• Home
  • Berita
  • Landing Page Adalah : Arti, Fungsi, Hingga Cara Membuatnya

Landing Page Adalah : Arti, Fungsi, Hingga Cara Membuatnya

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Apabila kamu ingin merintis bisnis online, sebaiknya segera merencanakan untuk membuat landing page.  Apa itu landing page? Landing page adalah suatu halaman yang biasanya berisi terkait penawaran produk bisnis secara spesifik.

Di dalam landing page selain kamu meberikan informasi detail produk, kamu juga bisa melakukan interaksi penawaran sebagai strategi marketing. Seperti menggunakan copywriting yang menarik, menggunakan CTA, dan masih banyak lagi. Langsung saja simak artikel di bawah ini ya DomaiNesians!

Pengertian Landing Page

Landing page adalah suatu halaman website yang memiliki tujuan untuk keperluan tertentu. Sebuah landing page merupakan satu halaman website yang muncul sebagai respons terhadap hasil klik di search engine atau iklan online.

Landing page sering disebut juga dengan sebutan “halaman utama”, “halaman tujuan”, atau “destination page”. Landing page biasanya sering ditautkan dengan sosial media, email campaign ataupun search engine marketing.

Dari beberapa iklan tersebut, customer akan diarahkan ke suatu landing page. Nah dari hasil klik tersebut maka didapatkan CTR (click through rates) dan conversion rate untuk membuktikan apakah iklan tersebut sukses atau tidak.

landing page adalah
Sumber : envato

Salah satu contoh landing page adalah landing page email hosting DomaiNesia atau Mailspace.

Pada landing page Mailspace, halaman tersebut hanya berisikan informasi terkait email hosting saja mulai dari paket email hosting, fitur terbaik Mailspace, hingga pertanyaan seputar Mailspace. Dalam halaman tersebut tidak membahas hal yang lain, itulah yang dimasud dengan landing page.

Fungsi Landing Page

Dari bahasan pertama dapat diambil pengertian bahwa landing page adalah halaman pada website yang menyajikan suatu tujuan tertentu.

Pada dasarnya fungsi landing page adalah sebagai tempat untuk mengenalkan produk bisnis dalam bentuk digital yaitu berbasis website.

Nah berikut ini beberapa fungsi landing page yang dapat kamu pahami yang berhubungan dengan bisnis :

Sarana Strategi Marketing

Bisa dibilang bahwa landing page merupakan bagian dari sebuah website. Namun sebuah website belum tentu termasuk landing page. Karena landing page bersifat spesifik, dalam bisnis biasanya digunakan untuk mempromosikan produk tertentu.

Dengan mengemas produk dalam bentuk landing page tentu hal tersebut menjadi salah satu sarana strategi marketing dalam berbisnis. Melalui landing page, calon pelanggan bisnismu tentu akan memahami produk bisnis dengan cermat.

Tentu saja sebagai pelaku bisnis dalam menggunakan landing page kamu harus membuat landing yang menarik.

Sumber : envato

To the Point Terkait Produk

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, tujuan dibangunnya suatu landing page adalah untuk memperkenalkan suatu tujuan tertentu.

Maka dari itu tentu dalam sebuah landing page dapat dipastikan akan memuat mengenai informasi produk secara detail dan jelas.

Sarana Trial Untuk Pengunjung

Terlebih lagi untuk produk jasa yang membutuhkan sebuah trial untuk pelanggan. Trial merupakan suatu fasilitas yang diberikan perusahaan untuk calon pelanggan agar mencoba produk jasa sebelum membelinya.

Fasilitas trial sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak, yaitu perusahaan dan calon pelanggan. Bagi perusahaan, tentunya akan mendapatkan feedback dari calon pelanggan.

Sedangkan bagi calon pelanggan, akan mengetahui bagaimana produk yang ditawarkan.

Mengemas Informasi Produk Dengan Menarik

Siapa yang tidak senang dengan landing page? Landing page salah satu cara yang paling mudah untuk menarik hati calon pelanggan.

