• Home
  • Tips
  • Wajib Tahu! 10 Cara Menjadi Freelancer Pemula Sukses 2022

Wajib Tahu! 10 Cara Menjadi Freelancer Pemula Sukses 2022

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Sejak pandemi COVID-19 mewabah di seluruh dunia, tren bekerja dari rumah (work from home) menjadi alternatif baru bagi karyawan kantoran. 

Tapi tahukah kamu jauh sebelum itu, freelancer adalah seseorang yang bisa bekerja dari rumah, tanpa terikat tempat dan waktu.

Walaupun sudah lama ada, tren karir ini masih tetap berkembang atau meningkat di tengah-tengah kebutuhan masyarakat dalam mencari pekerjaan. 

Menurut Kominfo, freelancer adalah satu dari tiga tren karir atau ketenagakerjaan yang umum di Indonesia selain tren partisipasi kerja perempuan dan pekerja sektor informal.

Freelancer
Sumber: Envato

Dengan peluang yang ada, kamu bisa mulai untuk memilih karir sebagai freelancer dari sekarang, lho!

“Tapi bagaimana cara menjadi freelancer yang baik dan bisa berprofit atau menguntungkan?”

Gampang saja! Kamu bisa ikuti tips bagaimana cara mendapatkan uang penghasilan dari freelancer yang akan kami bahas sebentar lagi. 

Harapannya kamu jadi bisa lebih open-minded bahwa freelancer adalah bidang karir yang berfokus pada kualitas kerja, bukan kuantitas kerja. Scroll up!

Baca juga: 20+ Situs Freelance Terbaik bagi Kamu yang Kerja dari Rumah

Apa Itu Freelancer?

Oke, sebelum masuk ke pembahasan utama tentang cara menjadi freelancer, alangkah baiknya kamu harus tahu dulu apa sebenarnya freelancer itu. 

Dalam istilah bahasa Inggris, freelancer adalah seorang pekerja lepas waktu. Sedangkan secara definisi, freelancer adalah seorang wiraswasta (self-employed) yang menawarkan jasa dan kemampuan kerja berdasarkan hasil, bukan berdasarkan waktu kerja. 

Banyak juga yang menyebut bahwa freelancer adalah sama saja dengan pekerja kontrak. Pekerja lepas waktu akan dipekerjakan oleh suatu perusahaan atau organisasi dalam jangka waktu pendek. 

Perbedaannya dengan kerja waktu penuh (full-timer) adalah terletak pada ketidak tersedianya kompensasi pekerja serta tingkat atau tanggungan pekerjaan. Dan tentu saja akan berbeda dari segi jumlah gaji atau salary per bulan.

Alasan Mengapa Bekerja Sebagai Freelancer

Penasaran nggak sih kenapa saat ini banyak orang berminat untuk menjadi seorang freelancer? Ternyata inilah beberapa alasan kuat yang mendasari freelancer adalah pilihan pekerjaan yang bisa kamu coba.

  • Work From Home and Anywhere

Seperti yang sudah kami sebut di awal, freelancer adalah seseorang yang sejak awal tren kerja freelance ada, mereka sudah bekerja dari rumah. 

Mereka juga bisa bekerja dari mana saja, seperti cafe, coffee shop, dan coworking space. Pasalnya perusahaan atau klien tidak menetapkan lokasi spesifik untuk para pekerja lepasnya bisa bekerja. 

  • Waktu Kerja Fleksibel

Selain bisa bekerja dari mana saja, kamu juga bisa bekerja kapanpun yang kamu suka. Maksudnya, kamu bisa mengatur waktu kerja sesuka hati, mau itu pagi, siang, atau malam. 

Yang penting adalah pekerjaan selesai sesuai harapan dan tepat waktu. Freelancer adalah trend kerja yang cocok bagi seseorang yang cenderung lebih produktif di waktu-waktu tertentu.

  • Membangun Channel Luas

Maksud dari poin ini berhubungan dengan sifat kerja freelancer yang mana tidak terikat dengan satu perusahaan dalam jangka waktu lama. 

Mereka bisa bekerja di satu tempat kerja dalam waktu singkat atau bahkan bekerja di dua tempat dalam satu waktu. 

