• Home
  • Tips
  • Tips WordPress: Cara Membuat Postingan Di WordPress

Tips WordPress: Cara Membuat Postingan Di WordPress

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Halo, DomaiNesians! Saatnya Tips WordPress nih! Pernahkah Kamu merasa tertantang ketika membuat postingan di WordPress? Atau malah kamu baru pertama kali menggunakan WordPress dan kebingungan cara membuat postingan di WordPress?

Tenang, artikel ini akan membantu kamu sampai bisa mengetahui cara membuat post di WordPress. Yuk, simak sampai tuntas agar kamu cepat mahir dalam menggunakan WordPress dan paham cara membuat postingan di WordPress!

cara membuat postingan di wordpress
Sumber: Envato

Apa itu WordPress

WordPress Adalah

WordPress merupakan sebuah platform open-source yang digunakan untuk membuat dan mengelola situs web atau blog. Dirilis pertama kali pada tahun 2003, WordPress telah menjadi salah satu platform paling populer di dunia untuk blogging dan pembuatan situs web. Kelebihan utamanya adalah kemudahan penggunaan, fleksibilitas, dan dukungan komunitas yang besar.

WordPress dapat digunakan oleh siapa pun, dari pemula hingga profesional, untuk membuat situs web atau blog tanpa memerlukan keahlian koding yang mendalam. Pengguna dapat memilih dari berbagai tema (themes) dan plugin untuk menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas situs sesuai kebutuhan mereka. Lalu, bagaimana cara membuat postingan di WordPress?

Manfaat WordPress

  1. Fleksibilitas: WordPress dapat digunakan untuk berbagai jenis situs web, termasuk blog pribadi, situs berita, toko online, dan lainnya.
  2. User-Friendly: Antarmuka pengguna WordPress mudah dipahami, memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola konten tanpa kesulitan.
  3. Dukungan Komunitas: Karena popularitasnya, WordPress memiliki komunitas yang aktif, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan solusi untuk masalah atau mendapatkan bantuan.

Keunggulan WordPress

Secara umum, WordPress memiliki keunggulan berupa: 

  1. Gratis dan Open Source: WordPress dapat diunduh dan digunakan tanpa biaya. Selain itu, sumber terbuka memungkinkan pengembang untuk memodifikasi dan menyesuaikan platform sesuai kebutuhan mereka.
  2. Pilihan Tema dan Plugin: Ketersediaan tema dan plugin memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengubah tampilan dan fungsionalitas situs mereka tanpa harus membuatnya dari awal.
  3. SEO-Friendly: WordPress dirancang dengan baik untuk dukungan SEO, membantu situs web mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

DomaiNesia: Penyedia Hosting Khusus WordPress

Hosting memainkan peran krusial dalam kinerja dan keamanan situs WordPress. Pemilihan hosting yang tepat dapat meningkatkan kecepatan situs, memastikan ketersediaan yang baik, dan mendukung pertumbuhan lalu lintas. Khususnya untuk WordPress, hosting yang dioptimalkan dapat membuat pengalaman pengguna lebih baik.

DomaiNesia merupakan penyedia hosting yang dikenal dengan salah satu produk layanan hosting yang didedikasikan khusus untuk WordPress. Dengan infrastruktur yang handal, mereka menawarkan performa tinggi, keamanan, dan dukungan khusus untuk pengguna WordPress. 

Pemilihan hosting yang dioptimalkan untuk WordPress seperti DomaiNesia dapat mengurangi masalah teknis, memungkinkan pengguna untuk fokus pada konten dan pengembangan situs sehingga DomaiNesia telah dikenal sebagai penyedia hosting yang cocok untuk WordPress.

Penting untuk memilih penyedia hosting yang tidak hanya menawarkan ruang penyimpanan, tetapi juga mendukung ekosistem WordPress. DomaiNesia muncul sebagai opsi yang dapat diandalkan untuk memberikan performa terbaik dan pengalaman pengguna yang optimal bagi pengguna WordPress. Hm, semakin penasaran kan bagaimana cara membuat postingan di WordPress?

Beli WordPress Hosting

Cara Membuat Postingan di WordPress

Cara membuat postingan di WordPress sangat mudah. Untuk membuat postingan di WordPress, langkah-langkah berikut dapat membantu Kamu membuat konten yang menarik dan terstruktur dengan baik. Berikut ini adalah cara membuat postingan di WordPress:

1. Login ke Dashboard WordPress

Cara membuat postingan di WordPress pertama adalah Buka browser dan navigasikan ke situs WordPressmu. Biasanya kamu bisa mengakses dengan memasukan domainmu + /wp-admin, misalkan www.domainmu.com/wp-admin. Kemudian masukkan informasi login (username dan password) untuk mengakses dashboard. 

Jika kamu telah berhasil masuk dalam dashboard WordPress, maka tampilan dashboard kamu akan sebagai berikut:cara membuat postingan di wordpress

2. Pilih Menu “Posts”

Cara membuat postingan di WordPress selanjutnya adalah klik menu “Posts”. Di dashboard, lihat panel di sebelah kiri dan cari opsi “Posts”. Kemudian tampilan akan membuka halaman yang menampilkan daftar postingan yang sudah pernah dibuat (jika ada) dan opsi untuk membuat yang baru.

cara membuat postingan di wordpress

3. Klik “Add New Post”

Cara membuat post di WordPress selanjutnya adalah klik “Add New Post” Pada halaman “Posts” ini, perhatikan tombol “Add New Post” di bagian atas. Tekan tombol ini untuk memulai pembuatan postingan baru.

cara membuat postingan di wordpress

4. Buat Judul dan Isi Postingan

Cara membuat postingan di WordPress selanjutnya adalah dengan membuat judul dan konten. Pada halaman editor, berikan judul yang mencerminkan isi postinganmu.