Selain bisa diakses dimana dan kapan saja, pelaku bisnis dapat menambahkan penawaran-penawaran yang menarik. Seperti memberikan pengumuman diskon, mengadakan event tertentu, dan sebagainya.

Tapi, hal terpenting yang harus dipahami sebelum membuat landing page adalah apa yang ingin kamu tawarkan yang mana itulah keunggulan bisnis kamu.

Hal Penting Harus Ada di Landing Page

Membangun landing page adalah salah satu cara yang harus dilakukan apabila kamu memulai bisnis berbasis produk. Ditambah lagi bisnis yang kamu rintis berbasis online. Maka dari itu kamu harus menggunakan landing page untuk menumbuhkan rasa kepercayaan pada calon pelanggan.

Untuk itu berikut ini hal-hal yang harus ada pada suatu landing page produk, antara lain :

Informasi Detail Produk

Menyajikan informasi produk secara detail adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin membuat landing page. Hal ini karena memang landing page berfungsi sebagai sarana strategi marketing.

Apabila kamu tidak memberikan informasi secara detail, tentu calon pelanggan akan ragu dengan produk yang kamu jual. Untuk itu paparkan sedetail-detailnya terkait produk yang kamu jual.

Tentunya jangan asal menyajikan informasi, namun juga mengemas kalimat dengan menarik.

Keunggulan Produk

Keunggulan produk juga merupakan bagian yang selalu dicari oleh calon pelanggan. Apa sih bagusnya atau istimewanya produk bisnismu dengan kompetitor lainnya? Nah, usahakan semua yang menjadi keunggulan dari produk bisnismu dijabarkan dalam landing page.

Oiya, untuk membuat keunggulan produk juga jangan asal, gunakan kalimat yang mudah dipahami ya DomaiNesians!

FAQ Produk

Frequently Asked Question atau FAQ adalah suatu halaman pada landing page yang berisikan daftar pertanyaan dan jawaban baik informasi umum maupun terkait produk secara spesifik. FAQ ini ditujukan kepada pembaca atau pengunjung landing page.

Melalui daftar FAQ ini pengunjung akan merasa lebih kenal dengan produk atau isi konten dari website. Bagaimana cara membuat FAQ? Langsung saja baca cara membuat FAQ.

CTA (Call to Action)

CTA disebut juga Call to Action adalah suatu tombol yang sengaja dibuat untuk mengajak calon pelanggan untuk membeli produk bisnis. Biasanya CTA berbentuk tombol atau button.

Sehingga calon pelanggan ketika meng-klik tombol, akan diarahkan untuk membeli produk bisnis. Selain berbentuk tombol, ada juga yang berbetuk gambar.

Jadi gambar dipaparkan dalam landing page pastinya dengan tulisan yang menarik, lalu ketika calon pelanggan meng-klik akan diarahkan ke troli.

Review atau Testimoni

Saat ingin membeli suatu produk, sebagian besar akan melihat review produk dan bisnis terlebih dahulu. Maka dari itu dalam landing page harus menyajikan hasil review atau testimoni.

Dengan adanya review tersebut akan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Sehingga pelanggan akan tertarik untuk melakukan checkout produk bisnismu.

Copywriting Yang Baik

Copywriting adalah salah satu elemen terpenting dalam periklanan dan marketing. Copywriting dapat dikatakan sebagai proses penulisan kata-kata yang bersifat persuasif.

Kata-kata persuasif ini diharapkan akan menginspirasi atau memotivasi orang untuk mengambil tindakan tertentu. Misalnya, saat kamu membuka website yang memintamu untuk membeli sesuatu atau mungkin menghipnotis mu sehingga tertarik akan sebuah produk, kata-kata di website tersebut adalah hasil dari copywriting.

