7 Cara Membuat CV Online yang Menarik5 min read

4.5/5 (4)

Cara Membuat CV Online yang Menarik

Sebelum kita memulai bahasan mengenai cara membuat cv online yang menarik, mari menyepakati satu hal ini. Bahwa portfolio milikmu merepresentasikan kualitas dirimu dan apa yang kamu miliki dalam format digital. Portfolio juga mungkin menjadi alasan kenapa para klien menemukan dirimu dan menjadi kesan pertama mengenai kepribadian dan apa yang telah kamu kerjakan.

Cara Membuat CV Online Mudah

Tentunya DomaiNesians menginginkan sebuah portofolio online yang sama baiknya dengan hasil karya yang telah kamu kerjakan. Sebagai tambahan-nya adalah sebuah portofolio online yang ter-optimized SEO dan design yang menarik.

Untuk itu, ikuti tujuh tips cara membuat portofolio online dari DomaiNesia berikut ini.

Memilih Platform yang Tepat

Jika DomaiNesians ingin memiliki sebuah portofolio yang berbicara secara efektif tentang siapa dan apa yang kamu tawarkan, ada baiknya menggunakan platform yang tepat untuk membangunnya. Malah sebaiknya memang, DomaiNesians men-design sendiri website atau memasrahkannya pada ahli design web dengan pendampingan langsung.

Jika para developer (jika DomaiNesians bukan seorang developer website) bisa membuat website dan menggunakan tema sesuai kebutuhannya, kamu akan lebih menginginkan sesuatu yang merepresentasikan bisnis atau pekerjaanmu sesungguhya. Representasi yang out of the box dan menarik dimata para klien atau calon klien yang ingin menggunakan jasa-mu. Berikut ini adalah beberapa portal yang bisa kamu gunakan untuk membuat portofolio onlinemu sendiri.

  • Ghost

Ghost adalah sebuah platform open source yang bisa dibilang sederhana dan mudah untuk di-otak atik. Platform ini cocok untuk digunakan kamu yang berprofesi sebagai seorang penulis atau blogger. Ghost dikenal cukup mudah dan sangat minim antarmuka-nya, dan lebih dikenal sebagai sebuah platform blogging murni.

membuat website dengan ghost

DomaiNesians, Ghost menyediakan dua jenis hosting pada saat penggunaanya. Yang pertama adalah hosting langsung pada server milik Ghost, dan yang kedua adalah hosting pribadi. Kamu bisa menggunakan layanan ini di DomaiNesia. Tentunya DomaiNesians lebih bebas melakukan custom ketika menghostnya secara pribadi.

Baca Juga: Cara Install Ghost Melalui Instant Deploy

  • PrestaShop

membuat website dengan prestashop

Jika DomaiNesians ingin membuat sebuah portofolio online untuk produk yang diproduksi, bisa menggunakan cms PrestaShop. Disini selain memajang karya, kamu juga bisa langsung menjual produk milikmu. Platform ini cukup sederhana dan mudah untuk dijalankan. Terlebih lagi dengan fitur instant deploy dari DomaiNesia, jalanmu juga semakin lancar.

Baca Juga: Cara Mengganti Tema PrestaShop

  • WordPress

Bisa dibilang cms yang satu ini merupakan portal sejuta umat yang memang dikenal kemudahannya ketika digunakan. Tidak hanya mudah, namun WordPress juga hampir menunjang semua kebutuhan. Misalnya DomaiNesians adalah seorang desainer website, pembuat produk, atau seorang blogger, WordPress adalah satu solusi untuk segala kebutuhan.

membuat blog dengan wordpress

WordPress memiliki keunggulan sebagai portal yang fleksibel dan ramah ketika dikembangkan sejalan dengan membesarnya bisnis yang kamu jalankan. Layanan ini juga bisa DomaiNesians jalankan pada fitur Instant Deploy DomaiNesia.

Baca Juga: Cara Membuat Website dengan WordPress

Menampilkan Hasil Karya Terbaik dengan Cerita yang Terbaik

Selanjutnya, cara membuat cv online adalah dengan menampilkan karya terbaik yang telah dijalankan. Pada cv atau portofolio yang DomaiNesians buat tidak perlu menampilkan timeline secara detail ketika sebuah pekerjaan atau produk dibuat. Kalian cukup menampilkan karya terbaik yang sudah jadi. Misalnya, sebagai seorang penulis kalian bisa memposting hasil tulisan yang telah tayang.

