawarkan
  • Memudahkan kamu untuk melakukan pemetaan demografi pelanggan dan calon pelanggan beserta kebutuhannya
  • Memungkinkan untuk promosi dan konversi ke segmen pelanggan yang paling potensial
  • Memudahkan kamu kamu untuk melakukan strategi inbound marketing
  • Membantu kamu untuk mengirimkan konten yang bermanfaat untuk calon pelanggan.

Proses lead

Sebelum mengetahui bagaimana caranya mendapatkan lead, kamu perlu mengetahui bagaimana alur proses lead terjadi. Berikut beberapa penjelasan mengenai alur proses terjadinya lead :

Pertama, calon pelanggan menemukan produk atau layanan kamu melalui salah satu platform marketing yang kamu gunakan seperti web, blog atau halaman media sosial kamu.

Calon pelanggan tersebut kemudian melakukan Call-to-Action (CTA) dengan melakukan klik gambar, tombol, atau pesan yang mendorong calon pelanggan untuk melakukan beberapa aksi yang lebih lanjut.

Sumber : Elements Envato

CTA tersebut kemudian akan membawa calon pelanggan kamu ke landing page atau halaman web yang dirancang untuk menangkap informasi mengenai prospek calon pelanggan yang biasanya berisi tawaran.

Penawaran ini berbentuk konten seperti eBook, course, atau template. Penawaran ini harus memiliki value yang cukup untuk diterima calon pelanggan agar mereka dapat memberikan informasi pribadi mereka yang digunakan untuk akses lebih lanjut. 

Begitu pada landing page, calon pelanggan kamu mengisi formulir mengenai informasi pribadi mereka yang ditukar dengan penawaran yang disediakan.

Formulir ini biasanya di hosting pada landing page meskipun secara teknis dapat disematkan dimana saja pada situs web kamu.

Dengan begitu, kamu mendapatkan petunjuk baru dari informasi calon pelanggan yang kemudian dapat kamu eksekusi untuk mempraktekkan pendapatan lead yang lebih lanjut.

Cara mendapatkan lead

Setelah memahami bagaimana proses lead terjadi, berikut akan dibahas bagaimana cara mendapatkan lead yang bisa diterapkan pada produk atau layanan kamu : 

Buat landing page

Membuat landing page merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan lead.

Landing page adalah sebuah halaman website yang berisi form yang digunakan untuk mengumpulkan informasi calon pelanggan berupa alamat email, nama, dan juga nomor telepon.

Pada landing page ini juga memuat informasi lengkap mengenai produk atau layanan bisnis yang dikemas dengan headline menarik.

Berbekal landing page pada website yang kamu buat inilah kau akan mendapatkan lead dengan lebih elegan.

Kamu juga akan mendapatkan lead secara terus menerus tanpa adanya batasan waktu. Kamu hanya perlu mengarahkan target pasar kamu pada landing page tersebut.  

Buat konten premium

Jika kamu berhasil membuat konten premium yang menarik, dijamin akan mendatangkan lead yang berkualitas tinggi.

Buatlah konten yang relevan dan sesuai dengan campaign produk kamu. Pastikan konten ini memberikan insight baru dan menjawab rasa penasaran target pasar kamu.

Pembuatan konten premium ini biasanya dipraktekkan pada iklan bergambar, majalah online atau video youtube yang mengarahkan calon pelanggan pada website atau blog bisnis kamu. 

Beri opsi subscribe konten

Cara ini juga menjadi salah satu langkah efektif yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan lead.

Terutama jika kamu sudah menjalankan website atau blog untuk bisnis kamu.

Kamu dapat menambahkan opsi subscribe konten pada semua website atau blog kamu tanpa terkecuali.

Kamu dapat melakukan beberapa penawaran untuk mendapatkan nama, email, dan nomor pengunjung yang aktif. Data-data ini dapat kamu gunakan untuk mengirimkan promosi sesuai dengan target segmentasinya.  

Sediakan live chat di website

Menyediakan fitur live chat tak hanya menambah kredibilitas bisnis kamu, namun juga dapat menambah lead.

Live chat di website tah hanya memudahkan calon pelanggan menghubungi kamu, fitur ini juga dapat dijadikan sebagai media pengumpulan informasi seperti pengisian nama, alamat dan juga menjaring lead dari calon pelanggan yang potensial terutama untuk kamu yang menggunakan jenis lead SQL atau Sales Qualified Lead.

Manfaatkan media sosial

Teknik memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan lead biasa disebut dengan social media marketing.

Sosial media ini meliputi Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya. Aktif melakukan teknik social media marketing akan meningkatkan brand awareness produk atau layanan yang kamu miliki.

Sumber : Elements Envato

Langkah lebih lanjut setelah mendapatkan brand awareness, kamu dapat menawarkan sebuah faktor X ekslusif yang dapat menarik calon pelanggan kamu.

Misalnya kamu memberikan penawaran X tersebut secara gratis dengan syarat harus  mengisikan nama dan alamat email calon pelanggan tersebut. 

Webinar

Jika kamu ingin mendapatkan resource yang lebih untuk mendapatkan lead, kamu dapat mencoba mengadakan webinar.

Webinar adalah sebuah seminar atau kegiatan yang dilakukan secara online. Cara ini cocok untuk kamu yang menggunakan Marketing Qualified Lead (MQL). 

Penggunaan webinar sangat fleksibel terutama pada sisi penyelenggaraan. Kamu dapat membuat webinar kapan saja dan dimana saja dengan pembicara, peserta, dan penyelenggara tidak harus berada dalam satu ruangan.

Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan fleksibilitas webinar ini menjadi sebuah kegiatan online yang out of the box untuk menarik banyak lead.

