Home  »  Permulaan   »   Cara Reset Password OpenCart di Hosting

Cara Reset Password OpenCart di Hosting

Last Update:
No ratings yet.

cara reset password OpenCart
Salah satu cara membuat toko online mudah untuk pemula adalah menggunakan OpenCart. Dengan OpenCart kamu bisa membuat website ecommerce layaknya profesional dengan cepat dan mudah. Kamu tidak perlu membuat toko online dari awal atau membeli website ecommerce dengan harga berjuta-juta. Adapun keunggulan OpenCart dibandingkan CMS yang lainnya yaitu, mudah dalam pengelolaan produk, pengelolaan customer dan order, memiliki fitur kupon dan voucher, memiliki beragam tema dan modul, multi store, terdapat fitur afiliasi, multicurrency, mutilingual serta terdapat meta description untuk kebutuhan SEO. Dan yang paling penting, kamy hanya butuh domain dan hosting saja lalu OpenCart dapat diinstal secara GRATIS! Nah, bagi kamu yang sudah memiliki OpenCart lalu lupa passwordnya, tenang! Kamu bisa ikuti panduan cara reset password OpenCart di Hosting berikut.

Mencari Nama Database OpenCart

Reset password OpenCart kali ini akan dilakukan melalui phpmyadmin. Phpmyadmin adalah suatu software yang berfungsi untuk pengelolaan database. Dengan adanya phpmyadmin ini, kamu tidak perlu susah-susah mengubah password melalui konsol. Nah sebelum masuk ke phpMyAdmin, kamu perlu tahu nama database OpenCart terlebih dahulu. Untuk mencari nama database OpenCart, silakan buka folder instalasi yang ada di domain/ subdomain. Misalnya, pada contoh kali ini OpenCart diinstal di subdomain cart.websitesaya.net. Untuk itu, silakan buka File Manager lalu buka folder subdomain tersebut.

Setelah itu, silakan cari folder admin lalu pilih file config.php. Kemudian klik Edit.

cara reset password OpenCart

Cari nama DB_DATABASE dan catat nama database OpenCart. Nama database itulah yang nanti akan digunakan pada phpMyAdmin.

cara reset password OpenCart

Cara Reset Password OpenCart

Adapun cara reset password OpenCart yaitu,

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi kamu yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Login cPanel Hosting.

cara mengubah password wordpress

2. Memilih phpMyAdmin

Setelah itu, silahkan tulis “phpmyadmin” pada bagian kolom pencarian. Maka akan muncul menu phpMyAdmin. Silahkan klik menu tersebut.

cara mengubah password wordpress

3.Memilih Database OpenCart

Sudah tahu kan apa nama database OpenCart nya? Oke sekarang saatnya masuk ke phpMyadmin dan silakan klik nama database OpenCart. Kemudian cari tulisan “user” dan klik tabel user tersebut.

cara reset password OpenCart

4.Reset Password OpenCart

Setelah itu, silakan cari username yang ingin dilakukan reset password. Setelah itu, silakan klik Edit.

cara reset password OpenCart

Ubah username dan password lama dengan password baru. Jangan lupa pilih MD5 agar aman. Lalu klik Go.

cara reset password OpenCart

5.Login Halaman Admin dengan Password Baru

Sekarang, silakan buka halaman admin OpenCart lalu login dengan username dan password yang baru! Voila! Reset password OpenCart di Hosting berhasil! Untuk login ke OpenCart, silakan tulis namadomain/admin ya.

cara reset password OpenCart

Kesimpulan

OpenCart menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan impian memiliki toko online dengan kualitas terbaik. Cara reset password OpenCart di hosting juga cukup mudah dilakukan apabila terjadi lupa password. DomaiNesia memiliki ebook Panduan OpenCart Lengkap yang bisa kamu pelajari! Ingin membuat toko online sekarang? Yuk mulai dengan membeli domain dan hosting murah DomaiNesia! Ada paket hemat domain dan hosting plus instalasi OpenCart gratis lho!

Please rate this


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!