Alhasil jaringan komunikasi dengan berbagai perusahaan atau organisasi akan terjalin dan kenal dengan banyak orang baru.

  • Kebebasan Bekerja

Freelancer adalah pilihan cara bekerja yang tidak memiliki kontrak resmi dengan atasannya. Walaupun tidak dipungkiri bahwa pasti akan ada kontrak kerja tertentu yang harus disepakati bersama.

Meski begitu, pekerja lepas waktu akan lebih merasa bebas untuk meninggalkan pekerjaan di suatu perusahaan kapan saja karena alasan tertentu. 

Misalnya karena tidak menyukai kondisi dan lingkungan kerja atau sudah menemukan pekerjaan yang lebih baik. Dengan kata lain, kamu adalah bos untuk diri kamu sendiri.

  • Peluang Mengembangkan Diri Lebih Besar

Jika kamu adalah seseorang yang pekerja keras, cerdas, dan memiliki banyak pengetahuan dan keterampilan, maka kamu akan lebih cepat berkembang, baik secara profesional maupun finansial. 

Poin ini sejalan dengan poin kebebasan bekerja dimana kamu bebas untuk meninggalkan pekerjaan lama dan menemukan pekerjaan baru yang berdampak pada pengembangan diri yang lebih maksimal.

  • Tercapainya Work-Life Balance

Menurut beberapa sumber, orang yang bekerja sebagai freelancer adalah orang yang akan lebih bahagia dan memiliki work-life balance yang baik. 

Sebab, mereka bisa menyeimbangkan antara tanggung jawab pekerjaan dengan kehidupan pribadi  dan keluarga dengan lebih bebas.

Cara Menjadi Freelancer Pemula

Setelah mengetahui alasan menjadi freelancer, kamu jadi ingin memulai berkarir di sana tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Jangan khawatir, bacalah bagian ini sampai habis.

  • Siapkan Alat Pendukung Kerja yang Tepat

Nyatanya, freelancing juga sama-sama butuh keseriusan agar kemampuan dan kompetensi kamu bisa diakui oleh klien atau perekrut. 

Selain keseriusan, kamu juga perlu mempersiapkan alat yang akan mendukung proses pekerjaan freelancing berdasarkan bidang dan beban kerja. 

Minimal alat yang perlu kamu persiapkan untuk memenuhi tugas freelancer adalah laptop/komputer dan koneksi internet. 

Jarang atau bahkan tidak ada pekerjaan freelance profesional yang bisa dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel, mau secanggih apapun ponsel itu. 

Bukannya tidak boleh atau tidak mungkin freelancing menggunakan ponsel, hanya saja performa kerja tidak akan maksimal karena dipengaruhi keterbatasan fitur dan kapasitas perangkat.

  • Tentukan Bidang Keterampilan yang Paling Dikuasai

Langkah selanjutnya dan yang paling penting dalam cara menjadi freelancer adalah menemukan keterampilan terbaik yang bisa kamu tawarkan sebagai jasa/layanan. 

Tak harus langsung memiliki keterampilan yang kompleks seperti programmer, designer, illustrator, analyst, dan sebagainya. Kecuali kalau memang kamu punya kompetensi di bidang tersebut, ya. Sebab kamu bisa mulai dengan sesuatu yang sederhana, seperti penerjemah, penulis lepas, dan lain-lain.

Selain freelancing berdasarkan keterampilan yang dimiliki, kamu perlu menganalisis apakah bidang yang kamu kuasai punya peluang pasar bisnis atau tidak. 

Misalnya jika kamu punya keterampilan mendesain, maka kamu perlu mencari informasi kira-kira desain apa yang sedang tren. 

Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan pasar dengan kemampuan yang kamu miliki.

Freelancer
Sumber: Envato
  • Tingkatkan Keterampilan/Skill

Setelah menemukan bidang keterampilan, cara menjadi freelancer pemula sukses selanjutnya adalah kamu harus pastikan bahwa keterampilan itu benar-benar bisa diandalkan sebagai bidang kerja. 

Sederhananya, kamu harus yakin telah menguasai bidang keterampilan tersebut agar bisa mendapatkan fee atau bayaran yang sesuai.

