• Home
  • Tips
  • Tips Meningkatkan Revenue dengan Mengembangkan Target Pasar

Tips Meningkatkan Revenue dengan Mengembangkan Target Pasar

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Hai DomaiNesians! Online marketing kini sangat membantu perusahaan dalam menjaring audience dari berbagai belahan tempat dengan menggunakan internet. Dan akan sangat disayangkan apabila kelebihan tersebut tidak digunakan secara maksimal. Dengan memanfaatkan online marketing, kamu bisa dengan mudah mengembankan target pasar dan meningkatkan profit sebanyak-banyaknya.

Hanya saja, mengembangkan target pasar menggunakan online marketing tidak bisa dilakukan sembarang. Butuh strategi khusus yang terencana agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk itu, artikel kali ini DomaiNesia akan jelaskan tips mengembangkan target pasar yang patut untuk kamu simak sampai habis.

Mengembangkan Target Pasar
Sumber: Freepik

Search Engine Optimization (SEO)

Rata-rata pengguna internet, akan mencari banyak hal informasi dengan bantuan dari mesin pencar atau yang biasa disebut dengan Search Engines (seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan sebagainya). Itu itu diperlukan website yang akan menjembatani antara bisnis yang kamu jalankan dengan pengunjung yang bisa saja menjadi calon pelanggan.

Namun, karena saat ini cukup banyak informasi yang tersebar di internet. Tidak semua website bisa masuk di halaman pencarian pertama. Untuk itu diperlukan SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan strategi untuk diaplikasikan dengan tujuan membuat website berada di halaman pertama mesin pencari. Jika website berada di halaman pertama pencarian, maka ada kesempatan untuk mendapatkan banyak pengunjung dan tentu saja bisa meningkatkan penjualan.

Salah satu faktor penting dalam peringkat pencarian adalah nama domain. Kata kunci yang merupakan bagian dari nama domain kamu bisa sangat membantu dalam meningkatkan klik dalam hasil pencarian. Sebagai ekstensi yang sudah dikenal secara umum, .XYZ sudah dikenali dan terindeks oleh Google. Jadi, menggunakan satu ekstensi domain .XYZ, kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu SEO dan nama domain yang menarik.

Manfaatkan Sosial Media

Sosial media saat ini juga memiliki banyak pengguna yang bisa menjangkau target yang sesuai dengan bisnis. Karena selain bisa digunakan untuk kegunaan personal, sosial media juga sangat cocok untuk kamu yang ingin mengembangkan target pasar bisnis dengan biaya yang cukup murah dan terjangkau. Saat ini banyak bisnis yang akhirnya memanfaatkan sosial media untuk berkomunikasi den terhubung dengan pelanggannya.

Apalagi, saat ini ada banyak sosial media dengan karakteristik penggunanya tersendiri. Seperti misalnya Instagram yang mengkhususkan konten berupa gambar atau video, Twitter yang berupa tulisan singkat, Facebook yang bisa memuat berbagai konten, dan Tiktok untuk konten video dengan berbagai filter khusus. Dengan menggunakan sosial media tersebut, kamu akan jadi lebih mudah mengjangkau dan mengambankan target pasar dengan tepat, cepat, dan efisien.

Gunakan Iklan Berbayar

Tips selanjutnya untuk mengembangkan target pasar adalah dengan mencoba menggunakan iklan berbayar. Iklan berbayar ini bisa dipasang di berbagai platform yang nantinya bisa ditujukan ke website atau lokasi bisnis kamu. Dengan iklan berbayar, kamu bisa menentukan audience yang sangat spesifik dan tentu saja meningkatkan brand awareness. Sehingga selain mengembangkan target pasar, kamu juga bisa mengenalkan brand dan meningkatkan penjualan.

Mengembangkan Target Pasar
Sumber: Freepik

Namun, tidak peduli iklan berbayar apa yang akan kamu gunakan. Yang terpenting adalah menyisipkan ‘pesan brand’ untuk menunjukkan secara jelas apa maksud dan tujuan dari bisnis, siapa yang bisa menggunakannya, apa manfaatnya, dan bagaimana membuat target audience percaya jika bisnis yang kamu jalankan adalah bisnis terbaik yang patut untuk mereka coba.

Bekerjasama dengan Influencer

Nah, karena saat ini juga sedang maraknya orang yang menjadi populer karena unggahannya di Internet. Orang-orang ini akan berpengaruh dan menjadi fokus perhatian pengguna internet lainnya. Dalam artian, pengguna internet yang populer ini disebut dengan influencer yang biasa dikenal sebagai Selebgram untuk pengguna Instagram, Youtuber untuk pengguna Youtube, Blogger untuk pengguna website, dan sebutan lainnya.

Karena mereka memiliki pengaruh dan audiens yang cukup banyak. Manfaatkan hal tersebut untuk melakukan kerjasama dengan mereka. Misalnya dengan bekerjasama paid-promote, endorse, brand ambassador, dan lain sebagainya. Dengan memiliki influencer yang memiliki nama baik, juga akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap brand itu sendiri.

Mengadakan Event, Pameran, dan Membangun Jaringan

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengembangkan target pasar adalah dengan mengadakan event, pameran, dan membangun jaringan. Jadi kamu akan melakukan interaksi secara personal dengan pelanggan atau calon pelanggan untuk lebih dekat mengenal brand. Dengan mengadakan pameran atau event, kamu bisa membuat hubungan customer dan bisnis akan semakin kuat. Tak hanya dilakukan secara langsung, kamu juga bisa mengadakan event ini secara virtual misalnya seperti Webinar.

Dan apabila orang-orang yang ikut datang ke event yang kamu adakan tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu sudah berhasil meningkatkan kepercayaan mereka kepada bisnismu. Sehingga poin positifnya, mereka akan merekomendasikan produk kamu ke orang-orang terdekat mereka.

Coba SMS dan Email Marketing

Dan tips terakhir yang bisa kamu coba untuk mengembangkan target pasar adalah dengan mencoba SMS dan Email Marketing. Saat ini cukup penting untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara personal menggunakan SMS ataupun email. Kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan informasi kontak pelanggan atau membuat formulir melalui website atau sosial media yang harus diisi oleh mereka. Setelah itu kamu bisa mengirimkan informasi terbaru mengenai produk, layanan, penawaran spesial, dan sebagainya langsung ke audience.

Mengembangkan Target Pasar
Sumber: Freepik

Mengembangkan Target Pasar Optimal, Dapat Hasil Maksimal

Itulah tips online marketing untuk mengembangkan target pasar yang bisa kamu coba. Sebenarnya kamu bisa menjalankan keenam tips tersebut secara bersamaan, namun harus tetap memilih platform marketing mana yang sangat sesuai dengan bisnis kamu. Sehingga apa yang kamu lakukan efisien dan optimal. Jika strategi mengembangkan target pasar yang kamu jalankan sudah optimal, maka kamu juga pantas mendapatkan hasil yang maksimal.

Ratna Patria


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!