Webinar akan memudahkan kamu untuk mendapatkan lead sesuai dengan target segmentasi yang lebih tepat. Semakin menarik bahasan webinar yang ditawarkan semakin banyak pula lead yang akan kamu dapatkan. 

Buat event

Walaupun sudah mengadakan webinar, kamu perlu mencoba cara mendapatkan lead melalui event offline.

Selepas pandemi berakhir, banyak orang yang berbondong-bondong mencari pengalaman dan menambah pengetahuan melalui event offline, apalagi pada kegiatan yang berbentuk workshop.

Kegiatan offline biasanya mencakup diskusi interaktif hingga memerlukan pembelajaran praktik.

Melalui event ini, kamu bisa mendapatkan lead dari form registrasi kegiatan yang kamu sediakan baik secara online maupun offline atau presensi kehadiran peserta yang ingin mengikuti event kamu. 

Kuis

Cara lain untuk mendapatkan lead adalah dengan membuat kuis. Kuis ini tak selalu berkaitan dengan pemberian hadiah, kamu dapat membuat kuis ini untuk tujuan ‘have fun’ atau senang-senang saja.

Kuis yang biasa digunakan oleh para pebisnis berbentuk pertanyaan-pertanyaan ringan yang menarik calon pelanggan atau yang biasa disebut dengan trivia. 

Salah satu contoh trivia seperti kuis yang berkaitan dengan kepribadian, namun kamu bisa melakukan kustomisasi dengan mengubah konten kuis yang lebih berhubungan dengan bisnis kamu. 

Giveaway

Berbeda dengan kuis, giveaway merupakan sebuah kegiatan yang erat kaitannya dengan hadiah.

Cara ini juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan lead dengan mengharuskan calon pelanggan kamu untuk mengisikan data diri agar mendapatkan hadiah.

Pemberian giveaway ini banyak digunakan oleh brand-brand besar yang ternama sebab cara ini dikenal sangat ampuh dalam mendapatkan lead dalam jumlah yang banyak.

Referral

Cara selanjutnya untuk mendapatkan lead adalah dengan menggunakan referral.

Referral merupakan salah satu strategi marketing yang dilakukan dengan mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru lainnya.

Referral juga dapat dilakukan dari mulut ke mulut dalam melakukan rekomendasi bisnis.

Cara ini memang tidak sepenuhnya menjanjikan lead dalam waktu yang singkat, namun cara ini tepat untuk dipraktikkan dalam jangka waktu panjang.

Referral biasanya akan menghasilkan lead yang lebih berkualitas, sebab orang-orang yang termasuk pada lead ini adalah mereka yang siap memakai produk atau layanan bisnis kamu.

Hanya saja hal yang perlu kamu perhatikan agar referral berhasil yaitu kamu perlu memberikan bonus atau penawaran yang bagus kepada orang yang melakukan referral.

Bentuk imbalan atau penawaran ini dapat berupa kupon diskon, poin, uang, cashback, dan lain sebagainya . . 

Trial produk atau layanan

Memberikan trial produk atau layanan berarti membiarkan orang-orang mencoba produk atau layanan yang kamu tawarkan secara gratis.

Pemberian opsi trial ini dapat membuka peluang kamu untuk mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Pertama, kamu akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan calon pelanggan kamu secara langsung setelah mereka merasakan kemampuan dan kehebatan produk atau layanan kamu.

Kedua, tentunya kamu akan mendapatkan lead khususnya dalam bentuk product qualified lead maupun service qualified lead. 

Kupon diskon

Penawaran diskon merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk ditolak.

Tentunya cara ini juga ampuh untuk mendatangkan lead.

Kamu dapat menerapkan syarat-syarat tertentu agar calon pengguna dapat memperoleh kupon diskon tersebut misalnya mengisikan nama, alamat email, atau sedikit informasi personal yang kamu butuhkan.

Kamu juga dapat memanfaatkan pembagian kupon diskon ini untuk menambah user dengan mengaitkan opsi subscribe blog bisnis kamu. 

Sumber : Elements Envato

Cari lead di Hunter.io

Mencari lead di Hunter.io sangat direkomendasikan untuk kamu yang bergelut pada bidang B2B(Business to business).

Ketika kamu secara khusus ingin menawarkan sebuah kerjasama produk atau layanan pada perusahaan, kamu bisa dengan mudah mengetahuinya melalui Hunter.io.

Platform ini akan memudahkan kamu untuk mendapatkan lead hanya dengan menginputkan nama website calon pelanggan (perusahaan kerjasama), kemudian kamu akan mendapatkan informasi email admin pemilik perusahaan tersebut.

Hanya saja kamu perlu membuat akun Hunter.io terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi yang kamu inginkan secara utuh.

Lead vs Prospects

Jika kita membahas penjualan dan marketing, lead dan prospects merupakan suatu hal yang berbeda. lead adalahelem segala hal yang berkaitan dengan pembangkitan awareness maupun minat dari penawaran produk atau layanan kamu.

Calon pelanggan yang termasuk pada lead belum terlibat lebih jauh atau belum menjangkau perusahan untuk lebih membantu mereka.

Sedangkan prospects merupakan hal-hal yang berkaitan pada pengubahan minat menjadi sebuah hubungan yang kemudian memindahkan hubungan itu pada jalinan penjualan.

Orang-orang yang termasuk dalam prospect adalah mereka yang menunjukkan niat untuk melakukan pembelian dan terbuka untuk melakukan komunikasi yang lebih jauh dengan perusahaan kamu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk atau layanan kamu.

Berikut beberapa perbedaan antara lead dan prospects :

Baca Juga : 5 Strategi Mempertahankan Pelanggan atau Customer Retention

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah