• Home
  • Berita
  • 15 Contoh Landing Page Keren Bikin Website Lebih Menarik

15 Contoh Landing Page Keren Bikin Website Lebih Menarik

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Syukurlah kamu datang ke artikel yang tepat karena kali ini DomaiNesia bakal beri contoh landing page keren.

Dengan berbagai contoh di bawah ini, kamu jadi tidak harus bingung merancang landing page website dari awal.

Selain itu, kamu berkesempatan memiliki tampilan website yang indah sehingga memungkinkan untuk disukai pengunjung website.

contoh landing page
Sumber: Envato

Di samping banyak contoh landing page keren terlihat berbeda dan menggunakan berbagai strategi untuk menarik audiens, semuanya memiliki satu tujuan utama.

Halaman-halaman ini membuat pengunjung website dapat lanjut ke tahap berikutnya dalam perjalanan pembeli.

Tapi sebelum membahas contoh-contoh landing page, simak terlebih dahulu sekilas tujuan dan dilanjut faktor yang membuat landing page kamu terlihat bagus dan menarik.

Tujuan Menggunakan Landing Page

Berdasarkan kebutuhan fungsionalitas website dalam menawarkan keunggulan bisnis, adapun tujuan yang paling umum ingin dicapai pemilik website adalah:

  • Mengajak pengguna website untuk ikut serta dengan imbalan ‘gratis’ pada suatu subjek.
  • Menjual langsung produk seperti buku atau kursus mini dengan harga promo.
  • Penawaran free trial untuk layanan atau software bulanan yang secara tak langsung meningkatkan penjualan sehingga mendapatkan keuntungan.

Alih-alih berfungsi sebagai iklan dasar yang menunjukkan produk kepada pelanggan, landing page dapat melibatkan dan menyenangkan pelanggan dengan menawarkan sesuatu yang berhubungan dengan produk perusahaan kepada mereka.

Tapi, hal terpenting yang harus dipahami sebelum membuat landing page adalah apa yang ingin kamu tawarkan yang mana itulah keunggulan bisnis kamu.

Oleh sebab itu, kemungkinan akan ada banyak contoh landing page yang ditujukan untuk strategi marketing bisnis tertentu.

Apa yang Membuat Landing Page Kamu Terlihat Hebat?

Pada umumnya, landing page yang bagus terdiri dari:

  • Judul yang mengandung kata kunci utama bisnis.
  • Subjudul yang mendukung statement judul agar terlihat semakin meyakinkan.
  • Gambar, video, ilustrasi, atau bahkan tombol CTA (Call to Action) yang mendukung kebutuhan marketing.

Kamu juga bisa menyertakan bukti pendukung seperti ulasan, testimonial, atau nama perusahaan yang telah menggunakan produk kamu.

Namun, desain yang tepat akan bergantung pada tujuan, bisnis, dan website itu sendiri.

Nah, kamu bisa menampilkan website terbaik melalui domain yang sesuai pula.

Jangan khawatir karena kamu bisa beli domain untuk landing page yang semakin keren di DomaiNesia.

10 Contoh Landing Page Keren yang Bisa Jadi Sumber Inspirasi

  1. Growth Tools

Website Growth Tools adalah website bisnis yang menyediakan tools dan pelatihan marketing untuk membantu pelatih, konsultan, dan pembuat kursus online untuk mengembangkan bisnis mereka.

Contoh landing page ini bagus karena menggunakan judul yang menarik atensi target pelanggan dengan permasalahan umum yang mungkin sering dialami pelanggan.

Growth Tools juga melengkapinya dengan subjudul yang mana tujuan dan keuntungan menggunakan layanan mereka tersampaikan secara jelas.

Lalu yang paling mencolok adalah tombol CTA berwarna hijau yang kontras dengan background biru. Tak lupa mereka menggunakan kalimat tawaran menarik yang bersifat positif (penggunaan kata ‘hebat’) untuk mengakses website lebih lanjut.

Contoh landing page website ini juga mencantumkan nama perusahaan sebagai pelanggan pengguna produk mereka seperti Facebook untuk membangun kepercayaan brand.

  1. ConvertKit

Contoh landing page keren yang terkesan eye catching adalah milik website ConvertKit.

