7 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas6 min read

5/5 (2)

Mempelajari cara mendapatkan backlink adalah salah satu taktik SEO tertua dan paling efektif untuk dilakukan. Ini juga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan lalu lintas pencarian organik. Namun kau harus berhati-hati dalam membangun backlink yang berkualitas. Sudah sejak awal bahwa tautan menjadi bagian utama bagaimana Google dan mesin pencari lainnya menentukan seberapa terpercaya situs web tersebut. Google dan mesin pencari lain menganggap setiap tautan seperti sebuah rekomendasi, maka semakin banyak tautan yang diarahkan oleh sebuah website, kredibilitasnya semakin diakui dan semakin tinggi peringkatnya dalam hasil pencarian.

Namun sayangnya beberapa pemilik situs dan SEO mencoba untuk mempermainkan proses ini dengan menautkan tautan melalui cara yang dipertanyakan. Oleh karena itu, banyak pembaruan Google, yang sebagian besar berkaitan dengan upaya membangun tautan yang mencurigakan. Sebenarnya, untuk meningkatkan peringkat, tidak bisa hanya dengan cara meminjam, mencuri atau meminta backlink yang berkualitas. Namun jika kamu bersedia meluangkan waktu untuk mendapatkan tautan yang valid, masih mungkin bisa meningkatkan kredibilitas dan peringkat website kamu.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mendapatkan backlink yang valid dan berkualitas, yang akan membantu kamu menunjukkan kepada Google dan mesin pencari lainnya, bahwa website kamu layak mendapat peringkat yang lebih tinggi.

Baca juga: Memaksimalkan Traffic Dengan Local SEO

cara mendapatkan backlink

Sumber: Pixabay

Tautan selalu menjadi faktor penting dalam bagaimana mesin pencari seperti Google memberi peringkat pada website, dan memang masih berlaku sampai sekarang. Mesin pencari pada dasarnya melihat setiap tautan ke situs kamu sebagai penilaian kepercayaan pada kualitas konten. Jadi, semakin banyak tautan yang kamu tunjuk ke website kamu, website kamu akan semakin dipercaya.

Google memang belum merilis secara spesifik tentang bagaimana mengukur kredibilitas website kamu. Namun ada banyak alat yang bisa memberikan gambaran tentang seberapa terpercaya website kamu. Jangan lupa bahwa semakin banyak tautan memang semakin baik, namun hanya jika tautan tersebut berasal dari situs yang dipercaya. Dalam hal mendapatkan kredibilitas mesin pencari, kualitas tautan lebih penting daripada kuantitasnya.

Pada tahun 2012, Google mulai memberlakukan penalti bagi pemilik website yang menggunakan skema tautan untuk memanipulasi algoritmanya. Skema yang dimaksud adalah membeli dan menjual tautan, pertukaran tautan yang berlebihan, atau menggunakan program otomatis untuk membuat tautan. Algoritma Google akan terus menjadi lebih canggih dalam mendeteksi tautan yang tidak etis. Hal ini dimulai ketika Google merilis pembaruan “Pinguin” yang dirancang untuk secara otomatis mengidentifikasi spam dan praktik pembuatan tautan yang manipulatif.

Di sisi lain, pembaruan algoritma ini dirancang untuk memastikan bahwa situs dengan tautan manipulatif dan spam tidak dihargai untuk tindakan yang dilakukan. Jadi, ketika kamu membangun tautan ke website kau, pastikan kamu melakukannya tanpa melanggar Google’s Webmaster Guidelines. Jangan membayar tautan atau mencoba mempermainkan sistem dengan cara lain. Ketika algoritma mesin pencari terus berkembang dan menjadi lebih maju, taktik ini lebih cenderung membahayakan peringkat kamu daripada meningkatkannya. Oleh karena itu, fokuslah untuk membangun tautan yang alami dan berkualitas, sehingga bisa memberikan nilai lebih kepada pengguna.

cara mendapatkan backlink

Sumber: Pixabay

Sama seperti strategi SEO lainnya, membangun sejumlah besar backlink yang berkualitas akan lebih menantang daripada membayar beberapa pemilik situs lain untuk mengutip salah satu halaman website kamu. Berikut adalah 7 strategi yang bisa kamu coba terapkan untuk cara mendapatkan backlink yang berkualitas dan mendapatkan dampak positif yang lebih lama.

Salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas. Dengan menyumbangkan konten gratis ke website atau blog lain, kamu akan mendapat imbalan backlink ke situs kamu sendiri. Ini sudah menjadi metode yang dilakukan oleh banyak orang karena hal ini merupakan sebuah win-win solution untuk kedua website. Pihak pertama akan mendapatkan konten gratis yang bisa dibagikan kepada audiens mereka, sementara pihak lain bisa menghasilkan tautan dengan kualitas tinggi.

