• Home
  • Tips
  • Pernah Bertemu dengan Web Tidak Bisa Dicopy? Intip Triknya!

Pernah Bertemu dengan Web Tidak Bisa Dicopy? Intip Triknya!

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

Tidak sedikit dari kalian yang pasti menemukan sebuah situs web tidak bisa dicopy kan? Hal tersebut pasti cukup merepotkan bagi kamu yang sedang mencari tugas atau pekerjaan yang memang informasi tersebut hanya berada pada website itu saja.

Ternyata cara untuk mengatasi web yang tidak bisa dicopy ini bisa kamu terapkan sendiri loh tanpa membutuhkan tools tertentu.

Bagaimana caranya? Simak trik mengatasi web yang tidak bisa dicopy di pembahasan kali ini.

Sumber : Elements Envato

Tunggu dulu memang apa yang mendasari web tidak bisa dicopy? Para pemilik website memang sengaja untuk memasang script tertentu agar konten web tidak bisa dicopy oleh pengunjung.

Dengan berbagai alasan, para pemilik website sengaja untuk melakukannya. Simak terus sampai akhir ya untuk trik mengatasi web yang tidak bisa dicopy!

Penyebab Web Tidak Bisa Dicopy

Seperti yang DomaiNesia sampaikan di atas bahwa web tidak bisa dicopy itu bisa berasal dari pemilik web yang memang memproteksi websitenya atau bahkan karena sistem yang tidak memadai. Berikut beberapa alasan web tidak bisa dicopy :

1. Pemilik website ingin melindungi kontennya

Alasan utama web tidak bisa dicopy karena memang pemilik website tersebut melindungi konten yang dimiliki.

Mengapa konten tersebut dilindungi? Tentu saja agar keunikan dari tulisan akan selalu terjaga, selain itu juga menjaga peringkat di dalam mesin pencarian.

Bayangkan saja jika kamu harus bersaing dengan tulisanmu sendiri namun pada website yang berbeda. Maka dari itu, banyak pemilik website yang ingin menjaga kontennya agar tetap unik dan menghindari plagiarisme.

Sumber : Elements Envato

2. Klik kanan yang dinonaktifkan 

Penyebab website tidak bisa dicopy yang terakhir yaitu klik kanan yang memang sengaja dinonaktifkan oleh admin atau pemilik website.

Dalam beberapa kasus, hal itu dilakukan karena menghindari pengunjung website yang melakukan inspect element dan menyalin konten.

Nah jika kamu saat ini menemukan kasus seperti itu maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengaktifkan javascript pada browser.

Bagaimana Cara Mengatasi Web yang Tidak Bisa Dicopy?

Berikut ini ada beberapa trik mengatasi web yang tidak bisa dicopy yang sudah DomaiNesia siapkan untuk kamu. Yuk simak 5 caranya berikut ini : 

1. Menonaktifkan Javascript di browser

Cara mengatasi web yang tidak bisa dicopy yang pertama yaitu menonaktifkan fitur javascript di browser.

Kenapa harus javascript? Karena untuk menjaga konten agar tidak bisa dicopy itu dengan memanfaatkan script Javascript.

Dengan begitu kamu bisa mencoba untuk menonaktifkannya secara sementara, meskipun nanti tampilan website akan berubah dan sedikit berantakan. Bagaimana caranya?

  • Buka Google Chrome dan kunjungi link chrome://settings/privacy and security/site settings/javascript. 
  • Pada bagian “Not allowed to use Javascript” lalu klik tombol Add.
  • Lalu jangan lupa untuk menambahkan halaman website yang tidak bisa kamu copy tadi.
  • Jika sudah maka refresh halaman website tersebut

web tidak bisa dicopy

2. Memanfaatkan inspect element

Pada bagian inspect element ini merupakan cara mengatasi web yang tidak bisa dicopy paling jarang digunakan.