Hampir sama seperti Growth Tools, ConvertKit merupakan layanan pelatihan creators dalam membangun bisnis.

Hal yang paling kentara adalah penggunaan warna-warna pastel yang playful untuk kesan website yang menyenangkan.

Di samping itu, mereka menggunakan judul yang mencerminkan tujuan akhir target pengguna layanan dan subjudul yang merepresentasikan manfaat yang akan didapatkan pengguna saat menggunakan layanan tersebut.

Tak hanya tercantum pada judul dan subjudul, tujuan dan manfaat penggunaan layanan mereka juga dideskripsikan kembali menjadi beberapa poin dengan kalimat seringkas mungkin.

Pada contoh landing page keren ini, terdapat tombol CTA berwarna kontras dengan kalimat penawaran menarik yaitu iming-iming gratis.

Terakhir, ConvertKit mencantumkan beberapa cerita pengalaman atau testimoni dari alumni pelatihan dan rangkuman layanan pelatihan yang akan didapat pelanggan dalam artian adalah peserta pelatihan.

  1. Drip

Jika kamu buka website ini, kamu akan langsung disajikan tampilan landing page yang cenderung menerapkan clean design, lengkap dengan penggunaan gambar, ilustrasi, dan animasi yang ekspresif.

Penulisan judul pada contoh landing page ini fokus pada tujuan penggunaan strategi bisnis tertentu.

Sedangkan pada bagian subjudul, drip.com mengajak calon pelanggan untuk menggunakan produk mereka agar berkesempatan mendapatkan fasilitas terbaik dengan cara termudah.

Tombol CTA yang digunakan pada contoh landing page ini merujuk pada ajakan penggunaan free trial yang besar kemungkinan calon pengguna tertarik sehingga mengakses website lebih jauh.

Apabila bergeser ke bagian bawah, diketahui bahwa drip.com menggunakan besaran angka-angka untuk menunjukkan keterukuran pencapaian layanan mereka selama ini.

Lalu di setiap gambar dan animasi yang mereka pasang, terdapat kalimat penjelasan singkat berbagai manfaat yang akan didapatkan calon pelanggan.

Tak ketinggalan deretan review dari beberapa pihak penting, contohnya saja review dari pelanggan layanan dari perusahaan ternama hingga petinggi Drip.

  1. Aura Dating Academy

Website ini termasuk website bisnis yang cukup unik. Sebab, David Tian, sang CEO menawarkan jasa pelatihan atau kursus hubungan percintaan dan kencan dari sudut pandang pria.

Meskipun begitu, website bisnisnya memiliki contoh landing page yang bisa kamu tiru, lho.

Pertama, website ini sejak awal halaman mencantumkan video David Tian yang menjelaskan secara singkat seperti apa dating academy miliknya.

Kedua, ia menggunakan tombol CTA berwarna kuning yang kontras dengan background gelap dan berukuran cukup besar, hampir setengah dari lebar website.

Ketiga, terdapat testimoni dari peserta kursus yang juga menunjukkan keahlian David.

  1. I Done This

Sekilas informasi, website idonethis.com adalah situs layanan membantu melacak progres suatu pekerjaan, memahami apa yang sedang dikerjakan tim sehingga pekerjaan tetap sinkron walau berjauhan.

Mengapa website ini masuk ke dalam pemilik contoh landing page keren yang bisa kamu tiru?

Sebab, situs ini memiliki judul yang secara singkat menyampaikan manfaat penggunaan layanan mereka.

Lalu di bagian subjudul, penjelasan yang ada membuat layanan yang mereka tawarkan lebih mudah dipahami.

Idonethis.com juga menambahkan angka untuk besaran jumlah orang yang sudah menggunakan layanan situs ini, sehingga harapannya mereka dapat mentrigger calon pengguna untuk menjadi pengguna selanjutnya.

Berbeda dengan contoh landing page di atas, situs ini menyediakan tombol sign up dengan akun Google yang membuat calon pengguna dapat mendaftar dengan mudah (jika memang tertarik menggunakan layanan).

Di bagian bawah, idonethis.com juga singkat menjelaskan fungsi dan fasilitas layanan mereka dengan gambar unik.

