Buat Google Bisnisku Biar Usahamu Makin Terkenal5 min read

No ratings yet.
Buat Google Bisnisku biar usahamu makin terkenal

Buat Google Bisnisku biar usahamu makin terkenal

Ketika kamu mencari merk make up atau toko roti terdekat di kotamu, apa kamu menemukan detail merk atau toko tersebut di sebelah kanan? Mungkin kamu penasaran, kok bisa ada detail bisnis di sebelah situ. Itulah yang dinamakan Google Bisnisku.

source: Google

Jika kamu pelaku usaha dan bisnis, kamu pasti paham kalau media digital adalah media iklan terbaik saat ini. Dengan 132 juta orang yang mengakses internet di Indonesia, ini berarti ada begitu banyak pangsa pasar yang bisa kamu jangkau lewat digital. Ada banyak cara untuk memanfaatkan media digital sebagai tempat promosi. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk menggaet audiens lebih personal. Kamu juga bisa menggunakan SEO agar situs usahamu semakin dikenal oleh audiens. Namun, ada salah satu fitur yang bisa kamu gunakan agar orang lebih mengenal usahamu.

Apa kamu sudah pernah dengar Google Bisnisku, DomaiNesian? Kalau kamu punya usaha, kamu tidak harus muncul di halaman pertama pencarian untuk mengenalkan usaha kamu. Kalau kamu buat Google Bisnisku, kamu bisa mengenalkan usaha kamu dengan lebih jelas lagi kepada audiens. Nantinya, usaha kamu pasti akan lebih dikenal lagi.

Apa Itu Google Bisnisku?

source: Google Bisnisku

Ibaratkan kamu memiliki usaha. Kamu ingin mengenalkan usaha kamu di ranah digital. Segala cara seperti SEO, SEM, maupun lewat media sosial sudah kamu lakukan, tapi kamu ingin usahamu lebih dikenal orang. Nah, Google lalu menawarkan sebuah fitur yang berisi detail usaha kamu di halaman pertama. Itulah Google Bisnisku.

Secara umum, keuntungan jika kamu buat Google Bisnisku adalah usaha kamu akan makin banyak dikenal. Nantinya, setiap orang yang mencari toko kamu atau bidang usaha kamu di Google Search Engine, Google akan langsung menampilkan detail toko kamu di Google Bisnisku. Detail yang ditampilkan berupa alamat, jam buka, dan nomor kontak. Selain itu, review dari para pelanggan juga akan langsung ditampilkan oleh Google di dalam Google Bisnisku. Jadi, usahakan selalu memberikan pelayanan yang terbaik ya agar review usaha kamu di Google Bisnisku semakin baik. Biar orang-orang semakin menganggap tokomu terpercaya.

Kenapa Kamu Harus Buat Google Bisnisku?

Buat Google Bisnisku

source: freepik.com

Selain mengenalkan usahamu ke audiens lebih luas, Google Bisnisku juga memberi keuntungan lebih untuk usaha kamu. Apa saja keuntungan jika buat Google Bisnisku?

  1. Gratis

    Google tidak mematok harga untuk menggunakan Google Bisnisku. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk pengeluaran pemasaran kamu. Menarik bukan? Namun, kamu harus tetap mengoptimalkan sendiri Google Bisnisku, agar saat orang mengetik bidang usaha yang sesuai dengan kamu, info tentang usahamu langsung keluar.

  2. Mendapat insight tentang audiens kamu

    source: Google Bisnisku

    Sebagai pelaku usaha, kamu pasti ingin tahu soal audiens kamu, bukan? Lewat Google Bisnisku, hal itu bisa terjadi. Di dalam Google Bisnisku, kamu akan mendapatkan tab Insight yang berisi segala hal yang kamu harus tahu mengenai audiens kamu. Di tab Insight, kamu akan menemukan data audiens kamu berupa siapa saja yang follow kamu, umur, jenis kelamin, dan negara asalnya. Selain itu, kamu juga bisa mengecek siapa saja yang melihat konten kamu, siapa yang berinteraksi disitu, dan ada berapa yang melihat profil usaha kamu.

