• Home
  • Tips
  • Cara Membuat Akun Instagram dan Aneka Fitur yang Bisa Digunakan

Cara Membuat Akun Instagram dan Aneka Fitur yang Bisa Digunakan

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Ya, sebagai platform media sosial berbasis foto dan video, Instagram menyediakan aneka filter yang menarik. Sehingga, hampir dipastikan jika pengguna smartphone masa kini pasti menginstall aplikasi Instagram.

Apakah membuat akun Instagram tersebut susah?

Tentu saja jawabannya tidak. Nah, untuk kamu yang belum memiliki akun Instagram, pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana cara membuat akun Instagram dengan sangat mudah.

membuat akun Instagram
Sumber: Unsplash

Kamu bahkan hanya memerlukan beberapa menit saja untuk membuat akun Instagram baru dan langsung bisa menggunakannya.

Bagaimana detail cara untuk membuat akun Instagram baru dengan mudah dan apa saja fitur menarik Instagram yang bisa digunakan? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Instagram

Tidak dimungkiri bahwa popularitas Instagram saat ini semakin meningkat.

Tidak hanya digunakan untuk membagikan foto, video atau story saja, Instagram juga menjadi platform yang cukup efektif untuk iklan produk dan bisnis.

Aplikasi ini pertama kali muncul pada tahun 2010 dengan tampilan yang masih cukup sederhana dan fitur yang belum terlalu lengkap.

Kemudian, Instagram dibeli Facebook pada tahun 2012 di mana ini merupakan awal dari perkembangan pesat Instagram hingga sekarang.

Karena dibeli oleh Facebook, maka kini Instagram terintegrasi dengan Facebook. Dengan demikian, beberapa fitur Facebook bisa dinikmati lewat Instagram, termasuk ketika hendak membuat akun Instagram baru.

Cara Membuat Akun Instagram Melalui Smartphone

Instagram tersedia untuk smartphone dengan OS Android, iOS ataupun lainnya. Oleh karenanya, kamu bisa membuat akun Instagram secara langsung menggunakan smartphone yang kamu gunakan.

Adapun beberapa langkah untuk membuat akun Instagram menggunakan smartphone secara langsung adalah sebagai berikut:

  1. Instal aplikasi Instagram terlebih dahulu melalui Google Play ataupun App Store. Dalam hal ini, aplikasi Instagram tersedia secara gratis
  2. Setelah proses instal selesai, buka dan jalankan aplikasi Instagram tersebut di smartphone kamu
  3. Pilih opsi buat akun yang tertera pada laman depan Instagram. Kamu bisa memilih untuk membuat akun menggunakan email, nomor HP ataupun akun Facebook. Jika kamu memiliki akun Facebook, maka kamu bisa mengintegrasikan Facebook pada Instagram dengan sangat mudah. Artinya, pilih opsi Facebook untuk membuat akun Instagram dan kamu akan langsung mendapatkan akun Instagram baru. Namun, jika tidak memiliki akun Facebook, pilih opsi lainnya
  4. Isi email atau nomor HP kamu untuk membuat akun baru Instagram
  5. Setelah itu, pilih lanjutkan
  6. Buat nama pengguna Instagram yang kamu inginkan berikut kata sandi. Dalam hal ini, kamu nantinya bisa mendapatkan saran nama pengguna dari Instagram. Terkait nama akun, hanya nama akun dengan tanda centang hijau yang bisa kamu gunakan
  7. Jika kamu membuat akun Instagram untuk bisnis, maka cantumkan bisnis yang kamu jalankan
  8. Setelah itu, Instagram akan memberikan penawaran integrasi dengan Facebook. Kamu bisa menghubungkan kedua media sosial ini atau memilih untuk skip
  9. Instagram akan menyarankan beberapa kontak yang ada di smartphone untuk diikuti atau tidak. Jika ada yang ingin diikuti, maka klik follow atau lewati saja tahapan ini
  10. Kamu akan diarahkan ke profil Instagram. Langkah selanjutnya adalah melengkapi profil Instagram mulai dari foto profil, informasi pribadi, dan lainnya
  11. Pilih opsi remember login agar kamu tidak perlu selalu mengingat nama akun serta sandi ketika hendak menggunakan Instagram
  12. Akun Instagram kamu sudah jadi dan sudah bisa digunakan
  13. Selesai.

