• Home
  • Tips
  • Disclaimer adalah Poin Penting Pada Blog, Simak Penjelasannya

Disclaimer adalah Poin Penting Pada Blog, Simak Penjelasannya

Oleh Ratna Patria
No ratings yet.

Pasti kamu sudah tidak asing lagi ketika melihat disclaimer pada sebuah blog bukan? Pasalnya disclaimer adalah salah satu tulisan yang mungkin sering dijumpai para pengunjung suatu website tertentu. Namun, sayangnya masih sering diabaikan tanpa mencari tahu terlebih dahulu. Oleh karena itu, DomaiNesia akan memberikan penjelasan secara lengkap contoh disclaimer blog dan cara membuatnya melalui WordPress maupun Blogspot. 

Apa Itu Disclaimer Blog?

Disclaimer adalah pernyataan yang ada pada halaman blog untuk memperingatkan pembaca tentang risiko penggunaan konten atau memberitahu tentang informasi penting tertentu.Bagi sebagian besar pemilik blog, disclaimer adalah sebuah pernyataan untuk  membantu membatasi tanggung jawab dan hak cipta atas sebuah konten yang dipublikasikan. 

Disclaimer adalah paragraf pendek pada halaman blog yang berfungsi untuk melindungi bisnis, layanan, informasi, kekayaan fisik, dan intelektual dari berbagai jenis pelanggaran, kewajiban, dan masalah hukum lainnya.

disclaimer adalah
Sumber: Envato

Sederhananya, ketika secara tidak sengaja website memuat info atau mengalami error hingga merugikan pengunjung, disclaimer adalah pernyataan yang akan membantu memberitahu pengunjung bahwa kamu tidak memiliki tujuan berbohong atas konten-konten yang dipublikasikan. 

Selain itu, disclaimer adalah salah satu cara halaman blog untuk menyatakan keaslian konten yang dibuat. Sehingga, memiliki dasar hukum saat ada website lain yang berusaha meniru atau plagiat konten milikmu.

Baca juga: Cara Membuat Blog Profesional Untuk Pemula

4 Jenis Disclaimer pada Blog

Sebenarnya ada banyak jenis disclaimer yang disertakan di blog. Disclaimer adalah sebuah pernyataan resmi yang isinya akan bergantung pada aktivitas dan konten. Berikut beberapa contoh disclaimer blog yang paling umum disertakan:

1. Disclaimer Blog Afiliasi dan Iklan 

Contoh disclaimer adalah pernyataan yang tertera pada blog afiliasi dan iklan. Komisi Perdagangan Federal atau The Federal Trade Commission (FTC) telah mewajibkan blog yang menyertakan tautan afiliasi atau konten bersponsor untuk memposting disclaimer secara jelas. Pedoman FTC ini mengharuskan blogger untuk mengungkapkan apakah mereka menerima kompensasi karena menggunakan tautan afiliasi, ulasan, testimonial, atau peringkat produk.

2. Disclaimer Blog Medis

Contoh disclaimer yang kedua adalah blog medis. Ini akan memberi informasi kepada para pembaca bahwa saran medis yang dipublikasikan tidak resmi. Selain itu, pembaca yang ingin melakukannya harus siap menerima segala risikonya sendiri. Disclaimer blog medis dapat membantu melindungi dari tanggung jawab atas klaim apa pun tentang saran atau produk yang diberikan kepada pembaca. 

3. Disclaimer Blog Kesehatan

Contoh disclaimer kedua adalah blog kesehatan yang memang mirip dengan medis karena sama-sama menyarankan pembaca untuk menanggung sendiri risikonya, jika menggunakan konten yang kamu publikasikan.

Meskipun disclaimer itu sendiri tidak akan melindungi kamu dari tindakan yang memungkinkan untuk dituntut seperti iklan palsu, namun setidaknya dapat memberitahu kepada pembaca dan sepenuhnya menyadari hak, kewajiban serta mendorong mereka untuk lebih berhati-hati.