  1. Public Relation

Bagi sebagian orang, khususnya mereka yang bekerja di bidang digital marketing akan menganggap metode ini sebagai metode lama. Secara teknis memang bisa dikatakan demikian. Namun, dalam konteks membangun backlink, istilah ini hanya Salah satu cara mendapatkan backlink yang mungkin kamu gunakan untuk mendapatkan massa. Salah satu cara terbaik adalah dengan dikutip sebagai sumber dalam artikel berita atau konten online lainnya. Blogger dan jurnalis masih terus mencari informasi baru. Jadi kapan pun bisnis kamu mencapai sesuatu atau melakukan hal-hal besar, buatlah sebuah press release.

  1. Memanfaatkan Tautan yang Rusak

Website yang memiliki reputasi baik pun tetap ada kemungkinan mengalami kerusakan tautan. Setiap tautan di website pada awalnya terhubung ke halaman lain secara online. Namun karena website sering mengubah atau memindahkan kontennya, beberapa tautan pada akhirnya akan rusak atau mengarah pada halaman yang sudah tidak ada. Ketika pengguna mengklik pada tautan yang rusak, website akan menampilkan 404 error page yang memberitahu mereka bahwa halaman yang dimaksud sudah tidak ada. Hal ini tentu akan memberi pengalaman yang buruk pada pengguna dan menyulitkan mesin pencari untuk menjelajah serta mengindeks website dengan efisien.

Kamu bisa memanfaatkan tautan yang rusak, karena strategi ini nantinya akan menemukan tautan yang rusak itu sendiri, mengidentifikasi konten yang awalnya mereka rujuk, kemudian memberi kesempatan kepada website untuk mengganti tautan yang rusak dengan tautan yang valid ke konten yang lebih relevan. Dan konten tersebut, tentu saja yang ada di website kamu.

  1. Skyscraper Content

Skyscraping adalah proses menemukan konten di website kamu yang sudah bagus, kemudian membuatnya semakin populer lagi. Konsep ini diperkenalkan oleh Brian Dean dari Backlinko dan masih merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan ide konten berharga yang bisa menghasilkan tautan ke website kamu. Lalu bagaimana caranya? Kalau kamu memiliki pesaing tertentu, kamu bisa memulai skyscraping dengan menggunakan Site Explorer milik Ahrefs. Kamu cukup masukkan domain target kamu lalu pilih Site Explorer-Halaman-Best by Links.

cara mendapatkan backlink

Sumber: Pixabay

  1. Menggabungkan Sumber

Tautan yang kamu tautkan di website adalah postingan blog dan halaman informasi lainnya. Konten yang 100% asli memang merupakan cara efektif untuk membangun tautan yang bisa dipercaya. Namun sebenarnya, kamu tidak perlu membuat konten yang 100% asli. Bukan berarti kamu boleh menjiplak lalu menerbitkan kembali konten tersebut di website lain. Sebagai gantinya, kamu bisa mencari informasi dan menyusun penelitian yang relevan dengan bisnis kamu. Kuncinya adalah menciptakan informasi yang berguna bagi orang-orang di sekitar bisnis kamu. Kamu bisa memulai dengan membuat ringkasan informasi dari tempat yang berbeda.

Ada kemungkinan jika ada backlink yang menautkan kompetitor kamu, maka mereka juga akan menautkan backlink pada website kamu. Mulailah dengan mengidentifikasi sepuluh website teratas untuk setiap kata kunci yang kamu inginkan. Lalu lakukan pencarian Google dan pilih sepuluh domain teratas.

  1. Membuat Infografis

Ada banyak orang yang mulai menyukai infografis. Karena mengandalkan visual dan menarik untuk dilihat, pembaca senang melihatnya. Dan banyak pembuat konten mulai membagikan konten infografis mereka. Ketika kamu membuat infografis untuk website kamu, seseorang yang membagikan infografis tersebut ke website mereka, tentu harus menautkan ke website kamu. Setelah kamu membuat dan mempublikasikannya, kamu bisa menjangkau blog lain sesuai dengan bisnis yang kamu geluti, dan meminta mereka membagikan konten tersebut jika relevan. Jika mereka menautkan website mu, kamu telah menemukan cara mendapatkan backlink yang berkualitas.

cara mendapatkan backlink

Sumber: Pixabay

Itulah 7 cara mendapatkan backlink yang berkualitas. Semua cara di atas pada akhirnya fokus pada satu hal, yaitu membangun backlink dengan membangun hubungan. Karena belum banyak yang tahu siapa kamu, hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk membangun backlink adalah dengan memberitahu audiens siapa kamu. Setelah nama bisnis kamu mulai terdengar, banyak orang akan memberikan penilaian SEO yang layak untuk bisnis kamu.

Please rate this

Pindah ke DomaiNesia

Tertarik mendapatkan semua fitur layanan DomaiNesia?
Dapatkan Diskon Migrasi 25% serta GRATIS biaya migrasi & setup

Ya, migrasikan layanan saya!

3 komentar

  1. Avatar niken swastika berkata:

    Informasi yang sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di https://jos.co.id/
    Salam sukses 🙂

  2. Avatar nas ozil berkata:

    informasinya bisa jadi rujukan bagimana cara memperoleh backlink yang berkualitas…

  3. Avatar Agus Fuad berkata:

    Terima kasih sudah berbagi informasi. Saya sangat senang bisa menggunakan layanan Domainesia. ^^

Komentar