Home  »  Hosting   »   Cara Install Ghost Melalui Instant Deploy DomaiNesia

Cara Install Ghost Melalui Instant Deploy DomaiNesia

Last Update:

cara install ghost melalui instant deploy
Pernah mendengar Ghost? Ghost adalah salah satu platform blogging yang simpel, elegan dan berbasis NodeJS. Jika tertarik, kamu bisa ikuti Cara Install Ghost di Hosting. Namun terkadang, proses instalasi Ghost dirasa sangat ribet untuk pemula karena harus menggunakan beberapa perintah konsol. Untuk itu, DomaiNesia memberikan kemudahan bagi kamu untuk merasakan sensasi blogging yang berbeda. Kamu bisa ikuti cara install Ghost Melalui Instant Deploy dengan mudah, cepat dan tanpa harus repot masuk ke konsol Hosting lho! Kamu juga tidak perlu melakukan start dan stop secara manual. Melalui Instant Deploy DomaiNesia, Ghost akan disertai manager dapat membantu kamu untuk melakukan restart, stop dan start service. Hanya butuh sekali klik maka Ghost akan terinstal secara otomatis. Oiya, cara instal Ghost di Hosting ini hanya dapat dilakukan pada Hosting Super ke atas.

Cara Install Ghost Melalui Instant Deploy DomaiNesia

Mau tahu caranya? Silakan ikuti cara instal Ghost Melalui Instant Deploy berikut:

1. Membuka Website domainesia.com

Buka web browser kemudian tuliskan www.domainesia.com. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. DomaiNesia memiliki tiga produk yang ditawarkan yaitu Domain, Hosting dan Web Apps. Sebelum melakukan instalasi Ghost, silahkan klik Sign In. Jika kamu belum memiliki akun di DomaiNesia, silahkan mendaftar dengan memilih Sign Up.

cara install Ghost melalui Instant Deploy

2. Login Akun DomaiNesia

Sekarang saatnya login menggunakan username dan password kamu. Username dan password ini merupakan akun pada saat register/ mendaftar di DomaiNesia sebelum pembelian domain atau hosting. Bukan username dan password dari cPanel ya!

cara install Ghost melalui Instant Deploy

3. Memilih Menu Web Apps

Untuk melakukan instalasi Ghost di Hosting menggunakan fitur Instant Deploy, silakan klik Web Apps terlebih dahulu.

cara install Ghost melalui Instant Deploy

Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman Instant Deploy. Untuk melakukan instalasi Ghost secara otomatis, silakan pilih Blog lalu pilih Ghost.

cara install Ghost melalui Instant Deploy

Kemudian pilih hosting yang kamu mau. Untuk melakukan instalasi Ghost, kamu harus pilih Paket Hosting Super (2 GB). Setelah itu pilih lokasi server, untuk panduannya dapat dilihat di Panduan Memilih Server. Jangan lupa untuk mengatur siklus atau waktu penyewaan hosting sesuai keinginan. Lalu isikan nama domain sesuai keinginan. Pilih durasi waktu penyewaan. Tulis nama domain yang diinginkan. Jangan lupa masukkan email dan klik Masukkan Trolli. Setelah itu, segera lunasi pembayaran sesuai invoice ya!

cara install Ghost melalui Instant Deploy

4. Instalasi Ghost Berhasil!

Yeay! Cara instal Ghost Melalui Instant Deploy sudah selesai. Setelah kamu melunasi pembayaran, maka aplikasi Ghost akan segera aktif. Untuk mengakses Ghost, silakan buka :
http://namasubdomain.domain.com/ -> halaman Ghost
http://namasubdomain.domain.com/ghost/ -> halaman Admin Ghost

Cara Mengakses Ghost

Install Ghost sudah berhasil. Sekarang saatnya mengakses dan mengelola Ghost. Untuk mengelola Ghost kamu bisa masuk ke halaman Admin. Silahkan tulis /ghost/ setelah nama domain atau subdomain. Misalnya http://namasubdomain.domain.com/ghost/

1. Membuat Akun Ghost

Setelah itu, silahkan klik Create Your Account.

cara install Ghost melalui Instant Deploy

2. Mengisi Form Pendaftaran Akun

Kemudian isi form mengenai data diri. Tulis alamat email, nama lengkap, password serta judul blog. Lalu klik Last Step: Invite Your Team.

cara install Ghost melalui Instant Deploy

Catatan: Untuk alamat email, kamu bisa menggunakan alamat email menggunakan domain sendiri ataupun alamat email dari Gmail, Yahoo dan sebagainya. Namun, kami sarankan untuk menggunakan alamat email menggunakan domain sendiri ya. Jika terjadi lupa password, kamu tidak akan kesulitan. Untuk membuat email dengan domain sendiri, silakan ikuti Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri.

3. Mengelola Ghost

Setelah selesai, maka Kamu akan diarahkan ke step ketiga. Dengan Ghost, Kamu dapat memberikan undangan (invite) teman- teman untuk berkolaborasi mengenai blog yang Kamu buat. Mereka dapat memberikan feedback mengenai artikel yang Kamu buat dan sebagainya. Untuk mengundang mereka silahkan tulis alamat email masing- masing. Kemudian klik Invite Some Users. Apabila tidak ingin memberikan udangan sekarang, silahkan klik I’ll do this later, take me to my blog!

cara install Ghost melalui Instant Deploy

Jika sudah, silakan tunggu sebentar maka halaman administrator dari Ghost telah muncul. Kamu dapat membuat artikel baru dan mengelola blog melalui halaman ini.

cara install Ghost melalui Instant Deploy

Manager Ghost

Setelah selesai mengikuti cara install Ghost melalui Instant Deploy, maka kamu akan mendapatkan suatu halaman Manager. Untuk mengakses halaman ini silakan tulis /manager/ setelah nama domain ataupun subdomain. Halaman ini digunakan untuk mempermudah kamu dalam urusan start, stop serta restart.

Error 503 Service Unavailable

Jika kamu menemukan pesan error 503 bertuliskan Service Unavailable seperti gambar berikut, jangan panik ya! Kamu bisa lakukan restart service Ghost. Pertama-tama, silakan masuk ke direktori/ folder tempat dimana Ghost diinstal. Kemudian tulis perintah berikut ini,

/usr/lib/node_modules/ghost-cli/bin/ghost start

jika sudah silakan tekan “Enter“. Setelah itu, buka browser lalu tulis domain/ subdomain di web browser. Sekarang kamu bisa akses halaman Ghost dan halaman Admin Ghost.

Kesimpulan

Cara install Ghost melalui Instant Deploy DomaiNesia sangatlah mudah. Kamu tidak perlu melakukan instalasi di hosting melalui konsol. Hanya tinggal pilih dan klik saja, maka Ghost dapat segera kamu gunakan. Jika tidak ingin ribet, kamu bisa gunakan WordPress lho! Silakan ikuti Cara Membuat Blog Profesional. Silakan cek domain sekarang! Jangan sampai domain yang kamu mau diambil orang ya!


Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!