File Restoration : Kembalikan Data Penting Kamu!

Hi DomaiNesians! Udah tau belum kalau ada fitur terbaru dari cPanel? Yaps, cPanel memiliki fitur terbaru yang dinamakan File Restoration. File Restoration ini sebenarnya hampir sama dengan fitur Restore Manager yang dulu. Masih ingat apa itu backup dan restore? Kalau sudah lupa, mungkin anda perlu membaca panduan Cara Backup File Website dan Cara Restore Website. Nah, fitur File Restoration ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan fitur Restore Manager. Dengan fitur File Restoration ini, anda bisa mengembalikan data penting dari file backup lokal. Apasih arti restoration? Dan bagaimana cara mengembalikan data penting menggunakan fitur ini? Yuk baca panduan berikut ini.

Arti File Restoration

Arti File Restoration ini yaitu hampir sama dengan menu Restore sebelumnya. Jadi anda bisa mengembalikan data penting yang telah di backup. Anda bisa mengembalikan data penting dari file backup lokal. Sehingga jika ada masalah atau error dalam melakukan setting, anda tetap bisa tenang dan duduk manis 🙂

Masih bingung apa itu restore? Baca juga Cara Restore Website

Cara Menggunakan Fitur File Restoration

Adapun cara menggunakan fitur File Restoration yaitu,

Step 1 – Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui http://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

arti file restoration

Step 2 – Memilih Menu File Restoration

Setelah berhasil login, anda akan diarahkan ke halaman dashboard cPanel. Pada form pencarian, silahkan ketik “file restoration”. Klik menu File Restoration tersebut.

arti file restoration

Step 3 – Memilih File Backup

Kemudian pilih file backup yang akan dikembalikan ke tempat semula. Jangan sampai salah memilih file backup ya! Apabila sudah selesai, silahkan klik Restore This Version.

arti file restoration

Step 4 – Melakukan Restore

Jika file yang ingin anda restore (yang ingin dikembalikan) sudah ada, maka silahkan beri tanda centang pada Overwrite existing file. Kemudian klik Restore.

Step 5 – Restore Berhasil

Tunggu sebentar hingga proses restore selesai. Apabila berhasil, maka akan ada tulisan “restored successfully”.

arti file restoration

Closing

Jadi sudah tahu kan apa arti File Restoration? Pada prinsipnya sama persis seperti menu Restore. Fungsinya yaitu untuk mengembalikan file yang telah hilang. Jadi bagi anda yang sering melakukan percobaan atau “mengoprek” website kemudian terjadi error, jangan khawatir! Asalkan sudah di backup, anda bisa mengembalikan file tersebut! Tertarik dengan hosting murah DomaiNesia? Yuk cek Hosting Indonesia Murah. Pengen tahu promo apa saja yang sedang berlangsung? Yuk cek Promo Domain Hosting. Salam DomaiNesia!

DomaiNesia punya banyak tutorial yang bisa anda ikuti lho! Bahasanya mudah dipahami dan cocok untuk pemula. Yuk cek Panduan DomaiNesia

Panduan dibuat khusus untuk pelanggan DomaiNesia, jika ada perbedaan dalam fitur/layanan dengan layanan yang Anda pakai, silakan hubungi penyedia layanan Anda.

Pindah ke DomaiNesia

Migrasi
Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Related Articles