• Home
  • Tips
  • 11 Jurus Jitu Memanfaatkan WordPress untuk Marketing

11 Jurus Jitu Memanfaatkan WordPress untuk Marketing

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hi DomaiNesians! Saat ini ada banyak website yang dibangun menggunakan WordPress. Selain karena gratis, WordPress ini memiliki banyak dukungan mulai dari tema, plugin, komunitas, hingga cukup optimal untuk menerapkan SEO. Kelebihan tersebut tentu saja menjadikan WordPress untuk marketing sebagai platform yang tepat.

Nah, jika kamu ingin memaksimalkan potensi yang ada di WordPress untuk marketing bisnis. Berikut ini akan dibahas 11 jurus jitu WordPress untuk marketing yang bisa kamu coba. Simak penjelasan berikut ya!

WordPress untuk marketing
Sumber: Freepik

Gunakan Tema Responsive

Menggunakan tema yang responsive selain disukai oleh mesin pencari seperti Google, juga disukai oleh visitor. Hal ini akan membuat tampilan website menjadi optimal dan terlihat profesional karena bisa diakses dari berbagai perangkat tanpa menghilangkan fitur-fitur penting. Dengan memilih tema yang tepat dan responsive, kamu sudah selangkah lebih maju mengoptimalkan WordPress untuk marketing.

Optimalkan Penggunaan Gambar Agar Loading Lebih Cepat

Selain tema yang mendukung, memaksimalkan WordPress untuk marketing juga harus ditunjang dengan pemilihan gambar yang tepat untuk setiap postingan. Usahakan juga, gambar jangan terlalu besar yang membuat performa website menjadi lambat karena memenuhi ruang dan sumber daya server. Kamu bisa menggunakan plugin yang bisa mengkompres ukuran gambar tanpa harus mengurangi kualitasnya seperti menggunakan plugin WP Smush Image Compression.

Buat XML Sitemap

Mesin pencari tentu saja perlu mengindex semua konten yang ada di blog kamu. Untuk itu, kamu harus membuat XML Sitemap agar bisa memaksimalkan WordPress untuk Marketing. Dengan XML Sitemap ini, seluruh konten yang ada di website bisa dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari. Untuk memudahkan, kamu juga bisa menggunakan plugin yang tersedia.

Mengoptimalkan WordPress untuk marketing tentu saja mengoptimalkan website di mata mesin pencari. Nah, hal yang tidak disukai oleh mesin pencari adalah kerusakan link yang ada di website. Link yang rusak atau broken link, bisa mempengaruhi posisi website di halaman mesin pencari, sehingga kamu harus memperbaikinya. Untuk memudahkan menemukan link rusak, kamu bisa menggunakan plugin seperti Broken Link Checker dan segera memperbaiki kerusakan tersebut.

Bangun Landing Page untuk Penjualan

WordPress untuk marketing juga pastinya bertujuan untuk menarik pengunjung agar datang ke website guna melihat halaman penjualan produk atau layanan. Untuk itu, kamu harus membangun landing page khusus untuk menginformasikan dan menampilkan semua produk yang ditawarkan. Jika kamu tidak ahli dalam mendesain landing page, kamu bisa menggunakan plugin seperti PageBuilder buatan SiteOrigin.

WordPress untuk marketing
Sumber: Freepik

Lakukan A/B Testing

A/B Testing juga sangat dibutuhkan untuk menguji apakah WordPress untuk marketing yang sudah kamu terapkan berhasil atau tidak. Hasil dari A/B testing juga bisa menjadi sumber daya data untuk mengambil keputusan yang akan diambil kedepannya. A/B testing ini sebenarnya hanya membuat dua buah halaman atau lebih untuk dites secara real-time. Hasilnya bisa menentukan halaman mana yang bagus untuk diterapkan dalam website.

Optimalkan Konten Untuk Sharability

Dan untuk menjaring jangkauan audience yang lebih luas, kamu juga bisa memanfaatkan fitur sharability yang ada di WordPress. Dengan begitu, setiap audience yang tertarik bisa membagikan konten tersebut ke berbagai sosial media mereka dan mempromosikan secara tidak langsung. Di WordPress sendiri, terdapat pilihan untuk membuat konten bisa dibagikan, mulai dari fitur bawaan namun memiliki keterbatasan, hingga fitur dari plugin yang cukup lengkap dan banyak pilihan.

Aktifkan Komentar dan Respon

Jangan lupa memaksimalkan WordPress untuk marketing juga diperlukan interaksi dengan audience. Aktifkan kolom komentar dan buat kemudian audience dalam melakukan komunikasi. Selain itu, kamu juga harus membalas atau merespon setiap komentar yang masuk. Pastikan juga untuk menggunakan filter komentar agar tidak ada spam yang malah akan memperburuk kualitas website.

Tambahkan SEO untuk Setiap Blog Post

SEO salah satu elemen terpenting yang ada untuk membuat website bisa mendapat halaman pertama mesin pencari. Dengan menerapkan SEO pada setiap blog post, kamu bisa mendapatkan traffic secara organik. Traffic tersebut dapat kamu konversi menjadi pelanggan dan meningkatkan penjualan. Jika penerapan SEO kamu berhasil menarik pelanggan, maka kamu juga sudah berhasil dalam menerapkan potensi WordPress untuk marketing.

Atur Editorial Kalender

Konten adalah segalanya. Dan dalam marketing, konten mempunyai peranan vital untuk menarik audience. Buatlah editorial kalender yang fungsinya mengatur jadwal konten yang kamu publish setiap harinya untuk jangka waktu pendek dan panjang. Dengan adanya editorial kalender, setiap konten di website akan jadi terencana dan kamu bisa melakukan publikasi konten secara rutin.

Publish Ulang Konten Lama di Blog

Terlalu banyak konten memang bagus karena dapat mendatangkan pengunjung. Namun, tentu saja ada konten yang sudah tidak relevan dan butuh pembaharuan. Gunakan konten lama kamu dan muat ulang dengan revisi untuk menyesuaikan dengan keadaan terbaru. Dan dengan memperbarui dan mempublish ulang konten, artinya akan ada konten berkualitas lagi di blog kamu.

WordPress untuk marketing
Sumber: Freepik

Optimalkan WordPress untuk Marketing, Bisnis Siap Bersaing

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memaksimalkan WordPress dalam marketing. Dan pastinya kamu harus memilih tools yang tepat agar penerapannya bisa berhasil. Dengan menggunakan 11 jurus jitu WordPress untuk marketing di atas, website marketing kamu sudah naik level. Jadi sekarang kamu bisa melanjutkan strategi marketing lainnya untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. Reading is something I really liked since elementary school. The book genres I love the most are fantasy fiction, fairy tales, and memoirs. How about you?

Artikel

Lainnya


Fifitory
January 20, 2021

Mampir di channel aku ya "Fifitory" apalagi yang suka anime, manga/komik https://www.youtube.com/channel/UCol41ww1B8snZ3bVfqFt9XA/videos masih pemula banget nih

Iwan
January 3, 2021

Jangan lupa mampir ke Chanel saya Pondok Pesantren Misbahul Qodiri 1 jember

Taupik Hikayat
January 1, 2021

https://www.youtube.com/channel/UCCoy-iHVW2VPkxQc41GYEBg

Aldo Fernanda
December 1, 2020

Kampus terbaik di Lampung : https://www.teknokrat.ac.id/

Ana
October 31, 2020

apakah harus beli domain dulu sebelum lanjut ke web apps?

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!