Pasalnya kebanyakan freelancer adalah orang-orang yang nekat mencoba hal baru tanpa mempelajari dasar-dasar ilmu secara mendalam. 

Mereka hanya berfokus pada pengalaman yang mendasari keterampilan itu, tidak diimbangi dengan usaha meningkatkan keterampilan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu luangkan waktu untuk belajar terlebih dahulu sebelum yakin untuk terjun ke dunia freelancing. 

Kamu bisa belajar dengan membaca buku, blog, atau e-modul, menonton video pembelajaran di YouTube, atau bahkan mengikuti kursus online di beberapa platform kursus. 

Tips ini juga berlaku untuk tips sebelum bekerja menjadi full-timer. 

  • Bangun Reputasi Nama Baik

Apabila kamu mampu membuktikan keterampilan dan pekerjaan dengan baik dan profesional, maka itu juga akan menentukan apakah kamu akan menjadi freelancer yang sukses atau tidak. 

Punya gelar sarjana atau pengalaman kerja bertahun-tahun tidak akan membantu karir freelance jika kamu tidak bisa membuktikan kompetensi keterampilan secara langsung di depan klien. 

Hasilnya freelancer adalah sekedar status.

Misalnya, jika kamu seorang penulis, maka kamu perlu buktikan kompetensi diri dengan hasil tulisan artikel yang sudah tayang di blog. 

Atau apabila kamu seorang web designer, tunjukkan atau berikan link website yang telah jadi ke client. 

Untuk mendapatkan pengalaman itu, sebaiknya jangan langsung mentarget proyek yang besar atau mencari yang berbayar. 

Walaupun terdengar pahit, tapi bisa jadi itu adalah awal yang manis agar usaha membangun reputasi freelance menjadi lebih mudah.

  • Buat Portofolio yang Menarik

Cara menjadi freelancer pemula sukses tak akan tercapai jika kamu tidak mendokumentasikan hasil kerja selama ini ke dalam sebuah portofolio. 

Portofolio adalah kumpulan semua hasil pekerjaan atau karya terbaik kamu dengan tujuan bisa dilihat dan dinilai oleh recruiter atau client. 

Kamu bisa membuat portofolio sembari mulai membangun reputasi pada poin sebelumnya.

Banyak orang saat ini sudah membuat portofolionya dalam bentuk website atau blog sederhana untuk fleksibilitas memamerkan karya dan proses validasi keterampilan kepada client. 

Tak perlu khawatir akan pembuatan website portofolio yang susah. Sebab, di luaran sana sudah ada banyak website builder otomatis yang akan membantu kamu membangun website portofolio dengan mudah, praktis, dan cepat.

Baca juga: 15 Ide Usaha Sampingan Bermodal Kecil yang Menjanjikan 2021

  • Coba Mulai Dengan Freelancing Secara Part-Time

Menjadi seorang freelancer adalah tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya kamu harus konsisten dalam memasarkan diri sendiri dan kompetensi, lalu menjual produk atau layanan, dan berurusan langsung dengan klien. 

Ketiga tugas itu bisa sangat melelahkan bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia freelance.

Oleh karena itu, jika kamu masih belum 100% yakin apakah freelancer adalah jalur karir yang tepat, maka kamu bisa mencoba freelancing secara part-time atau paruh waktu. 

Mulailah dengan mengambil job sederhana yang tidak menghabiskan banyak waktu. 

Lalu jika kamu merasa sudah lebih siap untuk menerima job atau proyek yang lebih besar, maka kamu bisa putuskan untuk menjadi seorang freelancer full-time.

  • Temukan Situs Freelancer Terbaik

Langkah-langkah cara menjadi freelancer pemula yang sukses kali ini memainkan peran penting dalam kemudahan mendapatkan pekerjaan serta kualitas klien yang terbaik. 

Tapi tak jarang kesalahan yang dilakukan oleh pemula freelancer adalah mencari job atau proyek di marketplace freelance populer seperti Freelancer.com atau UpWork. 

Memang tidak 100% salah, tapi kebanyakan pekerja lepas pemula pasti kesulitan untuk bersaing dan menemukan lowongan terbaik dengan jutaan freelancer lain dari seluruh negara. 

