• Home
  • Tips
  • Mengapa WordPress Populer? Cari Tahu 12+ Kelebihan WordPress!

Mengapa WordPress Populer? Cari Tahu 12+ Kelebihan WordPress!

Oleh Ratna Patria

WordPress adalah CMS yang sangat populer di dunia. Bahkan WordPress digunakan oleh sepertiga website yang ada di dunia loh DomaiNesian! Mulai dari blog hingga website perusahaan sekelas Time Inc, Sony, dan juga NBC. WordPress memiliki berbagai fitur yang cukup menjanjikan, bahkan jika kamu menggunakan WordPress gratis pun kamu masih mendapatkan fitur yang bisa dibilang cukup lengkap. 

Maka dari itu, tidak heran jika WordPress menduduki peringkat pertama dan paling sering digunakan di dunia yang kemudian disusul oleh Joomla dan Drupal. Meskipun ada beberapa pesaingnya namun belum ada yang bisa menandingi WordPress. Bahkan pesaing terdekatnya hanya mengambil kurang dari 5% pasar di dunia. Banyak kelebihan WordPress yang menjadi alasan CMS ini cukup populer. 

Apa saja kelebihan WordPress? Tenang saja kali ini DomaiNesia akan mengajak kamu untuk membahas 13 keunggulan WordPress yang harus kamu tahu. Simak artikelnya hingga akhir ya!

kelebihan WordPress
Sumber: Envato

12+ Kelebihan WordPress sebagai Website

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa WordPress memiliki segudang kelebihan yang menjadikan CMS ini sangat populer di dunia. Apa saja kelebihan WordPress?

1. Hemat biaya dan gratis

Kelebihan WordPress yang pertama yaitu bisa menghemat biaya karena dapat digunakan secara gratis. Hal ini yang menjadikan WordPress sangat dikenal di dunia website. Meskipun gratis tapi user interface yang disuguhkan tidak sembarangan loh dan bahkan user interfacenya terlihat profesional dan mudah digunakan. Meskipun WordPress gratis namun kamu perlu membeli hosting dan domain agar WordPress milikmu bisa diakses semua orang. 

Eeits, jangan khawatir ya karena kamu bisa menggunakan layanan WordPress hosting Indonesia dari DomaiNesia. Harganya pun cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan spesifikasi yang akan kamu dapatkan. Dengan 2GB ruang penyimpanan, unlimited bandwidth, hingga gratis nama domain kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 43.000 saja perbulan. 

2. Ramah SEO

Setiap pemilik website pasti menginginkan websitenya memiliki peringkat tinggi di mesin pencarian kan? Nah agar website tersebut memiliki peringkat atas maka kamu harus mengoptimalkan SEO atau Search Engine Optimization. Untungnya, SEO menjadi kelebihan WordPress karena jika kamu memilih WordPress untuk mengembangkan website kamu tidak usah khawatir karena tidak terlalu rumit dalam pengoptimalannya.

Bagaimana caranya? Kamu bisa menambahkan internal link dan juga menambahkan alt text pada gambar yang kamu gunakan di website. Terdengar cukup mudah bukan? Selain itu, kamu juga bisa menambahkan plugin Yoast SEO yang bisa kamu maksimalkan juga untuk penulisan konten.

3. Desain website yang sudah responsif

Saat ini kebutuhan website responsif semakin tinggi. Kok bisa? Alasan utamanya karena saat ini website tidak hanya dibuka pada 1 jenis perangkat saja misalnya laptop. Pasti saat ini kebanyakan website dituntut untuk bisa dibuka dan digunakan di berbagai perangkat mulai dari komputer, laptop, tablet, hingga smartphone. Wah sepertinya WordPress cocok nih untuk kamu karena memiliki desain website yang sudah responsif. Hal ini menjadi kelebihan WordPress karena kamu tidak perlu lagi melakukan konfigurasi agar responsif. Jangan salah, ternyata website responsif juga menjadi salah satu penilaian peringkat di mesin pencarian loh! Jadi jangan sampai terlewat ya!