Beberapa langkah di atas adalah langkah yang perlu kamu lakukan ketika hendak membuat akun Instagram baru dengan smartphone.

Jika dilihat, tentu langkah tersebut begitu mudah. Sebagai tambahan, kamu bisa saja mengubah pengaturan mengenai profil ataupun integrasi dengan Facebook setelah menggunakannya.

Cara Membuat Akun Instagram Melalui PC

Selain menggunakan smartphone, kamu juga bisa menggunakan PC untuk membuat akun Instagram baru. Hal ini dikarenakan Instagram juga menyediakan versi komputer meskipun dengan fitur tidak selengkap versi aplikasi mobile.

Nah, untuk membuat akun Instagram baru melalui PC, ada beberapa langkah mudah yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  1. Buka browser melalui PC yang kamu gunakan dan pastikan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Buka situs Instagram.com.
  3. Setelah itu, pilih opsi untuk membuat akun Instagram yang baru. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan email ataupun masuk melalui Facebook. Seperti langkah sebelumnya, integrasi dengan Facebook akan memudahkan kamu mendapatkan akun Instagram yang baru.
  4. Jika proses di atas sudah selesai, isi nama pengguna serta kata sandi yang hendak digunakan. Pastikan jika kamu menggunakan nama pengguna yang tersedia di mana ditandai dengan tanda centang hijau.
  5. Setelah itu, atur pengaturan personal akun Instagram baru kamu mulai melengkapi informasi pribadi dan lainnya pada menu pengaturan serta mengganti foto profil jika diinginkan
  6. Simpan pengaturan tersebut dan akun Instagram baru kamu sudah siap digunakan
  7. Selesai

Dari langkah di atas, membuat akun Instagram dengan menggunakan PC juga cenderung mudah. Tidak hanya itu, jika menggunakan PC, maka kamu tidak perlu menginstal aplikasi Instagram terlebih dahulu.

Beragam Fitur Instagram Terbaru Untuk Digunakan

Dalam perkembangannya, Instagram senantiasa menghadirkan beragam fitur baru yang bisa dinikmati oleh pengguna.

Tentu, adanya beragam fitur akan membuat aplikasi media sosial ini tidak membosankan dan lebih seru.

Nah, beberapa fitur terbaru Instagram yang tersedia dan kini bisa dinikmati dengan bebas diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Instagram Dark Mode

Seperti namanya, fitur ini bisa digunakan untuk mengubah tampilan Instagram menjadi gelap atau dark mode.

Tentu, menggunakan fitur ini cukup menarik, terutama untuk kamu yang merasa bosan dengan tampilan Instagram yang cenderung terang.

Beberapa kalangan mengatakan bahwa dark mode cenderung lebih disarankan karena lebih aman untuk mata.

Pada awalnya, fitur ini hanya tersedia untuk seri OS tertentu saja. Namun, kini sebagian besar versi OS Android maupun iPhone sudah bisa menggunakannya.

  1. Instagram Email Checker

Pernah mendapatkan notifikasi email yang mengatasnamakan Instagram?

Nah, kamu harus hati-hati terlebih jika dalam email tersebut terdapat link yang mengharuskan kamu mengisi nama pengguna Instagram berikut kata sandi.

Bisa jadi, email tersebut adalah email penipuan.

Untuk menanggulangi hal tersebut, kini Instagram menggunakan fitur email checker.

Fitur ini sangat menarik karena bisa membantu pengguna untuk melakukan filter email yang dikirim oleh Instagram dan selainnya.

Tentu, email yang masuk folder selain Instagram harus dicurigai dan diwaspadai.

  1. Hashtag Insight

Instagram memang bekerja dengan hashtag, terutama bagi kamu yang menggunakan platform ini untuk melakukan promosi produk.