4. Disclaimer Blog Hak Cipta

Contoh disclaimer terakhir adalah blog hak cipta, di mana memiliki dua jenis yang dapat disertakan di blog yaitu:

  • Disclaimer yang mengumumkan kepemilikan atas konten tertentu. 
  • Disclaimer penggunaan yang dapat memberi informasi terkait konten tertentu berdasarkan Pasal 107 Undang-Undang Hak Cipta.

Dari kedua jenis contoh disclaimer blog hak cipta di atas, umumnya lebih banyak orang yang mengumumkan kepemilikan semua konten dan kekayaan intelektual di sebuah situs.Meskipun tidak membutuhkan hak cipta untuk melindungi diri dari pelanggaran, namun sebenarnya disclaimer adalah hal penting untuk disertakan pada poin ini. Sehingga dapat mencegah pencurian dan mempersulit calon pelanggar menyatakan bahwa tindakan mereka tidak disengaja.

Itulah beberapa contoh disclaimer yang paling sering digunakan pada blog. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penggunaan beberapa contoh disclaimer blog tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan konten yang kamu publikasikan. 

disclaimer adalah
Sumber: Envato

Cara Membuat Disclaimer Blog 

Sebelum masuk pada pembahasan cara membuat disclaimer blog, kamu harus lebih dulu memahami penulisan disclaimer dengan mempertimbangkan beberapa pertanyaan berikut: 

  • Produk atau layanan apa yang terdapat dalam konten blog?
  • Apakah konten yang dipublikasikan dalam blog milikmu menimbulkan risiko bagi pembaca? 
  • Apakah terdapat tautan afiliasi atau menerima kompensasi untuk posting blog?
  • Apakah kamu membagikan informasi atau kekayaan intelektual yang dibuat oleh orang lain? Jika demikian, apakah terlibat dalam penggunaan materi tersebut secara wajar?
  • Apakah kamu memiliki kepemilikan atas konten yang dipublikasikan untuk pembaca? 

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan secara matang sebelum menulis disclaimer untuk blog. Lalu, pembuatan disclaimer blog sendiri bisa dilakukan di WordPress maupun Blogspot. 

Cara Membuat Disclaimer di WordPress 

1. Login WordPress

Langkah pertama, masuk atau login terlebih dahulu ke situs WordPress dan langsung kunjungi halaman dashboard

2. Pilih menu add new

Selanjutnya, klik opsi Pages dan pilih menu add new

3. Beri nama disclaimer

Beri nama halaman “disclaimer” atau bisa juga sesuatu yang lebih spesifik seperti disclaimer afiliasi. Kemudian, paste isi disclaimer ke dalam teks box yang sudah disediakan. 

4. Publish 

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, kini saatnya klik publish dan halaman disclaimer pn sudah bisa ditayangkan pada halaman blog milikmu. Selain itu kamu juga dapat menambahkan tautan ke situs yang akan membawa user masuk pada halaman disclaimer dan berikut beberapa langkah mudahnya: 

Cara Menambahkan Tautan ke Halaman Disclaimer Blog 

Kamu  menambahkan tautan ini secara manual ke halaman disclaimer di footer atau sisi situs website dengan tautan ke footer.php.file atau sidebar.php.file.Apabila tema WordPress memiliki fungsionalitas widget, maka kamu  dapat menambahkan tautan ke halaman disclaimer ke footer atau sidebar situs. 

  • Dari dashboard utama, pilih opsi Appearance
  • Lalu, pilih Menu pada submenu.
  • Beri nama menu dan klik kotak di sebelah halaman disclaimer yang sudah dibuat. 
  • Klik add to menu dan save menu.
  • Kemudian, kembali lagi ke menu Appearance dan pilih Widgets.
  • Di bagian Widget yang tersedia, temukan widget Navigation Menu dan drag ke bagian Sidebar atau Footer
  • Dan pilih menu yang baru saja kamu buat. 

Situs web WordPress milikmu sekarang akan memiliki halaman disclaimer dan tautan ke halaman di area yang tadi telah dipilih.