Kamu dapat menemukan salinannya di media cetak, online, dan bahkan di televisi atau radio. Secara tidak sadar, sebenarnya copywriting hampir di mana pun kamu melihat dan mendengarkannya

Sumber : envato

Contoh Landing Page

Kamu sekarang sudah mengetahui pengertian, fungsi, dan juga hal-hal yang harus ada pada landing page. Agar lebih jelas lagi, pada artikel ini akan memberikan kamu beberapa contoh landing page yang dapat kamu gunakan sebagai referensi dan inspirasi.

Terdapat 15 contoh landing page yang dapat kamu kupas secara tuntas. Selengkapnya silakan baca artikel 15 Contoh Landing Page Keren Bikin Website Lebih Menarik.

Perbedaan Landing Page dengan Website

Berikut ini merupakan perbedaan landing page dengan website yang perlu kamu ketahui, antara lain :

Sisi Tujuan Pembuatan

Landing page memiliki tujuan yang lebih spesifik dibandingkan dengan website.

Hal ini karena landing page dibuat untuk menawarkan produk atau jasa pada bisnis. Sedangkan website dibuat dibuat untuk memberikan penjelasan terkait brand pada suatu bisnis.

Baca Juga : Cara Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula Terlengkap

Sisi Desain

Dari sisi desain, landing page lebih sederhana dan tidak banyak memiliki tombol navigasi. Tombol navigasi pada website biasanya berisi menu-menu yang bisa diakses oleh user.

Sisi Penyajian Konten

Konten pada landing page berisi informasi untuk yang berhubungan untuk menawarkan produk sekaligus mengumpulkan informasi pelanggan, seperti data diri singkat dan alamat kontak.

Berbeda dengan website yang banyak menyajikan konten umum tentang brand dan profil bisnis.

Cara Membuat Landing Page WordPress

Buat kamu yang memulai bisnis dan ingin membuat landing page, tenang saja! Kamu bisa membuatnya dengan mudah melalui WordPress.

Sebelum membuat landing page dengan WordPress, kamu bisa memilih hosting WordPress terlebih dulu yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Selanjutnya barulah kamu bisa membuat landing page dengan mudah. Dalam WordPress terdapat plugin yang bernama Elementor.

Elementor adalah salah satu visual page builder plugin dari WordPress. Dikutip dari Elementor, page builder ini akan mempermudah user dalam membuat tampilan depan halaman website.

Kamu tidak perlu membuat tampilan awal dengan bahasa pemrograman. Langsung saja drag and drop bagian apa yang diinginkan.

Login WordPress

Pastikan kamu bisa melakukan login WordPress. Untuk melakukan login WordPress, silahkan buka namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

cara mengganti tema wordpress

Menambahkan Elementor Page Builder

Langkah kedua memilih plugins Elementor. Silakan pilih menu Plugins kemudian klik Add New. Lalu pada bagian kolom search silakan tulis “elementor”. Kemudian pilih muncul Elementor Page Builder dan klik Install Now.

Setelah proses instalasi selesai, jangan lupa klik Activate untuk mengaktifkan plugin elementor.

cara membuat landing page dengan elementor

Tunggu sebentar maka Plugin Elementor Page Builder segera aktif. Silakan klik Create Your First Page jika belum membuat halaman landing page. Namun, kami sarankan untuk membuat halaman landing page di WordPress terlebih dahulu.

Membuat Landing Page dengan Elementor

Pada step sebelumnya, kami sarankan untuk membuat halaman landing page terlebih dahulu. Jika sudah, silakan langsung saja klik Menu Pages dan klik halaman yang kamu tunjuk sebagai halaman landing page.

Terdapat tombol Edit with Elementor. Silakan klik tombol tersebut untuk membuat landing page dengan elementor. Pada bagian kiri tampak beberapa elemen dari Plugin Elementor Page Builder.

cara membuat landing page dengan elementor

Elemen-elemen tersebut dapat kamu drag and drop langsung ke halaman website lho. Kamu hanya perlu klik, tarik lalu letakkan ke kolom yang diinginkan.

Tonton Video Tutorial Berikut Ini!

Masih bingung? Ikuti video tutorial elementor berbahasa Indonesia berikut ini ya.

 

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds