3+ Cara Membuat Landing Page dengan Mudah

Oleh Mutiara Auliya
4.5/5 (32)

Rahasia Cara membuat landing page – Hi DomaiNesians! Pernah mendengar landing page sebelumnya? Mungkin bagi sebagian orang, landing page adalah istilah yang cukup asing. Tetapi sadar atau tidak sadar pasti kamu pernah mengunjungi satu halaman website yang berisi konten semua. Website tersebut hanya berisi konten atau penjelasan tentang sesuatu tanpa adanya tombol untuk menuju ke halaman lain. Nah, itulah yang disebut dengan landing page. Biasanya landing page digunakan untuk suatu kebutuhan tertentu seperti kebutuhan SEO, campaign ataupun yang lainnya. Nah, kamu bisa lho membuat landing page sendiri. Pada panduan ini Kami akan menjelaskan cara membuat landing page dengan mudah di website kamu. Gratis!

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah satu halaman website untuk keperluan tertentu. Dikutip dari Wikipedia, landing page adalah satu halaman website yang muncul sebagai respons terhadap hasil klik di search engine atau iklan online. Landing page biasa disebut “halaman utama”, “halaman tujuan”, atau “destination page”. Landing page biasanya sering ditautkan dengan sosial media, email campaign ataupun search engine marketing. Dari beberapa iklan tersebut, customer akan diarahkan ke suatu landing page. Nah dari hasil klik tersebut maka didapatkan CTR (click through rates) dan conversion rate untuk membuktikan apakah iklan tersebut sukses atau tidak.

Cara membuat landing page dengan Beaver Builder

Beaver Builder merupakan salah satu page builder populer yang banyak digunakan oleh pengguna WordPress. Mengusung konsep drag n drop, Beaver Builder sangat cocok digunakan oleh blogger pemula maupun profesional karena lebih mengutamakan kemudahan dalam membuat landing page. Berikut langkah-langkah cara membuat website landing page berbasis WordPress dengan plugin Beaver Builder. cara buat landing page dengan brave builder

1.Install Plugin Beaver Builder

Kamu bisa menambahkan plugin Beaver Builder langsung dari dashboard WordPress dengan cara memilih menu Plugin > Add New > cari “Beaver Builder” > klik Install Now > terakhir pilih Activate untuk mengaktifkan plugin.

2.Proses Membuat Landing Page

Untuk membuat landing page baru, kamu bisa langsung memilih menu Pages > Add New seperti biasanya. Setelah itu, kemudian pilih saja tombol “Launch Beaver Builder”.

3.Menentukan Desain Landing Page

Agar memudahkan pengguna, Beaver Builder juga menyediakan beragam template siap pakai yang bisa digunakan. Cara memilihnya yakni dengan mengakses menu Template lalu pilih kategori desain sesuai kebutuhan. Kamu bisa memilih tampilan Home, Landing, atau Maintenance Page.

4.Menambah Elemen

Selain menggunakan template bawaan, kamu juga bisa melakukan editing tampilan dengan cara menambahkan elemen text, video, gambar, dan lain sebagainya sehingga tampilan semakin unik. 

Cara melakukan kustomisasi landing page dengan Beaver Builder sendiri cukup simpel karena sudah mendukung drag n drop dan live editing.

5.Menerbitkan Landing Page

Jika desain landing page dirasa sudah oke dan siap digunakan, maka langkah terakhir adalah mempublikasikan. Bagaimana caranya? Kamu tinggal klik tombol “Done” di pojok kanan atas, lalu pilih “Publish” untuk langsung menerbitkannya.

Cara membuat landing page dengan Elementor

Mayoritas blogger atau web developer tentu sudah tidak asing lagi dengan plugin Elementor. Plugin WordPress yang sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta website tersebut layak dinobatkan sebagai salah satu plugin page builder terbaik untuk membuat landing page berbagai kebutuhan. membuat landing page

Berikut langkah-langkah cara membuat landing page menggunakan plugin Elementor

1.Install Plugin Elementor

Cara menginstall plugin Elementor sama seperti biasanya, yakni pertama masuk ke Dashboard WordPress, kemudian pilih menu Plugin > Add New > cari “Elementor”. Setelah itu, klik install now dan jangan lupa untuk langsung mengaktifkannya setelah selesai menginstall.

2.Membuat Landing Page

Sejatinya proses cara membuat landing page dengan plugin Elementor hampir sama seperti ketika menggunakan Beaver Builder. Untuk membuat landing page baru kamu bisa memilih menu Page > Add New

3.Menentukan Desain Landing Page

Pada proses ini kamu bisa merancang tampilan landing page sesuai keinginan. Mulai dari menambahkan teks, gambar, tombol beli, video, konten testimoni, dan lain sebagainya. Namun, jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan ide tampilan yang pas, Elementor memberikan solusi dengan adanya  pilihan Template landing page.