4. Didukung banyak plugin

Selain dikenal sebagai CMS yang gratis, kelebihan WordPress yang dimiliki yaitu didukung oleh banyak plugin. Coba deh kamu membuka WordPress, pasti disana kamu menemukan banyak sekali plugin yang bisa kamu tambahkan untuk mengoptimalkan kinerja website bahkan ada sebanyak 54.000 lebih plugin yang bisa kamu gunakan loh! Banyak plugin WordPress yang bisa mendukung website kamu mulai dari plugin pemasaran email, plugin desain, plugin kecepatan, plugin SEO, plugin e-commerce, dan banyak lagi. Saat ini WordPress masih menjadi CMS yang memiliki banyak plugin diantara CMS yang lain.

kelebihan WordPress
Sumber: Envato

5. Banyak pilihan tema yang tersedia

Tema dan desain adalah kunci utama dari website yang menarik. Lalu kamu bingung mau menggunakan tema website seperti apa? Tenang, tidak usah bingung karena WordPress memiliki segudang pilihan tema gratis yang bisa kamu pilih. Hal ini menjadi keunggulan WordPress karena menyediakan hingga 7.000 tema website yang disiapkan secara gratis!

Wah siapa sih yang tidak suka gratis! Kerennya lagi, tema yang disediakan masih bisa kamu kustom lagi sesuai kebutuhan dan kebanyakan bisa dikustom secara mudah tanpa koding. Hanya beberapa klik saja dan walaa… kamu sudah bisa mengubah jenis huruf, warna, layout, dan banyak yang lain. Selain tema yang disediakan kamu dapat menambahkan berbagai pilihan template premium pada website ThemeForest. Wah semakin menarik dong tampilan websitemu!  

6. Memiliki komunitas yang besar dan dokumentasi lengkap

Memiliki dukungan komunitas yang besar dan juga dokumentasi yang lengkap menjadi kelebihan WordPress. Semakin populer, maka dukungan komunitasnya juga semakin besar dan bahkan banyak forum diskusi yang bisa menjadi jalan terang untuk kamu jika memiliki kendala. Dokumentasi dan forum diskusi menjadi hal yang sangat dipertimbangkan saat memilih teknologi karena jika sudah banyak dokumentasi dan komunitas yang besar berarti kamu semakin mudah untuk beradaptasi dalam menggunakan teknologi tersebut. 

WordPress adalah CMS yang bersifat open source jadi komunitas ini juga bertanggung jawab untuk selalu melakukan perbaikan dan pembaharuan agar WordPress lebih aman dan canggih. Dengan 639.000 pengikut Twitter dan 1.2 juta pengikut Facebook, kamu sudah tidak sendirian lagi menggunakan WordPress jadi jangan takut ya! Jika kamu kesulitan langsung ajukan beberapa pertanyaan pada forum diskusi dan pasti banyak orang yang akan membantu kamu.

7. Dapat membuat toko online

Ingin membuat website toko online sendiri? Tenang WordPress bisa membantu kamu. Keunggulan WordPress salah satunya yaitu kamu bisa membuat toko online mu sendiri. Dengan dukungan plugin WooCommerce kamu dapat mengembangkan toko online. Beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan seperti didukung oleh banyak gateway pembayaran, keamanan yang kuat, banyak pilihan tema yang bisa dipilih, hingga kamu bisa menampilkan gambar secara unlimited. 

8. Mudah digunakan

Siapapun bisa menggunakan WordPress mulai dari pemula hingga profesional. Mudah digunakan adalah kelebihan yang dimiliki WordPress. Kamu bisa dengan mudah melakukan pemasangan hingga pembuatan website. Bahkan keunggulan WordPress ini dapat kamu pasang dalam hitungan menit saja dan tanpa keahlian khusus sekalipun. Selain itu fitur yang dimiliki WordPress mudah untuk dipelajari sehingga orang awam pun bisa belajar WordPress lebih cepat. 