Baca juga: 14 Cara Menulis Blog Menarik yang Mengundang Trafik

disclaimer adalah
Sumber: Envato

Cara Membuat Disclaimer di Blogspot

Umumnya pada halaman Blogspot, disclaimer adalah sebuah pernyataan resmi yang cocok diletakkan pada bagian footer situs milikmu dalam bentuk tautan. Nantinya, tautan tersebut yang akan mengarahkan pembaca ke halaman disclaimer, sehingga mereka dapat membaca secara lengkap. Umumnya, memang sudah banyak orang yang mengetahui bahwa tautan yang muncul akan berisi hal-hal penting seperti perjanjian hukum dan informasi disclaimer pada sebuah situs website. 

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan apabila disclaimer digunakan sebagai bagian dari Persyaratan Layanan program afiliasi. Maka, kamu perlu menambahkan disclaimer ke setiap postingan blog yang memiliki tautan afiliasi. Dan berikut cara membuat disclaimer di Blogspot:

1. Login ke akun Blogspot

Pertama, kamu harus login atau masuk terlebih dahulu ke akun Blogger dan buka dashboard akun. 

2. Pilih menu pages

Jika sudah berhasil masuk ke dalam dashboard akun, di bagian menu sebelah kiri segera pilih pages

3. Pilih menu new pages

Lalu, pilih dan klik menu new pages

4. Beri nama halaman

Beri judul halaman baru milikmu dengan disclaimer atau bisa juga lebih spesifik seperti disclaimer afiliasi. Kemudian, tambahkan teks persetujuan di kotak teks utama dan klik publish apabila sudah selesai.

5. Pilih menu layout

Di menu sebelah kiri, pilih dan klik layout.

6. Pilih menu footer

Setelah itu, cari dan pilih menu footer dan klik add a gadget.

7. Tambahkan halaman disclaimer pada footer

Pada bagian window yang sudah terbuka, scroll untuk menemukan pages gadget dan klik tombol biru agar bisa langsung menambahkannya ke bagian footer blog. 

8. Centang disclaimer pada window Configure Page List 

Terakhir, nantinya pada window Configure Page List  akan terbuka. Dan kamu cukup centang kotak di sebelah halaman disclaimer untuk bisa menambahkannya ke footer. Lalu, langsung klik save setelah selesai.

Apabila kamu ingin menambahkan tautan disclaimer di bagian lain dari blog, bisa langsung kembali ke langkah 6 dan pilih area lain selain footer. Dan langkah-langkah selanjutnya akan tetap sama.Disclaimer blog ini akan sangat  membantu kamu melindungi dan menjaga blog sesuai dengan Syarat dan Ketentuan tertentu. Adanya disclaimer ini adalah standar khusus dalam transparansi tentang siapa blog milikmu dan konten seperti apa yang ditawarkan di dalamnya.

disclaimer adalah
Sumber: Envato

Pastikan untuk Membuat Disclaimer Blogmu!

Jadi, disclaimer adalah sebuah pernyataan yang ada pada halaman blog untuk memperingatkan pengguna tentang risiko penggunaan konten atau memberitahu kepada pembaca tentang informasi tertentu. Contoh disclaimer adalah pernyataan yang sering digunakan untuk kebutuhan hak cipta, medis, kesehatan, afiliasi dan iklan. Dibuatnya beberapa contoh disclaimer blog tersebut biasanya akan bergantung pada aktivitas dan konten yang kamu publikasikan. 

Disclaimer ini biasanya berupa paragraf pendek yang berfungsi untuk melindungi bisnis, layanan, informasi, kekayaan fisik, dan kekayaan intelektual Anda dari berbagai jenis pelanggaran, kewajiban, dan masalah hukum lainnya. Dengan kata lain, disclaimer adalah sebuah ketentuan tertulis yang akan membatasi tanggung jawab kamu kepada orang lain dan juga membantu melindungi hak-hak cipta atas konten yang telah dibuat.

Ratna Patria

Hi! Ratna is my name. I have been actively writing about light and fun things since college. I am an introverted, inquiring person, who loves reading. How about you?


Berlangganan Artikel

Dapatkan artikel, free ebook dan video
terbaru dari DomaiNesia

{{ errors.name }} {{ errors.email }}
Migrasi ke DomaiNesia

Pindah Ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia? Dapatkan Diskon Migrasi 40% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, Migrasikan layanan Saya!