• Home
  • Berita
  • FAQ Adalah : Pengertian, Tujuan, Contoh, Hingga Cara Membuat FAQ Website

FAQ Adalah : Pengertian, Tujuan, Contoh, Hingga Cara Membuat FAQ Website

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Dalam suatu website apalagi toko online, fitur ini sangat disarankan. Hal ini karena setidaknya saat pengunjung website penasaran terkait produk yang dijual pada website toko online.

Sehingga akan muncul berbagai macam pertanyaan yang harus dijawab oleh owner website atau perusahaanmu. Fitur ini adalah FAQ.

FAQ adalah suatu halaman pada suatu page website yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengunjung website.

Nah, kamu websitemu belum ada fitur FAQ ini? Yuk, simak lebih lanjut terkait FAQ dan belajar cara membuat FAQ berikut ini!

Apa itu FAQ

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, FAQ adalah salah satu fitur wajib yang harus ada pada website.

Frequently Asked Question atau FAQ adalah suatu halaman website yang berisikan daftar pertanyaan dan jawaban baik informasi umum maupun terkait produk secara spesifik.

FAQ ini ditujukan kepada pembaca atau pengunjung website. Melalui daftar FAQ ini pengunjung website lebih kenal dengan produk atau isi konten dari website.

Halaman FAQ biasanya dapat ditemukan di bagian paling bawah website.

Umumnya bersebelahan atau berdekatan dengan halaman “Tentang”, halaman “Kontak”, halaman “Kebijakan Privasi”, dan lainnya.

faq adalah
Sumber : envato

Tujuan Adanya FAQ

Saat calon pelanggan mengakses website toko online kamu, pasti muncul pertanyaan-pertanyaan oleh calon pelanggan.

Hal tersebut tidak hanya terjadi pada 1 calon pelanggan, namun bisa berkali-kali.

Seperti apa kelebihan dari produk A, perbedaan dengan B, dan sebagainya. Untuk itulah mengapa halaman FAQ ini harus dibuat.

Walaupun kamu telah memiliki tim support yang siap menjawab pertanyaan pengunjung website, akan lebih baik juga menyediakan fitur FAQ ini bukan agar tim support tidak menghabiskan berjam-jam waktu mereka setiap hari untuk menjawab pertanyaan umum.

Dengan begitu halaman FAQ akan sangat membantu dari sisi pengunjung website dan juga tim support.

Selain itu dengan adanya halaman FAQ ini dapat membantu calon pengunjung untuk membuat keputusan sendiri terkait produk-produk yang akan diambil.

Contoh Penggunaan FAQ

FAQ yang baik adalah FAQ yang mudah dipahami pembaca atau pengunjung website.

Maka dari itu FAQ harus dibuat dengan menjelaskan informasi umum yang jelas dan mudah dipahami.

Bukan membuat pusing atau bingung pelanggan, namun membantu mengambil keputusan terkait produk yang akan dipilih.

Dalam menyusun FAQ biasanya membutuhkan tim teknis dan tim konten. Tim teknis sebagai tim yang terjun langsung terhadap produk sedangkan tim konten yang akan menyusun kalimat yang mudah dipahami oleh pengunjung.

Pada artikel ini akan menggunakan contoh halaman FAQ DomaiNesia. Untuk halaman FAQ DomaiNesia ini berada di bagian bawah website namun tidak terletak di halaman tersendiri.

Sehingga kamu tidak perlu membuka halaman baru ketika ingin membaca FAQ.

Karena FAQ adalah halaman yang berisi pertanyaan dan jawaban, maka dari itu seperti contoh berikut ini DomaiNesia memberikan fitur FAQ dengan letak pertanyaan ada di sebelah kiri dan jawaban ada di sebelah kanan. Kamu bisa lihat pada gambar berikut ini.

Persiapan Membuat FAQ

Sebelum kamu lanjut ke penjelasan cara membuat FAQ di website, sebaiknya menyiapkan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.

Membuat Daftar Pertanyaan

Dalam membuat daftar pertanyaan, diskusi dengan tim produk, tim support, tim teknis, dan tim marketing sangat lah dibutuhkan.