Tak ketinggalan idonethis.com mencantumkan beberapa brand yang telah menggunakan jasa mereka dengan tujuan meningkatkan kepercayaan produk kepada calon pelanggan baru.

  1. HubSpot

Contoh landing page keren selanjutnya datang dari website platform CRM terkenal, HubSpot.

Saat pertama kali kamu mengakses websitenya, kamu akan langsung melihat landing page yang menarik.

Bagaimana tidak, situs tersebut mencantumkan gambar yang merepresentasikan produk unggulan: platform CRM dengan tampilan modern dan powerful.

Apalagi di landing page itu kamu juga akan menemukan judul yang menonjolkan keunggulan HubSpot dalam tiga kata saja.

Bagian subjudulnya pun dimanfaatkan untuk mendeskripsikan kembali keunggulan dan manfaat produk.

Harapannya pengunjung situs tertarik untuk menggunakan produk tersebut dengan bantuan tombol CTA berukuran cukup besar dan berwarna mencolok.

Terlebih HubSpot juga menawarkan layanan gratis dan demo secara cuma-cuma.

contoh landing page
Sumber: Envato
  1. GetResponse

Get Response adalah contoh landing page yang sederhana namun interaktif.

Unsur interaktif yang paling terlihat adalah adanya headlight kuning yang memiliki kata-kata yang selalu berubah antara growing, leads, dan sales.

Tujuannya supaya membuatnya menjadi judul utama yang menarik perhatian yang membuat kamu terus membaca.

Itu tentu saja bukan hal yang buruk. Ini secara otomatis membangun kepercayaan dan memudahkan orang untuk mendaftar ke perangkat lunak mereka.

Website GetResponse juga menggunakan skema warna yang konsisten antara biru dan kuning.

Mereka juga menyisipkan hover button untuk tiap produk unggulan mereka di landing pagenya.

Sama seperti contoh landing page sebelumnya, GetResponse memasukkan logo-logo brand terkenal yang telah menggunakan produk mereka untuk meningkatkan nilai kepercayaan brand.

Sebut saja IKEA, Carrefour, University of Nottingham, dan lain sebagainya.

  1. Slack

Sepertinya, website resmi Slack selalu menjadi yang teratas dalam hal contoh landing page keren yang sayang banget untuk dilewatkan.

Landing page mereka saat ini sangat interaktif dengan tombol scroll down bertuliskan ‘See How It Works’ yang membuat hampir 90% pengguna pasti mencobanya.

Alhasil engagement situs meningkat. Selain itu, landing page Slack memiliki judul yang tepat sasaran dan subjudul berisikan informasi singkat tentang Slack.

Mereka juga tak lupa memberikan tombol CTA untuk proses pendaftaran (sign up) layanan gratis Slack menggunakan akun Google atau email.

  1. Intercom

Tak mau kalah interaktif dengan GetResponse, Intercom yang merupakan platform komunikasi online antara pelaku bisnis dengan konsumen juga menjadi referensi contoh landing page keren.

Tujuan utama Intercom menyajikan landing page sedemikian rupa adalah untuk membuat konsumen mendaftar ke daftar email mereka.

Penggunaan ukuran judul yang besar dan positif disajikan dengan animasi menarik saat kamu pertama kali mengakses situs resmi mereka.

Animasi gambar dan video yang mereka gunakan dengan sempurna mewakili produk yang mereka tawarkan.

Hasilnya, Intercom sudah berhasil memiliki lebih dari 25.000 bisnis yang menggunakan produk mereka dan menjadikannya sebagai portofolio taraf kepercayaan brand.

  1. Squarespace

Jika kesembilan contoh landing page sebelumnya memiliki tampilan landing page lengkap dengan judul dan subjudul yang cukup panjang, beda halnya dengan situs website builder bernama Squarespace.

Mungkin dikarenakan niche website nya adalah situs komersial atau penjualan produk, Squarespace tak mencantumkan banyak kata pada landing page mereka, namun masih mencakup gambaran garis besar tujuan website.

Selain itu, kamu bisa melihat bagaimana desain serta pesan yang cepat dan kuat adalah semua hal yang kamu butuhkan untuk berlangganan produk mereka.

  1. Shopify

Selanjutnya, contoh landing page keren lainnya adalah milik situs penjualan online bernama Shopify yang konsisten hadir dengan tampilan sederhana.