Oleh karena itu, kami sarankan untuk memilih situs freelancer yang tidak terlalu baru dan tidak terlalu lama. 

Sebab di sana belum terlalu banyak memiliki freelancer yang terdaftar sehingga persaingan masih tergolong rendah. 

Selain itu, usaha ini bisa menjadi langkah awal kamu untuk nantinya bisa mendaftar member di situs freelance besar.

  • Tetapkan Harga Jasa Sesuai Keahlian

Pastinya tujuan kamu dan orang lain memilih menjadi seorang freelancer adalah untuk mencari nafkah dengan lebih mudah dan fleksibel. 

Nah, berbeda dengan pekerja full-timer kantoran, kamu harus menetapkan harga jasa sendiri dengan tepat dan sesuai keahlian. 

Apalagi kalau bukan karena freelancer adalah seseorang yang bekerja dari, oleh, dan untuk dirinya sendiri.

Tapi menetapkan harga jasa tidaklah mudah dan malah cenderung menantang. 

Pasalnya, kalau kamu menetapkan harga yang terlalu tinggi, bisa-bisa klien tidak akan pernah mempertimbangkan untuk mempekerjakan kamu.

Oleh sebab itu, kami sarankan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang standar harga freelance sesuai niche bidang kerja atau industri. 

Kamu bisa cari informasi tersebut dengan membandingkan harga yang dipatok oleh freelancer lain di situs freelancer. 

Tentu saja jangan langsung memberikan harga yang sama seperti harga jasa freelancer berpengalaman, ya. 

Kamu bisa pertimbangkan untuk mematok harga jasa sekian persen di bawah freelancer berpengalaman. 

Atau juga bisa dengan bertanya terlebih dahulu kepada klien tentang budget yang klien miliki.

  • Mengirimkan Proposal Profesional ke Klien

Cara menjadi freelancer pemula yang mudah selain mencari proyek di situs freelancer adalah dengan menulis proposal langsung ke klien. 

Ingatlah bahwa menulis proposal harus dilakukan dengan hati-hati karena ini tidak sama seperti menulis email biasa atau membuat postingan media sosial. 

Kamu harus merangkai kata promosi soft selling sebagus mungkin yang bisa meyakinkan klien untuk menggunakan jasa kamu daripada jasa freelancer lain. 

Sebab melalui proposal klien bisa melihat keseriusan dan keprofesionalan kamu dalam menangani tiap proyek nantinya.

  • Selalu Memberi Bukti, Bukan Janji

Langkah terakhir dalam cara menjadi freelancer pemula yang sukses adalah memastikan diri bahwa mampu mengerjakan proyek sesuai ekspektasi klien. 

Atau kalau bisa buat hasil pekerjaan yang melampaui ekspektasi klien.

Temukan cara agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan yang mana melampaui target yang diberikan klien. 

Misalnya kamu freelance sebagai content writer yang diberi target untuk menulis konten 1000 kata per hari. 

Nah kamu bisa tampil lebih menonjol dengan membuat konten yang lengkap dengan strategi SEO atau gambar header. 

Tentunya kamu perlu konfirmasi inisiatif tersebut ke client agar kamu tidak dipandang sombong dengan kemampuan diri.

Sumber: Envato

Siap Jadi Freelancer Sukses 2022?

Bila kami simpulkan, freelancer adalah salah satu karir yang membantu kamu dalam menemukan cara mendapatkan uang dari internet yang mudah. 

Dengan menjadi seorang pekerja lepas, kamu sudah menjadi bos bagi diri kamu sendiri

Harapannya setelah membaca artikel ini, kamu jadi lebih siap untuk menaklukkan dunia freelancing yang penuh dengan kompetisi tapi menjanjikan banyak cuan. 

Intinya cara menjadi freelancer pemula yang baik dan terjamin sukses adalah berdedikasi penuh dengan pekerjaannya dan juga siap bekerja keras.

Semoga segala pilihan karir yang kamu pilih saat ini menjadi langkah awal kesuksesan kamu menaklukkan dunia yang penuh kompetisi ini. Dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!