Nah, menyadari pentingnya peran hashtag dalam penyebaran konten, kini Instagram menyediakan fitur hashtag insight.

Ini adalah fitur yang tidak hanya menarik tetapi juga berguna.

Dengan adanya fitur ini, maka pengguna bisa melihat mana hashtag yang berperan penting pada penyebaran konten dan yang tidak.

Dengan detail impresi yang ditampilkan, nantinya pengguna bisa memilih hashtag yang tepat untuk penggunaan selanjutnya.

Untuk mengetahui impresi hashtag, kamu bisa melakukan pengecekan pada tiap pos. Hanya saja, fitur ini tersedia untuk versi Instagram bisnis.

membuat akun Instagram
Sumber: Unsplash
  1. Menghapus Follower

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman karena ada salah satu hater yang follow akun Instagram kamu?

Atau, ada akun fake yang follow dan mengganggu karena mengirimkan pesan yang tidak jelas?

Nah, kamu bisa mengatasi permasalahan ini dengan fitur menghapus follower yang disediakan oleh Instagram.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menghapus akun-akun yang menurut kamu tidak penting dari daftar follower.

Caranya pun cukup mudah. Kamu tinggal memilih akun tersebut, mengklik opsi titik tiga dan pilih hapus atau remove. Tentu, akun yang bersangkutan tidak akan mengetahui jika following mereka dihapus.

  1. Top Posts

Fitur terbaru lain yang sangat menarik dari Instagram adalah top posts. Seperti namanya, fitur ini akan memudahkan pengguna untuk menemukan pos terbaik dari hashtag yang dicari melalui kolom pencarian.

Sebelumnya, algoritme Instagram hanya akan menampilkan beragam pos yang berhubungan dari pos yang pernah kamu lihat.

Namun, saat ini, Instagram menggunakan algoritme yang baru di mana nantinya akan semakin banyak foto atau video terbaik yang ditampilkan sebagai referensi baru bagi para pengguna.

  1. Close Friends

Instagram juga menyediakan fitur close friend yang bisa digunakan dengan sangat mudah.

Fitur ini cukup menarik untuk digunakan, terutama bagi pengguna yang ingin melakukan filter pada konten atau story yang dibagikan.

Misalnya, ketika kamu menggunakan Instagram sebagai salah satu media promosi, maka kamu bisa memilih beberapa konsumen yang loyal untuk mendapatkan pemberitahuan terkait bisnis kamu.

Dengan memasukkan mereka ke dalam daftar close friends, tentu mereka akan merasa lebih spesial.

Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa dijadikan media untuk membagikan pesan siaran.

Dibandingkan harus mengirimkan DM satu per satu, maka menggunakan fitur ini tentu lebih mudah dan efisien.

Tentu saja, follower yang tidak masuk dalam daftar teman dekat ini tidak akan melihat konten yang kamu bagikan.

  1. ALT Text

Pernah mendengar tentang ALT Text sebelumnya? Ya, ALT Text sering digunakan dalam SEO di website. Instagram mengadopsi hal tersebut untuk meningkatkan kesan penggunaan aplikasi ini.

Secara umum, fitur ini akan bekerja sebagaimana SEO pada website.

Misalnya, ketika kamu membagikan foto yang dilengkapi ALT text, maka secara otomatis deskripsi foto tersebut akan terbaca oleh screen reader.

Tidak hanya itu, fitur ini juga memiliki fungsi yang cukup esensial untuk meningkatkan impresi pemirsa.

Misalnya, jika ada tulisan di ALT text ‘buku bekas’, maka secara otomatis konten tersebut akan masuk pada pencarian #bukubekas meskipun tadinya kamu tidak menggunakan hashtag.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur ini?

Untuk menggunakan ALT text, kamu hanya perlu masuk ke advanced setting. Setelah itu, pilih opsi accessibility dan pilih ALT text.

Atau, kamu juga bisa menggunakan opsi edit dan add ALT text untuk foto yang kadung dibagikan.

  1. Share Story to Post

Fitur story pada Instagram memang sangat menarik, terutama dengan aneka filter yang ditawarkan.

