Cara Mempercepat Loading Website Blog dan WordPress

Mempercepat Loading Website

Perubahan Algoritma Google saat ini berdampak pada beberapa website yang memiliki loading lambat, bagi kamu yang ingin mempercepat loading website simaklah tips berikut ini yang akan DomaiNesia simpulkan.

Website merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi di Intenet. Bisa juga kamu ibaratkan sebuah lokasi di Internet, siapa pun di dunia ini bisa mengunjunginya dan bisa kapan saja mengetahui informasi yang disampaikan di website tersebut dan kepuasan pengunjung sangat bergantung pada kecepatan website saat pertama kali dibuka.

Rahasia Mempercepat Loading Website Blog dan WordPress

WordPress merupakan platform terbaik saat ini untuk membangun website, blog, dan toko online. Banyak sekali pengembang website yang menggunakan platform WordPress. Maka tidak perlu diragukan lagi jika WordPress adalah platform terbaik karena saat ini banyak sekali pengguna dari seluruh dunia yang memilih platform di WordPress.

BERIKUT INI CARA MENINGKATKAN KECEPATAN LOADING WEBSITE

Jika kamu melakukan beberapa rahasia cara meningkatkan kecepatan loading website dibawah ini, maka secara drastis website kamu akan lebih cepat di akses. Saat ini WordPress selalu dikembangkan untuk loading yang cepat, tapi dengan beberapa rahasia dibawah ini pasti akan meningkatkan kecepatan loading situs web kamu berkali-kali lipat.

1. PILIH LAYANAN HOSTING TERBAIK

Pertama-tama untuk mempercepat loading website pakailah layanan hosting terbaik untuk membuat website, sebab jika kamu memakai hosting terbaik dipastikan kecepatan website kamu akan lebih cepat untuk di akses dari negara mana saja. Jika kamu berat untuk membayar hosting per tahun, DomaiNesia menyediakan paket hosting murah dengan pembayaran tiap bulan.

Mempercepat Loading Website

2. GUNAKAN PLUGINS UNTUK CACHE

Di WordPress sendiri terdapat banyak sekali plugin, namun untuk mempercepat loading website pakailah plugin untuk menyimpan Cache dari website atau blog kamu, kamu bisa memilih untuk memakai plugin W3 Total Cache atau Wp Super Cache, guna dari plugin ini adalah meningkatkan kecepatan website atau blog WordPress kamu secara otomatis.

Mempercepat Loading Website

3. OPTIMALKAN HOMEPAGE

Salah satu cara mempercepat loading website adalah dengan mengoptimalkan homepage, sebab bagian homepage adalah bagian paling vital dari situs kamu karena pengunjung pertama kali mengakses web tentu akan masuk ke home page.

Rahasia mempercepat website yang bisa kamu lakukan :

  • Tampilkan artikel dengan bentuk kutipan bukannya keseluruhan artikel
  • Membatasi jumlah postingan di home page
  • Hapus beberapa widget yang tidak berguna
  • Hapus plugin tidak aktif dan widget yang tidak dipakai
  • Buatlah seminimalis mungkin, karena pengunjung datang ke website karena konten website, bukan karena widget.

Jika kamu sudah menerapkan hal diatas, bisa dipastikan homepage kamu lebih cepat di buka.

4. PILIH TEMA YANG RINGAN

Tanpa disadari kebanyakan dari kita memilih tema website karena segi visualnya yang menarik, padahal tema juga sangat mempengaruhi kecepatan loading website kamu loh.

Pastikan kamu memakai tema yang cepat dan responsive. Banyak tema WordPress yang memiliki ukuran yang ringan. Hal ini tentunya akan mempercepat waktu loading website kamu.

Jika kamu memilih tema yang rumit, biasanya beberapa fitur yang tersedia malah membuat kerja website kamu semakin berat. Jika kamu paham dengan coding, kamu bisa memilih tema dengan opsi yang lebih ringkas namun tetap membuat website mu loading lebih cepat.

Lalu, pastikan juga jika tema kamu sudah memiliki fitur responsif. Tema responsif adalah tema yang dapat memuat lebih sedikit resources untuk smartphone dan mobile browser, atau membuat gambar resolusi tinggi menjadi lebih ringan ketika di buka di smartphone.

Website yang responsif sangat disukai oleh Google sehingga bisa meningkatkan SERP website kamu di pencarian google.

Baca juga : Cara Mempercepat Proses Web Dengan AMP

5. Optimasi Gambar-gambar Di Situs Kamu

Gambar merupakan salah satu elemen web yang lumayan butuh waktu untuk diakses, biasanya 65% dari konten web merupakan gambar. Ada banyak cara yang bisa kamu pakai untuk mengoptimasi gambar yang akan kamu upload ke website.

Cara pertama adalah mencari dimensi gambar maksimal untuk thumbnail serta gambar berukuran medium dan large, kamu bisa menemukan setting ini di Media. Jika kamu mengunggah gambar berukuran 1024px dan area konten kamu cuma 604px, gambar yang kamu upload akan di-resize secara otomatis oleh CSS. Ukuran yang di gunakan untuk me-resize gambar ini akan membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk didownload.

Hal kedua yang bisa kamu pakai yaitu memperkecil ukuran gambar yaitu dengan tools atau plugin. Memperkecil disini berarti mengurangi ukuran gambar tanpa harus mengurangi kualitas gambar yang akan di unggah. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan tools seperti re Smush.it atau tinypng. Atau beberapa plugin di WordPress seperti Optimus.

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan lazy loading. Cara ini sangat bermanfaat untuk website yang memiliki banyak gambar. Gambar di website hanya akan muncul jika mereka muncul di browser pengunjung website, bukan di ketika halaman di loading. Hal ini bisa Mempercepat Loading Website tetapi tetap akan ada delay dalam menyajikan gambar ketika halaman tersebut di scroll ke bawah.

Itulah beberapa Rahasia Mempercepat Loading Website Blog dan WordPress, Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan loading website kamu.

Selamat Mencoba cara mempercepat loading website !

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!