9. Tingkat keamanan yang baik

Keamanan menjadi hal utama dalam penggembangan website terutama untuk website yang menyediakan transaksi dan juga informasi pribadi. WordPress sendiri dilengkapi dengan dukungan HTTPS untuk keamanannya dan hal ini menjadi kelebihan WordPress. Selain itu kamu juga bisa menambahkan beberapa plugin keamanan WordPress seperti Google Authenticator, Defender, iTheme Security, dan masih banyak lagi. Keamanan ini perlu kamu perhatikan untuk menghindari website dari berbagai serangan kejahatan cyber hingga peretasan data.

kelebihan WordPress
Sumber: Envato

10. Fleksibel untuk berbagai website

WordPress dapat kamu gunakan untuk membuat blog pribadi dan bahkan kamu bisa menggunakannya untuk website kompleks seperti toko online yang memiliki banyak produk hingga website perusahaan multinasional. Sehingga keunggulan WordPress tersebut yaitu mampu mendukung berbagai situs dengan berbagai tujuan juga. Apapun kebutuhannya, WordPress bisa kamu gunakan dengan menambahkan plugin, menggunakan tema gratis, dan juga tema premium sekalipun.

Tidak hanya itu, kelebihan WordPress yaitu fleksibel untuk berbagai perangkat. Jadi kamu bisa membuka website di perangkat apapun dengan tampilan yang tetap bagus dan rapi. Berbagai ukuran layar tersebut bisa kamu konfigurasikan melalui kustomisasi menu bahkan tanpa keahlian khusus pun kamu juga bisa melakukan konfigurasinya.   

11. Mempercepat proses pengembangan website

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kelebihan WordPress adalah mampu mempercepat proses pengembangan website. Mengapa demikian? Karena WordPress bisa memudahkan kamu untuk membangun website tanpa koding dan hal itu pasti akan mempercepat pengembangannya. Bahkan bisa dibilang jika kamu menggunakan WordPress maka kamu bisa membangun website dari 0 secara instan! 

12. Mudah dihubungkan dengan banyak layanan 

Kelebihan WordPress selanjutnya yaitu mudah untuk dihubungkan dengan banyak layanan. Apa saja contohnya? Contohnya kamu bisa memanfaatkan Google Analytic untuk mengetahui bagaimana performa website yang kamu miliki seperti halaman dan konten seperti apa yang lebih disukai oleh pengunjung mu. Dengan begitu kamu bisa mengetahui seperti apa kebutuhan mereka dan memudahkan kamu untuk mengembangkan konten berikutnya. Selain Google Analytic, kamu juga bisa menggunakan MailChimp mail. Email memang tidak bisa terlepas dari bisnis karena kamu bisa melakukan berbagai promosi menggunakan email. Dengan begitu kamu bisa memanfaatkan layanan MailChimp mail.

13. Dapat ditambahkan berbagai jenis multimedia

Kamu bisa menambahkan berbagai jenis multimedia seperti audio, gambar, hingga vidio sekalipun. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan WordPress jika dibandingkan dengan CMS yang lain. Multimedia tersebut mampu membuat website lebih menarik dan otomatis meningkatkan user engagement. Cara menambahkan multimedia juga sangat mudah dengan drag and drop saja kamu bisa menambahkannya. Tidak hanya itu saja, WordPress juga didukung dengan media library yang memudahkan kamu untuk melakukan manajemen file multimedia.  

kelebihan WordPress
Sumber: Envato

Apakah Kamu Tertarik dengan Kelebihan WordPress?

WordPress adalah CMS yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan website dengan mudah tanpa koding. Banyak kelebihan dari WordPress yang bisa kamu rasakan apabila menggunakannya seperti menghemat biaya karena memiliki layanan gratis, mudah digunakan, fleksibel untuk segala jenis kebutuhan, memiliki banyak tema yang bisa tinggal kamu pilih, hingga komunitas dan dokumentasi yang lengkap. 

Keunggulan WordPress tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat segala jenis website mulai dari blog pribadi, toko online, dan blog perusahaan. Terlebih lagi kamu bisa menambahkan berbagai plugin untuk mengoptimalkan kinerja website milikmu. Kamu juga tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan nama domain. 

Ada Radix yang menyediakan banyak ekstensi domain yang cocok banget buat website kamu. Ekstensi Radix bisa kamu dapatkan di DomaiNesia dengan harga terjangkau. Ada banyak pilihan seperti .ONLINE, .STORE, .TECH, .SPACE, .WEBSITE dan masih banyak lagi. Yuk coba menggunakan WordPress!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!