Inspect element memang menjadi makanan sehari-hari bagi web developer, oleh sebab itu bagi orang awam fitur ini jarang digunakan.

Padahal kamu bisa loh memanfaatkannya jika situs web tidak bisa dicopy. Caranya seperti ini.

  • Buka Google Chrome dan website yang akan kamu copy.
  • Klik kanan pada halaman website tersebut dan pilih inspeksi atau pada Os Windows kamu bisa tekan CTRL+Shift+I.
  • Lalu gunakan kursor untuk meng highlight konten yang akan kamu copy.
  • Selanjutnya jika sudah dihighlight maka klik kanan pada paragraf tersebut yang ditampilkan pada fitur inspeksi dan pilih Copy Element.

Kelemahan dari menggunakan cara ini yaitu kamu harus meng highlight satu persatu dan tampilan inspeksi ini kurang cocok digunakan oleh orang awam.

 

3. Mencoba melalui preview print 

Pernah mencoba untuk melakukan cara ini? Yups benar kamu bisa mengatasi web yang tidak bisa dicopy tersebut dengan memanfaatkan preview print di browser. Caranya cukup mudah kok.

  • Buka browser Chrome dan buka website yang kamu tuju.
  • Lalu klik kanan dan pilih Print atau bisa juga tekan CTRL+P.
  • Selanjutnya akan muncul preview print dan kamu bisa mengcopy konten dari sana. 
  • Nah karena tujuannya hanya ingin mengcopy maka klik Cancel untuk menutup preview tersebut. Namun jika kamu ingin menyimpannya maka kamu bisa klik Save.

4. Menggunakan ekstensi pada browser

Cara mengatasi web yang tidak bisa dicopy berikutnya yaitu dengan memanfaatkan ekstensi yang tersedia yaitu Absolute Enable Right Click & Copy.

Lakukan install ekstensi seperti pada umumnya. Ekstensi ini memungkinkan untuk kamu memilih teks dan menyalin teks.

Ukuran ekstensi ini juga sangat kecil loh DomaiNesian! Hanya berukuran 13 KB saja dan sudah dipastikan aman dari malware dan juga adware yang mengganggu.

Sumber : Elements Envato

5. Membuka versi AMP website

Cara mengatasi web yang tidak bisa dicopy terakhir yaitu dengan mengakses versi AMP. Apa itu? AMP atau Accelerated Mobile Pages adalah versi ringan dari sebuah website karena banyak elemen yang ditiadakan, salah satunya Javascript.

Meskipun bisa dibilang AMP ini khusus untuk mobile saja namun nyatanya pengguna website juga tetap bisa mengaksesnya. Caranya hanya dengan menambahkan /amp pada url website. Contohnya seperti ini https://halaman-website/amp.

Namun tidak semua website memiliki halaman AMP ini jadi bisa dipastikan bahwa cara mengatasi web yang tidak bisa dicopy ini tidak bisa diandalkan sepenuhnya.

Gunakan Cara ini Seperlunya Saja ya DomaiNesia!

Memang tidak semua situs web tidak bisa dicopy, namun pasti kamu juga pernah menemui situs website seperti itu.

Website memang menjadi hak dari pemiliknya, maka dari itu pemiliknya pun bisa tidak mengizinkan pengunjungnya untuk melakukan penyalinan konten.

Nah untuk mengatasi itu, ada beberapa cara mengatasi web yang tidak bisa dicopy mulai dari memanfaatkan inspect element, ekstensi, menggunakan print preview, membuka versi AMP, dan menonaktifkan fitur Javascript pada website.

Dari 5 cara tersebut pastikan bahwa kamu menggunakan konten dari website yang kamu copy tersebut sesuai dengan kebutuhanmu ya dan gunakan dengan bijak! Selamat mencoba!

Baca Juga : Sat Set! Buat Website Company Profile Paling Mudah dan Cepat

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!

Hosting Murah