• Home
  • Tips
  • Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Dengan Mudah

Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN Dengan Mudah

Oleh Mila Rosyida
No ratings yet.

DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN – Terkadang saat kamu mengakses suatu website, ada kalanya mengalami kegagalan. Kegagalan mengakses website bisa dikarenakan permasalahan koneksi internet, melonjaknya user yang mengakses website, error DNS hingga permasalahan yang timbul dari proses pertukaran data antara server dan client. Salah satu kegagalan mengakses website adalah DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Dari nama errornya pasti akan berhubungan dengan Domain Name System (DNS). Apa sih DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN itu? Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Tenang DomaiNesians, jangan panik. Pada artikel kali ini akan menjelaskan penyebab dan cara menyelesaikan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN.

Penyebab Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Apabila kamu ingin mengakses suatu website dan secara tiba- tiba tidak bisa diakses, pasti kamu akan merasa panik dan bingung. Apalagi menemui error yang kurang familiar. DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN adalah suatu kondisi dimana user gagal untuk mengakses suatu website yang disebabkan oleh Domain Name System (DNS). DNS adalah suatu sistem penamaan domain yang berfungsi sebagai server. DNS digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host melalui host name-nya. DNS memiliki peran yang sangat penting pada domain. Karena apabila terjadi kesalahan pada pengaturan DNS akan mengakibatkan domain atau URL website tidak bisa diakses dan tidak dapat mengirim atau menerima e-mail. Ketika kamu mengakses website di web browser, secara otomatis DNS akan mengirimkan request untuk mencari alamat IP website yang dituju. Apabila DNS tidak dapat menemukan alamat IP website yang dituju maka secara otomatis web browser akan menampilkan pesan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Error ini bisa terjadi pada web browser apa saja meliputi Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan sebagainya.

Sumber : Elements Envato

Baca Juga : Panduan Setting DNS Melalui cPanel

Cara Mengatasi DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Nah, karena kamu sudah mengetahui penyebab error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Selanjutnya kamu harus tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Sehingga nantinya kamu tidak perlu khawatir jika mengalami error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Saat kamu menemui pesan error tersebut, cukup lakukan solusi di bawah ini.

1. Memperbarui Alamat IP

Solusi pertama untuk mengatasui error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN adalah memperbarui alamat IP. Solusi pertama ini termasuk penyelesaian yang dasar atau biasa dilakukan pertama kali ketika mendapati error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Karena error DNS terjadi di pada sisi client maka kamu bisa memperbarui alamat IP. Setiap OS memiliki cara yang beda unutk memperbarui alamat IP. Apabila kamu menggunakan Windows, kamu bisa memperbarui alamat IP lewat command prompt. Silahkan membuka command prompt dan jalankan perintah berikut ini secara bergantian dan urut.

Dengan kamu menjalankan perintah ipconfig/release maka alamat IP yang sedang dipakai akan ditampilkan. Setelah itu kamu harus menjalankan ipconfig/flushdns untuk membersihkan cache dan menghapus catatan record DNS cache yang berada di perangkat. Jika berhasil kamu akan mendapatkan pesan "Successfully flushed the DNS resolver Cache". Setelah berhasil maka kamu bisa menambahkan alamat IP yang baru dengan menjalankan perintah ipconfig/renew.

Apabila kamu pengguna Linux silahkan membuka terminal dan jalankan perintah di bawah ini secara berurutan :

Perintah sudo dhclient – r untuk melepaskan alamat IP, dan sudo dhclient untuk mendapatkan alamat IP yang baru.

Sedangkan jika kamu pengguna MacOS, silahkan masuk ke menu System Preferences. Kemudian plih Network dan klik tab Wi-Fi. Lalu kamu bisa klik Advanced dan pilih tab TCP/IP. Pada tab TCP/IP ini kamu akan melihat konfigurasi IPv4 yang menggunakan DHCP. Untuk memperbarui alamat IP silahkan klik Renew DHCP Lease yang berada di sebelah kanan dan dilanjutkan klik OK. Tunggu hingga prosesnya selesai.

2. Restart DNS Client Service

Saat solusi pertama belum berhasil kamu bisa lakukan solusi kedua yaitu restart DNS Client Service. Bagi pengguna Windows, untuk melakukan restart DNS Client Service melalui command prompt dan jalankan perintah di bawah ini :

Perintah net start dnscache dilakukan untuk menghentikan layanan DNS Server. Jika berhasil kamu akan mendapatkan pesan The DNS Client service was stopped successfully. Kemudian untuk menjalankannya kembali kamu bisa jalankan perintah berikut.

Jika berhasil maka kamu akan mendapatkan pesan The DNS Client service was started successfully.

3. Mengubah Alamat DNS Server

Solusi ketiga adalah mengubah alamat DNS Server. Secara default, komputer akan menggunakan DNS yang disediakan oleh provider internet. Namun, karena berhubung terjadi error maka kamu dapat mengubah DNS ke server publik seperti Google atau OpenDNS agar kamu bisa mengakses website yang dituju. Apabila menggunakan server Google, kamu bisa masukkan alamat IP Google 8.8.8.8 atau 8.8.4.4. Sedangkan jika kamu ingin mengambil DNS dari OpenDNS, kamu bisa memasukkan alamat 208.67.220.222 atau 208.67.222.220.

4. Nonaktifkan VPN

Saat ketiga solusi belum juga menjadi penyelesaian, kamu bisa menonaktifkan VPN terlebih dahulu. Penggunaan VPN memang sering terjadi pada orang. Karena, dengan menggunakan VPN seolah- olah akses internet saat membuka URL lebih cepat dan tanpa kendala. Namun, sebenarnya dengan kamu mengaktifkan VPN, kemungkinan mengalami kegagalan dalam mengakses suatu URL juga ada. Maka dari itu, kamu perlu menonaktifkan VPN.

5. Setel Ulang Chrome Flags

Terkadang pembaruan fitur pada web browser khususnya Google Chrome bisa dilakukan secara langsung dan tanpa pemberitahuan. Hal itu mengakibatkan perubahan pada pengaturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Itulah salah satu mengapa kamu mendapatkan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN. Untuk mengatasinya, kamu harus mengatur ulang setting pada fitur di Google Chrome. Silahkan ketik chrome://flags/ pada address bar. Kemudian untuk mengatur ulang silahkan klik Reset All.

DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Kesimpulan

Apabila kamu sedang mengalami error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN tidak perlu panik ya DomaiNesians. Memang saat mendapatkan permasalahan tentang DNS membuat pusing secara tiba- tiba. Apalagi bagi kamu yang kurang tahu mengenai dunia website dan hosting. Namun sekarang kamu bisa melakukan lima solusi yang sudah dijelaskan diatas. DomaiNesia memiliki sistem pengelolaan DNS yang dinamakan DNS Management yang akan mempermudah kamu dalam mengelola DNS website. Mulai dari menambahkan, menghapus, mengupdate DNS. Fitur DNS Management tersedia di setiap hosting terbaik DomaiNesia lho. Apabila kamu belum punya hosting, langsung saja beli hosting di DomaiNesia. Banyak penawaran dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari hosting DomaiNesia.

Baca Juga : Panduan Setting DNS di Cloudflare

Mila Rosyida

Halo ! I'm a Technical Content Specialist in DomaiNesia. I love learn anything about Technical, Data, Machine Learning, and more Technology.

Artikel

Lainnya


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!