Gunakan area teks di bawahnya untuk menuliskan konten. Gunakan alat pengedit untuk memformat teks, membuat paragraf, dan menyusun informasi secara terstruktur.

cara membuat postingan di wordpress

5. Edit dan Lengkapi Atribut Post

Cara membuat postingan di WordPress selanjutnya adalah melakukan editing dan melengkapi atribut post. Setelah kamu selesai membuat konten, lengkapi seluruh atribut dari post yang perlu kamu isi. Kamu bisa mengakses menu Post dan Block pada bagian sebelah kanan halaman.

cara membuat postingan di wordpress

6. Preview dan Publikasikan

Sebelum mempublikasikan, klik tombol “Preview” untuk melihat tampilan akhir postinganmu.

Jika semuanya terlihat baik, tekan tombol “Publikasikan” untuk membuat postinganmu dapat diakses oleh pengunjung situs.

cara membuat postingan di wordpress

Bonus: Optimalisasi SEO untuk Postingan WordPress

SEO (Search Engine Optimization) memiliki peran krusial dalam kesuksesan sebuah situs web atau konten online. Berikut adalah beberapa alasan mengapa SEO sangat penting:

Trafik Organik yang Berkualitas

SEO membantu meningkatkan peringkat situs web atau postinganmu di hasil pencarian. Dengan peringkat yang lebih tinggi, situsmu lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian, yang dapat meningkatkan peluang mendapatkan klik dari pengguna yang mencari informasi terkait.

Peningkatan Kredibilitas dan Kepercayaan

Situs atau postingan yang muncul di peringkat teratas hasil pencarian cenderung dianggap lebih kredibel oleh pengguna. SEO membantu membangun otoritas online, memberikan kesan bahwa kontenmu adalah sumber informasi yang berkualitas.

Peningkatan Pengalaman Pengguna

Prinsip dasar SEO adalah membuat kontenmu relevan, informatif, dan mudah diakses oleh pengguna. Dengan demikian, SEO berkontribusi pada peningkatan pengalaman pengguna, membuat mereka lebih puas dengan hasil pencarian dan situs web yang mereka kunjungi.

Persaingan yang Sehat

Di dunia daring yang kompetitif, SEO memungkinkan situs web atau kontenmu bersaing secara efektif dengan pesaing. Dengan mengoptimalkan konten, Kamu dapat menarik perhatian pengguna potensial dan meraih pangsa pasar yang lebih besar.

cara membuat postingan di wordpress
Sumber: Envato

Target Pasar yang Tepat

Melalui penggunaan kata kunci yang relevan, SEO membantu memastikan bahwa situs atau postinganmu muncul di depan orang-orang yang sedang mencari informasi yang Kamu tawarkan. Ini memastikan bahwa trafik yang diterima adalah dari orang-orang yang memiliki minat atau kebutuhan terkait dengan kontenmu.

Optimasi untuk Perangkat Seluler

SEO juga melibatkan optimasi untuk perangkat seluler, mengingat semakin banyak orang mengakses internet melalui ponsel. Dengan memastikan situs atau kontenmu responsif terhadap perangkat seluler, Kamu tidak hanya memenuhi kriteria pencarian mesin pencari, tetapi juga memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna seluler.

Mengukur dan Menganalisis Kinerja

Alat analisis web dan alat SEO memungkinkan Kamu melacak dan menganalisis kinerja kontenmu. Kamu dapat melihat seberapa baik kontenmu berkinerja, mengetahui kata kunci yang paling efektif, dan membuat perbaikan berdasarkan data tersebut.

Keamanan WordPress: Pemahaman dan Langkah-langkah Penting

Keamanan WordPress menjadi esensial dalam menghadapi ancaman online, dan langkah-langkah kunci harus diambil untuk melindungi integritas dan ketersediaan situs. Pembaruan rutin untuk sistem, tema, dan plugin merupakan praktik yang fundamental, sedangkan pemilihan tema dan plugin dari sumber tepercaya dan aktif diperbarui menjadi kunci lainnya. 

Kesadaran terhadap keamanan kata sandi, manajemen hak akses yang cermat, dan pemantauan aktivitas login juga menjadi aspek penting. Implementasi enkripsi HTTPS melalui sertifikat SSL, backup reguler, dan penggunaan firewall serta plugin keamanan WordPress menjadi lapisan pertahanan tambahan. Hosting yang aman dan pengelolaan pengaturan PHP serta database dengan bijak juga merupkan strategi penting. 

Pengelola situs WordPress perlu menjaga kewaspadaan dengan melakukan audit rutin dan menyelidiki aktivitas yang mencurigakan untuk merespons ancaman keamanan dengan cepat. Melalui pendekatan holistik ini, pemilik situs dapat mengurangi risiko serangan dan menjaga keberlanjutan keamanan situs mereka.

cara membuat postingan di wordpress
Sumber: Envato

WordPress: Langkah Mudah Membuat Website

Cara membuat postingan di WordPress adalah hal yang mudah. Secara keseluruhan, mengelola dan membangun situs WordPress yang sukses memerlukan pendekatan holistik yang mencakup berbagai aspek. Mulai dari pemilihan tema dan plugin yang tepat, penerapan strategi SEO yang cerdas, hingga perhatian khusus terhadap pembaca dengan bahasa yang menarik. Struktur konten yang jelas, penggunaan tautan internal dan eksternal yang bijak, serta analisis kinerja berkala juga membantu memperkuat daya saing dan kualitas situs.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah

This will close in 0 seconds