Shopify memiliki judul beberapa kata yang berorientasi pengguna.

Lalu bagian subjudulnya ditulis dengan konsep poin sederhana, bukan paragraf untuk mengomunikasikan detail dan manfaat layanannya.

Dengan penyajian landing page seperti itu akan memudahkan kamu untuk fokus ke tujuan utama yaitu berjualan online dengan layanan tools mereka.

  1. Muzzle

Muzzle adalah aplikasi mac untuk ‘mendiamkan’ notifikasi di layar yang punya contoh landing page keren dan atraktif.

Pengunjung situs akan disambut dengan animasi cepat berupa notifikasi pesan atau pemberitahuan lain di kiri atas layar.

Animasinya tidak hanya lucu, tetapi juga berhasil menyampaikan kegunaan aplikasi secara meyakinkan tanpa deskripsi panjang lebar.

Di awal landing page pun kamu akan langsung disuguhkan tombol CTA untuk download aplikasi.

  1. Inbound Emotion

Kamu tak hanya bisa membuat efek fixed pada navigation bar suatu website, tapi kamu bisa gunakan untuk kebutuhan form sign up pada landing page.

Situs Inbound Emotion ini punya contoh landing page yang terkesan simple tapi di sisi lain juga kompleks.

Sebab, seperti yang sudah dijelaskan di awal, tampilan form berlangganan di sana dibuat fixed atau tidak ikut bergeser walau kamu scrolling atas ke bawah halaman atau sebaliknya.

  1. Bills.com

Seringkali, orang mengira landing page adalah halaman statis di website.

Namun dengan memanfaatkan fitur coding yang tepat, kamu bisa menjadikannya sebagai contoh landing page interaktif dan personal.

Contoh nyatanya adalah situs Bills.com. Kamu baru akan diarahkan ke konten berlangganan situs apabila mengisi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan niche dan kebutuhan pengguna.

Walau bagi sebagian orang yang suka dengan tampilan website yang to the point, tampilan landing page seperti itu akan merepotkan, tapi bagi orang yang suka dengan survei kecil-kecilan maka landing page seperti itu membuat engagement website meningkat.

  1. Breather

Contoh landing page keren terakhir ini mungkin akan cocok bagi kamu pemilik website layanan pemesanan penginapan atau bahkan tiket transportasi, Breather namanya.

Situs ini memiliki desain yang cerdas dan menyenangkan pada landing pagenya.

Segera setelah kamu mengunjungi Breather.com, kamu akan diarahkan untuk mengisi waktu penyewaan.

Lalu situs ini juga menggunakan layanan lokasi untuk mencari tahu di mana kamu berada dengan menyediakan opsi instan ‘Near me’.

Kami menyukai bagaimana Breather menuliskan deskripsi sederhana untuk memberitahu pengunjung apa yang bisa dilakukan website.

Contoh landing page tersebut membuat kita sedikit lebih dekat dengan brand.

Negative space dan skema warna yang menenangkan juga selaras dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Jadi, Contoh Landing Page Mana Yang Menginspirasi Kamu?

Setelah melihat inspirasi contoh landing page keren versi DomaiNesia, harapannya kamu bisa membuat landing page website dengan konversi tinggi seperti sulap.

Oh, apakah kamu belum punya website dan kebetulan sedang berencana membuatnya untuk kebutuhan interaksi online?

Tak usah bingung karena kamu bisa beli hosting untuk landing page dan struktur website lainnya hanya di DomaiNesia.

Lalu untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengaplikasian landing page, pastikan untuk mengetahui tujuan awal layanan website kamu.

contoh landing page
Sumber: Envato

Apakah untuk mendapatkan informasi email, nomor telepon, layanan uji coba gratis/berbayar (umumnya untuk website penyedia layanan teknologi), atau tujuan lainnya.

Setelah website kamu punya landing page, jangan dibiarkan tanpa adanya peningkatan kualitas konten dalam jangka waktu yang lama.

Tak sedikit pemilik website bisnis harus menguji halaman mereka puluhan bahkan ratusan kali sebelum menemukan landing page yang terbaik untuk kebutuhan bisnis mereka.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!