Ada puluhan template dari Elementor yang bisa digunakan secara gratis. Untuk menggunakannya kamu tinggal klik tombol Insert Now.

4.Publish 

Setelah puas mengatur rancangan desain landing page sesuai keinginan, langkah selanjutnya kamu tinggal klik Publish. Namun, sebelumnya pastikan bahwa tampilan landing page yang dibuat sudah rapi dan mobile friendly, caranya dengan memilih opsi Preview.

Membuat landing page dengan Visual Composer

Visual Composer adalah plugin page builder yang sering dibanding-bandingkan dengan Divi dan Elementor. Pasalnya, masing-masing plugin tersebut menawarkan kemudahan dalam membuat landing page berkat dukungan fitur drag n drop, pilihan template beragam, serta live editor yang sangat memudahkan blogger pemula. cara membuat halaman landing page

Tertarik untuk membuat landing page dengan plugin Visual Composer? Inilah tutorialnya.

1.Install Plugin Visual Composer

Kamu bisa menginstall plugin Visual Composer dengan cara masuk ke Dashboard WordPress, kemudian pilih menu Plugin > Add New > cari “Visual Composer”. Setelah itu, klik Install now dan jangan lupa untuk langsung mengaktifkannya setelah selesai menginstall.

2.Proses Pembuatan Landing Page

Untuk membuat landing page, kamu bisa memilih menu Page > Add New with Visual Composer. Di sini kamu bisa menambahkan template atau elemen sesuai kebutuhan.

3.Publish Landing Page

Setelah desain landing page dianggap sudah selesai, langkah selanjutnya yakni mempublikasikan sehingga bisa diakses secara online. Caranya kamu tinggal memilih Tombol Ceklis di pojok kiri bawah kemudian klik Publish.

Cara Membuat Landing Page dengan WordPress

Pada panduan kali ini akan dijelaskan tentang cara membuat landing page di website WordPress. Mengapa menggunakan website WordPress? Hal ini karena WordPress memiliki beberapa kelebihan dalam membuat website. Dari mulai proses instalasi, kustomisasi, pengelolaan konten, performa serta security. Untuk tahu apa kelebihan WordPress lainnya? Silakan baca Kelebihan WordPress Sebagai Website. Adapun cara membuat landing page dengan mudah yaitu:

1. Login WordPress

Pastikan kamu bisa melakukan login WordPress. Untuk melakukan login WordPress, silahkan buka namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

cara membuat landing page

2. Membuat Halaman Landing Page Baru

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Dashboard WordPress. Untuk membuat landing page, hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuat halaman baru. Caranya yaitu silakan klik Pages lalu klik Add New.

cara membuat landing page

Setelah itu tulis judul halaman baru yang kamu inginkan untuk dibuat landing page. Kamu juga bisa langsung menambahkan konten di dalamnya. Jangan lupa klik Publish.

Baca Juga : Web Hosting Murah Berkualitas di Indonesia

cara membuat landing page

3. Mengarahkan ke Halaman Landing Page

Nah, sekarang saatnya mengarahkan halaman utama tampilan website WordPress ke halaman landing page yang dibuat. Silakan klik Menu Settings kemudian klik Reading.

cara membuat landing page

Tunggu sebentar maka kamu akan diarahkan ke halaman Reading Settings. Pada bagian Your homepage displays silakan pilih A static page untuk mengarahkan ke halaman landing page. Pada bagian Homepage, silakan pilih halaman baru yang tadi dibuat. Jangan lupa klik Save Changes.

4. Landing Page Berhasil Dibuat!

Voila! Landing page berhasil dibuat! Silakan cek website WordPress kamu sekarang dan lihat hasilnya!

cara membuat landing page

Baca Juga : VPS Indonesia Murah dari Domainesia

Kesimpulan

Cara membuat landing page di website sangat mudah bukan? Apalagi di WordPress, kamu bisa membuat landing page hanya dengan mengarahkan website ke halaman tertentu. Takut WordPress kamu dihack orang? Tenang saja! Coba baca Tips Mengamankan WordPress. Ingin meningkatkan pengunjung WordPress? Coba baca Cara Meningkatkan Pengunjung Website Dengan Cepat. Ingin membuat WordPress kamu secepat kilat? Coba tingkatkan performa website dengan Cara Mempercepat Loading Website Blog dan WordPress. Salam DomaiNesia!

Mutiara Auliya

Hi! I am Data Analyst and Technical Writer at DomaiNesia. I love Linux, Python, Server, WordPress, Data Analysis and Artificial Intelligence. I will help you making some technically being easy to understand :)

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!