Dan sembari menampilkannya di cv yang telah dibuat, DomaiNesians bisa membalut dengan cerita yang menarik dibalik pembuatannya. Misalnya, menjelaskan tentang apa karya tulisan tersebut, siapa yang memesannya, apakah ada request khusus, dan segment apa yang ingin disasar.

Menampilkan Review dari Masyarakat

Tidak bisa dipungkiri, review atau testimoni adalah salah satu pertimbangan orang ketika ingin menggunakan jasa kita. Dengan menampilkan review pada testimoni kita akan memberikan bukti pada calon customer. Sebagai contoh misalnya, jasa penulis artikel akan banyak dipesan oleh customer ketika menampilkan review atau testimoni dari blog-blog yang telah memiliki nama atau terkenal.

contoh plugin review

DomaiNesia bisa meminta testimoni dari client yang telah diperoleh sebelumnya. Atau jika belum memperoleh klien sama sekali, kalian bisa memancing dengan memberikan produk gratis untuk direview.

Mengoptimalkan SEO

Mengoptimalkan SEO dengan lebih baik adalah salah satu cara membuat cv online yang harus dilakukan. Strategi SEO yang baik akan memudahkan para calon klien untuk menemukan cv yang telah kalian buat. Misalnya jika kalian memiliki sebuah pekerjaan sebagai arsitek untuk wilayah Yogyakarta, maka akan lebih baik jika kalian menggunakan kata kunci lokal misalnya; “arsitek Jogja”, “jasa arsitek Yogyakarta” atau “arsitek Jogja terbaik”. Dan untuk semakin memaksimalkannya, kalian bisa mengoptimalkan SEO On-Site dan SEO Off-Site.

  • On-Site SEO

Pada bagian ini DomaiNesians perlu mengoptimalkan apa saja yang tampil di halaman website, dan memastikannya tampil di halaman Google. Yang perlu diperhatikan antara lain adalah; jumlah kata kunci yang dimasukkan, kecepatan loading website, judul, meta description dan beberapa lainnya. Kalian bisa membaca lebih lanjut mengenai SEO pada artikel DomaiNesia berjudul “7 Kesalahan Menerapkan SEO yang Perlu Dihindari”.

  • Off-Site SEO

Pada bagian ini kalian perlu mengoptimalkan website lain agar memberikan dampak SEO pada portofolio online milik DomaiNesians. Contohnya adalah membangun backlink dari website lain yang diarahkan ke website milik kita. Atau bisa juga dengan menggunakan Google My Business. Jika ingin membaca lebih lanjut mengenai Google My Business kalian bisa langsung menuju ke artikel kita dengan judul “Buat Google Bisnisku Biar Usahamu Makin Terkenal”.

Jadikan Dirimu “Bersinar”

Ini adalah point penting dari cara membuat cv online milikmu, dengan menjadi “sinar” atau fokus utama. Apa yang telah kalian kerjakan dan seberapa berkualitaskah diri kalian perlu diterangkan atau diceritakan pada portofolio online yang DomaiNesians buat. Siapkan cerita yang berisi tentang keunikan yang kalian miliki dibandingkan kompetitor yang ada. Fokuslah pada cerita mengenai solusi yang akan kalian berikan pada calon klien.

Kualitas, Kualitas dan Kualitas

Website yang kalian gunakan adalah representasi dari kualitas yang kalian miliki. Karena itulah, penting untuk menyampaikan gambar produk terbaik, tema website paling baik, dan tentunya ramah di mata pengunjung. Jika yang kalian berikan terkesan murah dan seadanya, maka yang sampai di persepsi calon klien juga akan sama.

Kalian bisa menggunakan stock foto yang beresolusi tinggi dan baik yang bisa kalian dapatkan secara gratis jika tidak memiliki foto sendiri. DomaiNesians dapat memperoleh foto-foto gratis ini melalui situs berbagi foto di internet dengan lisensi gratis. Atau bisa juga bekerja dengan para desainer website untuk memperbaiki tampilan website yang kalian miliki.

Menggunakan Fitur Instant Deploy

instant deploy domainesia

Cara membuat cv online yang paling mudah adalah dengan menggunakan fitur instant deploy. Dengan fitur instant deploy kalian hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk men-setup portal yang akan kalian gunakan. Selanjutnya, kalian hanya perlu mengoptimasi halaman website sesuai kebutuhan bisnis kalian masing-masing. Selamat mencoba!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

Komentar