  3. Bisa menggunakan berbagai macam tools dari Google

    source: Google Bisnisku

    Sebagai salah satu produk dari Google, Google Bisnisku tidak selalu berjalan sendiri. Jika kamu menggunakan Google Bisnisku, kamu bisa menikmati berbagai macam layanan dari Google. Jika kamu ingin berinteraksi langsung dengan audiens, kamu bisa menggunakan Google Hangout untuk saling mengirim pesan dengan cepat. Lewat Google Hangout, kamu bisa berkomunikasi dengan sepuluh hingga lima belas orang sekaligus. Jadi, kamu tidak perlu menghubungi satu persatu jika pesan yang kamu kirim bersifat umum.

    Jika kamu butuh mengecek trafik audiens yang mengunjungi Google Bisnisku, kamu bisa memanfaatkan Google Analytic yang terpasang di Google Bisnisku. Lewat Google Analytic, kamu bisa mendapatkan berbagai macam informasi mengenai audiens yang melihat Google Bisnisku. Atau kamu ingin mengiklankan Google Bisnisku? Gunakan saja Google AdWords yang selalu siap sedia untuk mengiklankan usaha kamu lebih luas lagi.

Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk Buat Google Bisnisku?

Buat Google Bisnisku

source: freepik.com

Sebelum buat Google Bisnisku, ada beberapa data yang harus kamu siapkan. Data tersebut bisa membantu pelanggan kamu untuk menjangkau Google Bisnisku dari. Apa saja datanya?

  1. Waktu buka, tutup, dan jam sibuk.
  2. Alamat toko kamu.
  3. Foto dari toko kamu.
  4. Nomor telepon toko kamu.
  5. Deskripsi mengenai bidang usaha yang kamu lakoni.

Setelah itu, kamu tinggal buka laman Google Bisnisku untuk daftar. Jangan khawatir, selama pendaftaran kamu akan dipandu oleh Google, kok. Tinggal isi semua data yang dibutuhkan, dan selesai. Kamu sudah memiliki akun Google Bisnisku.

Apa ini berarti akun Google Bisnisku sudah bisa dipakai? Belum, DomaiNesian. Kamu harus verifikasi akun Google Bisnisku terlebih dahulu. Ketika sudah selesai mendaftar, kamu akan mendapatkan 2 opsi verifikasi; kamu bisa memilih untuk menerima kartu pos lewat surat atau memverifikasi akun Google Bisnisku di lain hari.

Tidak susah kok untuk verifikasi lewat kartu pos. Kamu hanya perlu menunggu kartu pos dari Google yang akan dikirimkan dalam waktu 12 hari. Setelah kartu posnya datang, kamu harus ikuti langkah-langkah ini untuk verifikasi.

  1. Masuk ke dalam akun Google Bisnisku yang sudah kamu daftarkan
  2. Cari pilihan Manage Location
  3. Ada tombol warna biru bertuliskan “enter code”, klik tombol itu.
  4. Masukkan kode verifikasi yang terdiri dari 5 digit, lalu submit.

Selesai! Akun Google Bisnisku sudah siap kamu gunakan.

Nah, itu tadi adalah cara agar kamu memaksimalkan penggunaan Google Bisnisku. Jangan lupa, DomaiNesian, kamu harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik buat audiens kamu ya? Biar review kamu di Google Bisnisku makin bagus, dan usaha kamu jadi makin berkembang. Yuk, share pengalaman kamu pakai Google Bisnisku!

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

1 komentar

  1. […] gue sendiri memberikan salah satu yang namanya Google bisnis gimana fitur ini merupakan salah satu kemudahan bagi pemilik bisnis lokal dalam memberikan […]

Komentar