Nah, beberapa pengguna terkadang merasa ribet jika harus upload foto satu per satu untuk story Instagram dan feed mereka, terlebih ketika mereka merasa foto tersebut unik.

Nah, salah satu fitur terbaru Instagram yang bisa dinikmati adalah share story to post.

Seperti namanya, fitur ini akan memudahkan pengguna Instagram untuk membagikan story Instagram mereka ke feed atau post.

Bahkan, story Instagram tersebut nantinya juga akan menjadi link yang akan mengarahkan follower langsung ke feed dengan mudah.

  1. Upload Multiple Konten Story

Ingin membagikan beberapa foto sekaligus ke story Instagram?

Ketika pertama muncul, pengguna Instagram harus melakukan upload foto satu per satu pada story mereka.

Namun, kini Instagram sudah memberikan fitur membagikan beberapa foto sekaligus dengan lebih mudah.

Ya, dengan fitur ini, pengguna bisa membagikan hingga 10 konten story Instagram secara bersamaan.

Bahkan, ada opsi edit custom pada masing-masing konten untuk kesan yang lebih menarik. Sangat menyenangkan, bukan?

Nah, untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Klik ikon kamera atau geser ke kanan pada bagian screen yang terdapat di newsfeed
  • Selanjutnya, geser latar ke atas guna memilih foto yang hendak dibagikan
  • Klik select multiple
  • Tap beberapa foto untuk dibagikan secara bersamaan
  • Upload foto tersebut

Tentu, cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja, kamu perlu menunggu beberapa saat hingga sistem menyelesaikan proses upload beberapa foto tersebut.

  1. Filter DM

Apakah kamu sering mendapatkan banyak DM dan merasa terganggu karena tidak bisa membalas satu per satu?

Nah, Instagram memiliki solusi yang bisa kamu gunakan melalui fitur filter DM yang tersedia.

Adanya filter ini memang sangat berguna. Dengan filter DM. Kamu bisa memilah pesan yang masuk menjadi dua pilihan utama, yaitu flags dan unread.

Tentu, nantinya kamu tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mencari DM penting yang belum dibalas.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu membuka DM Instagram.

Pilih opsi yang tersedia yaitu flagged untuk DM bertanda khusus, unread untuk yang belum dibaca dan inbox untuk semua DM. Sangat menarik, bukan?

  1. About This Account

About this account adalah fitur yang disediakan Instagram untuk mencari informasi tentang akun tertentu, terutama yang berkaitan dengan bisnis.

Tidak dimungkiri bahwa ada oknum yang menggunakan Instagram untuk menjalankan aksi penipuan dengan membuat akun palsu.

Nah, dengan adanya fitur ini, maka pengguna Instagram bisa melihat beragam detail informasi tentang akun tersebut.

Beberapa informasi akun yang akan terlihat diantaranya adalah tanggal bergabung dengan Instagram, negara, iklan yang aktif, username lama dan akun dengan follower yang sama.

Untuk mengecek informasi akun, kamu hanya tinggal membuka profile dari akun target. Setelah itu, klik titik 3 di bagian pojok lalu pilih opsi about this account.

Dengan beragam fitur yang disediakan, tentu Instagram akan menjadi media sosial yang sangat mengasyikkan untuk digunakan. Terlebih, banyak berita menarik dan baru yang tersedia setiap saat.

membuat akun Instagram
Sumber: Unsplash

Tentu, selain beberapa fitur di atas, Instagram masih memiliki fitur menarik lainnya. Kamu bisa mencari tahu sendiri untuk meningkatkan kesan seru saat menggunakan aplikasi ini.

Sebagai tambahan, jangan lupa untuk memperbarui versi Instagram secara berkala untuk menikmati fitur terbaru yang disediakan. Semoga bermanfaat.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?

Artikel

Lainnya


dany
August 20, 2021

https://mugenfu.com kak bisa bantu cek apakah sitemap udah terinstall pada website saya https://mugenfu.com. cara cek sitemap udah terinstall caranya gimana, karena di web saya https://mugenfu.com tidak ada perubahan. maaf masih baru. terimakasih

Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!