Melalui diskusi akan merumuskan daftar-daftar pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan oleh pengunjung website.

Selain melakukan diskusi, untuk memperkuat apa saja pertanyaan yang dibutuhkan pelanggan bisa dilakukan dengan melakukan riset atau survei terlebih dahulu.

Riset atau survei bisa dilakukan melalui sosial media. Sehingga tidak hanya sesuai asumsi perusahaan saja, namun juga sesuai dengan kebutuhan pasar.

Menyusun Jawaban Pertanyaan

Nah setelah selesai merumuskan pertanyaan, persiapan selanjutnya adalah menyusun jawaban pertanyaan.

Dalam menyusun jawaban pertanyaan sebisa mungkin buatlah kalimat yang mudah dipahami oleh seluruh kalangan masyarakat.

Jawaban harus jelas, singkat, akurat, dan mudah dipahami. Hindari istilah-istilah yang asing ditelinga masyarakat umum.

Dan cantumkan keunggulan-keunggulan dari produk yang dapat menunjang jawaban pertanyaan.

Membuat Kategori FAQ

Apabila kamu memiliki website toko online dan tidak hanya 1 produk saja, kamu bisa membuat kategori FAQ sesuai dengan masing-masing produk.

Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak bingung bahwa FAQ ini untuk produk yang mana. Dan juga dapat memberikan kesan profesional pada bisnis mu.

Cara Membuat FAQ di Website WordPress

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa FAQ adalah halaman yang berisikan pertanyaan dan jawaban seputar produk atau jasa yang ditawarkan pada website, kali ini akan diberikan tutorial bagaimana cara membuat FAQ pada website WordPress.

Apabila kamu memiliki website WordPress langsung saja buat FAQ dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Sedangkan jika kamu belum memilikinya, kamu bisa pilih hosting WordPress sesuai dengan kebutuhan untuk memulai membuat website.

Login WordPress

Pertama-tama silakan login WordPress terlebih dahulu. Untuk login WordPress, kamu bisa mengakses alamat websitemu dengan menambahkan /wp-admin/ di samping kanan alamat website.

Kemudian masukkan username atau email dan password admin Dashboard WordPress.

Install Plugin Quick and Easy FAQ

Pada WordPress kamu bisa membuat halaman FAQ dengan menggunakan Plugin Quick and Easy FAQ.

Untuk mendapatkannya kamu bisa membuka tab Plugin di samping kiri. Kemudian klik Add New.

Setelah itu ketik Quick and Easy FAQ di kolom pencarian sebelah kanan atas dan klik Install Now untuk melakukan instalasi. Untuk mengaktifkannya langsung saja klik Activate.

Buat Daftar FAQ

Langkah selanjutnya adalah mulai membuat daftar pertanyaan. Kamu bisa membuka tab FAQS yang ada di samping kiri, lalu klik Add New. Maka kamu bisa mulai menambahkan pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu rumuskan sebelumnya.

Pertama, silakan tulis pertanyaan pada kolom Add Title. Kedua, tambahkan jawaban pertanyaan pada kolom di bawahnya. Kamu juga bisa menambahkan kategori FAQ.

Menampilkan FAQ

Belum selesai ya DomaiNesians, terakhir kamu harus menampilkannya terlebih dahulu. Silakan mengakses tabPages dan klik Add New.  Kamu bisa menambahkan judul halaman misalnya Frequently Asked Question (FAQ) pada kolom Add Title. Lalu tambahkan script berikut ini pada body text.

Seeteah itu langsung saja klik Publish.

Maka halaman FAQ akan muncul dan dapat diakses.

Siap Membuat FAQ Pada Websitemu?

Jadi bagaimana? Sudah mulai mengerti mengapa FAQ sangat bermanfaat pada suatu website?

FAQ adalah salah satu komponen website yang digunakan untuk mempermudah pengunjung dalam mendapatkan informasi seputar bisnis website atau produk yang ditawarkan pada website.

Untuk membuatnya pun juga mudah. Tertarik untuk membuatnya? Lakukan sekarang juga!

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Ekstra Diskon Migrasi 5% serta GRATIS biaya migrasi & setup.

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds